Kawasan Uluwatu Bali menyimpan beragam tempat wisata alam dan budaya yang menarik untuk dijelajahi, bisa menjadi referensi destinasi liburan yang menyenangkan.

Uluwatu merupakan salah satu daerah di sisi selatan dari Pulau Bali. Wilayah ini memiliki batas langsung dengan laut sehingga ada banyak pantai yang tersebar di Uluwatu. Wisata pantai dapat menjadi referensi untuk Anda yang tertarik mengunjungi daerah ini.

Ada banyak pantai dengan keindahan dan daya tariknya masing-masing yang layak untuk dikunjungi. Sebagian besar tempat wisata di daerah Uluwatu terkenal masih asri dan tidak terlalu ramai dengan hiruk pikuk wisatawan. Kawasan wisata yang sepi tersebut biasanya diburu para wisatawan yang menginginkan ketenangan.

Uluwatu juga dikenal sebagai salah satu destinasi favorit bagi para peselancar. Ombak di pantai Padang Padang, Pantai Suluban, dan lainnya adalah incaran para peselancar kelas dunia mengunjungi daerah Uluwatu. Ada banyak tempat dan kegiatan wisata di Uluwatu Bali yang bisa dicoba untuk mengisi waktu liburan.

1. Tebing Karang Boma

Tebing Karang Boma
Image Credit: Sumantri-lifestylelifeskillblog.blogspot.com

Salah satu kawasan wisata di daerah Uluwatu yang cukup terkenal adalah Karang Boma Cliff. Tebing-tebing karang yang menjulang tinggi memang menjadi identitas dari Uluwatu. Tebing Karang Boma menjadi salah satu yang tempat wisata yang menarik dan banyak dikunjungi oleh para pelancong.

Panorama alam Bali yang eksotis dapat dinikmati dari tempat ini. Pemandangan Samudera Hindia dan pantai batu karang menjadi paket lengkap yang ditawarkan objek wisata Tebing Karang Boma.

Wisatawan bisa berfoto-foto sepuasnya dengan latar belakang pemandangan laut dan tebing, namun tetap harus hati-hati saat berkunjung karena beberapa sisi tebing yang cukup terjal.

Lokasi: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

2. Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang
Image Credit: Baligetaway.co.id

Pantai cantik yang tersembunyi dibalik tebing karang ini adalah tempat terbaik untuk wisatawan yang ingin berselancar. Pada sebagian sisi pantai yang teduh wisatawan dapat melihat deburan ombak yang menantang untuk surfing atau selancar. Tempat ini juga menjadi lokasi terbaik untuk pengunjung menikmati keindahan langit senja.

Wisatawan yang datang ke pantai ini juga ada banyak yang menghabiskan waktu untuk berjemur. Sebelah sisi lain dari tempat untuk surfing, bagian pantainya cukup terbuka sehingga bisa mendapatkan sinar matahari lebih. Pantai Padang Padang tidak begitu ramai sehingga pengunjung akan merasakan sensasi berwisata ke pantai pribadi.

BACA JUGA:  Pura Luhur Uluwatu, Destinasi Wisata Religi yang Populer di Badung Bali

Wisatawan yang sudah puas bermain di pantai, bisa naik ke atas tebing untuk bersantai dan istirahat. Terdapat beberapa café yang juga bisa dijadikan tempat untuk wisatawan menikmati pemandangan Pantai Padang Padang dari ketinggian terutama saat sunset.

Lokasi: Jl. Labuan Sait, Desa Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

3. Pantai Karma Kandara

Pantai Karma Kandara
Image Credit: Travelspromo.com

Salah satu pantai cantik di daerah Uluwatu ini merupakan destinasi pilihan untuk wisatawan yang ingin mencari ketenangan. Air lautnya biru dan begitu jernih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Pantai eksklusif ini memiliki panorama alam Bali yang benar-benar eksotis dengan pasir putihnya.

Pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan seru di pantai ini. Wisatawan yang ingin berjemur dapat menggunakan sofa yang sudah disediakan di pinggir pantai. Jika ingin bermain, wisatawan bisa menyewa peralatan untuk snorkeling, bermain voli pantai, atau berkeliling pantai dengan kano.

Lokasi: Jl. Villa Kandara, Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

4. Pantai Thomas

Pantai Thomas
Image Credit: Kintamani.id

Tempat wisata di kawasan Uluwatu menawarkan banyak pantai-pantai yang cantik dan eksotik. Salah satunya adalah Pantai Thomas yang masih jarang didatangi wisatawan. Hal tersebut karena keberadaan pantai ini yang memang belum banyak diketahui. Namun, pantai yang sepi ini tentu bisa menjadi destinasi pilihan untuk menenangkan diri.

Pengunjung pantai dapat menjelajah dengan lebih puas tanpa terganggu wisatawan lain. Ombak di sekitar pantai pun cukup tenang sehingga cocok untuk Anda yang ingin bersantai. Waktu terbaik untuk datang ke pantai ini adalah sore hari karena pemandangan matahari terbenam yang tersaji di Pantai Thomas begitu indah.

Lokasi: Desa Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

5. Pantai Suluban

Pantai Suluban
Image Credit: Pegipegi.com

Pesona keindahan dari Pantai Suluban menarik wisatawan untuk datang. Pantai yang juga dikenal dengan julukan Blue Point ini memang menyimpan keindahan dari pemandangan laut biru dan pantai berpasir putih. Ombak di sekitar kawasan ini juga menjadi daya tarik bagi para peselancar untuk mengadu nyali.

Keunikan dari tempat wisata ini adalah lokasinya yang dikelilingi tebing karang. Lokasi pantai berpasir putihnya berada di balik tebing karang. Pengunjung akan melewati celah yang diapit tebing batu karang untuk bisa masuk ke kawasan pantai. Lokasinya unik dan ikonik membuat tempat ini banyak diburu, termasuk untuk hunting foto.

Lokasi: Desa Pecatu, Uluwatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

6. Pantai Nunggalan

Pantai Nunggalan
Image Credit: Raskitatour.com

Uluwatu menjadi salah satu daerah di sisi selatan Bali yang memiliki pantai-pantai eksotis. Tidak semua pantai di Uluwatu ramai wisatawan, beberapa pantai masih tergolong sepi. Suasana yang tenang pun menjadi daya tarik dari pantai-pantai tersebut. Jika Anda tertarik, salah satu pantai yang bisa dikunjungi adalah Pantai Nunggalan.

BACA JUGA:  Tamora Gallery, Tempat Rekreasi Keluarga Hits di Canggu Bali

Kawasan ini memiliki pasir pantai yang putih dan bersih. Panorama yang tersaji adalah laut biru dengan ombak yang cukup tenang. Wisatawan yang datang bisa bersantai dan menjelajah pantai sepuasnya.

Kawasan pantai ini juga sudah memiliki penginapan yang bisa digunakan untuk bermalam bagi wisatawan yang masih betah dengan suasana Pantai Nunggalan ini. Wisata pantai yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang ingin menghilangkan penat dan menangkan diri dari rutinitas pekerjaan.

Lokasi: Jl. Batu Nunggalan, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

7. Pantai Nyang Nyang

Pantai Nyang Nyang
Image Credit: Kintamani.id

Memiliki garis pantai yang cukup panjang, Pantai Nyang Nyang adalah tempat terbaik untuk dikunjungi. Pasir pantainya putih dengan sedikit warna keemasan. Pemandangan pantai tersebut berpadu cantik dengan air lautnya yang biru dan sangat jernih.

Pemandangan laut dan tebing yang mengelilingi pantai juga banyak menarik wisatawan untuk mengambil foto di Pantai Nyang Nyang. Tempat ini termasuk kawasan pantai terbuka dengan ombak yang cukup besar. Pantai Nyang Nyang adalah salah satu surga bagi para peselancar yang datang ke Bali.

Lokasinya berada di balik tebing dengan akses masuk pantai yang harus melewati tebing tersebut. Setelah menuruni anak tangga, wisatawan dapat langsung menikmati pantai dengan leluasa. Hamparan pasir pantainya cukup luas sehingga cocok untuk wisatawan yang ingin berjemur.

Lokasi: Jl. Uluwatu, Br. Dinas Karang Boma, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

8. Pantai Bingin

Pantai Bingin
Image Credit: Baligetaway.co.id

Pantai ini memiliki pemandangan laut biru yang indah dengan tebing hijau di sekelilingnya. Pasir pantainya putih dengan di beberapa sisinya bertebaran batu karang. Data tarik tempat wisata ini adalah lokasinya yang masih asri karena memang tidak terlalu ramai wisatawan.

Pada saat laut sedang pasang, ombak di sekitar pantai cukup besar dan ideal untuk aktivitas selancar. Sedangkan saat pasang surut, beberapa kolam kecil terbentuk dari air laut yang terjebak batu karang di bibir pantai. Kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan antara lain berjemur, selancar, dan menikmati pemandangan matahari terbenam.

Lokasi: Desa Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

9. Pantai Balangan

Pantai Balangan
Image Credit: Travelspromo.com

Tempat wisata di Uluwatu ini termasuk salah satu pantai yang tidak begitu ramai. Namun karena suasananya yang lebih sepi menjadi daya tarik bagi beberapa wisatawan untuk datang. Pengunjung dapat bersantai dan jalan-jalan di sekitar pantai dengan tenang dan lebih leluasa.

BACA JUGA:  Pantai Melasti Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Pantai ini merupakan salah satu tempat yang memiliki panorama laut eksotis dengan batuan karang di sekelilingnya. Kebanyakan yang datang ke tempat ini adalah untuk berfoto-foto karena pemandangannya yang memang bagus. Spot foto favorit adalah di atas tebing karena bisa mendapatkan pemandangan pantai dengan lebih luas.

Beberapa sisi pantai disediakan tenda untuk wisatawan yang ingin berteduh. Pantai Balangan juga terkenal dengan ombaknya yang ideal untuk aktivitas selancar. Biasanya para peselancar akan datang ke pantai ini pada siang hari saat ombaknya cukup tinggi.

Lokasi: Desa Ungasan, Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

10. Pantai Pemutih

Pantai Pemutih
Image Credit: Raskitatour.com

Pantai Pemutih berada di kaki tebing dengan pasir putih yang lembut. Panorama indah dari pantai dan air laut yang biru kehijauan menjadi sajian utama untuk para wisatawan yang datang. Batuan-batuan karang juga banyak bertebaran di pinggiran pantai menjadikan pemandangannya begitu terutama untuk latar belakang foto.

Tempat wisata ini juga menawarkan ombak yang cukup besar untuk para peselancar yang ingin menguji kemampuan. Kebanyakan wisatawan yang datang ke tempat ini memang bukan untuk berjemur, melainkan memainkan papan selancarnya. Namun, pengunjung tetap bisa bersantai di kawasan pantai karena kondisinya yang masih bersih.

Fasilitas di sekitar pantai cukup eksklusif seperti tersedianya beberapa tempat penginapan mewah. Wisatawan dapat menginap dengan nyaman dan menikmati pemandangan pantai sepanjang hari. Namun, untuk Anda yang berencana ke tempat ini bisa membawa makanan sendiri karena tidak ada restoran atau warung pantai di sekitar pantai.

Lokasi: Jl. Pemutih No.1A, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

11. Pura Luhur Uluwatu

Pura Luhur Uluwatu
Image Credit: Skypixel.org

Pura Luhur Uluwatu merupakan salah satu destinasi paling populer di kawasan Uluwatu, Bali. Bangunan suci umat Hindu di atas tebing yang menjadi ikon wisata eksotis di Uluwatu. Landscape laut dan tebing batu karang yang menjulang tinggi menjadi sajian utama yang dapat dinikmati oleh wisatawan yang datang.

Lokasinya berada di atas tebing karang dan langsung menghadap ke laut. Pemandangan yang terlihat dari atas pun sangat indah, terlebih lagi saat senja atau sunset. Selain menikmati panorama yang cantik, wisatawan juga bisa menyaksikan pertunjukan tari tradisional Bali yang sudah mendunia yaitu Tari Kecak.

Lokasi: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

Itulah beberapa tempat wisata di Uluwatu yang menarik untuk dikunjungi. Wisatawan yang datang ke daerah ini dapat menjelajah begitu banyak tempat wisata menarik dan juga melakukan berbagai kegiatan seru di tempat tersebut.