Tertarik Liburan ke Bali? Jangan Lupa Kunjungi Tanah Lot. Objek Wisata Bahari Populer, Kekinian dan Paling Hits untuk Liburan Anda yang Lebih Berkesan.

Lokasi: Beraban, Kec. Kediri, Kab. Tabanan.
Map: Cek Lokasi

Bali sudah terkenal di kalangan wisatawan sebagai destinasi yang wajib dikunjungi. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara berlomba-lomba mengeksplor keindahannya. Salah satu yang tak pernah sepi turis adalah Tanah Lot.

Tanah Lot merupakan satu dari sekian banyak tempat yang selalu menjadi tujuan kunjungan saat berada di Bali. Sebuah tempat yang menawarkan banyak pesona untuk siapapun yang datang. Bahkan tak jarang para turis datang jauh-jauh hanya untuk menikmati pesona keindahan tempat ini.

Sebuah pura yang masih aktif menjadi tempat beribadah umat Hindu di Bali ini, tak pernah gagal menarik perhatian para wisatawan. Saat Anda berkunjung Tanah Lot, di satu tempat ini Anda bahkan bisa menikmati berbagai daya tarik dan pesona sekaligus. Nah, berikut daya tarik wisata yang bisa Anda nikmati saat berada di Tanah Lot, Bali.

1. Pura yang Masih Aktif Digunakan untuk Beribadah

Pura Batu Bolong
Image Credit: Flickr.com @hendraxu

Daya tarik pertama yang bisa Anda nikmati di Tanah Lot ini tentu saja puranya. Pura yang merupakan tempat beribadah umat Hindu ini memang cukup banyak ditemukan di penjuru Bali. Namun pura di Tanah Lot ini memiliki daya tarik berbeda dengan pura lain. Karena pura ini jugalah yang menjadi daya tarik utama Tanah Lot.

Ada dua pura yang menjadi daya tarik utama di Tanah Lot ini. Dua pura tersebut adalah Pura Luhur Tanah Lot dan Pura Batu Bolong. Selain kedua pura yang berada di atas batu karang besar di pinggir pantai, ada pula beberapa pura lain yang masih berada di sekitar area objek wisata Tanah Lot. Masing-masing pura pun digunakan untuk fungsi yang berbeda-beda.

Misalnya, ada Pura Enjung Galuh yang digunakan untuk pemujaan Dewi Sri, yaitu dewi kesuburan tanah dan lain sebagainya. Meskipun akses masuk ke dalam pura dibatasi, namun wisatawan masih bisa menikmati kearifan lokal saat masyarakat sekitar Tanah Lot melaksanakan ibadah di Pura ini.

2. Menyaksikan Upacara Keagamaan Piodalan

Upacara Piodalan
Image Credit: Balipost.com

Jika berbicara tentang Bali dan Tanah Lot, maka upacara keagamaan juga menjadi daya tarik tersendiri yang selalu berhasil menyedot antusiasme para turis. Salah satu upacara keagamaan yang paling dinanti adalah upacara Piodalan.

Upacara ini diselenggarakan tepat 4 hari selepas Hari Raya Kuningan. Pada hari itu, para wisatawan dapat menyaksikan ratusan penganut Agama Hindu yang berjalan iring-iringan menuju ke pura. Namun sebelum masuk ke pura para penganut Agama Hindu ini harus membasuh wajahnya di mata air suci di bawah pura Tanah Lot.

Menyaksikan iring-iringan umat Hindu yang membawa sesajen sebelum beribadah di pura ini memang salah satu daya tarik tersendiri. Wisatawan yang ingin mengikuti upacara ini pun disarankan untuk mengenakan pakaian yang sopan sebagai bentuk penghormatan pada budaya dan adat setempat.

3. Pulau Karang yang Menakjubkan

Pulau Karang
Image Credit: Sitimustiani.com

Semua orang yang pernah berkunjung ke Tanah Lot pasti setuju jika pulau karang di Tanah Lot ini adalah daya tarik yang tak bisa ditolak. Pulau Karang ini merupakan tempat berpijaknya dua pura yang berdiri kokoh berlatar laut lepas pulau Bali.

Pulau karang ini bisa dijangkau hanya saat kondisi air laut sedang surut. Sedangkan ketika air laut sedang pasang, pulau karang ini akan nampak seperti tenggelam dan berada di tengah laut. Semakin menambah keindahan penampakan alam Tanah Lot. Kalau Anda merasa takut untuk menyeberang, Anda pun bisa menikmati keindahan Pulau karang ini dari kejauhan.

4. Gua Ular Suci

Gua Ular Suci
Image Credit: Travelling-engineer.com

Tak hanya pulau karang saja yang menjadi daya tarik alam yang menakjubkan. Tanah Lot juga menawarkan daya tarik wisata alam lain yang tak kalah membuat takjub, yaitu Gua Ular Suci. Selain keindahan alam, Gua Ular Suci ini juga menyimpan cerita sejarah yang semakin menambah pesona daya tariknya.

Gua ini terletak di dekat pura Tanah Lot. Sesuai namanya, di gua ini banyak ditemukan jenis ular laut yang dipercaya masyarakat Hindu sebagai penjaga pura yang ada di kawasan Tanah Lot ini. Jika berkunjung kesini, wisatawan disarankan untuk berhati-hati dan jika ingin berfoto dengan ular yang ada di gua, disarankan untuk bersama pawangnya.

5. Gua Air Suci

Gua Air Suci
Image Credit: Tripadvisor.com

Satu lagi daya tarik alami yang membuat banyak wisatawan penasaran dengan Tanah Lot adalah Gua Air Suci. Gua Air Suci ini berada di dalam Gua Ular Suci. Di dalam gua ini terdapat aliran air yang berasal dari laut. Anehnya, meskipun berasal dari laut, rasa air di dalam gua ini tidaklah asin seperti kebanyakan air laut, melainkan cenderung tawar dan sangat segar.

Sumber air di dalam gua ini dikenal oleh masyarakat sekitar sebagai Tirta Pembersihan yang biasanya digunakan untuk upacara keagamaan. Sumber air ini juga dikeramatkan oleh masyarakat. Meskipun begitu, wisatawan tetap bisa mengambil air dari sumber ini untuk minum atau membasuh wajah.

6. Bermain di Laut Tanah Lot yang Menakjubkan

Laut Tanah Lot
Image Credit: Pantainesia.com

Sama seperti aktivitas dan daya tarik utama dari berbagai destinasi wisata di Bali, laut dan pantai juga menjadi daya tarik lain dari Tanah Lot ini. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bali tanpa bermain di pantai dan lautnya. Ini jugalah yang bisa Anda dapatkan di Tanah Lot.

Pantai dan Laut di kawasan Tanah Lot ini juga menawarkan keindahan yang menakjubkan. Namun, Anda harus hati-hati karena ada banyak batu karang yang licin karena tertutup lumut. Anda juga jangan sampai melewati area yang sudah dibatasi dengan garis merah. Hal tersebut ditujukan agar pengunjung tidak terseret oleh ombak kawasan Tanah Lot yang cukup besar.

7. Menikmati Pertunjukan Tari Kecak

Tari Kecak
Image Credit: Pegipegi.com

Tari Kecak sudah dikenal ke seluruh penjuru dunia sebagai salah satu budaya asli Bali yang mengagumkan. Menggabungkan tarian yang epik dan atraksi tarian api yang menegangkan, tak pernah gagal memesona setiap wisatawan yang berkunjung. Anda bisa menikmati pertunjukan tarian ini di salah satu hotel yang letaknya tak jauh dari pura Tanah Lot.

Pertunjukan tari ini menceritakan tentang Dewi Sinta, Hanoman dan Rahwana. Kisah yang dramatis, gerakan tari yang mempesona, serta pertunjukan epik yang menyusun keseluruhan pertunjukan ini akan membuat Anda tak berhenti berdecak kagum. Karena itulah tak sedikit wisatawan yang rela jauh-jauh datang untuk menikmati pertunjukan ini.

Pertunjukan tari kecak di Tanah Lot ini sedikit berbeda, karena dari segi penari dan kapasitas penonton yang jumlahnya dibatasi. Hal tersebut membuat pertunjukan ini terkesan lebih privat. Namun Anda masih tetap bisa menikmati pertunjukan secara lengkap, bahkan pertunjukan tarian api pun ditampilkan.

8. Menikmati Romantisme Sunset Tanah Lot

Sunset Tanah Lot
Image Credit: Locationscout.net

Sudah disebutkan sebelumnya jika akses ke pura Tanah Lot hanya bisa diakses saat air laut surut. Saat yang paling tepat adalah di sore hari. Nah, satu lagi daya tarik yang bisa Anda nikmati saat di Tanah Lot adalah keindahan panorama sunset dari pulau karang Tanah Lot.

Pulau Karang di Tanah Lot ini sendiri menghadap langsung ke Samudra Hindia. Maka tak heran jika banyak wisatawan yang sengaja datang di sore hari hanya untuk menyaksikan golden sunset dari pulau karang ini. Dari atas pulau karang ini, Anda bisa melihat langsung momen detik-detik sang surya tenggelam di ujung laut Samudra Hindia. Sangat eksotis sekaligus romantis.

9. Monumen Tri Antaka, Situs Bersejarah di Tengah Eksotisme Tanah Lot

Monumen Tri Antaka
Image Credit: Ayotravelingbareng.blogspot.com

Ketika berkunjung ke Tanah Lot, selain pulau karang dan pura Tanah Lot, mungkin tidak banyak yang tahu jika di kawasan Tanah Lot ini juga terdapat monumen bersejarah. Monumen Tri Antaka adalah saksi peristiwa perjuangan masyarakat Bali dalam melawan NICA.

Monumen ini juga bisa menjadi daya tarik lain dari aspek sejarah yang bisa menjadi daya tarik kunjungan wisata. Dari monumen ini, Anda bisa turut mengenang bagaimana perjuangan rakyat Bali di tahun 1946 dalam menghadapi NICA. Jadi, Bali tidak selalu tentang keindahan dan budaya namun juga sejarah.

10. Berbelanja Buah Tangan di Pasar Seni Tanah Lot

Pasar Seni Tanah Lot
Image Credit: Pelangivoyagesbali.com

Lelah berjalan-jalan dan menikmati keindahan Tanah Lot, daya tarik Tanah Lot terakhir yang tak boleh Anda lewatkan adalah pasar seni Tanah Lot. Di pasar seni ini Anda bisa membeli berbagai jenis buah tangan untuk keluarga atau teman-teman.

Souvenir yang dijual di pasar seni ini adalah buatan tangan masyarakat sekitar. Ada sandal, lukisan, topi, baju, sarung, patung dan berbagai jenis benda seni lainnya. Pasar seni ini bisa menjadi tempat terbaik untuk Anda membeli souvenir khas Bali.

Nah, itu tadi adalah 10 daya tarik wisata yang bisa Anda nikmati di Tanah Lot. Destinasi ini memang sudah menjadi destinasi wisata populer dan favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Tanah Lot. Dengan mengetahui dan mempelajari daya tariknya, Anda akan membuat Anda semakin tertarik untuk berkunjung ke Tanah Lot ini.