Tertarik Liburan ke Pantai? Inilah Rekomendasi Wisata Pantai Terindah di Pulau Lombok. Objek Wisata Bahari Kaya Pesona, Populer, Eksotis dan Paling Hits untuk Liburan yang Berkesan.

Lombok dikenal sebagai kawasan wisata alam yang mempunyai pesona indah dengan ciri khas tersendiri di setiap wisatanya Para wisatawan mancanegara maupun domestik berbondong-bondong menghabiskan waktu liburan mereka di pulau ini. Panorama alamnya seakan menghipnotis siapapun yang berkunjung. Sehingga pulau ini selalu ramai dipadati para wisatawan.

Beragam tempat wisata menarik di Lombok mayoritas tidak asing di telinga para wisatawan. Meski begitu, banyak juga tempat wisata yang belum terjamah oleh banyak orang sehingga seolah terkesan private. Ya, Lombok memang salah satu surganya tempat wisata yang ada di Indonesia. Pulau ini tak kalah menariknya dengan pulau lainnya yang juga mempunyai beragam wisata menarik.

Wisata bahari di Lombok berhasil menyita perhatian para wisatawan. Pantai-pantai cantik nan eksotik mampu mengajak para wisatawan untuk datang berkunjung tak hanya sekali saja. Ada banyak pantai cantik di Lombok yang siap menyambut para wisatawan dengan pesona alamnya yang menenangkan jiwa. Sehingga deretan wisata pantainya akan memberikan sensasi berlibur yang menyenangkan.

1. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok
Image Credit: Instagram.com @photocolonia

Tempat wisata bahari yang berlokasi di Lombok Tengah ini hanya membutuhkan waktu berkendara selama 30 menit saja dari Bandara Internasional Lombok. Para wisatawan sangat familiar dengan Pantai Kuta ini. Selain lokasinya yang dekat dengan bandara, panorama yang ditawarkan pun begitu mempesona.

Dengan pesona pasir putih bersih yang dimilikinya, pantai tersebut terbentang luas sepanjang 7,2 kilometer. Fasilitasnya termasuk lengkap, salah satunya adalah fasilitas olahraga air yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan. Berbagai wahana air seperti windsurfer dan banana boat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Image Credit: Instagram.com @kartosar

Nuansa Pantai Senggigi sangat mirip dengan Pantai Kuta. Lokasinya strategis dan berada di daerah Lombok Barat. Tempat wisata bahari satu ini dikenal sebagai spot wisata paling ramai di Lombok sehingga pemerintah menaruh perhatian khusus pada pembangunan penginapan dan hotel di sekitar pantai.

Fasilitas berupa tempat berbelanja, olahraga, hingga kuliner tersedia di sekitar pantai, sehingga banyak wisatawan yang menjadikan pantai tersebut sebagai pantai favorit mereka. Jarak dengan Bandara Internasional Lombok sekitar 51 kilometer atau membutuhkan waktu tempuh perjalanan sekitar 1 jam 10 menit.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sebelah Barat Pesisir Pulau Lombok. Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

 3. Pantai Gili Trawangan

Pantai Gili Trawangan
Image Credit: Instagram.com @clembm13011

Icon Pulau Lombok ini sangat populer di kalangan para wisatawan. Lombok mempunyai 3 Gili yakni Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan. Pantai Gili Trawangan inilah yang paling ramai dikunjungi para wisatawan. Panorama sunrise dan sunset yang menawan dapat dilihat dari pantai tersebut karena pantainya menghadap ke arah barat dan timur.

Pesona bawah lautnya juga patut diacungi jempol karena pantai tersebut merupakan salah satu spot terbaik untuk olahraga diving. Berbagai biota lautnya begitu cantik sehingga aktivitas diving menjadi kegiatan paling seru disini. Pantai tersebut merupakan pantai berstandar internasional dengan berbagai fasilitas lengkap yang memadai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

4. Pantai Pink

Pantai Pink
Image Credit: Google Maps (Doni Alfian)

Sesuai dengan namanya, pantai unik di Lombok ini mempunyai pasir pantai yang berwarna pink atau merah muda. Warna pasir pink nya berasal dari campuran dari karang merah yang sudah mati dan menjadi serpihan halus serta pasir putih lembut. Ketika terkena pantulan sinar matahari, warna pink nya akan terlihat jelas. Ketika terkena air laut warnanya kemerahan.

BACA JUGA:  15 Air Terjun Terindah di Lombok yang Paling Hits

Warna pasir pink tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan terutama wanita. Karakter unik yang dimiliki pantai satu ini merupakan suatu hal yang langka di dunia sehingga menyita perhatian banyak wisatawan. Lokasi pantai unik ini berada di Lombok Timur. Fasilitasnya sangat lengkap dan mudah ditempuh dengan jalur darat maupun jalur udara.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sekaroh, kec. Jerowaru, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

5. Pantai Gili Nanggu

Pantai Gili Nanggu
Image Credit: Google Maps (Habibi Mustafa)

Sama-sama bernama Gili, Pantai Gili Nanggu ini tidak jauh berbeda penampakannya dengan Pantai Gili Trawangan. Pasir pantainya putih bersih, warna air lautnya biru, serta memiliki pesona bawah laut yang menakjubkan. Meskipun tidak terlalu populer seperti Gili Trawangan, panorama pantai satu ini tidak kalah indahnya.

Suasananya tidak seramai Pantai Gili Trawangan, sehingga pantai tersebut sangat cocok untuk para wisatawan yang ingin berlibur di pantai yang tenang maupun ingin honeymoon dengan pasangan. Ada banyak fasilitas resort yang lengkap dengan fasilitas memadai sehingga Anda tak perlu khawatir jika ingin menghabiskan liburan di pulau seluas 8 Ha ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:Jl. Sekotong Barat, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

6. Pantai Nambung

Pantai Nambung
Image Credit: Google Maps (Yudi Fairuz)

Berlokasi di daerah Lombok Tengah, Pantai Nambung mempunyai karakteristik unik yang beda dari pantai lainnya di Lombok. Disini Anda dapat menemukan dua wisata sekaligus karena pantai tersebut memiliki pesona air terjun dengan panorama tebing karang yang tinggi dan ombak yang besar.

Karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, maka ombak pantai tersebut sangat besar dengan gulungannya yang sangat tinggi. Keunikan yang dimiliki Pantai Bambung adalah adanya fenomena air terjun Tanjung Jagog yang tidak dapat diprediksi besar kecilnya dan tercipta saat terdengar gemuruh ombak yang menghempas batu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Buwun Mas, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

7. Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk
Image Credit: Instagram.com @laluiwansept

Nama pantai ini terdengar asing namun ternyata menjadi salah satu tempat favorit bagi para peselancar dari mancanegara. Ombak tinggi yang dimiliki pantai tersebut serta beberapa titik surfing yang lengkap dengan level ombak yang berbeda sangat menarik bagi para peselancar untuk melakukan hobi mereka menaklukkan ombak.

Pantai yang berada di bagian timur Pantai Kuta ini mempunyai pasir putih yang halus dan air laut yang begitu jernih. Pemandangan yang disuguhkan sangat beragam seperti beberapa kebun tanaman pangan, rumah tradisional Sasak yang berjejer di sepanjang jalan, serta perbukitan yang menawarkan pesona alam berbeda ketika menaikinya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pagutan Barat, Kec. Mataram, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

8. Pantai Semeti

Pantai Semeti
Image Credit: Google Maps (Prantto)

Salah satu pantai yang mendapatkan julukan sebagai Aquarium Alam ini merupakan pantai tersembunyi karena lokasinya berada di balik bukit. Dikenal juga dengan nama Pantai Mawi yang sangat indah dengan pemandangan batuan karang cekung dan membentuk kolam kecil. Meskipun sulit dijangkau, namun panorama yang disuguhkan sungguh memukau.

Keunikan Pantai Semeti terletak pada batu karangnya yang membentuk tonggak-tonggak seperti balok kristal yang terdapat di sekitar pantai. Karakteristik pasirnya berwarna putih bersih dengan air lautnya yang jernih. Pemandangan berbeda dapat Anda dapatkan dengan cara menaiki beberapa bukit yang ada di sekitar pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

9. Pantai Seger

Pantai Seger
Image Credit: Google Maps (Zhou Elise)

Pantai yang terkenal sebagai tempat pelaksanaan upacara Bau Nyale ini dianggap mempunyai nilai budaya yang tinggi. Upacara Bau Nyale biasanya dilaksanakan pada akhir bulan Februari dan hanya setahun sekali. Ikon tempat wisata ini terletak pada monumen Putri Mandalika serta tiga pangeran yang terdapat di salah satu bagian bibir pantai.

Lokasi Pantai Seger berjarak sekitar 200 meter di sebelah selatan Pantai Kuta dan Pantai Tanjung Aan. Ombak dan arus di bagian selatan dan utara pantai cukup tenang sehingga sangat tepat untuk melakukan kegiatan olahraga air yang ringan seperti snorkeling, bermain kano, dan berenang. Perbukitan yang mengelilingi sekitar pantai juga dapat Anda daki.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

10. Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan
Image Credit: Instagram.com @ali_darmawan

Jarak tempat wisata ini hanya sekitar 5 km dari Pantai Kuta. Garis pantainya lebih panjang serta ombaknya relatif tenang dengan kedalaman yang cukup dangkal. Dengan karakteristik yang dimilikinya, pantai tersebut cocok untuk Anda yang hobi snorkeling dan berenang karena pesona bawah lautnya begitu indah.

BACA JUGA:  15 Oleh-Oleh Khas Lombok yang Paling Terkenal

Berlokasi di Bukit Marese, Pantai Tanjung Aan seolah menjadi teluk yang terisolasi namun keindahan yang ditawarkan sangatlah memukau. Meskipun begitu, ada beberapa resort yang siap disambangi untuk tempat menginap para wisatawan. Pemandangan dari ketinggian dapat dilihat dengan menaiki beberapa bukit di sekitar pantai.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pengembur, Sengkol, Kec Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

11. Pantai Bangko-Bangko

Pantai Bangko-Bangko
Image Credit: Google Maps (Andmi_Trip)

International Surfing Association memberikan klaim bahwa pantai ini mempunyai ombak terganas sehingga menjadi salah satu surga bagi para peselancar. Pantai Bangko-Bangko adalah salah satu dari 10 lokasi surfing dengan ombaknya yang dianggap paling ganas. Lokasi pantai tersebut berada di daerah Lombok Barat.

Pantai yang mendapat julukan “Dessert Point” ini dapat dikunjungi pada waktu terbaik yakni antara bulan Mei-Oktober dan menjadi salah satu tujuan wisata bagi para peselancar selain di Banyuwangi, Bali, dan Mentawai. Sapuan ombak ke arah kiri (ombak Lefthand) yang berbeda dengan ombak pantai pada umumnya dapat Anda temukan disini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batu Putih, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

12. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung
Image Credit: Google Maps (Kaitlind Marek)

Lokasi pantai ini berada di daerah Lombok Tengah dan sama-sama berada dalam satu garis pantai dengan Pantai Tanjung Aan. Dinamakan Pantai Batu Payung karena terdapat sebuah batu tinggi dan besar yang mirip dengan payung dan terletak di pinggir pantai. Yang membedakan pantai satu ini dengan yang lainnya adalah tidak adanya hamparan pasir.

Meskipun tidak mempunyai hamparan pasir seperti pantai lain pada umumnya, namun panorama matahari terbit dapat Anda saksikan dengan indah dari sini. Untuk menuju kesini, Anda bisa menyusuri bebatuan karang dan pecahan koral dengan berjalan kaki dari Pantai Tanjung Aan ketika air surut. Ketika air pasang, Anda harus menyewa perahu.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuta Lombok, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

13. Pantai Tanjung Ringgit

Pantai Tanjung Ringgit
Image Credit: Google Maps (Christianus Hutanijaya)

Pantai yang pernah menjadi markas pengintaian tentara Jepang pada jaman Perang Dunia II ini terletak di Lombok Timur dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia di bagian selatan serta Pulau Sumbawa di bagian timur. Daya tarik utama pantai tersebut adalah perbukitan karangnya yang menjulang tinggi.

Panorama yang disuguhkan sangat indah dengan adanya tebing curam dan angin laut yang terasa kencang. Terdapat beberapa bangunan berupa barak atau gua persembunyian dan Meriam yang merupakan bukti bahwa pantai ini pernah menjadi markas pengintaian Jepang terhadap musuh.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lingkok siwaq, Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

14. Pantai Tanjung Bloam

Pantai Tanjung Bloam
Image Credit: Google Maps (Adi Baok)

Pantai dengan keindahan perbukitan batu karang yang tinggi ini sangat cocok untuk para pecinta fotografi. Akses menuju kesini lumayan sulit namun pemandangan yang disuguhkan tidak biasa. Pasir putihnya masih sangat bersih dengan tekstur yang lembut, air lautnya biru dan jernih, serta bebas sampah.

Pantai satu ini bisa dibilang sebagai private beach karena pemandangannya masih sangat alami. Terdapat penangkaran penyu disini sehingga semakin membuat para wisatawan penasaran. Pantai yang belum banyak terjamah ini terletak di daerah Lombok Timur. Anda bisa menginap di Jeeva Beach Camp jika ingin menghabiskan liburan disini.

Harga Tiket: Rp 150.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Beloam, Kec. Tanjung Ringgit, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

15. Pantai Mawun

Pantai Mawun
Image Credit: Instagram.com @hayaniswanti

Pantai tersembunyi lainnya di Lombok adalah Pantai Mawun yang berada di Lombok Tengah. Terletak di sekitar perbukitan teluk Mawun, private beach ini mempunyai pasir putih dan air yang jernih kebiruan.

Pantai Mawun sangat cocok untuk Anda yang berjiwa petualang karena Anda dapat menyaksikan pemandangan yang berbeda dari atas ketinggian bukit di sekitar pantai. Garis pantainya membentuk hampir seperti lingkaran yang sempurna dengan dikelilingi perbukitan hijau yang mempesona.

BACA JUGA:  11 Tempat Wisata di Lombok Utara Terbaru & Terhits Buat Liburan
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Tumpak, Kec. Pujut, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

16. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak
Image Credit: Google Maps (Muhammad Safruddin)

Berada di Lombok tengah tak jauh dari Pantai Mawun, Pantai Selong Belanak mempunyai ombak yang tidak terlalu besar sehingga menjadi tempat latihan olahraga surfing terbaik bagi para peselancar pemula.

Garis pantainya cukup panjang dan pasir putihnya terasa sangat lembut. Banyak perahu nelayan di sekitar kawasan pantai yang dapat mengantarkan Anda menjelajah pantai tersebut dengan jalur laut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

17. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong
Image Credit: Instagram.com @azharwidiatna

Sesuai namanya, pantai dengan karakteristik pasir putih ini berada di Lombok Barat. Terdapat teluk yang terlindung yang dihiasi dengan perairan laut warna biru kristal serta pegunungan karang berwarna hijau menambah eksotisme Pantai Sekotong ini semakin mengagumkan.

Daerah sekitar pantai masih banyak sekali pemandangan alami dengan gaya hidup para masyarakatnya yang masih tradisional. Nuansa yang disuguhkan pun terasa sangat asri. Pemandangan megah Gunung Rinjani juga terlihat dari pantai ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekaki, Pelangan, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

18. Pantai Nipah

Pantai Nipah
Image Credit: Google Maps (Kartika Candra)

Pantai yang populer di kalangan para pecinta ikan segar ini terletak di daerah Lombok Barat, sekitar 25-30 menit jika ditempuh dari Pantai Senggigi. Pantai satu ini terkenal dengan wisata kuliner ikan segarnya yang lezat.

Banyak sekali para wisatawan pemburu kuliner yang datang kesini saat akhir pekan maupun hari libur nasional. Sehingga pantai tersebut tak hanya ramai pengunjung yang bermain air saja, namun juga ramai oleh para pemburu kuliner ikan laut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Senggigi, Malaka, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

19. Pantai Malimbu

Pantai Malimbu
Image Credit: Google Maps (Ikra Alwia)

Daya tarik pantai satu ini adalah adanya Karang Bolong Malimbu yang sering menjadi spot foto menarik. Pantai Malimbu termasuk salah satu private beach di Lombok karena pesonanya masih sangat alami serta suasana yang disuguhkan begitu tenang.

Anda bisa berjalan-jalan santai di kawasan pantai ini atau berkeliling pantai dengan berwisata air menggunakan perahu atau kano yang Anda sewa. Semua keindahan Pantai Malimbu dapat Anda nikmati secara gratis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Malaka, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

20. Pantai Tebing

Pantai Tebing
Image Credit: Google Maps (Lidya MR)

Pantai berpasir hitam ini mempunyai daya tarik tersendiri berupa deretan tebing yang menjulang tinggi setinggi 22 meter dan berada di sepanjang pinggir pantai. Pantai pasir hitam tersebut terletak di Lombok Utara.

Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan para wisatawan disini seperti berselancar, berenang, berfoto dengan latar belakang tebing dan pantai pasir hitam, serta berjemur.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dusun Luk, Kec. Rempek, Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

21. Pantai Ampenan

Pantai Ampenan
Image Credit: Google Maps (Ini Lombok)

Jika ingin menikmati pemandangan sunset yang tidak jauh dari kota, Pantai Ampenan dapat Anda pilih untuk dikunjungi. Para wisatawan yang datang kesini biasanya menikmati sunset sambil berwisata kuliner yang dibeli dari pedagang di sekitar pantai.

Terletak di sekitar Kota Mataram, para wisatawan dapat menikmati keindahan pantai tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pabean, Kec. Ampenan, Kec. Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

22. Pantai Telawas

Pantai Telawas
Image Credit: Google Maps (Agung Rinjani)

Pantai satu ini terbilang unik karena dikelilingi bebatuan karang yang memiliki pola cantik seperti ukiran para seniman. Pola ukiran alami terbentuk akibat erosi atau abrasi oleh angin. Bebatuan karangnya lancip dan menjulang tinggi.

Pasirnya putih namun ombaknya besar dan terkadang ada batuan yang goyang terkena angin sehingga Anda harus berhati-hati ketika sedang berfoto di kawasan pantai ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mekar Sari, kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Lombok mempunyai beragam pantai dengan ciri khasnya masing-masing yang pastinya akan membuat Anda betah berlama-lama untuk menikmati keindahan pantainya. Jangan sampai lupa untuk membawa kamera untuk membidik momen Anda bersama keluarga saat berlibur ke Pulau Lombok.