Tertarik Liburan di Pantai? Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Pulau Dewata Bali. Objek Wisata Bahari Populer, Eksotis dan Paling Hits dengan Panorama Alam yang Memukau.

Bali begitu terkenal dengan keindahannya baik di kelas nasional, maupun di kancah internasional. Pulau dewata ini rasanya begitu cocok bila disebut sebagai surga wisata, bagaimana tidak, daerah ini selalu disinggung sebagai salah satu destinasi wisata yang harus dieksplor. Tempat wisata yang paling terkenal di Bali tentu saja deretan pantainya yang begitu eksotis.

Lalu pantai mana saja yang patut dikunjungi ketika berada di pulau seribu pura ini? Simak ulasan deretan pantai favorit di Bali berikut.

1. Pantai Kuta

Pantai Kuta
Image Credit: Topijelajah.com

Pantai pertama yang harus masuk ke daftar wisata bahari yang wajib dikunjungi ketika di Bali tentu saja Pantai Kuta. Pantai ini bahkan disebut sebagai ikon wisata pulau ini, tidak ada seorangpun yang datang kemari dan tidak mengetahui perihal pantai satu ini. Pantai Kuta yang berlokasi tidak jauh dari bandara ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dan melengkung, sehingga pengunjung dapat berjalan jalan di pesisir pantai sampai puas.

Lokasi: Kec. Kuta, Kab. Badung.

2. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa
Image Credit: Tukangpantai.blogspot.com

Ini dia pantai yang memiliki pasir putih terindah dan tercantik di seantero Bali, dan menjadi salah satu pantai yang tidak boleh terlewat untuk dikunjungi. Pantai Pandawa ini terletak di Desa Kutuh, Kabupaten Badung, dan lebih terkenal dengan julukan secret beach di kalangan turis mancanegara. Sedangkan penduduk setempat lebih mengenalnya dengan nama Pantai Kutuh. Ketika berkunjung kemari, Anda akan begitu terpesona dengan pemandangan pantai yang memukau.

Lokasi: Desa Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

3. Pantai Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa
Image Credit: Referensiwisata.com

Pantai satu ini merupakan surganya olahraga air yang merupakan daya tarik dari wisata Bali Selatan. Pantai Tanjung Benoa ini berbatasan dengan Nusa Dua, Bali dan merupakan pusat dari kegiatan olahraga air di Bali. Ombaknya yang cukup tenang, membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai spot permainan air yang sangat seru. Tidak heran jika pantai ini menjadi begitu diminati oleh pecinta watersport.

Jenis permainan atau olahraga air yang bisa Anda mainkan di Pantai Tanjung Benoa yakni banana boat, snorkeling, donut boat, jet ski, scuba diving, sea walker, parasailing, wakeboard, waterski, flying fish, dan masih banyak lainnya. Selain itu Anda juga bisa pergi menyaksikan penyu raksasa yang berada di pulau penyu, dengan menaiki perahu yang ada.

Lokasi: Tanjung Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

4. Pantai Tulamben

Pantai Tulamben
Image Credit: Baligetaway.co.id

Pantai Tulamben merupakan pantai yang begitu populer di kalangan para penyelam. Karena di pantai ini terdapat kapal perang AS yang telah karam, dan letaknya tidak terlalu dalam sehingga bisa dilihat dengan mudah. Selain itu, perairan di sekitar Tulamben juga memiliki pemandangan terumbu karang yang sangat cantik. Sehingga pantai ini menjadi salah satu wisata bahari yang begitu apik untuk menyelam atau diving.

Pantai Tulamben ini sedikit berbeda dari pantai lainnya, karena Tulamben tidak berpasir melainkan diselimuti oleh bebatuan dengan besar yang beragam antara seukuran telur ayam hingga kepalan tangan. Berbagai batu tersebut tidak licin atau tajam, sehingga tetap nyaman untuk dipijak oleh kaki. Selain itu, daerah di sekitar pantai juga banyak ditumbuhi oleh pohon besar yang menaungi pantai bahkan hingga bibir airnya.

Lokasi: Karangasem, Tulamben, Kec. Kubu, Kab. Karangasem.

BACA JUGA:  Pantai Jimbaran Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

5. Pantai Medewi

Pantai Medewi
Image Credit: Balitoursclub.net

Pantai Medewi merupakan pantai yang begitu terkenal sebagai tempat surfing, karena memiliki ombak yang cukup menantang untuk melakukan aktivitas tersebut. Lokasi dari pantai satu ini terletak di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, dan membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam perjalanan jika dari Kota Denpasar. Bentuk pantainya yang landai pada bagian barat membuat ombak pantai selalu besar.

Lokasi: Jl. Pantai Medewi, Medewi, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana.

6. Pantai Echo

Pantai Echo
Image Credit: Baligetaway.co.id

Berikutnya ada Pantai Echo yang juga tidak boleh Anda lewatkan ketika bertandang ke pulau dewata. Wisata bahari ini masih begitu terasa alami dan sangat terjaga keasriannya serta kebersihannya. Lokasinya berada di Seminyak, dan menawarkan kesan pantai yang begitu eksotis dengan suasana yang damai, tenang, dan sepi. Pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang tengah memadu kasih dan membutuhkan suasana yang romantis.

Lokasi: Jl. Batu Mejan Canggu, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung.

7. Pantai Dreamland

Pantai Dreamland
Image Credit: Videoblocks.com

Pantai Dreamland hanya berjarak sekitar 30 menit dari Pantai Kuta, dan memiliki keindahan yang tidak kalah darinya. Suasana yang ditawarkan oleh Dreamland juga begitu mirip dengan Pantai Kuta, namun dengan pengunjung yang tidak sepadat di sana sehingga sangat cocok untuk Anda yang mencari ketenangan. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas pantai dengan keadaan yang lebih tenang, dan lebih privasi.

Lokasi: Jl. Pecatu Indah Raya, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

8. Pantai Sanur

Pantai Sanur
Image Credit: Thebali.co.id

Jika Pantai Kuta disebut sebut sebagai pantai matahari terbenam, maka Pantai Sanur layak menyandang pantai matahari terbit. Destinasi wisata ini tampak begitu cantik ketika sang fajar mulai menyinarinya di pagi hari, Anda sangat disarankan untuk menyaksikan matahari terbit di pantai satu ini. Pantai Sanur sendiri berada di sebelah timur Kota Denpasar, dan memiliki karakteristik ombak yang cukup tenang sehingga cocok digunakan bermain selancar.

Selain bermain selancar, ombaknya yang cukup tenang juga menandakan bahwa Pantai Sanur ini juga cocok digunakan untuk kegiatan snorkeling bagi pemula. Dan yang pasti Anda bisa berenang di laut yang tenang, sambil menyaksikan matahari terbit. Atau sekedar berjalan jalan di pesisir pantainya juga merupakan ide yang bagus ketika bertandang ke pantai satu ini.

Lokasi: Jl. Kusuma Sari No.1, Sanur, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

9. Pantai Legian

Pantai Legian
Image Credit: Pantainesia.com

Satu lagi pantai yang berada tidak jauh dari Pantai Kuta, yakni Pantai legian. Para pelancong asing sering menyebut pantai ini dengan nama Legian Beach in Indonesia. Bahkan cukup banyak majalah tour and travel dunia, yang menyebutkan Legian Beach wajib dikunjungi ketika berlibur ke Indonesia. Karena kepopulerannya, tak heran jika Pantai Legian masuk ke dalam daftar pantai yang ada di Bali Selatan yang begitu menarik untuk dikunjungi.

Perbedaan yang cukup menonjol dari Pantai Legian serta Pantai Kuta terletak pada kesannya. Pantai Legian menawarkan kesan resort, dan jauh lebih cocok bagi Anda yang tidak begitu suka dengan keramaian. Berbeda dengan Pantai Kuta yang selalu ramai akan pengunjung setiap harinya. Jadi di Pantai Legian ini Anda bisa menikmati damainya bersantai dengan ditemani oleh pasir putih yang begitu lembut.

Lokasi: Jl. Melasti, Legian, Kec. Kuta, Kab. Badung.

10. Pantai Lovina

Pantai Lovina
Image Credit: Ksmtour.com

Nama Pantai Lovina mungkin cukup asing di telinga Anda, namun pantai yang terletak di bagian utara Bali ini menawarkan pengalaman yang cukup berbeda dari pantai lainnya. Atraksi utama yang disuguhkan oleh pantai yang memiliki pasir hitam ini yaitu lumba lumba. Pada saat pertama kali menginjakkan kaki di lokasi pantai, hal pertama yang akan menyambut Anda adalah patung lumba lumba raksasa yang merupakan ikon dari Pantai Lovina.

Bagi Anda yang ingin melihat lumba lumba bermain serta meloncat di habitat aslinya, maka Anda harus datang ke Pantai Lovina ini pada pagi hari atau bahkan sebelum matahari terbit. Karena semakin pagi Anda datang, maka semakin besar peluang Anda untuk bisa bermain dengan lumba lumba. Pasalnya semakin siang, hewan lucu tersebut akan berenang menjauh dari kawasan pantai.

BACA JUGA:  Daya Tarik Wisata Desa Penglipuran Bangli, Bali

Lokasi: Kalibukbuk, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng.

11. Pantai Karma Kandara

Pantai Karma Kandara
Image Credit: Travelspromo.com

Jika Anda ingin merasakan suasana Pantai Pandawa, namun tidak ingin terhimpit di kerumunan wisatawan yang lain maka Pantai Karma Kandara bisa Anda jadikan pilihan. Pantai satu ini bertetangga dengan Pantai Pandawa, dan memiliki pemandangan yang masih serupa. Oleh sebab itu Pantai Karma Kandara merupakan salah satu pantai yang juga wajib untuk Anda kunjungi, terlebih jika Anda ingin merasakan suasana damai dengan privasi yang terjaga.

Lokasi: Jl. Villa Kandara, Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

12. Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang
Image Credit: Baligetaway.co.id

Layaknya Pantai Lovina, Pantai Padang Padang mungkin tidak terlalu umum untuk didengar. Pantai ini letaknya memang cukup tersembunyi, yaitu di balik sebuah tebing yang cukup tinggi di kawasan Pecatu, tidak terlalu jauh dari Uluwatu. Untuk mencapai lokasi pantai Anda harus melewati sebuah gua, yang memiliki lebar hanya cukup untuk 1 orang saja sehingga Anda harus berjalan secara bergantian.

Lokasi: Jl. Labuan Sait, Desa Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

13. Pantai Seminyak

Pantai Seminyak
Image Credit: Lingkunganhidup.co

Pantai Seminyak juga merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang tidak boleh ketinggalan untuk Anda kunjungi. Di sini para wisatawan tidak perlu khawatir mengenai penginapan, karena di area pantai pun terdapat cukup banyak sekali hotel maupun villa yang bisa Anda jadikan pilihan. Tak hanya penginapan, di Pantai Seminyak juga terdapat restoran yang siap menyajikan berbagai hidangan lezat untuk memuaskan perut Anda.

Banyak hal yang seru yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke pantai yang memiliki pasir putih dan landai ini. Seperti bersantai di bawah deretan payung payung yang terdapat di pesisir pantai, hingga bermain air dengan ombak yang cukup tenang. Sebagai sebuah objek wisata yang memiliki panorama keindahan matahari terbenam yang cantik, kawasan Pantai Seminyak ini mampu mengundang banyak sekali pengunjung pada waktu senja.

Lokasi: Seminyak, Kec. Kuta, Kab. Badung.

14. Pantai Virgin Karangasem

Pantai Virgin Karangasem
Image Credit: Tourism.karangasemkab.go.id

Pantai Virgin Karangasem lebih banyak dikenal dengan nama Pantai Perasi Karangasem di kalangan masyarakat lokal. Disebut dengan nama pantai virgin, karena tempat wisata ini berlokasi tersembunyi dan berada di salah satu kawasan Kabupaten Karangasem yang terletak paling timur di Pulau Bali. Karena lokasinya yang tersembunyi dan belum banyak terjamah orang, membuat pantai satu ini masih begitu asri dan sangat sejuk.

Lokasi: Jl. Raya Bukit Asah, Adat Bugbug, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem.

15. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran
Image Credit: Water-sport-bali.com

Pantai Jimbaran lebih terkenal dan ramai pengunjung pada waktu malam hari. Hal ini dikarenakan objek wisata ini menawarkan wisata kuliner yang menggugah selera di pinggir pantai, yang hanya dilakukan pada saat petang. Oleh karena itu jangan heran jika terdapat banyak restoran berderet di bagian pinggir pantai. Selain itu, ada juga penampilan live music yang akan menemani acara santap malam Anda di Pantai Jimbaran.

Lokasi: Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

16. Pantai Menjangan Bali Barat

Pantai Menjangan Bali Barat
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Pantai terindah di Bali berikutnya yang wajib untuk Anda kunjungi yaitu Pantai Menjangan. Letak dari tempat wisata ini yaitu di bagian Bali Barat, dan menawarkan keindahan panorama bawah laut yang sangat memukau. Karena begitu indahnya, Pantai Menjangan dijuluki sebagai surga wisata bagi para penggemar aktivitas snorkeling dan diving. Sebab keindahan terumbu karangnya yang begitu alami berpadu dengan ikan warna warni membuat siapapun jatuh cinta.

Lokasi: Desa Klampok, Kec. Grokgak, Kab. Buleleng.

17. Pantai Tanah Lot

Pantai Tanah Lot
Image Credit: Pantainesia.com

Satu lagi pantai yang sangat terkenal baik di kalangan wisatawan lokal, maupun wisatawan luar negeri yaitu Pantai Tanah Lot. Kepopulerannya sebelas dua belas dengan Pantai Kuta dan Pantai Pandawa, dan hampir selalu berada di daftar destinasi wisata liburan paket tour and travel. Keindahan dari pantai ini terletak pada pemandangan matahari terbenamnya dengan siluet pura yang terletak di tengah laut. Banyak orang yang melakukan swafoto dengan latar belakang tersebut.

BACA JUGA:  Daya Tarik Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali

Lokasi: Beraban, Kec. Kediri, Kab. Tabanan.

18. Pantai Kedonganan

Pantai Kedonganan
Image Credit: Ksmtour.com

Selain Pantai Jimbaran, Anda juga bisa melakukan wisata kuliner pantai di Kedonganan. Di objek wisata ini Anda akan menemukan deretan cafe ikan bakar, yang menawarkan berbagai makanan penggugah selera pada bagian selatan pantai. Menu yang ditawarkan oleh cafe cafe tersebut sebenarnya cukup serupa dan umumnya sama, namun memiliki cita rasa khas yang berbeda beda.

Cita rasa masakannya tentu tergantung dari keahlian chef yang mengolah bahan dasar. Dan yang menjadi menu favorit pengunjung yakni ikan bakarnya, dengan jenis yang beragam mulai dari gurami, kakap, bawal, hingga baronang. Selain itu ada juga menu kepiting, cumi cumi, lobster, udang, dan kerang, dengan pilihan bumbu yang beraneka ragam. Tentunya harganya akan mengikuti jumlah serta berat dari hewan laut yang Anda pesan.

Lokasi: Kedonganan, Kec. Kuta, Kab. Badung.

19. Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel
Image Credit: Travelust101.com

Bagi Anda yang menyukai kedamaian namun ingin mencoba berbagai macam olahraga air, maka Pantai Bias Tugel merupakan pilihan yang tepat. Lokasi pantai ini cukup tersembunyi, karena Anda harus menuju ke pelabuhan Padang Bai terlebih dahulu baru bisa menemukannya. Oleh sebab itu, para wisatawan sering menyebut pantai ini dengan nama Pantai Padang Bai.

Di destinasi wisata ini Anda dapat melakukan berbagai macam permainan atau olahraga air, seperti snorkeling maupun diving. Kehidupan bawah lautnya yang masih amat terjaga karena adanya teluk berbatu karang, merupakan daya tarik terbesar dari tempat ini. Selain sebab panorama bawah lautnya yang begitu indah, Pantai Bias Tugel juga memiliki air yang cukup tenang sehingga memang sangat cocok untuk melakukan snorkeling atau diving.

Lokasi: Padangbai, Kec. Manggis, Kab. Karangasem.

20. Pantai Blue Lagoon

Pantai Blue Lagoon
Image Credit: Baligetaway.co.id

Pantai Blue Lagoon memiliki butiran pasir yang lebih besar daripada pantai lainnya, bentuknya bahkan seperti merica. Dari arah pelabuhan Padang Bai, Anda perlu menempuh waktu sekitar 10 menit untuk dapat mencapai lokasi dari pantai ini. Setelah sampai di lokasi, Anda seketika akan terkesima dengan pemandangannya yang sangat menakjubkan. Langit biru berpadu dengan hamparan pasir putih ditambah perahu nelayan yang berjajar, menjadi panorama yang mempesona.

Lokasi: Padangbai, Kec. Manggis, Kab. Karangasem.

21. Pantai Nusa Dua

Pantai Nusa Dua
Image Credit: Obyekwisataterlengkap.blogspot.com

Pantai Nusa Dua seringkali dipilih sebagai destinasi liburan untuk keluarga, apalagi para wisatawan yang berlibur membawa anak anak. Hal ini karena objek wisata ini merupakan pantai terbersih dengan ombak yang sangat tenang, airnya juga cukup dangkal dan cocok untuk berenang. Sehingga cukup aman jika Anda berkunjung dengan membawa buah hati kemari. Bermain pasir, berenang, dan melakukan aktivitas pantai lainnya bisa Anda sekeluarga lakukan di sini.

Lokasi: Jl. Pantai Nusa Dua, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

22. Pantai Canggu

Pantai Canggu
Image Credit: Kintamani.id

Terakhir ada Pantai Canggu yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di Bali. Salah satu objek wisata yang ada di daerah Seminyak ini, menawarkan keindahan alam yang begitu menawan pada saat sore hari. Keindahan pantai yang begitu cantik, disinari oleh matahari terbenam akan memberikan kesan yang sangat eksotis. Para pecinta fotografi dijamin akan langsung jatuh cinta ketika melihat pemandangan di Pantai Canggu ini.

Lokasi: Canggu, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung.

Berbicara mengenai objek wisata di Bali memang seperti tidak ada habisnya. Pulau satu ini memang menawarkan begitu banyak destinasi wisata, dan salah satunya yakni wisata bahari. Wisata pantai yang dimiliki oleh pulau dewata Bali ini juga berjumlah cukup banyak, dan sebagian di antaranya sangat terkenal di luar negeri. Jadi, Anda ingin bertandang ke pantai yang mana di Bali?