Anda sedang di Ubud Bali, inilah daftar wisata kuliner yang diburu wisatawan dan menjadi referensi terbaik, karena Ubud dikenal memiliki tempat makan yang unik dengan menu lezat.

Salah satu destinasi wisata populer di Pulau Bali adalah Ubud. Daerah ini terkenal dengan wisata budaya dan alam. Anda dapat mengunjungi pura dan hutan konservasi untuk kera. Selanjutnya, berkeliling di daerah sekitar sembari menikmati suasana Bali yang masih asri. Mereka yang datang ke Ubud bertujuan untuk melakukan wisata budaya, kuliner, sejarah, dan seni.

Terkait dengan kuliner, turis perlu berkunjung ke beberapa tempat makan yang sudah terkenal. Mereka menyediakan berbagai hidangan khas Bali. Seperti yang telah diketahui, kuliner Bali memiliki citarasa yang khas dan sudah pasti dijamin lezat. Tentu saja, Anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini saat sedang berwisata di Bali terutama Ubud.

Hal yang menarik dari wisata kuliner adalah beberapa dari mereka hanya ada di Ubud. Artinya, Anda tidak akan menemukan tempat makan yang sama karena tidak ada cabang. Para turis tidak perlu khawatir sebab wisata kuliner memiliki alamat yang jelas dan akses mudah. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kuliner tersebut, simak ulasan berikut ini.

1. Babi Guling Bu Oka

Babi Guling Bu Oka
Image Credit: Google Maps (Lemak Nyo)

Ada yang kurang saat berkunjung ke Ubud tanpa mencoba babi guling. Kuliner ini sudah menjadi pilihan wajib terutama mereka yang sengaja datang untuk wisata kuliner. Saat di Ubud, tempat makan yang menyediakan menu babi guling adalah warung Bu Oka. Lokasinya sangat mudah dijangkau dan sudah terkenal.

Anda akan mendapatkan babi guling yang harum, renyah, dan empuk. Satu porsi dilengkapi dengan sambal kacang dan nasi putih. Pengunjung dapat meminta beberapa tambahan jika menginginkannya. Selain itu, tempat tersebut juga menyediakan minuman yang segar sehingga pas dengan menu yang siap disantap.

Satu lagi keunggulannya adalah Anda dapat menyaksikan proses masak. Mereka memberikan kesempatan kepada turis yang ingin melihat langsung bagaimana mengolah babi guling tersebut. Bagi yang masih penasaran dengan kuliner ini, datang langsung ke Ubud Bali dan cari tempat makan tersebut.

Lokasi: Jl. Tegal Sari No.2, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

2. Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Image Credit: Google Maps (Mahard Sam)

Saat di Ubud, Anda menemukan beberapa tempat makan menarik. Masing-masing menawarkan menu yang menggugah selera. Salah satunya adalah rumah makan Ibu Mangku yang menyediakan menu ayam kedewatan

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Buleleng Bali yang Terkenal

Satu porsi menu tersebut terdiri dari nasi putih, ayam dengan bumbu, sate usus, sayuran, dan kacang tanah. Secara sekilas, menu ini mirip dengan hidangan nasi campur. Akan tetapi, citarasa khas Bali terdapat pada bumbu rempah.

Kuliner ini sudah berdiri sejak lama. Karena rasanya yang enak, orang mulai berdatangan lalu menjadi terkenal. Anda bisa datang langsung ke rumah makan tersebut yang terletak di sekitar daerah Kedewatan. Nama tempat tersebut menunjukkan dimana lokasinya. Cek peta digital untuk mencari rute secara langsung.

Lokasi: Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

3. Ayam Betutu Pak Sanur

Ayam Betutu Pak Sanur
Image Credit: Kintamani.id

Saat bertanya mengenai kuliner apa yang terkenal di Bali, jawaban pertama adalah betutu. Menu ini tersedia hampir di semua daerah wisata termasuk juga kota kecil bahkan desa. Mayoritas resep betutu menggunakan ayam sehingga mudah dimasak.

Saat di Ubud, ada tempat terkenal untuk mencoba ayam betutu yaitu di rumah makan Pak Sanur. Ini merupakan tujuan wisata kuliner bagi mayoritas wisatawan. Resepnya di tempat tersebut sudah diterapkan secara turun temurun. Anda akan mendapatkan ayam betutu yang enak dan renyah serta tidak keras saat dimakan.

Pak Sanur melengkapi menu ini dengan tumis sayuran, usus goreng, dan kacang tanah. Pengunjung juga bisa meminta tambahan lain selama masih tersedia di rumah makan tersebut. Proses masak hingga siap dihidangkan tidak memakan waktu lama. Karena rama, Anda perlu datang lebih awal di luar jam makan.

Lokasi: Jl. Arjuna No.19, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

4. Warung Bu Rus

Warung Bu Rus
Image Credit: Google Maps (Rina Liem)

Beberapa kuliner di Ubud tidak menunjukkan tampilan yang mewah atau berlebihan. Sebaliknya, rumah makan kecil menyediakan hidangan khas yang lezat. Salah satu tempat kuliner yang sangat terkenal di Ubud adalah Warung Bu Rus.

Menu utama adalah nasi campur khas Bali. Satu porsi terdiri dari nasi dan ayam bumbu lalu dilengkapi dengan tempe dan tahu goreng serta sayuran. Anda juga mendapatkan sate lilit yaitu semacam satu berbahan dasar usus. Selanjutnya, menu tersebut ditambah dengan dengan sambal yang pedas.

Warung makan ini lokasinya mudah dijangkau bahkan tampak saat berkunjung ke Pura di Ubud. Anda mungkin tidak menyangka bahwa tempat yang tampak sederhana memberikan kuliner yang istimewa. Saat berkunjung, banyak sekali orang membeli dan sedang antri. Oleh karena itu, Anda perlu sabar dan hasilnya terbayarkan dengan menu yang lezat.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Gianyar yang Terkenal Enak

Lokasi: Jl. Suweta No.9, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

5. Bebek Betutu Pak Rimpin

Bebek Betutu Pak Rimpin
Image Credit: Google Maps (di mi)

Betutu di Bali menggunakan bebek dan ayam. Keduanya memakai resep yang sama tetapi hasilnya berbeda. Masakan dari bahan bebek membutuhkan perlakuan khusus dan lebih lama. Inilah yang terjadi pada rumah makan bebek betutu milik Pak Rimpin. Saat berkunjung ke Ubud Bali, Anda perlu memasukkan kuliner ini di daftar prioritas.

Bebeb betutu disajikan dengan citarasa terbaik karena sudah terbukti puluhan tahun. Pak Rimpin membuka kuliner tersebut sekitar tahun 1975 sehingga sudah lebih dari 40 tahun berdiri. Oleh karena itu, Anda tidak boleh ragu mengenai rasanya.

Lokasinya berada di daerah Ubud Bali. Para turis sering berkunjung ke tempat tersebut untuk mencoba kuliner khas bebek betutu. Makanan seperti ini mungkin bisa ditemukan di daerah lain tetapi citarasanya berbeda. Jadi, pastikan Anda berkunjung ke tempat tersebut saat di Bali.

Lokasi: Jl. Arjuna No.10, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

6. Kedaton

Kedaton
Image Credit: Google Maps (Laksemana Dewi)

Salah satu wisata kuliner di Ubud Bali adalah Kedaton. Lokasinya mudah dijangkau dan cukup ramai sehingga dapat dikenali secara langsung. Ini merupakan tempat makan yang menyediakan menu pilihan yaitu nasi campur.

Seperti yang telah diketahui, menu tersebut bisa ditemukan di beberapa rumah makan di Bali. Akan tetapi, Kedaton memberikan pilihan berbeda. Pengunjung memilih lauk sendiri misalnya sate lilit dan ayam suwir. Ada juga sayur kedelai hitam yang disajikan dengan gratis. Ini merupakan kombinasi terbaik untuk mencoba nasi campur.

Lokasi: Jl. Raya Pengosekan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

7. Warung Sate Kakul

Warung Sate Kakul
Image Credit: Google Maps (Citra Saridewi)

Beberapa kuliner di Bali menunjukan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah satu kakul dan warung yang menjualnya ada di Ubud. Namanya mungkin masih asing karena sate yang sudah umum berbahan daging kambing atau ayam.

Akan tetapi, tempat ini menggunakan siput sawah sebagai bahan untuk sate. Hewan ini sering muncul di sawah daerah pedesaan. Anda tidak perlu panik dan khawatir karena siput bebas dari bahan beracun dan aman. Penjual sudah menyediakan menu ini sejak lama sehingga mereka mengetahui seluk beluk memasak sate yang tepat.

Menu sate kakul memakai bumbu rempah yang khas Bali dan dimasak dengan seksama sehingga cita rasanya sangat lezat. Anda bahkan akan menambah lagi karena sate tersebut tampak kenyal dan nikmat di lidah.

BACA JUGA:  15 Cafe Tempat Nongkrong di Kuta Bali yang Unik & Instagramable

Lokasi: Jl. Raya Kengetan, Singakerta, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

8. Kuliner Pasar Ubud

Kuliner Pasar Ubud
Image Credit: Google Maps (OnTheRoad2Bali Indonesia)

Saat di Ubud Bali, siapkan waktu luang untuk berkunjung ke pasar lokal. Secara tampilan, pasar ini sama dengan yang lain dimana penjual dan pembeli berinteraksi. Akan tetapi, tujuan Anda bukan sekedar wisata jalan-jalan. Beberapa makanan lokal dan tradisional ada di pasar tersebut.

Di tempat ini, Anda menemukan beberapa kuliner menarik seperti kue-kue berbahan ketat hingga menu nasi campur. Selanjutnya, harga juga murah dan bisa mendapatkan berbagai variasi. Inilah pilihan yang pas untuk wisata kuliner di Ubud Bali.

Lokasi: Kedewatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

9. Warung Rama

Warung Rama
Image Credit: Google Maps (aparna v)

Ubud menjadi tujuan wisata seni, budaya, dan religi. Pura di daerah ini sering dikunjungi untuk tujuan menenangkan diri. Selain itu, beberapa turis lebih memilih tinggal di Ubud karena tidak seramai daerah pantai.

Anda ingin menikmati kuliner tanpa perlu diganggu orang lain. Salah satu lokasi yang tepat adalah Warung Rama. Secara tampilan, tempat tersebut tidak berbeda jauh dengan wisata kuliner yang lain. Namun, suasana di dalam lebih asri dan tenang.

Menu Andalan di tempat ini adalah nasi campur. Menu ini tersedia dengan beberapa variasi termasuk memilih sendiri apakah Anda ingin yang pedas atau tidak. Selain itu, pihak pengelola juga menyertakan menu lainnya sebagai alternatif.

Lokasi: Jl. Nyuh Gading No.1-11, MAS, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

10. Kopi Desa Ubud

Kopi Desa Ubud
Image Credit: Google Maps (Kevin Feind)

Ubud menawarkan berbagai tempat menarik untuk bersantai. Para turis dapat berkunjung ke sebuah tempat bernama Kopi Desa Ubud. Sesuai dengan nama tersebut, kuliner utama adalah menu minuman kopi dengan berbagai variasi.

Pengunjung dapat rehat sejenak setelah sibuk mengunjungi berbagai tempat di sekitar Ubud. Desain interior tempat ini menerapkan konsep tradisional termasuk bahan-bahan yang masih alami. Pengelola ingin para turis merasa di sebuah desa.

Selain menu kopi, ada juga kuliner tambahan lain seperti nasi goreng, telur orak arik, dan beberapa hidangan pelengkap. Anda dapat berkunjung di waktu senggang dimana tempat tersebut cenderung sepi. Suasana asri dan nyaman adalah daya tarik khas dari Kopi Desa Ubud.

Lokasi: Jl. Banjar Penestanan Kaja, Sayan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

Penjelasan diatas menunjukkan bahwa Ubud adalah tempat yang layak untuk dikunjungi. Wisata kuliner di daerah Ubud sangat beragam. Masakan Bali yang masih alami dan khas tersedia dengan menu khusus sehingga wajib dikunjungi.