Lombok menjadi salah satu kawasan wisata yang terkenal akan destinasi baharinya. Tak hanya itu saja, Pulau eksotis ini juga memiliki berbagai macam kuliner lezat yang memang telah terkenal dengan cita rasanya. Saat anda berkesempatan mengunjungi Lombok, tak ada salahnya untuk mampir dan mencicipi hidangan yang enak tersebut langsung dari tanah Lombok. Berikut daftar tempat wisata kuliner yang populer.

1. Warung Rembiga Utama

Warung Rembiga Utama
Image Credit: Facebook.com @FarahQuinnOfficial

Ketika anda berada di Lombok, pastikan untuk mampir dan mengunjungi Warung Rembiga Utama. Pasalnya daerah Lombok memang terkenal akan hidangan satenya. Untuk itu, saat anda berkunjung ke warung ini, anda pun akan langsung disuguhkan dengan sate sapi dengan cita rasa manis, gurih dan pedas yang menjadi satu.

Untuk soal rasa, anda pun tidak perlu meragukannya lagi. Sebab warung yang sudah berdiri sejak 30 tahun ini memiliki rasa yang tidak berubah. Hal ini lantaran Warung Rembiga Utama memang menjaga cita rasa bumbu yang dimilikinya secara turun temurun. Sate satu ini pun memiliki daging yang sangat empuk.

Lokasi: Jl. Dakota No. 99X, Dasan Lekong, Rembiga, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

2. Warung Murah Meriah Bengkel

Warung Murah Meriah Bengkel
Image Credit: Google Maps (Omah Bagahia)

Wisata kuliner selanjutnya yang bisa anda kunjungi saat berada di Lombok adalah Warung Murah Meriah Bengkel. Disini, anda akan disuguhkan berbagai macam hidangan seperti ikan tawar, bebalung, ikan laut, nasi belut, policing, nasi daging, babat dan juga berbagai macam seafood. Tempat makan ini pun sangat populer karena rasanya yang enak dan harganya yang ramah di kantong.

Lokasi: Jl. Tgh. Ibrahim Al-Khalidy, Bengkel, Kec. Labuapi, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

3. Rumah Makan Masteng

Rumah Makan Masteng
Image Credit: Google Maps (Abu Rasyid)

Kemudian, anda pun bisa melanjutkan perjalanan kuliner anda menuju ke Rumah Makan Masteng. Disini, anda pun akan bisa mencicipi sajian berupa daging kuda yang diolah menjadi bebalungan. Adapun bagian yang digunakan adalah iga dan juga tulang pada kuda. Selain itu, anda pun bisa mencicipi hidangan lain yang tak kalah unik, yakni sate kuda.

Lokasi: Jl. TGH. Faesal No.102, Turida, Kec. Sandubaya, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

4. Sate Tanjung

Sate Tanjung
Image Credit: Google Maps (Wayan Suartana)

Bosan dengan sate yang berbahan dasar ayam dan sapi? Maka anda pun bisa mencicipi Sate Tanjung saat berada di Lombok. Pasalnya, warung makan satu ini memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari bahan dasarnya berupa ikan dan juga disajikan tanpa tambahan saus apapun. Dengan cita rasanya yang unik dan berbeda akan membuat hidangan satu ini wajib dicoba.

Untuk rasanya sendiri adalah pedas. Bagi anda pecinta makanan pedas, wajib mencoba menu satu ini. daging ikannya yang lembut menjadi nilai tambah tersendiri sehingga akan memiliki rasa yang sangat enak. Apabila anda tertarik mencobanya, maka anda pun bisa datang ke Desa Tanjung yang ada di Lombok Utara.

Lokasi: Jl. Raya Tanjung, Sokong, Kec. Tanjung, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

5. Rumah Makan Em Dua

Rumah Makan Em Dua
Image Credit: Google Maps (Il Padrio)

Ingin mencoba wisata kuliner yang melegenda, anda pun bisa datang ke Rumah Makan Em Dua yang telah berdiri sejak tahun 1993. Disini, anda akan bisa mencicipi makanan khas Lombok dengan rasa yang enak. Menu yang bisa anda nikmati disini adalah sumsum tulang belakang sapi dan juga ayam taliwang.

Untuk harganya sendiri tidak terlalu mahal. Anda bisa menyantap hidangan ini dengan mengeluarkan budget yakni kisaran 10 ribu hingga 50 ribu rupiah saja. jika anda ingin mampir kesini, anda bisa mulai datang dari jam 9 pagi. Karena buka hingga malam hari, anda pun bisa mencari menu makan malam di tempat satu ini.

Lokasi: Jl. Transmigrasi No.99, Karang Taliwang, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

6. Depot Klebet

Depot Klebet
Image Credit: Google Maps (Edwin Nofiansyah)

Wisata kuliner lainnya adalah Warung Klebet. Rumah makan ini telah berdiri sejak tahun 1976 dan menyediakan menu bebalung. Sop tulang yang ada di restoran ini memiliki rasa yang lezat, sehingga tak heran kerap kali menjadi menu andalan. Disini, anda pun akan bisa mencicipi sop yang berisi tulang iga sapi atau kerbau.

Kemudian, disiram kuah yang telah dibumbui dengan berbagai rempah rempah. Sebut saja seperti cabai rawit, lengkuas, kunyit, bawang merah dan juga bawang putih. Dengan cita rasa yang pedas tersebut akan membuat anda yang pecinta pedas wajib mencobanya. Kuahnya yang hangat di tubuh ini akan sangat pas dikonsumsi saat sore hari.

Lokasi: Jl. Hos Cokroaminoto No.10, Monjok Timur, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

7. Sate Rembiga Ibu Sinnaseh

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh
Image Credit: Google Maps (Yusuf Firdaus)

Warung sate satu ini juga menjadi wisata kuliner populer dan legendaris di Lombok. Pasalnya, Sate Rembiga Ibu Sinnaseh yang telah berdiri sejak tahun 1988 ini memang memiliki rasa yang enak. Sate daging sapi tersebut memiliki daging yang empuk dan juga dibumbui dengan bumbu pedas manis.

Sehingga ketika anda mencicipinya akan terasa pas dan gurih di mulut. Bagi anda yang baru pertama kali mencobanya, pasti akan dibuat ketagihan. Untuk anda yang tertarik, maka anda pun bisa datang mulai jam 9 pagi. Tak hanya sate sapi, disini anda juga bisa mencoba sate ayam, sate hati hingga sambal beberuk yang sangat enak.

Lokasi: Jl. Dr. Wahidin No.11B, Rembiga, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

8. Nasi Balap Puyung Inaq Esun

Nasi Balap Puyung Inaq Esun
Image Credit: Google Maps (Mollusa Picture)

Warung kuliner lain yang wajib anda coba adalah Nasi Balap Puyung Inaq Esun. Disini, anda pun akan menemukan nasi balap yang berisikan berbagai macam lauk. Untuk satu porsinya sendiri, anda pun akan mendapatkan nasi putih, ayam kriuk, ayam suwir, tumis buncis dan juga kedelai goreng.

Makanan satu ini terbilang cukup unik, karena anda tidak akan menyantapnya di piring melainkan hidangan ini disajikan dengan menggunakan alas daun kelapa. Untuk menikmati satu porsi hidangan ini, anda hanya perlu menyiapkan budget yakni 18 ribu rupiah saja. jika anda ingin menambah lauk berupa telur asin, maka anda pun bisa menambah biaya yakni sekitar 5 ribu rupiah.

Lokasi: Jl. Raya Puyung, Kec. Jonggat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

9. Ayam Taliwang Irama

Ayam Taliwang Irama
Image Credit: Google Maps (Cassandra)

Jika anda berwisata ke Lombok, pastikan untuk mencicipi hidangan yakni ayam taliwang. Disini, terdapat salah satu rumah makan yang menyajikan sajian ayam taliwang sangat enak. Warung makan yang telah berdiri sejak tahun 1973 ini memang memiliki rasa yang tidak memudar seiring berjalannya waktu.

Ayam disini, di masak dengan menggunakan bumbu khas Lombok dan kemudian dibakar. Sehingga nantinya akan bisa menghasilkan rasa yang gurih sekaligus pedas. Untuk bisa menikmati sajian hidangan ini, anda bisa merogoh kocek yakni sekitar 50 ribu rupiah saja, maka ayam taliwang yang khas ini akan bisa anda nikmati.

Lokasi: Jl. Ade Irma Suryani No.53, Monjok, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

10. Sate Bulayak Suranadi

Sate Bulayak Suranadi
Image Credit: Google Maps (Diyah Coleen)

Sate ini juga berbeda dibandingkan dengan sate yang lain. Sebab, sate bulayak merupakan kuliner dengan bahan dasar daging sapi yang berpadu dan dilumuri dengan bumbu khas Lombok. Penyajiannya sendiri, anda bisa menikmati sate ini dengan irisan lontong dan dibungkus menggunakan daun aren.

Untuk bumbu satenya sendiri, dibuat dari kacang tanah yang telah ditumbuk dan juga disangrai. Kemudian, kacang tersebut direbus dengan santan dan juga rempah rempah lain. Sehingga nantinya akan menghasilkan bumbu yang memiliki tekstur seperti kari dan encer. Dalam satu porsinya, anda pun akan mendapatkan 10 tusuk sate bulayak dan lontong.

Lokasi: Suranadi, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

11. Beberuk Terong Taliwang

Beberuk Terong Taliwang
Image Credit: Instagram.com @yenigingerlittlez1

Wisata kuliner lain yang bisa anda coba adalah beberuk terong taliwang. Biasanya makanan ini akan bisa anda jumpai ketika menyantap hidangan ayam taliwang. Terong ini akan menjadi pendamping yang memiliki rasa gurih dan renyah. Dengan adanya masakan ini akan membuat menu makan siang anda tampak lebih segar.

12. Sayur Ares di Lombok Tengah

Sayur Ares di Lombok Tengah
Image Credit: Instagram.com @bundasaraha

Jika anda sedang berada di Lombok Tengah, maka wisata kuliner selanjutnya yang bisa anda nikmati adalah sayur ares. Makanan unik satu ini terbuat dari pelepah pisang. Umumnya, anda akan bisa menemukan di Desa Sasak. Untuk pisangnya sendiri pun bukan sembarang pisang. Melainkan haruslah pisang kepok dan raja yang dimasak dengan bumbu kare.

13. Opak Opak Plecing di Lombok Utara

Opak Opak Plecing di Lombok Utara
Image Credit: Facebook.com @zahruddin.jorong

Plecing kangkung menjadi salah satu kuliner yang banyak diburu wisatawan ketika sedang di Lombok. Akan tetapi, apabila anda berada di Lombok Utara, pastikan untuk mencoba opak opak plecing dengan rasa yang unik. Disini, anda pun akan disajikan plecing kangkung di atas mangkuk opak yang sekaligus bisa anda konsumsi.

14. Sayur Lebui di Lombok Tengah

Sayur Lebui di Lombok Tengah
Image Credit: Instagram.com @cindyria

Makanan satu ini juga wajib anda coba ketika sedang berada di Lombok Tengah. Sayur lebui ini merupakan kedelai hitam yang diracik dengan bumbu khas Lombok. Biasanya akan disajikan dalam keadaan hangat dan juga didampingi dengan seporsi nasi putih. Pastinya akan membuat makan anda menjadi lebih lahap.

15. Roemah Langko

Roemah Langko
Image Credit: Google Maps (Roemah Langko By Putera Lombok)

Rumah makan ini memiliki konsep jadul dan akan membuat pengunjung merasa betah. Karena desain bangunannya yang unik, disini anda juga akan dijamu dengan berbagai makanan khas Lombok yang enak. Bagi anda yang ingin mencoba berbagai macam menu kuliner khas di satu tempat, maka Roemah Langko adalah tempat yang tepat.

Lokasi: Jl. Langko No.68, Pejeruk, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Mencicipi kuliner khas memang sangat enak apabila anda langsung mencobanya di tanah Lombok. Menu yang ada di restoran atau rumah makan tersebut memang terdapat beberapa yang memiliki cita rasa pedas. Sehingga sangat pas bagi anda yang menyukai olahan pedas atau berkuah. Berada di Lombok, pastikan anda untuk tidak kelewatan menjadi kuliner yang lezat tersebut.