Pulau Dewata Bali menawarkan memiliki kekayaan kuliner yang terkenal menggugah selera. Inilah daftar wisata kuliner enak di Bali dengan cita rasa khas yang paling diburu wisatawan.

Bagi wisatawan yang sedang berlibur di Pulau Dewata, jangan lupa untuk mencoba wisata kulinernya yang tidak kalah menarik. Aneka kuliner khas Bali bisa ditemukan dengan mudah di warung makan atau restoran. Berburu kuliner bisa dilakukan setelah Anda menikmati pantai atau objek wisata yang memukau di Bali.

Pulau Bali terkenal dengan kuliner lezat yang banyak menggunakan base genep. Base genep ini merupakan racikan bumbu dasar yang menjadi rahasia kelezatan kuliner khas Bali. Banyak kuliner di Pulau Dewata yang menggunakan bumbu ini, seperti ayam betutu, jukut ares, dan lain-lain.

Selain bumbu base genep, ada juga sambal matah yang menjadi ciri khas dari kuliner khas Bali. Sambal dengan rasa yang sangat pedas namun segar. Berbagai jenis kuliner biasanya di Bali biasanya disajikan dengan sambal matah. Bali juga memiliki beberapa jajanan tradisional yang bisa dimasukan ke agenda kulineran Anda. Berikut deretan wisata kuliner di Bali yang menarik untuk Anda coba.

1. Serombotan Klungkung

Serombotan Klungkung
Image Credit: Cookpad.com

Nama kuliner ini terdengar cukup unik, namun untuk membuatnya cukup mudah dan sederhana. Serombotan terdiri dari beberapa sayuran seperti kacang panjang, kangkung, pare, dan tauge. Semua sayur direbus hingga matang dan dicampur dengan bumbu serombotan.

Bahan-bahan untuk bumbunya antara lain bawang merah, cabai, dan bawang putih. Serombotan juga disajikan dengan parutan kelapa sangrai. Aroma kelapa sangrai sangat sedap dan memberikan rasa gurih pada serombotan khas Bali.

Lokasi: Jl. Tunjung Tutur No.27, Peguyangan Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar.

2. Ayam Betutu Pak Sanur

Ayam Betutu Pak Sanur
Image Credit: Kintamani.id

Ayam betutu merupakan salah satu makanan khas Bali yang sudah sangat populer. Bumbu base genep menjadi kunci kelezatan kuliner ini. Bumbu khas Bali tersebut dimasukan ke bagian dalam perut ayam yang sudah dibersihkan. Ayam direbus dengan bumbu base genep selama beberapa jam.

Setelah ayam matang dan bumbu meresap, masih ada proses pembakaran sebelum ayam betutu siap disajikan. Menyantap ayam betutu biasanya nikmat dengan nasi putih atau nasi merah yang hangat. Selain ayam, kuliner khas Bali ini juga bisa menggunakan daging bebek.

Lokasi: Jl. Arjuna No.19, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

3. Tipat Blayag Bu Agus

Tipat Blayag Bu Agus
Image Credit: Ksmtour.com

Kuliner khas Bali yang satu ini dibuat dengan bahan-bahan seperti gado-gado. Namun yang membedakannya adalah tipat blayag tidak disiram dengan bumbu kacang. Isian untuk tipat blayag terdiri dari suwiran ayam, sayur kangkung, dan tauge.

Tipat blayag disajikan dengan kuah kaldu ayam yang dicampur bawang merah, kunyit, dan serai. Harga tipat blayag sangat terjangkau.

Lokasi: Jl. Tukad Yeh Aya No. 44, Panjer, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

4. Sate Lilit Warung Satelit

Sate Lilit Warung Satelit
Image Credit: Istockphoto.com

Sate lilit dibuat dengan bahan utamanya daging ayam atau daging ikan tenggiri. Berbeda dengan sate pada umumnya yang hanya dipotong kecil-kecil. Daging untuk sate lilit tidak dipotong tetapi digiling hingga halus. Setelah itu, daging giling dicampur dengan bumbu untuk membuat adonan sate lilit.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Denpasar yang Terkenal Enak

Bumbu adonan sate lilit terdiri dari bawang merah, kunyit, bawang putih, jahe, dan bumbu pelengkap lain. Adonan sate kemudian dililit ke tusuk sate dengan cara dikepal – kepal sehingga adonan padat dan membentuk sate lilit. Sate lilit merupakan salah satu kuliner khas Bali yang cukup terjangkau.

Lokasi: Jl. Pulau Buru No.10, Dauh Puri, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar.

5. Bubur Mengguh Buleleng

Bubur Mengguh Buleleng
Image Credit: Pinterest.com @indonesia0698

Terbuat dari beras yang dimasak dengan santan kelapa selama beberapa menit hingga menjadi bubur. Penyajian bubur mengguh Buleleng ini menggunakan kuah kaldu ayam yang cukup kental.

Setelah bubur disiram dengan kuahnya, suwiran ayam dan sayur urab ditambahkan di atas bubur. Satu porsi bubur khas Bali ini sangat terjangkau dan cocok untuk sarapan.

Lokasi: Les, Kec. Tejakula, Kab. Buleleng.

6. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo
Image Credit: ShutterStock.com @antoshkaphoto

Nasi rames khas Bali ini wajib dicoba saat Anda berlibur ke Pulau Dewata. Warung nasi jinggo bisa ditemukan di daerah Gianyar, Bali. Kuliner yang murah meriah ini memiliki terkenal dengan cita rasanya yang khas masakan Bali. Nasi jinggo dilengkapi dengan sambal yang super pedas.

Nasi jinggo umumnya dinikmati dengan lauk tambahan seperti ayam suwir, mie goreng, orek tempe, dan aneka sayuran. Nasi jinggo yang lezat ini bisa menjadi salah satu pilihan wisata kuliner di Bali yang murah meriah. Rasa pedas yang mendominasi menjadi penggugah selera untuk segera menghabiskan nasi jinggo.

Lokasi: Jl. Tukad Baru, Pemogan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

7. Pie Susu Bali

Pie Susu Bali
Image Credit: Productnation.co

Selain ayam betutu, Bali juga dikenal dengan pie susu aslinya. Jajanan yang populer di Bali ini merupakan salah satu makanan yang paling sering dicari oleh wisatawan. Saat berlibur ke Pulau Dewata, berburu pie susu adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh terlewatkan.

Pie susu khas Bali memiliki bentuk yang cukup sederhana dengan pinggiran yang renyah. Bagian tengahnya memiliki tekstur yang lebih lembut dengan tambahan susu kental manis. Selain rasa original, kini banyak yang menjual pie susu dengan beragam pilihan rasa seperti keju, kismis, chocochips, kelapa, dan lain-lain.

Lokasi: Jl. Dewi Sri VIII, Legian, Kec. Kuta, Kab. Badung.

8. Rujak Kuah Pindang Kuta

Rujak Kuah Pindang Kuta
Image Credit: Kintamani.id

Kuliner yang satu ini memiliki cita rasa khas yang pedas dan segar dengan sedikit rasa asin. Rujak kuah khas Bali ini dibuat dengan potongan buah yang disajikan dalam wadah kecil.

Keunikan dari kuliner ini adalah kaldu kental yang menjadi bumbu pelengkapnya. Potongan buah yang sudah disiram kaldu kemudian ditumbuk hingga teksturnya lebih lembut. Makanan ini sangat nikmat untuk disantap saat panas atau di siang hari.

Lokasi: Kec. Kuta, Kab. Badung.

9. Jukut Ares Denpasar

Jukut Ares Denpasar
Image Credit: Balikami.com

Makanan khas Bali yang menarik untuk dicoba selanjutnya adalah jukut aret. Masakan unik yang terbuat dari batang pisang muda atau ares. Base gede yang menjadi bumbu pelengkap khas Bali digunakan untuk memasak ares yang sudah diris tipis.

Jukut ares dicampur dengan daging, baik itu ayam, entog, daging sapi, atau daging babi. Bagi yang tidak makan daging babi, bisa menanyakan dulu daging apa yang digunakan untuk campuran jukut ares.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata Kuliner Halal di Bali yang Populer

Lokasi: Renon, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

10. Ikan Laut Sambal Matah

Ikan Laut Sambal Matah
Image Credit: Instagram.com @dewiemodesto

Selain lezat, kuliner ini juga dikenal kaya akan kandungan gizi. Ikan laut yang tinggi nutrisi seperti ikan cakalang, ikan tongkol, bahkan ikan tuna digunakan untuk bahan utamanya.

Pengasapan ikan menjadi proses yang paling lama yang membuat aroma ikan sangat khas. Daging ikan lautnya pun benar-benar empuk. Sambal matah khas Bali menjadi pelengkap untuk menikmati kelezatan masakan ini.

Lokasi: Batubulan, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.

11. Rujak Bulung

Rujak Bulung
Image Credit: Denpasarkota.go.id

Kuliner yang wajib masuk dalam daftar wisata kuliner Bali selanjutnya adalah rujak bulung. Makanan unik yang terbuat dari rumput laut atau bulung yang tinggi serat. Jenis rumput laut yang digunakan untuk rujak ini adalah bulung boni. Rujak bulung khas Bali tidak hanya menawarkan kelezatan rasanya, tetapi juga gizi dan manfaatnya.

Rumput laut yang lembut ternyata lezat disajikan dengan bumbu kelapa dan lengkuas. Kelapa yang digunakan untuk rujak ini biasanya dibakar dulu sehingga aromanya lebih gurih dan wangi. Penyajian rujak bulung khas Bali umumnya sangat sederhana, hanya ditambah taburan kacang tanah yang sudah digoreng.

Lokasi: Sibang Gede, Kec. Abiansemal, Kab. Badung.

12. Gerang Sambel Bawang

Gerang Sambel Bawang
Image Credit: Kooliner.com

Makanan sederhana namun nikmat ini dibuat dari ikan teri yang digoreng. Teksturnya sangat gurih dan bisa menjadi lauk nasi hangat. Gerang sambel bawang bisa dikatakan juga sebagai sambal ikan teri.

Rasanya lezat dengan pedas dari sambal bawang khas Bali yang digunakan untuk bumbunya. Ikan teri yang sudah bersih dicampur dengan sambal bawang dan kemudian digoreng hingga matang dan renyah.

Lokasi: Tonja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar.

13. Brengkes

Brengkes
Image Credit: Sajiansedap.grid.id

Makanan lezat dari Bali yang menarik untuk dicoba adalah brengkes. Kuliner ini dibuat dengan bahan utamanya daging ikan. Ikan yang sudah dibersihkan dilumuri bumbu pepes dengan tambahan bumbu genep khas Bali. Selanjutnya ikan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang.

Beberapa juga ada yang membuat brengkes dengan campuran daging udang sebagai pelengkap. Brengkes memiliki aroma khas rempah yang cukup kuat. Rasanya gurih dan sedikit pedas, cocok untuk disantap dengan nasi hangat. Makanan ini mudah dijumpai di Bali dengan harga yang sangat terjangkau.

Lokasi: Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar.

14. Entil Pupuan

Entil Pupuan
Image Credit: Idntimes.com

Entil terbuat dari campuran beras dan santan yang kemudian dibungkus daun dengan bentuk pipih. Setelah entil matang, daun penutupnya dilepas dan disajikan ke piring dengan tambahan berbagai lauk.

Campuran lauk untuk entil khas Bali ini antara lain sayur kacang panjang, bayam, kecambah, dan sambal goreng. Lebih nikmat lagi, jika entil yang sudah disiapkan di piring disiram dengan kuah santan. Rasanya pedas dan gurih yang tentu menggugah selera.

Lokasi: Jl. Raya Pupuan, Pujungan, Kec. Pupuan, Kab. Tabanan.

15. Laklak Bali

Laklak Bali
Image Credit: Instagram.com @dexdana

Wisata kuliner Bali yang wajib dicoba selanjutnya adalah laklak Bali. Makanan yang identik dengan warna hijau ini bisa ditemui di daerah Denpasar. Terbuat dari campuran tepung beras dan santan kelapa, laklak memiliki rasa dan aroma yang begitu sedap. Warna hijau dari laklak ini didapat dari daun pandan dan daun suji.

Teksturnya lembut dengan bentuk yang paling khas yaitu setengah bola. Penyajian laklak biasanya ditambah dengan taburan kelapa parut yang dimasak dengan gula aren. Rasa manisnya pas tanpa pemanis buatan. Selain rasa manis gula aren, sekarang rasanya lebih beragam dengan tambahan topping seperti sosis, mayones, atau keju.

BACA JUGA:  20 Oleh-Oleh Khas Bali yang Paling Terkenal

Lokasi: Padangsambian Klod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar.

16. Bagiak Bali

Bagiak Bali
Image Credit: Kanal3.wordpress.com

Jika ingin menikmati camilan khas Bali, Bagiak ini bisa menjadi pilihannya. Makanan ringan yang banyak dijual dengan harga terjangkau ini memiliki tekstur yang renyah. Saat dikunyah, tekstur bagiak akan terasa lebih lembut.

Bagiak khas Bali dibuat dari campuran tepung sagu, kacang, jahe, kayu manis, dan susu. Rasanya manis dengan aroma hangat dari jahe dan kayu manis. Camilan ini cocok untuk dinikmati dengan minuman teh hangat. Bagiak Bali ini juga bisa dinikmati saat bersantai di objek wisata Bali yang Anda kunjungi.

Lokasi: Jl. Sunset Road No.88, Kec. Kuta, Kab. Badung.

17. Timbungan Tabanan

Timbungan Tabanan
Image Credit: Kompas.com @gabriella wijaya

Saat berada di daerah Tabanan, Anda bisa mencicipi nasi timbungan khas Bali. Timbungan merupakan kuliner pelengkap nasi atau lontong yang terbuat dari berbagai campuran daging dan sayur. Daging yang sering digunakan untuk timbungan adalah daging ayam, babi, atau ikan. Sedangkan sayurannya biasa menggunakan selada.

Daging dan sayur dicampur dengan bumbu base genep. Selanjutnya dimasukan ke wadah bambu dan diberi minyak kelapa. Proses terakhir adalah memanggang timbungan hingga matang dan aromanya wangi. Selain sebagai menu makan warung atau restoran, timbungan juga sering dihadirkan di upacara adat seperti galungan dan kuningan.

Lokasi: Jl. Debes, Delod Peken, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan.

18. Lawar Kuwir Denpasar

Lawar Kuwir Denpasar
Image Credit: Instagram.com @Yummyfoods.id

Kuliner ini merupakan campuran daging cincang dan sayuran yang dimasak dengan bumbu khas Bali. Beberapa orang membuat lawar kuwir dengan daging babi. Namun, alternatif lain yaitu daging entog paling sering digunakan karena halal dan bisa dimakan oleh siapa saja.

Lawar kuwir memiliki rasa yang lezat dan cocok untuk teman makan nasi putih yang hangat. Lebih nikmat lagi dengan tambahan jungkut ares, ayam betutu, sate lilit, atau makanan khas Bali lainnya. Jika ingin mencicipi kuliner ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harganya sangat terjangkau.

Lokasi: Renon, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar.

19. Jaja Wajik

Jaja Wajik
Image Credit: Visitbali.id

Jaja atau panganan wajik merupakan salah satu camilan khas Bali yang hingga kini masih bisa dijumpai. Jaja wajik memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Makanan ini biasanya dinikmati saat santai dengan segelas teh atau kopi.

Jaja wajik tidak hanya untuk camilan saat waktu luang, makanan ini juga menjadi pelengkap jamuan makan pada acara pernikahan. Jaja wajik sering dihadirkan sebagai pelengkap makanan untuk pesta pernikahan di Bali.

Lokasi: Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar.

20. Babi Guling Bali

Babi Guling Bali
Image Credit: Traveloka.com

Liburan ke Pulau Dewata kurang lengkap jika tidak mencicipi kuliner babi guling. Salah satu hidangan favorit wisatawan Bali ini biasanya menggunakan daging babi muda. Teksturnya cukup lembut seperti daging ayam dengan aroma daging panggang yang sedap.

Penyajian babi guling biasanya dengan nasi putih dan beberapa lauk tambahan. Satu porsi babi guling dapat dinikmati dengan jeroan, sosis, lawar, sayur, dan kerupuk. Menu babi guling mudah dijumpai di sekitar kawasan wisata seperti Kuta, Nusa Dua, Seminyak, dan Ubud.

Lokasi: Seminyak, Kec. Kuta, Kab. Badung.

Itulah deretan wisata kuliner yang bisa Anda coba saat berada di Bali. Wisata kulineran di Pulau Dewata dengan berburu makanan-makanan tersebut dapat menjadi kegiatan tambahan seru setelah menikmati objek wisata disana.