Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Apuan Senganan – Baturiti No.552, Apuan, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali.

Bali bukan hanya pulau yang memiliki banyak pantai, namun juga berbagai tempat wisata yang menarik. Salah satu destinasi yang dimaksud adalah Wisata Eka Tirta. Anda bisa mampir ke sana untuk menikmati hangatnya kolam pemandian dan berbagai fasilitas lain yang membuat nyaman untuk berlibur. Sejauh ini, lokasi tersebut kerap dikunjungi oleh wisatawan, terutama wisatawan lokal.

Setiap sudut kolam pemandian memiliki penataan yang baik. Tidak heran jika kemudian tempat tersebut terasa sangat nyaman. Pohon kelapa dan pohon pakis menjadi tanaman yang paling mendominasi disana. Di pemandian air panas ini, anda bisa datang bersama dengan keluarga, karena sudah tersedia kolam khusus dewasa dan anak anak.

Daya Tarik Wisata Wisata Eka Tirta

Image Credit: Google Maps (Diana Rianti)

1. Kolam Berendam yang Nyaman

Sesuai dengan peruntukannya, daya tarik utama dari destinasi ini adalah kolam air hangatnya yang nyaman. Kolam tersebut berisikan air panas bersuhu 46 derajat celcius. Anda yang merasa lelah setelah perjalanan jauh, bisa mampir ke sana untuk merileks kan kembali otot otot yang tegang. Pihak pengelola telah membuat dua kolam umu, sehingga pengunjung tidak pelru berdesak desakan.

Anda bisa berendam dengan nyaman di Wisata Eka Tirta, sambil menikmati indahnya pemandangan di sekitar kolam. Anda yang berenang akan ditemani oleh deretan pohon kelapa dan tanaman lain yang ditata dengan rapi. Kolam yang dibuat untuk dewasa memiliki kedalaman satu meter, sedangkan untuk anak kecil adalah 60 centimeter.

2. Pondok Berendam Private

Bagi anda yang tidak ingin berendam bersama dengan pengunjung lain, bisa memanfaatkan fasilitas kolam private. Kolam yang satu ini disediakan khusus di dalam pondok pondok bambu. Ukuran kolam tersebut adalah sekitar 2×2 meter. Kedalamannya sekitar 60 cm agar anda bisa berendam sambil duduk dengan nyaman.

Pengunjung yang menggunakan fasilitas ini hanya bisa berendam selama 30 menit saja. Namun sejauh ini, berendam selama 30 menit sudah menjadi pengalaman yang menyenangkan. Jika anda masih ingin melanjutkannya lagi, bisa menggunakan kolam umum yang terletak di bagian depan pondok. Jika menggunakannya, ansa boleh berlama lama sampai puas.

Daya Tarik Wisata Eka Tirta
Image Credit: Google Maps (Neill Kramer)

3. Spot Foto yang Banyak

Selain daya tariknya sebagai kolam pemandian air panas, banyak pula orang yang datang karena tertarik dengan spot fotonya. Jajaran pohon, pakis, dan berbagai tanaman lain membuat nuansanya benar benar asri dan indah dipandang mata. Anda bisa mengambil berbagai foto dengan latar tersebut. Hasil jepretannya juga pasti terlihat indah dan natural.

Melihat daya tarik Wisata Eka Tirta ini, pastikan anda datang dengan membawa kamera. Setidaknya, anda membawa ponsel untuk mengabadikan setiap momen yang anda lakukan bersama dengan keluarga. Sesekali, cobalah untuk duduk di kursi atau bangku berbentuk love yang telah disediakan oleh pengelola, karena terlihat unik dan menarik.

4. Suasana yang Asri dan Nyaman

Keberadaan mall dan pusat perbelanjaan tidak selalu menjadi destinasi yang seru dan menarik untuk dikunjungi. Jutsu spot wisata berbau alam lah yang diburu oleh kebanyakan orang. Spot semacam itulah yang bisa membuat hati dan pikiran terasa nyaman dan rileks. Hal tersebut bisa anda dapatkan jika berkunjung ke Wisata Eka Tirta.

Menghabiskan waktu di sana, barang satu atau dua jam akan membuat perasaan jauh lebih baik. Anda akan mendapatkan semangat baru, untuk memulai hari sibuk yang berikutnya. Mood anda juga akan membaik dan dapat dipastikan, pikiran menjaid lebih jernh dan terbebas dari rasa suntuk. Daya tarik itulah yang tampaknya diburu oleh masyarakat modern seperti saat ini.

Alamat dan Rute Perjalan Menuju Lokasi

Alamat Wisata Eka Tirta
Image Credit: Google Maps (Wet Bali)

Destinasi wisata andalan ini berada di sekitar Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan, lebih tepatnya di Jl. Raya Apuan Sengana Bali. Anda bisa datang kesana menggunakan berbagai kendaraan, mengingat aksesnya yang mudah. Jalannya cukup lebar, sehingga mobil bisa masuk dengan mudah. Di sekitar destinasi wisata juga telah disediakan tempat parkir yang luas.

Jika saat ini anda berada di Pantai Kuta, maka perjalanan untuk sampai ke Wisata Eka Tirta adalah sekitar 1,5 jam. Jarak yang perlu ditempuh sekitar 47,3 Km. Jalur yang dilalui adalah via Jl Raya Marga-Apuan. Perjalanan tersebut tidak akan terasa lama, mengingat jalur yang dilewati sangat indah dan nyaman. Semuanya serba aspal dan tidak akan membuat kendaraan bermasalah.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga Tiket Wisata Eka Tirta
Image Credit: Google Maps (Сергей Филин)

Bagi anda yang ingin datang ke pemandian ini, wajib datang dengan memperhatikan jam operasionalnya. Wisata Eka Tirta buka mulai jam 08.00 pagi hingga 18.00 sore. Di luar jam tersebut, destinasi ini tutup dan tidak bisa anda akses. Melihat jam operasionalnya yang panjang, anda yang datang dari luar kota bisa mampir dengan lebih leluasa.

Begitu sampai, anda harus membayar tiket masuk atau HTM sebesar 10.000 untuk orang dewasa, dan 5.000 untuk anak anak. Biaya tersebut tergolong murah, untuk sebuah spot rekreasi yang indah dan dikelola dengan baik. Tidak heran jika pada akhirnya banyak orang yang berkunjung ke sana. Terkait dengan harga ini, bisa saja berubah tergantung dengan ketentuan manajemennya.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas di Eka Tirta
Image Credit: Google Maps (Leo Kim)

1. Berendam

Hal pertama yang dapat dilakukan oleh setiap pengunjung yang datang adalah berendam. Kegiatan yang satu ini sudah pasti dilakukan oleh setiap pengunjung, mengingat Wisata Eka Tirta ini merupakan sebuah pemandian. Air hangatnya yang sangat nyaman membuat anda betah berlama lama di sana. Agar tubuh tidak kaget,mulailah dengan membasuh kaki dan tangan.

Menurut sebuah penelitian, dijelaskan bahwa berendam air hangat memiliki banyak manfaat bagi tubuh salah satunya adalah memberikan efek relaksasi dan stress. Jantung pun berdetak dengan lebih kencang, sehingga darah dapat terdistribusikan dengan lebih baik. Panas juga akan mengurangi kepekaan saraf sehingga rasa sakit di tubuh ikut menghilang.

Sebagai saran, ada baiknya bagi anda untuk membilas tubuh terlebih dahulu. Pihak pengelola destinasi ini telah menyiapkan fasilitas berupa kamar bilas yang dapat anda manfaatkan. Kegiatan yang satu ini dilakukan, agar kebersihan kolam tetap terjaga. Setelah selesai berendam, anda juga tetap harus membilas diri, agar tubuh menjadi lebih bersih.

2. Piknik

Melihat suasana yang penuh pohon dan tanaman, kegiatan piknik adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun untuk piknik kali ini, anda tidak perlu membawa klasa dan makanan yang sangat banyak. Anda bisa duduk nyaman di lokasi yang telah disediakan. Selain itu, di dalam Wisata Eka Tirta sudah ada sebuah restoran yang bisa melengkapi santap siang anda bersama keluarga.

Meskipun tidak banyak permainan yang bisa dijajal, namun lokasi yang satu ini masih menjadi destinasi yang favorit. Anda dapat menghabiskan waktu bersama dengan keluarga degan nyaman. Momen itulah yang akan membuat perjalanan wisata semakin lengkap. Sangat disayangkan jika kesempatan semacam itu tidak anda manfaatkan dengan baik.

Aktivitas Menarik di Wisata Eka Tirta
Image Credit: Google Maps (Creative Thingking Jaje)

3. Berfoto Ria

Sempat disinggung bahwa pemandian yang indah ini memiliki banyak spot foto yang potensial. Alasan itulah yang membuat anda harus menyiapkan memori kamera sebelum berangkat. Berkaitan dengan nya, salah satu kegiatan yang dapat anda lakukan disana adalah selfie dan berfoto. Hasil jepretan yang berhasil disimpan dapat anda posting di halaman media sosial.

Ada kemungkinan, destinasi ini belum dikenal oleh orang orang terdekat anda. Dengan memposting foto itu, akan semakin banyak orang yang mengenal pemandian air panas ini. Alhasil, destinasi tersebut semakin populer, dan mungkin baginya untuk menjadi destinasi wisata yang semakin baik lagi. Tidak menutup kemungkinan, semakin banyak wisatawan internasional yang mampir.

4. Mencicipi Hidangan Lezat

Fasilitas unggulan yang ada di wisata eka tirta adalah keberadaan sebuah restoran. Anda dapat membeli berbagai makanan dan minuman dengan rasa yang lezat. Pilihan menunya juga sangat beragam, sehingga anda tidak akan kesulitan untuk menemukan yang sesuai dengan selera. Banyak pula jajanan yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau.

Selain makanan, anda juga bisa pesan berbagai jenis minuman. Mulai dari teh, kopi, dan susu bisa anda temukan di sana. harganya juga sama seperti makanan, yaitu masih dalam batas harga yang wajar dan masuk akal. Pelayanan dari staff resto juga sangat menyenangkan, dan mampu menghidangkan makanan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Wisata Eka Tirta

Fasilitas di Wisata Eka Tirta
Image Credit: Google Maps (Diana Rianti)

Pemandian ini dibangun dengan baik, sehingga memiliki fasilitas yang lengkap bagi pengunjung. Adapun beberapa fasilitas yang mereka miliki adalah toilet, kamar ganti, dan restoran. Kebersihan dari setiap fasilitasnya juga sangat terjamin. Pihak pengelola selalu memperhatikan kebersihan setiap sudut taman rekreasi dengan baik.

Anda juga tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat sampah di sana. Setiap pengunjung diwajibkan untuk ikut serta menjaga kebersihan dengan baik. Dengan begitu, pemandian yang satu ini akan tetap terasa nyaman dan asri. Alhasil, tidak ada pelanggan atau pengunjung yang merasa terganggu, dan semuanya tetap sedap dipandang mata.

Itulah beberapa informasi yang perlu anda ketahui terkait dengan Wisata Eka Tirta. Jika datang ke Bali, pastikan anda mampir ke sana. Sangat disayangkan jika destinasi tersebut dilewatkan begitu saja. Anda mungkin bisa mengulik lebih dalam, sisi lain dari wisata bali yang selama ini hanya dikenal akan keindahan pantai dan gunungnya saja.