Pulau Dewata Bali yang dijuluki sebagai surga wisata memang menyimpan banyak destinasi menarik untuk dijelajahi keindahannya. Tidak hanya Ubud, Nusa Dua, atau Seminyak saja yang bisa Anda andalkan ketika berlibur ke Pulau Bali. Cobalah menjelajah Candidasa Karangasem yang ada di bagian timur Bali, karena Anda akan menemukan banyak tempat wisata yang popular dan panorama epic untuk disaksikan. Apa saja tempat menarik tersebut?

1. Bukit Guungan

Bukit Guungan
Image Credit: Google Maps (Nova Nandang Pribadi)

Bagi para wisatawan, nama Bukit Guungan mungkin masih terdengar baru atau hanya segelintir saja yang mengetahuinya. Namun jangan buru buru salah menilai destinasi satu ini, karena Bukit Guungan yang ada di Candidasa Karangasem sudah mulai malang melintang di linimasa media sosial dengan penampakan berbagai foto eksotis nan instagramable.

Bahkan kala pertama kali Anda menginjakkan kaki di area ini, dijamin tidak membutuhkan waktu lama untuk segera mencintai panorama alam yang mampu ditawarkan dari atas bukit tersebut. Dengan suasana yang masih begitu alami dan asri, Anda akan dimanjakan dengan tampilan perbukitan hijau dengan view lautan berwarna biru yang membentang di depannya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nyuh Tebel, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

2. Lotus Lagoon

Lotus Lagoon Candidasa
Image Credit: Instagram.com @the_brendonius

Tempat wisata di Candidasa Karangasem berikutnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu lotus Lagoon. Bersiaplah untuk kembali ke Bali masa lalu ketika Anda tiba di destinasi satu ini. Bahkan Lotus Lagoon sendiri dijadikan sebagai salah satu landmark dari Candidasa, dengan bunga bunga lotis berwarna fuschia dan pink yang akan memanjakan Anda sejauh mata memandang.

Yang membuat Lotus Lagoon semakin menarik dan wajib dimasukkan ke dalam list kunjungan Anda, yaitu karena untuk menikmati semua keindahan tersebut Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun alias gratis. Danau cantik dengan banyak bunga lotus di permukaan airnya ini berada di pinggir laut, yang membuat suasana semakin menyegarkan dan sejuk.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sengkidu, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

3. Pura Candidasa

Pura Candidasa
Image Credit: Google Maps (Victor Kuznetsov)

Pura Candidasa berada tepat di seberang Lotus Lagoon, sehingga sangat sayang apabila Anda tidak sekaligus menyambangi pura ini selagi di sana. Pura indah tersebut dibangun di atas bukit, dan menampilkan pemandangan yang begitu cantik dari Lotus Lagoon dari ketinggian. Pura Candidasa sendiri diprediksi dibangun sekitar tahun 1112 Saka atau 1190 Masehi.

Itu berarti pura satu ini termasuk sebagai salah satu pura tertua yang ada di kawasan Bali Timur. Konon, dahulu Pura Candidasa tersebut dibangun lantaran untuk menyatukan paham Siwa dan Budha di daerah Bali. Selain sebagai tempat wisata, kini Pura Candidasa memiliki fungsi sebagai tempat pemujaan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Candidasa, Sengkidu, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

4. Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah
Image Credit: Instagram.com @marco_gwoz

Pura lainnya yang bisa Anda kunjungi selama berada di kawasan Karangasem, Bali, yaitu Pura Goa Lawah. Meski ukurannya cukup kecil, namun pura satu ini layak disebut sebagai salah satu pura paling spektakuler. Bangunan puranya sendiri dibangun di atas sebuah bukit, sehingga dari ketinggian Anda bisa menyaksikan pemandangan memukau dari daerah di sekitarnya.

Panorama alam yang akan Anda temukan ketika berada di kawasan pura tidak lain dan tidak bukan yakni pemandangan lautan lepas yang sangat menyegarkan mata. Namun bukan hanya itu saja yang menarik dari Pura Goa Lawah ini. Sebab pura tersebut dijadikan sebagai tempat persembunyian kawanan kelelawar yang jumlahnya sangat banyak.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kec. Dawan, Kab. Klungkung, Bali.

5. Pura Luhur Lempuyang

Objek Wisata Pura Lempuyang Luhur
Image Credit: Wikipedia.org

Pura Luhur Lempuyang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja ketika mencari tempat wisata di Candidasa Karangasem. Sebagai pura Hindu paling tua yang ada di Bali Timur, pura ni merupakan pura pra sejarah dengan nuansa religi yang sangat indah. Saking indahnya, banyak orang yang menjulukinya sebagai Gate to Heaven.

Pada puncaknya, pemandangan yang ditawarkan memang begitu indah dan memukau. Bahkan berfoto di bagian puncaknya dengan latar belakang gunung merupakan salah satu hal yang paling ikonik dari pura satu ini. Namun pastikan Anda selalu menjaga sikap saat berkunjung kemari, mengingat bahwa umat Hindu sering menggunakannya sebagai tempat beribadah.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Lempuyang, Seraya Barat, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

6. Rumah Bambu Pengalon

Rumah Bambu Pengalon
Image Credit: Twitter.com @imy_tourtavel

Rumah Bambu Pengalon sebenarnya merupakan proyek yang mangkrak dan tidak diteruskan kembali. Dulunya area ini akan dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan festival musik yang bertajuk Bali Unite. Meskipun pembangunannya tidak diteruskan, namun mengunjungi destinasi satu ini tetaplah menarik untuk dilakukan.

Sebab arsitektur dari Rumah Bambu Pengalon ini mampu menawarkan keunikan tersendiri, meskipun tidak pernah rampung dibangun. Bahkan arsitekturnya mampu dijadikan sebagai spot foto yang estetik dan instagramable. Terlebih dengan pemandangan sekitarnya yang begitu indah, melengkapi keunikan tempat tersebut.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Antiga, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

7. Charly’s Chocolate Family

Charly’s Chocolate Family
Image Credit: Instagram.com @_more_me

Para pecinta cokelat wajib hukumnya untuk bertandang ke tempat wisata satu ini. Dengan adanya Charly’s Chocolate Family, rasa penasaran Anda terhadap Charlie’s Chocolate Factory pastinya akan terbayarkan. Meski tidak dibangun oleh Willy Wonka, namun para pecinta cokelat tentunya akan dimanjakan selama berada di sini.

Hanya membutuhkan 15 menit berkendara dari Candidasa, Anda akan menemukan bangunan bangunan bambu seperti rumah Smurf di Charly’s Chocolate Family. Di sana Anda akan menemukan banyak dark chocolate yang berasal dari biji kakao hasil tanam sendiri, hingga soap studio yang menghadirkan aneka sabun homemade.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Subagan, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

8. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih
Image Credit: Google Maps (Christoph Müller)

Suasana bahari selalu kental dengan momen momen liburan, sehingga Anda pun tidak boleh terlewat untuk berkunjung ke pantai selama menjelajah kawasan Karangasem. Pantai Pasir Putih sendiri sering disebut sebagai salah satu pantai terindah yang ada di Bali. Sesuai dengan namanya, daya tarik utamanya adalah hamparan pasir putih yang akan memanjakan mata.

Tidak hanya berwarna putih bersih, hamparan pasir yang ada di destinasi ini terdiri atas butiran lembut yang terasa begitu halus meski Anda tidak mengenakan alas kaki. Tidak ketinggalan, pemandangan lautan lepas berwarna biru jernih juga akan menyegarkan mata dan pikiran selama berada di tempat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sengkidu, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

9. Istana Air Tirta Gangga

Rute Menuju Taman Air Tirta Gangga
Image Credit: Instagram.com @tirtaganggaa

Bicara mengenai tempat wisata di Candidasa Karangasem, tentu kurang afdol apabila tidak melibatkan Istana Air Tirta Gangga satu ini. Dimana Anda akan langsung dibuat terpesona dengan arsitektur cantik luar biasa yang ada di sana, serta sejarah yang melatarbelakangi terciptanya objek wisata satu ini.

Dibangun sekitar tahun 1948 oleh Raja Karangasem, Istana Air Tirta Gangga memiliki perpaduan yang unik antara budaya Bali dan Cina. Tirta Gangga sendiri menawarkan keindahan yang khas dan tidak bisa Anda temukan di tempat lain. Selain sebagai objek wisata, tempat ini juga sering dijadikan sebagai lokasi dilangsungkannya upacara keagamaan bagi umat Hindu Bali.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ababi, Kec. Abang, Kab. Karangasem, Bali.

10. Istana Air Taman Ujung

Taman Ujung
Image Credit: Instagram.com @aleksilieva

Jika Istana Air Tirta Gangga dibangun sekitar tahun 1948, maka Istana Air Taman Ujung ini sudah berdiri lebih lama yakni sekitar tahun 1919. Destinasi yang dikenal pula dengan nama Istana Karangasem ini dulunya adalah tempat peranginan dari Raja Karangasem. Dan karena keindahannya, saat ini Istana Taman Ujung dijadikan sebagai objek wisata yang seringkali dikunjungi oleh para wisatawan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Ujung, Tumbu, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

11. Kertha Gosa

Kertha Gosa
Image Credit: Twitter.com @2b10julio

Melihat gerbang masuk Kertha Gosa, Anda mungkin akan mengira bahwa tempat ini adalah istana layaknya Taman Ujung dan Tirta Gangga. Namun Kertha Gosa di tahun 1945 merupakan sebuah pengadilan adat. Karena kecantikan arsitektur yang dimilikinya dan pemandangan di sekitar Kertha Gosa, saat ini kawasan tersebut juga dijadikan sebagai objek wisata.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kenanga No.11, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kab. Klungkung, Bali.

12. Gili Tepekong

Gili Tepekong
Image Credit: Twitter.com @skywardeye

Gili Tepekong atau Bali Bubbles merupakan salah satu kawasan populer yang dijadikan sebagai tempat untuk snorkeling. Destinasi satu ini memang menawarkan petualangan bawah laut yang amat menyenangkan dengan banyaknya biota laut cantik yang menemani, mulai dari ikan warna warni hingga terumbu karang nan indah yang menghiasi area tersebut.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sengkidu, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

13. Submarine Odyssey

Submarine Odyssey
Image Credit: Twitter.com @k_h_nam11

Ingin mengarungi lautan lebih dekat tanpa perlu berbasah basahan ? Maka Anda perlu menjajal perjalanan penuh fantasi dari Submarine Odyssey. Pengalaman naik kapal selam di Submarine Odyssey ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, karena terbilang aman sekaligus nyaman, dan tentunya menawarkan pengalaman amat berkesan bagi siapapun yang mencobanya.

Harga Tiket: Rp 650.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Antiga, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

14. Apneista Yoga & Freediving

Apneista Yoga & Freediving
Image Credit: Google Maps (Apneista Bali Freediving and Yoga School)

Candidasa adalah tempat favorit untuk bertolak bagi mereka yang ingin mengunjungi berbagai spot diving memukau di Pulau Bali. Dimana salah satu tempat terbaik untuk mempelajari freediving yaitu di Teluk Jemeluk, Amed. Apneista Yoga akan mengajak Anda kursus singkat freediving tanpa mengandalkan peralatan berat seperti tabung oksigen dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. I Ketut Natih, Purwakerti, Amed Jemeluk, Kec. Abang, Kab. Karangasem, Bali.

15. Savana Tianyar

Savana Tianyar
Image Credit: Instagram.com @maharajah8

Savana Tianyar merupakan destinasi wisata berupa padang hijau luas dengan latar belakang Gunung Agung dan deretan perbukitan lain di sekelilingnya. Memiliki pemandangan yang sangat eksotis, objek wisata satu ini adalah satu favorit bagi para pecinta fotografi. Untuk sampai di lokasi, Anda bisa berkendara sekitar 1 hingga 1,5 jam perjalanan dar arah pusat Candidasa.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tianyar, Kec. Kubu, Kab. Karangasem, Bali.

Itulah berbagai tempat wisata hits di Candidasa Karangasem yang wajib dimasukkan ke dalam list kunjungan liburan Anda berikutnya. Karena Bali memang tidak hanya selalu mengenai Kuta, Seminyak, Ubud, atau Jimbaran saja. Masih banyak destinasi menarik di Pulau Bali yang bisa Anda jelajahi, contohnya seperti beberapa objek wisata yang telah disebutkan di atas.