Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Senganan, Kec. Penebel, Kab. Tabanan, Bali.

Sudah bukan rahasia lagi jika Pulau Bali memiliki deretan tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Bahkan provinsi yang dijuluki sebagai Pulau Dewata ini sudah terkenal hingga ke kancah mancanegara karena keindahan berbagai objek wisatanya, hingga membuat banyak turis berdatangan ke Indonesia.

Beberapa tahun belakangan, Bali terus menambah objek wisata baru. Seperti yang bisa dilihat di daerah Tabanan, yaitu Wahana Sambhrama Ashram atau sering disingkat dengan nama WSA. Destinasi wisata ini mempunyai pemandangan dan suasana alam yang begitu asri, serta menawarkan berbagai wahana seru sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk rekreasi keluarga.

Daya Tarik Wisata Wahana Sambhrama Ashram

Daya Tarik Wahana Sambhrama
Image Credit: Google Maps (Wahana Wisata Sambhrama Ashram)

1. Panorama Alam

Salah satu keunggulan dari objek wisata WSA ini terletak pada panorama alam yang mampu menyegarkan mata. Setibanya di lokasi maka anda akan langsung disuguhkan suasana alami nan asri yang mampu menyegarkan tubuh maupun pikiran. Memasuki area wisata, kesan alami justru semakin terasa.

Pasalnya di kiri dan kanan dipenuhi dengan pemandangan hijau pepohonan yang begitu menentramkan. Jika kebetulan anda datang saat tempat wisata sedang sepi, anda bahkan dapat mendengar suara burung berkicau yang membuat perasaan menjadi lebih damai. Semua keindahan ini dijamin bisa membuat penat dari aktivitas sehari hari hilang seketika.

2. Banyak Wahana

Selain menyuguhkan panorama alam yang begitu indah dan mempesona, WSA yang dibangun di daerah Tabanan, Bali, ini juga menawarkan banyak wahana seru yang bisa dijajal. Tidak heran jika lokasi ini disebut sebagai salah satu destinasi terbaik untuk rekreasi bersama dengan keluarga, sahabat, maupun teman.

Beberapa wahana seru yang bisa anda coba antara lain flying fox, swing, sky bike, sampai rumah kelinci. Tentu dengan adanya berbagai wahana permainan ini dapat menambah seru perjalanan liburan anda. Terlebih wahana ini cukup menantang, sehingga mampu memberikan kesan mendalam yang tidak akan terlupakan.

3. Playground

Bagi anda yang membawa putra putri untuk liburan keluarga, bisa dibilang bahwa Wahana Sambhrama Ashram ini adalah destinasi yang sangat tepat untuk dituju. Karena selain para orang tua dapat menikmati keindahan alam sekitar dan berbagai wahana menantang, si kecil bisa puas bermain di playground yang telah disediakan.

4. Wisata Bahari

Tidak hanya playground, di sini anda juga akan menemukan kolam renang dengan ukuran kolam yang cukup luas dan dilengkapi beberapa wahana seperti seluncuran dan lain sebagainya. Mulai dari orang dewasa hingga anak anak bisa bermain di kolam tersebut, pastinya akan sangat seru dan menyegarkan jika berenang di tengah cuaca yang cerah.

Daya Tarik Wahana Sambhrama Ashram
Image Credit: Google Maps (Wahana Wisata Sambhrama Ashram)

5. Wisata Religi

Terkenal dengan julukan pulau seribu pura rasanya memang pantas disandang oleh Bali. Karena nyatanya, banyak sekali pura yang bisa ditemukan di daerah ini. Bahkan di setiap objek wisatanya selalu ada pura yang dapat dituju, termasuk tempat wisata WSA ini. Di sana Beji Agung yang mana terdapat sumber mata air dengan kolam kecil di bawahnya.

6. Wisata Kuliner

Puas bermain main, tentunya perut akan meraung minta diisi untuk memulihkan tenaga yang sudah terkuras habis selepas menjajal berbagai wahana seru yang ada di destinasi. Tidak perlu khawatir, karena tempat wisata di Bali satu ini sudah menyediakan restoran dengan menu makanan lezat yang siap memanjakan perut dan menggoyang lidah.

Sajian menu yang ditawarkan sendiri sangat beragam, ada makanan khas Bali, makanan nusantara, dan modern. Pun dengan minumannya yang terdiri dari berbagai varian dan siap menghilangkan dahaga. Menariknya lagi, harga yang dibanderol untuk setiap menu terbilang cukup terjangkau.

Di dalam restoran yang diberi nama Warung Koi, anda bisa menemukan kolam kecil berisikan ikan koi. Tidak hanya kolam ikan koi ini saja yang akan menemani anda bersantap hidangan di sini, tapi pemandangan alam di sekitar yang begitu alami dan asri rasanya seolah membuat makanan menjadi lebih lezat.

7. Wisata Taman Pala

Ada satu lagi wisata seru yang bisa anda coba ketika berkunjung ke WSA, yakni wisata taman pala. Di destinasi ini memang tersedia kebun pala yang biasanya digunakan oleh para wisatawan untuk trekking. Pemandangan asri dan menyegarkan di sekeliling taman akan membuat anda merasa hidup kembali.

8. Spot Foto

Bagi kaum milenial, pastinya tidak afdol apabila mengunjungi suatu objek wisata tanpa berburu foto ciamik untuk diunggah ke sosial media. Apabila berlibur di Wahana Sambhrama Ashram, sebaiknya anda menyiapkan kamera atau smartphone dengan baterai yang masih penuh.

Pasalnya ada banyak sekali spot foto apik dan instagenic yang bisa anda temukan di tempat wisata satu ini. Terlebih dengan suasananya yang alami, setiap spot foto yang ada jadi terlihat lebih memukau. Tanpa perlu diedit terlebih dahulu, anda sudah bisa mendapatkan foto instagramable untuk update story.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Alamat Wahana Sambhrama
Image Credit: Google Maps (Mas Anas)

Wahana Sambhrama Ashram beralamatkan di Br. Bolangan, Desa Babahan, Kabupaten Tabanan. Untuk menuju lokasi, anda perlu menempuh jarak sekitar 20 kilometer atau kurang lebih 33 menit berkendara melewati Jalan Batukaru.

Dari ibukota Bali sendiri, Denpasar, membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih melalui Jalan Raya Marga-Apuan. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada peta digital agar memudahkan Anda menuju lokasi wisata.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Harga Tiket Wahana Sambhrama
Image Credit: Google Maps (Aku Id)

Bagi anda yang ingin berkunjung dan menikmati keseruan di WSA, bisa datang ke sini pada jam operasionalnya yang berlangsung dari pukul 09.00 sampai 17.00 WITA setiap harinya. Tiket masuk yang perlu dibayarkan sendiri antara lain sebesar Rp. 20.000 untuk orang dewasa, dan sekitar Rp. 15.000 untuk anak usia 3 sampai dengan 12 tahun.

Tiket masuk sudah termasuk berenang, spot foto, playground, wisata taman pala, dan berbagai fasilitas umum yang disediakan di area wisata. Jika ingin mencoba wahana menantang seperti flying fox, skybike, dan swing, maka harus membayar tiket adventure yang dikenakan tarif sekitar Rp. 25.000 per item untuk orang dewasa dan kurang lebih Rp. 20.000 untuk anak anak.

Anda juga bisa melakukan gathering di sini seperti dengan keluarga atau tim kantor. Pihak pengelola sendiri telah menyediakan berbagai fasilitas khusus bagi pengunjung yang ingin melakukan gathering, seperti taman labirin dan lain sebagainya. Untuk biayanya bisa langsung ditanyakan pada pihak pengelola, namun sebaiknya lakukan reservasi terlebih dahulu sebelum hari H.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Aktivitas di Wahana Sambharama
Image Credit: Google Maps (Wahana Wisata Sambhrama Ashram)

1. Berenang

Memiliki fasilitas kolam renang, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti ketika berkunjung ke Wahana Sambhrama Ashram ini. Kolam renangnya yang cukup luas dan dilengkapi dengan berbagai wahana, dijamin akan membuat anda betah merasakan segar dan dinginnya air kolam.

Selama berenang, tidak perlu khawatir barang barang anda hilang karena tidak ada yang menjaga. Pasalnya sudah ada penyewaan loker untuk menitipkan semua barang pengunjung. Bahkan sudah ada sewa ban renang dan sewa handuk juga, yang akan membuat kegiatan berenang menjadi lebih seru.

2. Berburu Foto

Dilengkapi dengan berbagai spot foto epic, anda yang mengaku sebagai pecinta fotografi pastinya akan sibuk hunting foto selama berada di lokasi wisata. Apalagi keindahan alam di sekitar mampu membuat setiap spot foto yang ada terlihat makin instagenic. Jadi siapkan kamera dan pose terbaik anda ketika hendak berlibur di WSA.

3. Menjajal Berbagai Wahana

Namanya saja Wahana Sambhrama Ashram, banyak sekali wahana seru yang dapat anda temukan di destinasi. Tentunya anda tidak boleh ketinggalan untuk menjajal setiap wahana yang ada agar perjalanan liburan semakin berkesan. Beberapa wahana bahkan terasa begitu menantang dan mampu memacu adrenalin, dijamin pasti sangat mengasyikkan.

Aktivitas Menarik di Wahana Sambharama
Image Credit: Google Maps (Idaayu Muliafairlianty)

4. Melihat Berbagai Pertunjukan

Pada waktu waktu tertentu, pihak pengelola juga menampilkan berbagai pertunjukan di sini. Mulai dari pertunjukan drama plus tarian khas Bali yang sebagaimana sering ditampilkan pada berbagai destinasi wisata di Bali, sampai dengan live performance musik kekinian yang akan membuat suasana makin syahdu.

5. Piknik

Di sini, anda juga bisa melakukan piknik dengan keluarga tercinta. Karena banyak area dengan rumput hijau yang sangat cocok dijadikan sebagai spot piknik. Pihak pengelola sendiri mengizinkan kegiatan piknik untuk para pengunjung. Bahkan di sini ada penyewaan tikar bagi siapapun yang ingin piknik. Menariknya lagi, anda boleh membawa bekal makanan sendiri dari rumah.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di Wahana Sambhrama Ashrama

Fasilitas di Wahana Sambhrama Ashrama
Image Credit: Google Maps (Wahana Wisata Sambhrama Ashram)

Sebagai kawasan wisata terpadu, tempat wisata WSA menyediakan banyak fasilitas penunjang untuk memanjakan para pengunjungnya. Mulai dari tempat parkir yang luas, toilet bersih, kamar mandi bilas, tempat duduk, gazebo, restoran, hingga berbagai persewaan agar kegiatan yang anda lakukan selama di sini menjadi lebih asyik.

Kurang apa lagi, rasanya hampir semua sudah tersedia di Wahana Sambhrama Ashrama di Tabanan. Tidak heran jika belakangan destinasi ini menjadi sangat populer di kalangan wisatawan. Apalagi keindahan alam yang ada di sini juga tidak kalah memukau dari destinasi lain. Oleh karena itu, sempatkan diri mengunjungi kawasan Tabanan saat anda tengah berlibur ke pulau Bali.