Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bypass Ngurah Rai No.762, Pemogan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

Pulau Bali rasanya tiada habisnya menawarkan pesona wisata, hingga selalu berhasil memikat wisatawan domestik maupun mancanegara. Kali ini, hadir Upside Down World di Pemogan Denpasar yang menawarkan destinasi unik dan lain dari yang lain, yaitu konsep wisata rumah terbalik. Tempat ini dijamin dapat memanjakan Andayang hobi berfoto ria. Penasaran tempat seperti apa destinasi satu ini?

Sekilas Tentang Upside Down World

Tentang Upside Down World
Image Credit: Twitter.com @ticketkd

Objek wisata unik ini yang ada di Pemogan Denpasar, Bali, merupakan tempat foto terbalik yang akan memungkinkan Andamendapat berbagai foto unik untuk diunggah ke sosial media. Di lokasi wisata, semua ruangan yang ada memang mempunyai desain terbaik. Termasuk pula berbagai perabotan yang ada di dalam ruangan tersebut.

Itulah mengapa ketika berfoto di dalam ruangan, maka Andaakan terlihat seperti berjalan di dinding atau langit langit rumah. Menarik sekali bukan? Terlebih tidak hanya desain terbalik itu saja yang menjadi keunikan dari destinasi satu ini. Namun keunikannya juga hadir pada tata letak ruangan yang ada.

Dimana perpaduan warna dari ruangan ruangan yang ada di dalam objek wisata tersebut memiliki interior desain yang berwarna kontras. Tujuan dari pemilihan warna kontras tersebut adalah agar terlihat jauh lebih indah ketika diabadikan dalam sebuah potret. Sebenarnya, di Bali sendiri sudah ada beberapa objek wisata yang menghadirkan konsep 3 dimensi seperti ini.

Misalnya Trick Art Museum Bali di kawasan Seminyak atau Museum Tiga Dimensi 3D DMZ Bali yang ada di Legian. Kendati demikian, Upside Down World di Pemogan Denpasar ini tentunya menghadirkan konsep wisata yang benar berbeda. Sehingga para wisatawan akan tetap berbondong bondong untuk datang ke sana.

Daya Tarik Wisata Upside Down World

Daya Tarik Upside Down World
Image Credit: Google Maps (N G)

1. Tempat Foto Unik yang Instagramable

Tidak hanya sekadar dihadirkan dengan konsep foto terbalik semata, Upside Down World menawarkan banyak ruang bertema menarik yang akan menyuguhkan sensasi fotografi 360 derajat untuk para pengunjung. Semua lokasi foto yang ada di destinasi ini memang telah disetting sedemikian rupa.

Mulai dari tata letak, desain ruangan, sampai dengan setiap properti yang ada dibuat terbalik tidak seperti pada normalnya. Contohnya seperti meja makan, lemari, televisi, kulkas, sampai wastafelnya yang sengaja dibuat terbalik. Sehingga ketika memasuki ruangan, Andaakan terlihat seolah berjalan di plafon atau langit langit ruangan.

Menariknya lagi, semua properti peralatan atau dekorasi yang digunakan di sini adalah barang asli alih alih imitasi. Bahkan televisi yang ditempatkan secara terbalik di tempat wisata ini bukan hanya sekadar dekorasi, namun bisa benar benar Andanyalakan layaknya televisi pada umumnya.

Selain itu, perpaduan warna di setiap tema ruangan pun menerapkan cat dengan warna warna kontras yang terlihat sangat indah di foto. Hal ini membuat para pengunjung dapat menghasilkan foto unik sekaligus instagramable, cocok untuk memenuhi feed Instagram Andaatau diunggah ke instastory.

2. Wisata Pertama yang Menyajikan Konsep Rumah Terbalik

Perlu Andaketahui sebelum bertandang ke Upside Down World satu ini, bahwa pusat rekreasi dan museum modern tersebut merupakan sejarah atau awal berdirinya konsep wisata seperti ini. Pasalnya berdasarkan informasi, objek wisata yang telah didirikan sejak tahun 2016 tersebut merupakan wahana wisata pertama di dalam negeri yang menghadirkan konsep rumah terbalik.

Inspirasinya hadir dari tempat wisata di luar negeri serta film Upside Down. Karena di Indonesia belum ada wisata yang seperti itu, maka konsep ini kemudian dibawa ke dalam negeri dan pertama kali berada di Bali. Baru kemudian Upside Down World mulai bangun di beberapa kota lainnya seperti Tangerang (Alam Sutera) Medan, Bandung, Jogja, dan Padang.

Tentunya masing masing wisata dengan konsep upside down tersebut memiliki ciri khas masing masing di setiap kota, tidak terkecuali dengan destinasi yang ada di Bali satu ini. Sehingga foto foto ciamik yang akan Andadapatkan selama berada di wisata ini tidak akan Andaperoleh di objek wisata lainnya.

3. Guest Assistance

Apabila Andabaru pertama kali datang ke wisata rumah terbalik, tidak perlu merasa khawatir jika tidak mahir mengambil gambar. Pasalnya di lokasi wisata sudah disediakan guest assistant professional, yang akan membantu para pengunjung untuk berfoto menggunakan kamera atau smartphone agar mendapat hasil potret terbaik.

Biasanya, para guest assistant yang ada bisa membantu mengarahkan gaya pose sampai mengambil foto untuk pengunjung. Namun perlu diketahui bahwa guest assistant tersebut tidak akan selalu menemani satu pengunjung atau rombongan dari awal sampai akhir. Melainkan Andaperlu mencarinya terlebih dahulu yang tersebar di beberapa titik.

Guest assistant sudah mengenakan seragam tersendiri di ruangan yang berbeda beda, sehingga Andadapat menemukannya dengan mudah di antara para pengunjung lainnya. Selain itu, mereka juga tentunya akan sibuk membantu para pengunjung yang lain. Sehingga bagi Andayang ingin dibantu oleh guest assistant harus mengantre terlebih dahulu.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Upside Down World

Alamat Upside Down World
Image Credit: Google Maps (ZULYADAIN)

Upside Down World berada di Jalan Bypass Ngurah Rai, Pemogan, Denpasar Selatan. Lokasi ini terbilang cukup strategis, karena terletak di antara Denpasar, Seminyak, Nusa Dua, Kuta, serta Simpang Siur. Bagi Andayang berasal dari luar pulau Bali, tidak sulit untuk mencapai lokasi wisata tersebut.

Dari arah pusat kota Denpasar, Andabisa mengambil jalan melalui Jalan Tengku Umar ke Jalan Raya Pemogan. Rute ini hanya melewati sejauh 7 kilometer saja atau membutuhkan waktu kurang lebih 21 menit perjalanan. Sementara dari arah Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, memiliki jarak tempuh sekitar 8 kilometer melalui jalan tol.

Dari Bandar Udara Ngurah Rai, Andahanya perlu berkendara sekitar 17 menit saja apabila tidak ada kendala selama perjalanan. Menariknya lagi, akses menuju lokasi Upside Down World tersebut sangat mudah dilalui oleh berbagai kendaraan. Tidak hanya kendaraan pribadi, Andajuga bisa mengandalkan angkutan umum hingga transportasi online untuk menuju lokasi.

Harga Tiket Masuk Wisata Upside Down World Bali

Harga Tiket Upside Down World Bali
Image Credit: Google Maps (Bayu Fauzi)

Wisata rumah terbalik di Bali satu ini bisa Andakunjungi mulai pukul 09.00 WITA sampai dengan pukul 20.00 WITA. Harga tiketnya sendiri memang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan Upside Down World yang ada di beberapa kota lain. Pasalnya wisata di Bali selalu dibanjiri oleh turis mancanegara.

Namun pada dasarnya, harga tiket masuk yang ditetapkan pun sangat sesuai dengan keunikan dan fasilitas yang dihadirkan. Dimana Andaperlu merogoh kocek sekitar Rp. 100.000 per kepala untuk orang dewasa. Sementara anak anak dengan usia di bawah 12 tahun hanya dipungut biaya setengah dari tarif yang berlaku, atau sekitar Rp. 50.000 per anak.

Anda tidak perlu khawatir, karena tarif yang berlaku sudah termasuk semua wahana di dalam objek wisata. Dimana Andabisa menikmati semua spot foto yang ada di dalam tanpa harus mengeluarkan dana tambahan, termasuk jika ingin dibantu mengambil foto oleh guest assistant. Namun tarif yang tertera bisa berubah sewaktu waktu tanpa pemberitahuan sesuai dengan kebijakan pengelola.

Beragam Wahana Menarik di Upside Down World

Wahana di Upside Down World
Image Credit: Google Maps (Marek Malar)

1. Master Bed Room

Master bed room merupakan salah satu ruangan yang menjadi favorit wisatawan. Ruangan ini mengusung konsep ruangan tempat tidur keluarga. Dimana di dalamnya sudah ditempatkan tempat tidur, sekaligus berbagai aksesori lainnya yang unik dan tentunya dibuat dengan terbalik.

2. Living Room + Tungku Api

Selain ruangan kamar tidur, ada juga ruangan keluarga yang diberi tambahan dekorasi tungku api di dalamnya. Namanya saja ruangan keluarga, tentu akan lebih apik jika Andamengambil foto bersama keluarga tercinta ketika berada di area satu ini. Selain tungku api, tentu banyak perabotan lain yang akan menambah keindahan ruangan tersebut.

3. Kids Room

Anak anak akan betah berada di area ruangan satu ini, pasalnya salah satu ruangan di Upside Down World tersebut mengusung tema yang lebih dikhususkan untuk anak anak. Dengan perpaduan warna kontras yang begitu cantik, ruangan satu ini dijamin akan memberi Andahasil potret yang ciamik.

Wahana Menarik di Upside Down World
Image Credit: Google Maps (Hadeer Hamdy)

4. Ruangan Dapur

Jika kids room akan membuat anak anak betah, maka kali ini ruangan dapur yang akan membuat para pengunjung ibu rumah tangga asyik berpose dengan berbagai macam gaya. Ruangan bertema tempat memasak tersebut bahkan memiliki dekorasi dan properti yang sangat lengkap, seperti dapur yang sesungguhnya.

5. Ruangan Lainnya

Selain beberapa ruangan yang telah disebutkan, masih banyak lagi ruangan unik yang perlu Andajelajahi. Seperti ruang laundry, ruangan tiga dimensi, bathroom dan toilet, sampai taman Masing masing dihadirkan dengan perabotan dan dekorasi yang lengkap, benar benar seperti ruangan aslinya.

Anda yang hobi berfoto ria, dijamin akan dimanjakan selama berkunjung ke Upside Down World yang ada di Denpasar, Bali. Karena para pengunjung yang datang diminta untuk melepas alas kaki sebelum masuk, Andabisa bebas melakukan pose pose unik di atas lantai yang bersih selama mengambil gambar di lokasi wisata rumah terbalik. Menarik bukan?