Toya Devasya salah satu pemandian air panas yang populer di Kintamani. Nikmati sensasi berendam air panas dengan pemandangan Gunung Batur yang menakjubkan.

Lokasi: Central Batur, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.
Map: Cek Lokasi

Toya Devasya merupakan tempat wisata di Desa Toya Bungkah yang menawarkan pemandian air panas alami. Dibangun dengan 8 kolam air panas dengan pemandangan Gunung dan Danau Batur. Suasananya begitu asri dan tidak terlalu bising.

Pemandian air panas yang satu ini menjadi salah satu hot spring paling populer di Bali. Selain karena pemandangannya yang indah, beragam fasilitas juga disediakan di tempat ini. Wisatawan dapat menikmati liburan dengan nyaman dengan berbagai fasilitas yang sudah ada.

Pengunjung Toya Devasya tidak hanya ditawarkan pengalaman menikmati hot spring tetapi juga berbagai aktivitas menarik lainnya. Wisatawan dapat menjelajah alam, camping, makan-makan, hingga spa. Tempat wisata ini berada di Kintamani yang tidak terlalu sulit untuk dijangkau, termasuk bagi Anda yang berada di Kota Denpasar.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Toya Devasya

Daya Tarik Wisata Toya Devasya
Image Credit: Instagram.com @dimetosansu

1. Kolam Air Panas Alami

Terdapat 7 kolam air panas yang dilengkapi dengan pancuran di pinggiran kolamnya. Ada juga infinity pool yang langsung menghadap ke arah Danau Batur. Air panasnya berasal dari air bawah tanah vulkanik di kaki Gunung Batur dan dialirkan ke kolam melalui beberapa pancuran.

Mengandung banyak mineral yang bermanfaat untuk relaksasi tubuh, melancarkan peredaran darah, dan untuk kesehatan kulit. Pemandian air panas ini memiliki air yang jernih dan tidak berbau belerang.

2. Pemandangan Gunung dan Danau Batur

Kawasan wisata ini berada di area Geopark Batur Kintamani. Memiliki panorama alam yang begitu indah dari Gunung Batur yang berdiri gagah di baliknya. Wisatawan dapat menyaksikan langsung pemandangan hijau dari gunung tersebut ditemani hawa sejuk khas pegunungan.

Selain pemandangan Gunung Batur yang luar biasa indah, wisatawan juga bisa melihat Danau Batur dengan airnya yang begitu tenang. Tersedia kolam air panas yang dibangun dengan menghadap langsung ke arah danau tersebut.

BACA JUGA:  Pura Tirta Sudamala, Pesona Pura Suci yang Menakjubkan di Bangli Bali
Daya Tarik Wisata Toya Devasya Bali
Image Credit: Instagram.com @baliwisata2021

3. Waterboom

Daya tarik lain dari tempat wisata ini adalah adanya waterboom di dalam kawasan Toya Devasya. Wisatawan tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati berbagai fasilitas seru di sebuah area permainan air ini. Seluncuran dan berbagai wahana lain tersedia untuk para pengunjung.

4. Fasilitas Lengkap

Kebanyakan tempat wisata hot spring hanya sebatas menyediakan kolam pemandian dan tempat ganti. Namun Toya Devasya ini memiliki beragam fasilitas dan menjadi salah satu tempat wisata hot spring paling lengkap. Berbagai atraksi di tawarkan dengan pilihan paket tour.

Wisatawan tidak hanya menikmati kawasan pemandian air panas, tetapi juga bisa menjelajah ke beberapa tempat menarik di sekitarnya. Fasilitas pendukung wisata yang disediakan pengelola terdiri dari fasilitas tour dan juga peralatannya. Wisatawan tinggal memesan dan menikmati liburan dengan menyenangkan.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Toya Devasya

Lokasi Toya Devasya
Image Credit: Instagram.com @valphotographie2020

Pemandian air panas alami Toya Devasya berada di daerah Kintamani, tepatnya di Desa Toya Bungkah. Jaraknya sekitar 65 km dari Kota Denpasar yang dapat ditempuh kurang lebih 2jam perjalanan.

Ambil rute ke arah Kintamani hingga Desa Penelokan. Selanjutnya perjalanan akan melewati turunan lembah bukit dengan jalan beraspal. Pemandangan di kanan kiri jalan berupa Gunung Batur, lembah, hingga bebatuan gunung.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Setiap pengunjung yang masuk harus membayar tiket sebesar Rp 100.000,- per orang. Tiket masuk tersebut sudah termasuk sabun, shampoo, dan minuman. Sedangkan untuk handuk dan loker di luar dari biaya masuk tersebut.

Setelah membayar tiket masuk, pengunjung dapat langsung menikmati 8 kolam pemandian sepuasnya. Jika ingin mencoba berbagai atraksi lain di tempat ini, wisatawan akan dikenai biaya tambahan. Biayanya tergantung dari aktivitas yang ingin Anda coba.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Toya Devasya

Kegiatan di Toya Devasya
Image Credit: Instagram.com @idacrb82

1. Berendam di Kolam Air Panas

Air yang dipanaskan secara alami di dalam bumi mengandung banyak mineral yang bagus untuk tubuh. Wisatawan dapat menikmati manfaatnya untuk menyegarkan tubuh. Tersedia 8 kolam pemandian air panas yang bisa digunakan wisatawan. Satu kolam besar yang menghadap danau dan satu kolam berukuran olimpiade.

Wisatawan dapat melakukan relaksasi di kolam-kolam yang sudah tersedia. Jangan khawatir karena airnya bersih dan juga tidak memiliki bau belerang, walaupun berasal dari gunung. Air panas yang mengandung banyak mineral dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit kulit, membersihkan kulit, menenangkan otot, dan menyegarkan tubuh.

BACA JUGA:  Indahnya Danau Batur, Danau Cantik Memesona di Bangli Bali

2. Camping dan Outbound

Megahnya panorama alam di kawasan Toya Devasya ini memang memanjakan mata. Selain menikmati keindahannya, wisatawan juga bisa lebih dekat dengan alam dengan camping atau melakukan aktivitas outbound yang menantang.

Area camping disediakan oleh pengelola dengan tenda-tenda yang nyaman. Lokasinya berada di tepi danau dengan pemandangan alam yang mempesona. Selain itu, beberapa taman juga dipercantik sehingga suasana di tempat camping ini lebih nyaman.

3. Spa

Wisatawan juga dapat mencoba spa tradisional di tempat wisata ini. Tempatnya nyaman dengan suasana yang menenangkan. Pijatan khas Bali yang ditawarkan dapat memberikan ketenangan, memperlancar peredaran darah, dan menyegarkan badan.

Tempat untuk spa ini menawarkan pemandangan gunung dan danau sebagai latar belakangnya. Selain spa, tempat ini juga bagus untuk Anda yang ingin melakukan yoga atau meditasi. Anda bisa menghubungi pengelola jika tertarik untuk mencoba aktivitas ini.

4. Trekking

Pengunjung bisa mencoba aktivitas trekking untuk menjelajah Geopark Kintamani. Selain itu, wisatawan juga ditawarkan pengalaman mendaki Gunung Batur. Wisatawan pecinta adrenalin tentu bisa mencoba aktivitas seru ini untuk melihat lebih dekat kaldera dan pemandangan alam di sekitar gunung.

Wisatawan yang tertarik untuk mendaki gunung, bisa menghubungi pengelola untuk tour Gunung Batur. Perjalanan trekking atau mendaki hingga ke puncak gunung sekitar 2 jam. Saat di puncak, Anda akan disuguhi pemandangan eksotis dari geopark Kintamani ini. Gunung, danau, dan juga hutan-hutan hijau menjadi pemandangan yang disajikan.

5. Canoeing

Wisatawan yang sudah berendam di air panas bisa lanjut liburannya dengan menyusuri keindahan Danau Batur. Salah satu caranya adalah dengan berkano atau canoeing. Aktivitas ini merupakan salah satu tour yang disediakan pengelola dengan biaya tambahan.

Peralatan untuk olahraga air ini sudah disediakan lengkap oleh pengelola. Wisatawan bisa menggunakan baju pelampung terlebih dulu untuk keamanan. Perahu kano dan dayung siap menanti Anda untuk diajak menyusuri Danau Batur yang indah dan eksotis.

6. Bersepeda

Toya Devasya memang menawarkan wisata alam dengan berbagai aktivitas menarik. Anda bisa mencoba kegiatan seru selain berendam di kolam air panas, namun dengan biaya tambahan. Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan adalah bersepeda di sekitar Danau Batur.

BACA JUGA:  Pura Ulun Danu Batur - Pura Suci Berlatar Gunung Batur yang Menawan

7. Jeep Tour

Keseruannya akan berlanjut bagi wisatawan yang mengikuti jeep tour. Aktivitas ini akan memberikan pengalaman yang menyenangkan, menjelajah Geopark Kintamani. Anda akan diajak untuk explore alamnya, mulai dari gunung, danau, hingga laut.

8. Bersantap di Tepi Danau

Menikmati kuliner lezat di dekat Danau Batur mungkin akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi wisatawan. Restoran di pinggir danau ini menyediakan pool bar dan juga barbeque. Berbagai hidangan lokal hingga mancanegara juga tersedia. Bagi wisatawan yang ingin suasana makan yang romantis juga bisa memesan candle light dinner.

9. Mencicipi Kopi Khas Kintamani

Kopi dari daerah ini sudah cukup terkenal dan menjadi salah satu kopi terbaik. Memiliki rasa dan aroma yang khas, kopi Kintamani menjadi sajian yang cocok dinikmati di tempat-tempat dingin seperti di Toya Devasya ini.

Wisatawan yang sudah menikmati pemandian air panas bisa langsung ke restoran untuk mencicipi segelas kopi Kintamani yang hangat. Ditemani hidangan lezat dan juga pemandangan indah dari gunung dan danau.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Toya Devasya

Fasilitas di Wisata Toya Devasya
Image Credit: Instagram.com @toyadevasya

Tempat parkir tersedia untuk wisatawan dengan kapasitas yang cukup besar. Area luas untuk menampung kendaraan roda dua dan roda empat, termasuk bis pariwisata. Lokasi parkir tidak jauh dari loket masuk.

Ruang ganti disediakan sebagai salah satu fasilitas untuk wisatawan. Bagi para pengunjung yang akan berendam dapat berganti pakaian renang terlebih dulu di ruang ganti ini.

Beberapa toilet dibangun untuk melengkapi fasilitas pendukung di tempat wisata ini. Toilet yang ada di pemandian air panas ini juga cukup nyaman dan bersih.

Fasilitas restoran sudah disediakan dengan menyajikan berbagai hidangan lokal Bali hingga western food. Terdapat beberapa restoran yang menawarkan tempat asyik untuk bersantap. Pengunjung bis menikmati makanan di restoran indoor, di dekat danau, dan di pinggir pantai.

Tempat ibadah juga menjadi salah satu fasilitas untuk para wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini. Tempatnya bersih dan nyaman, walaupun tidak terlalu besar.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai pemandian air panas alami Toya Devasya. Wisatawan dapat menikmati pemandian air panas alami yang bagus untuk kesehatan kulit dan tubuh. Berbagai aktivitas menarik lainnya juga ditawarkan untuk wisatawan.