Temukan Tempat Wisata Terbaik di Tabanan, Bali. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan yang Ingin Mencari Keindahan Alam Sekaligus Kebudayaan Lokal.

Sebagai salah satu kabupaten dan kota yang ada di Pulau Dewata, Tabanan menyimpan berbagai keindahan dan pesona alam yang indah dan menarik. Spot panorama alam tersebut kebanyakan tersembunyi, sehingga belum banyak turis dan wisatawan lokal maupun asing yang mengetahuinya.

Beberapa spot wisata yang sering dikunjungi di Tabanan adalah situs budaya lokal, situs sejarah, berbagai tempat dengan konsep kekinian, hingga pemandangan alam yang masih asri. Setiap spot wisata tersebut bisa Anda kunjungi dalam waktu yang relatif singkat karena lokasinya yang berdekatan.

Jika Anda hendak berkunjung ke Tabanan dalam waktu dekat, berikut merupakan list dan rekomendasi tempat wisata di Tabanan Bali yang wajib Anda kunjungi. Dengan begitu, setelah sampai di Tabanan, Anda tidak perlu kebingungan lagi untuk memulai petualangan.

1. Pantai Soka

Pantai Soka
Image Credit: Bali.com

Pantai yang terdapat di Bali memang selalu menarik untuk dikunjungi, begitu pula dengan yang ada di Tabanan. Jika berkunjung kesana, Anda akan menemukan Pantai Soka yang terkenal, sebab ia memiliki pasir pantai yang berwarna hitam, begitu pula dengan karang yang ada di sekelilingnya.

Pantai ini sering dikunjungi karena merupakan spot terbaik untuk melihat matahari terbenam di Tabanan. Selain itu, karena pasirnya yang halus Anda tetap bisa bermain disana bersama dengan teman dan keluarga. Anda bisa menjadikan Pantai Soka sebagai pantai alternatif karena lebih tenang dibandingkan dengan Pantai Kuta.

Lokasi: Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk, Antap, Kec. Selemadeg, Kab. Tabanan.

2. Bali Treetop Adventure Park

Bali Treetop Adventure Park
Image Credit: Instagram.com @zelcyuse

Tabanan ternyata juga memiliki wisata buatan yang menarik untuk dikunjungi, yakni Bali Treetop Andventure Park. Di tempat tersebut Anda bisa bermain berbagai permainan yang disediakan oleh pihak pengelola, terdapat sekitar 72 permainan yang bisa Anda pilih sesuai dengan hobi dan kesukaan.

Selain permainannya yang variatif, lokasi tempat bermain juga masih asri dan sejuk, sehingga pengunjung bisa sekalian mencuci mata di tempat ini. Setiap permainan dibagi berdasarkan kegiatan yang dilakukan, seperti aktivitas petualangan, keluarga, dan juga outing untuk melatih kekompakan.

Lokasi: Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

3. Jatiluwih

Jatiluwih
Image Credit: Kintamani.id

Anda yang ingin merasakan pedesaan yang damai, tenang, dan asri, bisa berkunjung ke Jatiluwih. Jatiluwih merupakan salah satu desa yang terdapat di Kabupaten Tabanan, dengan menonjolkan bidang pertanian sebagai aspek wisata unggulan. Disana setiap penduduk menanam padi dan membuat sawah yang terhampar menjadi menarik untuk dilihat.

Di pagi hari, Jatiluwih memberikan pemandangan yang menakjubkan karena kabut yang terangkat dar hamparan padi. Bahkan sistem perairan yang digunakan oleh masyarakat Desa Jatiluwih merupakan irigasi kuno, yang kemudian di daftarkan sebagai salah satu warisan dunia UNESCO.

Lokasi: Jatiluwih, Kec. Penebel, Kab. Tabanan.

4. Taman Pujaan Bangsa Margarana

Taman Pujaan Bangsa Margarana
Image Credit: Ttnotes.com

Destinasi wisata sejarah menjadi salah satu spot wisata menarik yang dikunjungi oleh turis, begitu pula dengan taman ini. Dulunya kawasan Taman Pujaan Bangsa Margarana merupakan tempat dilangsungkannya pertempuran antar Indonesia dengan melawan kaum kolonial, yang lebih sering disebut sebagai Puputan Marganegara.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan menemukan monumen taman pahlawan, serta gedung yang khusus digunakan untuk menyimpan berbagai artefak dan benda peninggalan perang tersebut. Menariknya Anda tidak perlu membayar jika hendak berkunjung ke taman ini.

Lokasi: Kelaci, Marga Dauh Puri, Kec. Marga, Kab. Tabanan.

5. Vihara Dharma Giri

Vihara Dharma Giri
Image Credit: Tripadvisor.com

Jika Anda ingin berkunjung ke tempat yang memiliki nuansa religi tinggi bisa berkunjung ke Vihara Dharma Giri. Walaupun mayoritas penduduk Bali merupakan penganut agama Hindu, namun pembangunan dan pengelolaan tempat wisata dan ibadah ini tetap bisa berjalan dengan baik.

Hal yang paling menarik dari vihara ini adalah adanya patung Budha putih yang sedang tidur. Patung tersebut memiliki ukuran yang besar, sehingga menjadi spot selfi yang disukai banyak orang. Dengan sudut yang tepat, foto yang dihasilkan akan mirip ketika Anda berkunjung ke vihara yang ada di Thailand.

Lokasi: Jl. Raya Pupuan, Kec. Pupuan, Kab. Tabanan.

6. Pantai Nyanyi

Pantai Nyanyi
Image Credit: Kintamani.id

Selain Pantai Soka, di Tabanan juga terdapat pantai lain yang bisa Anda kunjungi, khususnya untuk Anda yang menyukai tempat wisata dengan sedikit pengunjung. Hampir sama seperti pantai Soka, pantai ini memiliki karang dan pasir hitam yang menjadi daya tarik wisatawan.

Anda yang ingin mencari spot foto yang menarik bisa berkunjung ke pantai ini, sebab pemandangan yang ada disana masih asri. Terdapat dua pura yang bisa Anda kunjungi ketika sedang ada di pantai ini, yakni Pura Tanah Lot dan Pura Mengening yang terkenal. Pantai ini juga memiliki ombak yang tinggi, sehingga cocok untuk Anda yang suka berselancar.

Lokasi: Beraban, Kec. Kediri, Kab. Tabanan.

7. Pantai Yeh Leh

Pantai Yeh Leh
Image Credit: Ksmtour.com

Di perbatasan Kabupaten Jembrana dan Tabanan terdapat pantai yang kurang populer namun memiliki pemandangan yang indah dan menarik. Untuk Anda yang lebih menyukai ketenangan ketika berkunjung ke pantai, maka Pantai Yeh Leh bisa menjadi alternatif tempat wisata Anda ketika berkunjung ke Tabanan.

Berbeda dengan pantai pada umumnya, garis pantai ini memiliki batu hitam yang licin, sehingga cocok untuk tempat pengambilan foto. Ombaknya yang sedang bisa Anda manfaatkan untuk bermain surfing dan aktivitas air. Terdapat tempat pemancingan yang bisa Anda kunjungi untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh pengelola.

Lokasi: Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk, Pengeragoan, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana.

8. Agro Puncak Bedugul

Agro Puncak Bedugul
Image Credit: Destinasibandung.co.id

Kembali ke wisata buatan lainnya di Tabanan, Agro Puncak Bedugul bisa menjadi salah satu tempat wisata menarik dengan pemandangan alam dan udara yang sejuk. Saat liburan dimulai, tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal. Anda juga bisa melihat matahari terbenam dan terbit yang terlihat di Gunung Batur dan Agung.

Fasilitas yang ada di Agro Puncak Bedugul ini terbilang lengkap, selain melihat berbagai tanaman yang sudah ditata sedemikian rupa, Anda juga bisa duduk dan bersantai menikmati pemandangan alam.

Lokasi: Banjar Bukit Catu, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

9. Alas Kedaton

Alas Kedaton
Image Credit: Tourbali.id

Di Tabanan terdapat hutan khusus yang memiliki populasi kera dan monyet yang cukup besar, yakni Alas Kedaton. Selain kera dan monyet, kelelawar dan ular juga banyak ditemukan di daerah ini. Lahan yang termasuk dalam Alas Kedaton mencapai 6,5 hektar dan digunakan untuk berkembang biak berbagai flora dan fauna.

Kerajaan monyet yang terapat di wilayah ini memiliki anggota sekitar 1.800 ekor lebih monyet. Selain memiliki flora dan fauna yang khas, Alas Kedaton juga memiliki pura unik yang bisa dikunjungi wisatawan. Pura tersebut memiliki empat gerbang di bagian depan dan belakang, sehingga menampilkan kesan yang menarik.

Lokasi: Jl. Raya Alas Kedaton, Kukuh, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan.

10. Museum Subak

Museum Subak
Image Credit: Balimagictour.com

Tabanan merupakan salah satu penghasil padi terbesar yang ada di Indonesia, ini karena kawasan Jatiluwih dan pengairan irigasi yang baik di seluruh wilayah Tabanan. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota ini tanpa datang ke Museum Subak. Di dalam museum tersebut tersimpan berbagai peralatan bertani yang sudah secara turun temurun digunakan sepanjang generasi.

Di akhir pekan atau libur sekolah, museum ini sering digunakan sebagai tempat tujuan wisata dan study tour, baik pelajar yang berasal dari Subak maupun pelajar asing yang datang dari luar negeri. Museum Subak juga memiliki arsitektur menarik yang mirip dengan rumah tradisional Bali.

Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.5b, Banjar Anyar, Kec. Kediri, Kab. Tabanan.

11. Air Panas Penatahan

Air Panas Penatahan
Image Credit: Booking.com

Di Bali, khususnya di daerah Tabanan, Anda bisa berendam air hangat sembari menikmati pemandangan alam yang ada di sekelilingnya. Pemandian air panas Penatahan ini terletak di sekitar sungai, serta di dominasi dengan area sawah dan hutan. Sehingga memberikan sensasi mandi dan berendam yang berbeda dengan pemandian air panas lainnya.

Karena dekat dengan lokasi pegunungan, udaranya sejuk dan dingin, cocok untuk berendam ketika suhu semakin turun. Selain wisatawan lokal, banyak wisatawan asing yang juga berkunjung ke tempat ini. Agar lebih nyaman, Anda bisa mandi di kolam khusus untuk liburan yang lebih berkualitas dan menyenangkan.

Lokasi: Penatahan, Kec. Penebel, Kabupaten Tabanan.

12. Kebun Raya Bali

Kebun Raya Bali
Image Credit: Natantransport.com

Tabanan ternyata memiliki Kebun Raya yang menjadi tempat botani terbesar yang ada di Indonesia. Kebun Raya Bali ini merupakan kebun yang dikelola langsung oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, atau lebih sering disebut LIPI untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Akan tetapi, kini kebun tersebut juga dibuka untuk wisata pendidikan.

Koleksi tanaman yang terdapat di Kebun Raya Bali ini adalah berbagai tumbuhan anggrek, paku, serta bunga begonia dan juga kaktus. Kegiatan lain yang sering dilakukan di taman ini adalah penanaman pohon, bunga, serta mengambil foto berbagai bunga langka. Anda juga bisa menemukan spot fotografi lainnya, seperti pura, danau, dan juga rumah tradisional khas Bali.

Lokasi: Jl. Kebun Raya, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

13. Handara Gate

Handara Gate
Image Credit: Handaragolfresort.com

Gerbang Handara merupakan salah satu spot fotografi yang paling banyak dikunjungi di daerah Tabanan. Objek wisata ini sebenarnya cukup sederhana, yakni dua buah gerbang besar yang diletakkan di depan hutan. Sehingga memberikan latar belakang yang menarik dan memiliki sentuhan mistis di dalamnya.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan gambar terbaik, sebaiknya datang ketika matahari hendak terbit atau terbenam. Temukan spot yang menarik dan sedikit lenggang, agar lebih mudah dalam mengambil gambar. Terdapat tiket masuk yang harus Anda bayarkan, yakni sebesar 20 ribu rupiah, dan Anda bisa mengambil gambar sepuasnya.

Lokasi: Jl. Raya Singaraja-Denpasar, Pancasari, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

14. Tanah Lot

Tanah Lot
Image Credit: Balicheapesttours.com

Di Tabanan terdapat Tanah Lot yang menjadi lokasi wisata favorit, dari wisatawan dalam negeri hingga luar negeri. Disana terdapat pura yang terkenal dan sering dikunjungi oleh masyarakat Bali yang beragama Hindu, yakni Pura Tanah Lot. Selain pura, terdapat juga obyek wisata alam yang menarik.

Pura ini terletak di dekat laut sehingga memberikan pemandangan yang menakjubkan, sebab di Bali sendir jarang ditemukan pura yang terletak di tepi pantai. Anda yang ingin mendapatkan spot sunset terbaik bisa datang ke Tanah Lot.

Lokasi: Beraban, Kec. Kediri, Kab. Tabanan.

15. Pulau Ulun Danu Bratan

Pulau Ulun Danu Bratan
Image Credit: Pegipegi.com

Terakhir adalah spot wisata yang masih berdekatan dengan Kebun Raya Bali, yakni Pulau Ulun Danu Bratan. Pulau tersebut memilik pemandangan yang indah, alam yang asri, serta kebudayaan yang masih kental dan dilestarikan oleh masyarakat sekitar.

Anda bisa naik perahu untuk melihat secara lebih jelas mengenai tempat wisata ini. Karena merupakan pulau, Anda bisa menyusuri perairan untuk melihat barisan pegunungan yang menjadi latar belakang dari Pulau Ulun Danu Bratan ini.

Lokasi: Danau Beratan, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

Masih banyak destinasi dan spot wisata menarik yang bisa Anda kunjungi ketika mampir di Kabupaten Tabanan. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda menemukan spot wisata menarik yang bisa Anda datangi ketika berkunjung ke Tabanan, Bali.