Apa Saja Destinasi Menarik di Sumbawa? Inilah List Tempat Wisata Populer di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Objek Wisata Terbaru, Kekinian, Terindah dan Terhits yang Wajib Anda Jelajahi Saat Liburan Tiba.

Sumbawa merupakan daerah kawasan wisata alam yang menyuguhkan banyak keindahan tersembunyi dengan pesona menawan. Tidak heran jika menjadi salah satu tujuan wisatawan dari luar ataupun dalam negeri.

Anda akan menemukan banyak sekali objek kunjungan yang bisa dijadikan referensi, mulai dari pantai, pulau kecil, air terjun, hingga keindahan relief alamnya seperti goa dan sebagainya. Berbagai pesona tersebut bisa Anda nikmati secara langsung dengan rencana perjalanan liburan bersama keluarga ataupun orang terdekat lainnya.

Jika Anda masih belum banyak mengetahui wilayah-wilayah mana saja yang bisa dijadikan sebagai tujuan kunjungan wisata, jangan khawatir karena di bawah ini ada beberapa rekomendasi. Berikut daftar tempat wisata di Sumbawa yang wajib dikunjungi untuk memanjakan mata Anda.

1. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu
Image Credit: Facebook.com @gosumbawa

Air terjun mata jitu adalah salah satu destinasi wisata alam yang berhasil memukau setiap mata. Lokasinya berada di daerah hutan Pula Moyo. Terdapat sebuah undakan sekitar empat buah dan juga memiliki kolam sejumlah tujuh buah. Keberadaannya menjadi satu daya tarik wisata selain keberadaan Pantai dan sejenisnya.

Akses yang harus dilalui untuk sampai ke tempat ini dikatakan cukup panjang dan lumayan terjal. Anda harus menaiki kendaraan roda dua atau menyewa ojek dengan tarif yang lumayan yaitu sekitar Rp 100.000 dengan lama perjalanan 20 menit.

Harga Tiket: Rp Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Labuan Aji, Kec. Labuhan Badas, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Tanjung Pasir Pulau Moyo

Pantai Tanjung Pasir Pulau Moyo
Image Credit: Facebook.com @wawan.setiabudi.3

Kali ini Anda harus berkenalan dengan salah satu spot pantai andalan yang ada di daerah Sumbawa yaitu Pantai Tanjung Pasir Pulau Moyo. Destinasi bahari ini terkenal dengan sajian keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Perjalanan menuju lokasi bisa menggunakan speed boat dengan waktu tempuh 15 -20 menit dari daerah Al Bari.

Berbagai jenis ekosistem tumbuh dan berkembang memperindah kehidupan bawah laut. Terumbu karangnya juga masih sangat terjaga, sehingga sangat cocok sekali dijadikan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan snorekelling ataupun diving.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sebotok, Kec. Labuhan Badas, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

3. Kawasan Lindung Poto Jarum

Kawasan Lindung Poto Jarum
Image Credit: Aliefwisata.blogspot.com

Seperti namanya, daerah wisata ini merupakan sebuah pulau yang digunakan untuk kawasan lindung, oleh karenanya kemudian disebut dengan Kawasan Lindung Poto Jarum. Keberadaannya menjadi salah satu lokasi untuk melindungi berbagai jenis flora dan fauna endemik Sumbawa agar tetap terjaga kelestariannya dan tidak punah.

Saat Anda berada di sana tentu tidak akan ditemukan bangunan-bangunan permanen yang digunakan sebagai penunjang kegiatan berwisata, karena itu akan merusak ekosistem yang ada. Sehingga Anda akan benar-benar disajikan keindahan alam asri.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pulau Mojo, Kec. Labuhan Badas, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

4. Desa Mantar

Desa Mantar
Image Credit: Facebook.com @emiellelono

Pernah dengar tentang desa di atas awan? Jika belum mari berkenalan dengan salah satu destinasi wisata andalan yang ada di pulau Sumbawa satu ini. Desa Mantar berlokasi di area perbukitan yang sejuk dan juga sangat asri. Selain itu terdapat banyak sekali keunikan yang ada di sana, termasuk desain rumah warga yang tinggal dan bermukim.

Menurut sejarah, dahulu banyak sekali orang Portugis yang berlabuh di daerah ini, dan sekarang tetap tinggal di sana. Selain itu, hal lain membuat desa ini banyak dikunjungi wisatawan adalah adanya pembuatan film Serdadu Kambing.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mantar, Kec. Poto Tano, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

5. Pantai Sili dan Pantai Maci

Pantai Sili dan Pantai Maci
Image Credit: Facebook.com @oszy.budisantoso

Pantai Sili dan Pantai Maci dikenal sebagai objek wisata andalan untuk kegiatan surfing atau selancar air di daerah kepulauan Sumbawa. Lokasi tepatnya berada di sebuah wilayah perbatasan antara Kabupaten Sumbawa dengan Kabupaten Dompu. Saat melakukan kunjungan Anda akan banyak melihat atraksi atlet selancar yang memukau.

Objek wisata ini memiliki dua nama sebutan karena sejatinya memang terdiri dari dua pantai yang berbeda. Hanya saja karena letaknya yang berdekatan sehingga di jadikan satu sebutan yaitu Silli Maci.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Mata, Kec. Tarano, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

6. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa
Image Credit: Facebook.com @ombokfriendly

Banyak yang mengatakan bahwa Pulau Kenawa adalah surganya Sumbawa yang memiliki pesona luar biasa. Letaknya berdampingan dengan sebuah pelabuhan bernama Pototano. Untuk mencapai lokasi Anda harus menyewa perahu nelayan yang telah siap di sekitar pelabuhan. Biaya yang diperlukan untuk itu adalah sekitar Rp 150.000 per satu perahu.

Di sana banyak hal menarik yang bisa ditemui, termasuk sebuah dermaga kecil dari kayu untuk menyusuri keindahan lautnya. Pemandangan matahari terbit dan tenggelam menjadi satu daya pikat utama pengunjung datang singgah.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Poto Tano, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

7. Pulau Paserang

Pulau Paserang
Image Credit: Facebook.com @piknikyuk

Pulau Paserang dikenal sebagai keindahan tersembunyi di antara Pulau Lombok dan Sumbawa, lokasi tepatnya yaitu di selat Alas. Pulau ini memiliki keindahan alam yang sangat cantik dengan padang rumput mendominasi sebagian wilayahnya. Luasnya hanya sekitar 47 hektare mengesankan banyak keindahan di wilayahnya.

Eksotis, mempesona, begitulah orang yang datang berkunjung menggambarkan keindahannya yang dimiliki tempat ini. Untuk mencapai lokasi dibutuhkan sebuah perjalanan yang lumayan lama, terutama jika di mulai dari wilayah bandara.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Poto Tano, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

8. Air Terjun Kalela

Air Terjun Kalela
Image Credit: Facebook.com @emanuel.alexander.5

Air terjun Kalela alternatif wisata alam selain Pantai di Pulau Sumbawa. Keindahan alam yang asri dan juga memberikan sensasi sejuk, tentu merupakan daya tarik utama. Letaknya berada di dalam hutan hijau yang dipenuhi dengan pepohonan besar masih terjaga keberadaannya.

Keunikan yang dimiliki yaitu air yang berwarna hijau di dalam kolamnya. Ini bukan berarti kotor atau tidak bagus digunakan untuk berendam. Keadaan ini terjadi karena akar-akar pohon, sehingga Anda masih dapat berendam atau mandi di bawah aliran mata airnya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Beru, Kec. Jereweh, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

9. Pantai Maluk

Pantai Maluk
Image Credit: Facebook.com @akim.handosamu

Sumbawa memang surganya wisata bahari dengan pemandangan dan panorama yang menakjubkan. Termasuk salah satunya yaitu Pantai Maluk, keberadaannya menjadi salah satu favorit wisatawan. Suasananya yang hening dan damai menjadikannya cocok untuk menyendiri dan menghilangkan stres dalam pikiran.

Terdapat dua bukit yang mengapit lautnya, sehingga menambah indahnya. Pasir putihnya sangat lembut, nyaman untuk dijadikan tempat berjalan dengan kaki telanjang sembari menikmati pesona laut birunya yang terbentang luas.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Maluk, Kec. Jereweh, Kab.  Sumbawa Barat.

10. Pantai Tropical Sumbawa

Pantai Tropical Sumbawa
Image Credit: Facebook.com @qiya.nakata

Pantai Tropical juga menjadi salah satu tujuan untuk melakukan olahraga selancar air. Ombak lautnya yang konsisten dengan hantaman yang lumayan keras adalah daya tarik dan ciri khasnya. Akan banyak sekali terlihat wisatawan datang lengkap dengan peralatan untuk surfing.

Selain itu, pemandangan sekitarnya juga sangat bagus, tebing karang menjulang tinggi dan kokoh di bagian bibir pantainya. Pasir putih memanjang sepanjang bentangan air lautnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batu Hijau Townsite, Sekongkang Bawah, Kec. Sekongkang, Kab. Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

11. Goa Liang Petang

Goa Liang Petang
Image Credit: Facebook.com @indtravelers

Jika Anda banyak disuguhi berbagai keindahan wisata bahari dan air lainnya di Sumbawa, tidak ada salahnya untuk mencari alternatif destinasi lain yaitu Goa Liang Petang. Keberadaanya menjadi satu keunikan alam dengan pesona yang mampu memikat setiap orang untuk datang dan mengeksplorasi keindahan relief dalam Goa.

Pada sejarahnya, tempat ini dahulu dijadikan sebagai tempat persembunyian penyiar islam di Sumbawa. Bagi Anda yang senang melakukan kegiatang caving tentu ini menjadi salah satu objek yang bisa masuk dalam list.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batutering, Kec. Moyohulu, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

12. Gili Bedil dan Gili Keramat

Gili Bedil dan Gili Keramat
Image Credit: Facebook.com @ViewIndonesia

Kawasan wisata yang menyajikan keindahan alam dalam nuansa eksotis ini bernama Gili Bedil da Gili Keramat. Pemandangan alamnya masih asri dan tidak banyak dijamah oleh tangan-tangan nakal pengunjung.

Banyak turis yang datang hanya sekedar singgah menikmati pesona alam atau berjemur. Hamparan pasir putihnya sangat bersih dan menawan, sehingga sangat nyaman untuk diduduki atau jalan-jalan di atasnya.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Labuan Bajo, Kec. Utan, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

13. Pulau Bungin

Pulau Bungin
Image Credit: Facebook.com @eko.prasetyo.1804

Destinasi wisata Pulau Bungin berada di daerah terpencil dengan jumlah penduduk yang sangat padat. Bahkan karena ukurannya yang kecil dan warga yang tinggal banyak, tidak ada satupun lahan kosong tersisa, inilah keunikannya. Sehingga tidak heran jika mendapat julukan pulau terpadat di Dunia.

Pemandangan rumah berhimpitan adalah hal yang disuguhkan kepada setiap pengunjung, Jadi jangan mengharapkan pemandangan pasir putih ataupun pohon kelapa.

Harga Tiket: Rp 60.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Alas, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

14. Gunung Tambora

Gunung Tambora
Image Credit: Facebook.com @bisnistraveljatim

Apakah Anda pernah mendengar tentang peristiwa letusan gunung berapi yang menimbun tiga kerajaan sekaligus? itu adalah Gunung Tambora. Sejarah tentang kedahsyatan letusannya menjadi satu kisah menarik yang mengiringi keberadaannya saat ini.

Namun saat ini Gunung Tambora menjadi kawasan taman nasional yang telah diresmikan secara langsung pada 11 April 2015. Keindahan panorama dari hutan yang ada di sekitarnya cocok untuk dijadikan destinasi pendakian yang menantang sekaligus mempesona. Terdapat dua jalur dibuka untuk pendakian yaitu Pancasila dan Kawinda Tol.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kawinda Toi, Kec. Tambora, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat.

15. Air Terjun Agal

Air Terjun Agal
Image Credit: Facebook.com @gosumbawa

Rekomendasi wisata Sumbawa lain yaitu Air terjun Agal. Objek wisata alam ini memang belum banyak dikenal dan diketahui oleh khalayak umum, oleh karenanya alamnya masih alami dan juga terjaga dari kerusakan. Pusat mata airnya yang turun ke dalam kolam di bawahnya sangat tinggi dan indah dipandang.

Lokasi yang berada di dalam hutan lindung membuat suasana sekitar menjadi sejuk dan juga tenang. Anda bisa berendam, menikmati udara sekitar dan melakukan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Marenteh, Kec. Alas, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Demikian ulasan dari beberapa daftar rekomendasi tempat wisata di Sumbawa yang wajib Anda ketahui dan sempatkan untuk mampir walau hanya sebentar. Akan banyak sekali keunikan dan hal-hal menakjubkan lainnya yang bisa di temukan di pulau cantik ini.