Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Singaraja Buleleng, Bali. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits yang Kaya Pesona, Wajib Anda Eksplor Saat Memilih Liburan ke Buleleng.

Singaraja merupakan ibukota dari kabupaten Buleleng. Meski wilayahnya kecil, namun Singaraja memiliki banyak sekali tempat wisata unik dan menarik di dalamnya. Sama seperti tempat-tempat di Pulau Dewata Bali pada umumnya, hampir setiap sudut kota Singaraja dipenuhi oleh wisatawan, terutama wisatawan mancanegara.

Bagi yang sedang liburan ke Bali namun enggan ke kota-kota besarnya, seperti ke Kuta, Ubud, atau ke Denpasar, Singaraja bisa dijadikan pilihan. Kotanya relatif lebih sepi, jarang macet, namun tetap saja memiliki ratusan spot wisata menarik yang belum tentu bisa ditemukan di tempat-tempat lain. Inilah mengapa Singaraja kerap sekali dijadikan tujuan wisata bagi orang-orang yang sedang ke Bali.

Nah, berikut ini 15 tempat wisata yang sudah sangat terkenal di Singaraja, Buleleng. Jenis destinasinya beragam, mulai dari wisata alam hingga theme park atau tempat bermain keluarga.

1. Air Panas Banjar

Air Panas Banjar
Image Credit: Ksmtour.com

Salah satu jenis tempat wisata yang laris manis di Bali adalah pemandian air panas. Ada ratusan tempat seperti ini di Pulau Bali di mana wisatawan bisa berendam di mata air dengan air panas alami sembari menikmati pemandangan alam. Tentu saja tempat seperti ini bisa membuat rileks, menyehatkan badan, dan menyegarkan pikiran.

Di Singaraja, salah satu pemandian air panas yang terkenal adalah Air Panas Banjar. Tempat ini selalu penuh dengan wisatawan karena khasiat airnya sudah terkenal di mana-mana. Pemandian dengan bentuk kolam-kolam besar ini airnya selalu panas alami dan dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat badan menjadi lebih sehat.

Lokasi: Jl. Banjar, Banjar, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

2. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit
Image Credit: Ttnotes.com

Jika ingin menikmati pemandangan alam berupa air terjun, salah satu yang wajib dikunjungi di Singaraja, Bali adalah Air Terjun Gitgit. Air terjun ini masih sangat alami, pemandangannya sangat cantik, dan dikelilingi oleh hutan hijau yang memanjakan mata. Tak heran jika tempat ini kerap kali dijadikan tempat untuk seflie dan berfoto.

Saat mengunjungi air terjun ini, jangan lupa bawa baju ganti karena kadang kita nanti akan tergoda untuk bermain air di bawah air terjun ini. Di sekitar lokasi air terjun juga sudah tersedia berbagai fasilitas untuk wisatawan. Ada kamar mandi, tempat parkir yang memadahi, dan juga beberapa penjual makanan di sana.

Lokasi: Jl. Raya Bedugul – Singaraja, Gitgit, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

3. Busungbiu Rice Terrace

Busungbiu Rice Terrace
Image Credit: Baliindonesiainformation.wordpress.com

Rice terrace atau persawahan yang berundak-undak (terasering) merupakan salah satu daya tarik Pulau Bali. Di kota besar, kita sudah sangat jarang bisa melihat persawahan, apalagi yang dilengkapi dengan terasering. Oleh karena itulah desa wisata yang menyuguhkan terasering sebagai daya tarik utama banyak ditemukan di Bali untuk menarik wisatawan.

Salah satu yang terkenal di Singaraja adalah Busungbiu Rice Terrace. Lokasi wisata ini khusus dibuat untuk memamerkan keindahan terasering di hamparan persawahan. Di sini, kita bisa berfoto dan menikmati pemandangan hijau nan alami yang tidak mungkin bisa dilihat di kota-kota besar, apalagi di kota metropolitan seperti di Jakarta.

Lokasi: Jl. Mayong-Gunungsari, Bestala, Kec. Seririt, Kab. Buleleng.

4. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan
Image Credit: Ksmtour.com

Bagi wisatawan yang mencari wisata alam berupa danau, Bali memiliki banyak sekali danau yang bisa dikunjungi, baik yang merupakan danau alami ataupun danau buatan. Salah satunya yang bisa ditemukan di Singaraja adalah Danau Tamblingan. Danau ini merupakan danau yang digadang-gadang menjadi yang paling indah pemandangannya.

Wisatawan disarankan mengunjungi danau ini di kala matahari mulai terbenam (sunset) karena pemandangannya di danau ini akan menjadi sangat indah. Background pemandangan berupa hamparan danau yang alami, ditambah dengan siluet beberapa pura yang terletak di pinggir-pinggir danau. Memang sungguh indah sekali untuk dinikmati.

Lokasi: Desa Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

5. Desa Wisata Ambengan

Desa Wisata Ambengan
Image Credit: Wisatabaliutara.wordpress.com

Untuk menikmati keindahan dan kearifan lokal di Bali, wisatawan disarankan untuk mengunjungi desa-desa wisata. Di sini, wisatawan bisa dengan mudah berinteraksi dengan masyarakat lokal dan mengunjungi tempat wisata andalan di desa-desa tersebut. Salah satu desa wisata yang sangat populer di Singaraja adalah Desa Wisata Ambengan.

Desa Wisata Ambengan memiliki daya tarik utama berupa terasering. Ya, desa ini memang masih memiliki banyak sekali persawahan yang terbentang hijau nan luas. Di sawah-sawah ini, sistem irigasi alami dan terasering masih banyak ditemui. Inilah yang menjadikan desa wisata ini sangat menarik dan unik di mata para wisatawan, terutama wisatawan dari luar.

Lokasi: Desa Ambengan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

6. Hutan Sambangan

Hutan Sambangan
Image Credit: Isorepublic.com

Bagi yang hobi trekking atau menjelajah tempat-tempat bernuansa alami, ada sebuah hutan di Singaraja yang sudah sangat lama dijadikan tempat trekking. Nama hutan ini adalah Hutan Sambangan. Suasananya masih benar-benar sangat alami dan siapa saja pasti bisa menikmati udara yang bersih dan pemandangan yang hijau di sini.

Hutan ini masih dipenuhi dengan aneka jenis pepohonan rimbun dan juga aneka jenis flora dan fauna lain. Trekking di hutan ini merupakan salah satu kegiatan outdoor yang diminati oleh banyak orang. Tak heran jika sangat banyak sekali masyarakat yang menyediakan paket trekking untuk wisatawan di sini.

Lokasi: Sambangan, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

7. Krisna Funtastic Land

Krisna Funtastic Land
Image Credit: Thebalidestiny.com

Untuk yang membawa anak-anak dan ingin berwisata di taman hiburan, Krisna Funtastic Land bisa dikunjungi. Tempat ini merupakan theme park yang terhitung baru di Singaraja namun sudah memiliki ratusan pengunjung tiap harinya.

Ada aneka wahana dan hiburan yang bisa didapatkan anak-anak di sini. Inilah mengapa tempat ini selalu menjadi alternatif tempat wisata bagi anak-anak dan juga bagi keluarga di Indonesia.

Lokasi: Jl. Seririt – Singaraja, Temukus, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

8. Monumen Yudha Mandala Tama

Monumen Yudha Mandala Tama
Image Credit: Fabulousubud.com

Bagi yang ingin mengunjungi monumen, di Bali ada monumen Yudha Mandala Tama yang merupakan monumen untuk memperingati jasa-jasa pahlawan pejuang kemerdekaan Indonesia yang gugur di Bali.

Monumen ini tentu saja adalah salah satu yang menarik perhatian wisatawan luar negeri, terutama yang ingin mengetahui dengan pasti sejarah kemerdekaan Indonesia dan peperangan yang terjadi di Bali.

Lokasi: Jl. Pelabuhan Buleleng, Kp. Bugis, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng.

9. Museum Buleleng

Museum Buleleng
Image Credit: Republika.co.id

Jika ingin mengunjungi museum, ada satu museum di Singaraja, Bali yang harus didatangi. Namanya adalah Museum Buleleng. Di sini, tersedia berbagai koleksi unik terkait dengan sejarah kerajaan Bali.

Koleksi mengacu terutama ke kerajaan yang ada Buleleng dan juga ada aneka koleksi benda dari jaman kerajaan. Ada juga berbagai artefak dan koleksi unik lainnya.

Lokasi: Jl. Veteran No.23, Paket Agung, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng.

10. Pantai Lovina

Pantai Lovina
Image Credit: Ksmtour.com

Juaranya tempat wisata di Singaraja tentu saja adalah Pantai Lovina. Pantai ini adalah salah satu yang paling terkenal di Bali. Ada beberapa hal yang menjadikan Pantai Lovina wajib dikunjungi. Pertama, pemandangannya. Ya, pantai pasir putih ini memang sangat indah dan tak kalah dengan pantai-pantai di luar negeri.

Kedua, di pantai ini terdapat banyak sekali resort dan tempat-tempat untuk menginap. Alhasil, wisatawan dipastikan bisa liburan di tempat ini dengan mudah dan tak perlu bingung soal akomodasi. Siapapun bisa menginap di penginapan dan resort dengan pemandangan pantai nan cantik.

Ketiga, Pantai Lovina terkenal dengan aneka wisata kulinernya, terutama seafood. Jadi, bagi yang ingin menikmati aneka ragam seafood dan olahannya, salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah di Pantai Lovina. Tak heran jika pantai ini selalu ramai pengunjung, terutama dari wisatawan luar negeri.

Lokasi: Desa Kalibukbuk, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng.

11. Pemandian Yeh Sanih

Pemandian Yeh Sanih
Image Credit: Lintasbaliutara.blogspot.com

Untuk yang masih mencari pemandian alami di Singaraja, selain tadi ada pemandian yang sudah disebutkan, ada juga Pemandian Yeh Sanih yang merupakan pemandian alami dengan pemandangan yang luar biasa indah. Pemandian ini banyak direkomendasikan oleh mereka yang sudah datang ke sini dan mencoba mandi air panas di sini.

Ya, di tempat ini, wisatawan bisa dengan mudah mandi air panas dan berendam berjam-jam. Pemandiannya masih alami dan pemandangannya juga termasuk Instagramable sehingga anak-anak muda pun berbondong-bondong datang kemari untuk menikmati indahnya pemandangan dan selfie di sini.

Lokasi: Jl. Raya Air Sanih, Bukti, Kec. Kubutambahan, Kab. Buleleng.

12. Perpustakaan Gedong Kirtya

Perpustakaan Gedong Kirtya
Image Credit: Baliideas.com

Wisata edukatif memang menjadi daya tarik bagi wisatawan, terutama yang datang ke Bali bersama dengan anak-anak atau dengan para remaja yang haus pengetahuan. Salah satu yang bisa dikunjungi di Singaraja adalah wisata edukatif berupa perpustakaan. Namanya Perpustakaan Gedong Kirtya.

Perpustakaan ini merupakan salah satu yang terbesar di Singaraja. Koleksi bukunya bisa ratusan ribu dan perpustakaan ini juga memiliki aneka koleksi buku-buku kuno dari jaman Bali masih berupa kerajaan di jaman penjajahan dulu. Banyak sekali pengetahuan yang bisa didapatkan dari perpustakaan yang satu ini.

Lokasi: Jl. Veteran, Paket Agung, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng.

13. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Pulau ini secara teknis tidak masuk wilayah Singaraja, tapi banyak yang masih menganggapnya sebagai bagian dari Singaraja karena tidak jauh memang dari kota ini. Pulau Menjangan dikenal sebagai spot wisata yang sangat potensial dan menarik ribuan wisatawan tiap tahunnya.

Dengan menyeberang ke pulau ini, wisatawan bisa menikmati aneka ragam pemandangan alami nan menarik, termasuk juga adanya panorama yang masih alami. Pulau ini tidak memiliki penghuni dan masih asri. Di sini, wisatawan benar-benar bisa wisata layaknya di pulau milik pribadi.

Lokasi: Desa Klampok, Kec. Grokgak, Kab. Buleleng.

14. Puncak Wanagiri

Puncak Wanagiri
Image Credit: Realityhunter89.blogspot.com

Puncak Wanagiri adalah wisata selfie yang terletak di Singaraja. Tempat ini terletak di ketinggian sehingga jika wisatawan datang kemari, mereka bisa menikmati indahnya Pulau Bali dari ketinggian. Di sini sudah disediakan aneka spot selfie dan juga berbagai wahana lain seperti ayunan untuk melengkapi koleksi foto selfie wisatawan.

Untuk wisatawan, sebaiknya datang ke Puncak Wanagiri ini saat matahari terbit atau matahari terbenam. Mengapa? Karena nanti pemandangannya di sini akan berubah menjadi sangat indah dan tak bisa dinikmati di tempat-tempat lainnya. Jadi, meski harus subuh-subuh ke sini, pemandangannya akan sangat sepadan indahnya.

Lokasi: Jl. Raya Wanagiri, Pancasari, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

15. Pura Ponjok Batu

Pura Ponjok Batu
Image Credit: Kintamani.id

Salah satu daya tarik Bali adalah puranya. Pura adalah tempat ibadah orang-orang Hindu di mana Bali merupakan pusat agama Hindu di Indonesia. Pura sangat menarik perhatian karena sisi arsitektur dan sejarahnya memang memukau. Salah satu pura di Singaraja yang bisa dikunjungi adalah Pura Pojok Batu.

Pura ini terletak di lokasi yang benar-benar indah. Ada berbagai jenis pemandangan menarik di sekitar pura dan puranya sendiri juga terlihat unik dan menarik karena memiliki berbagai ukiran dan desain yang tradisional dan khas Bali. Inilah mengapa banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke pura ini.

Lokasi: Jl. Airsanih Pacung, Kec. Tejakula, Kab. Buleleng.

Lengkap bukan daftar di atas? Ya, segala jenis tempat wisata bisa ditemukan di Singaraja, mulai dari pantai hingga museum. Jika sedang ingin wisata edukatif, Singaraja adalah surganya. Demikian pula jika ingin berwisata alam. Jadi, intinya Singaraja memang salah satu tempat yang harus dikunjungi jika sedang berada di Pulau Dewata Bali karena memang kaya tempat wisata yang beragam.