Pulau Dewata menjadi destinasi wisata yang tak pernah sepi pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri. Nusa Penida, Bali memiliki beragam tempat wisata yang menawarkan pesona luar biasa.

Nusa Penida merupakan salah satu surganya wisata yang ada di Indonesia, karena di dalamnya terdapat bermacam keunikan objek wisata yang wajib Anda jelajahi. Menjadi pulau terbesar kedua di wilayah Bali, Nusa Penida tak pernah sepi pengunjung yang datang untuk berlibur.

Pulau satu ini terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Berikut ulasan rekomendasi tempat wisata di Nusa Penida yang bisa Anda pilih saat berlibur.

1. Teletubbies Hills (Bukit Teletubbies)

Teletubbies Hills (Bukit Teletubbies)
Image Credit: Bali.com

Apabila Anda telah merasa bosan dengan liburan ke pantai, maka Anda bisa mencoba mengunjungi tempat wisata yang anti mainstream ini. Memiliki nama Teletubbies Hills atau Bukit Teletubbies, tempat wisata ini terletak ujung timur Pulau Nusa Penida. Sesuai dengan namanya, bukit satu ini terdiri dari beberapa gundukan tanah yang hijau layaknya perbukitan yang ada di film kartun anak “Teletubbies”.

Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi rerumputan hijau yang membentang indah. Bukit Teletubbies ini sebenarnya merupakan batuan kapur, namun di atasnya tertutup tanah sekitar 1 meteran. Dari tanah tersebut menjadikan banyak rumput hijau yang tumbuh subur di atasnya. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat satu ini yaitu saat pagi atau sore hari, agar Anda terhindar dari terik sinar matahari.

Lokasi: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

2. Angel’s Billabong

Angel's Billabong
Image Credit: Hotels.com

Akhir akhir ini Angle’s Billabong menjadi destinasi wisata Bali yang sedang naik daun di kalangan para wisatawan. Angle’s Billabong merupakan sebuah kolam alami yang berada di bebatuan karang dan berbatasan langsung dengan laut. Airnya sangat jernih sehingga pemandangan bawah lautnya terlihat jelas. Tak heran banyak muda mudi yang rela bersusah payah untuk sampai kesini.

Infinity pool alami ini memiliki kedalaman yang lumayan dengan dindingnya yang berupa batuan karang tajam. Sehingga bagi Anda yang akan berenang disini harus tetap waspada. Terlepas dari keadaan alamnya, keindahan dari Angle’s Billabong ini tak bisa dielakkan. Tempat satu ini juga memungkinkan Anda untuk berburu foto foto yang instagramable. Tebing tebingnya yang eksotis dan lautan biru yang menaunginya membuatnya makin menawan.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

3. Crystal Bay Beach

Crystal Bay Beach
Image Credit: Conservenusapenida.wordpress.com

Pantai satu ini merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain aksesnya yang lumayan mudah, ombak yang ada di pantai ini juga tak begitu besar. Sehingga relatif aman untuk digunakan liburan bersama keluarga. Daya tarik utama pada Crystal Bay Beach ialah pasir putih nan bersih serta kejernihan air lautnya. Bahkan Anda bisa melihat langsung aneka terumbu karang serta biota laut.

Tak hanya itu, pemandangan matahari terbenam serta perbukitan yang ada di setiap sisi pantai juga tampak indah. Suasananya yang begitu tenang, juga menjadi salah satu faktor utama pantai ini menjadi favorit banyak wisatawan. Selain menikmati deburan ombak dan pemandangan yang ada di pantai, Anda juga bisa melakukan aktivitas seru lainnya seperti snorkeling, diving, dan memancing.

Bawah laut di Crystal Bay Beach ini termasuk ke dalam kawasan segitiga terumbu karang dunia, sehingga membuatnya memiliki banyak koral segar dengan berbagai warna menarik. Jika beruntung, Anda juga bisa menemukan salah satu hewan yang bernama Mola Mola atau biasa dikenal dengan sebutan Sunfish. Konon katanya ikan tersebut jarang sekali ditemukan di perairan Indonesia.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

4. Pantai Atuh

Pantai Atuh
Image Credit: Flickr.com @madesuwita

Hamparan pasir putih bersih, birunya air laut, serta batuan karang yang menjulang tinggi menjadi sajian utama pada Pantai Atuh. Tempat wisata yang terletak di Nusa Penida ini berada di bawah tebing atau perbukitan, sehingga satu satunya cara untuk menuju ke tempat wisata ini dengan jalan kaki. Pantai Atuh juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit.

Meski begitu, setelah sampai rasa capek selama perjalanan akan terbayar dengan suasana alam yang indah. Di pantai ini terdapat gugusan karang yang mempesona serta pasir putih lembut di bibir pantainya. Anda juga bisa menyaksikan mata air di pinggir laut yang tidak terasa asin dan tak pernah kering. Tentunya keajaiban ini hanya bisa Anda rasakan ketika datang ke destinasi wisata satu ini.

BACA JUGA:  Pura Lempuyang Luhur, Tempat Suci Umat Hindu di Bali

Lokasi: Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

5. Pasih Uug (Broken Beach)

Pasih Uug (Broken Beach)
Image Credit: Trivindo.com

Nama Pasih Uug atau Broken Beach ini cukup populer di kalangan para wisatawan, baik itu domestik maupun mancanegara sebagai ikon wisata yang ada di Nusa Penida. Apabila dilihat dari atas menggunakan drone, pantai satu ini tampak seperti sebuah kolam besar yang berisi air laut dan dikelilingi oleh tebing batuan karang. Air laut yang di dalamnya masuk melalui lubang pada dinding karang yang berbatasan langsung dengan lautan.

Keberadaan tebing karang yang berlubang tersebut, membuat Pasih Uug tak seperti pantai lainnya karena langsung berhadapan langsung dengan hamparan laut biru. Bibir pantainya sangat sulit untuk dijangkau mengingat tebing karangnya cukup tinggi, sekitar 50 hingga 200 meter. Kebanyakan pengunjung hanya menikmati keindahan pantai ini melalui pinggiran tebing sambil berfoto dan duduk santai.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

6. Goa Giri Putri

Goa Giri Putri
Image Credit: Thenusapenida.com

Tak hanya wisata pantai saja, di Nusa Penida ini juga memiliki sejumlah pura yang digunakan untuk tempat ibadah umat Hindu. Diantara pura yang terdapat di pulau ini, ada satu pura yang dianggap unik karena keberadaannya di dalam gua yaitu Pura Goa Giri Putri. Objek wisata ini menampilkan keindahan bangunan peribadatan umat Hindu. Destinasi wisata populer ini memiliki panjang sekitar 310 meter dengan ketinggian kurang lebih 10 meter.

Destinasi wisata ini mempunyai pintu masuk yang sangat kecil, sehingga hanya cukup untuk satu orang. Tetapi setelah memasukinya, ruangan yang di dalamnya akan nampak begitu luas. Sebelum memasuki goa, Anda harus melewati beberapa anak tangga yang menanjak. Apabila dilihat dari guratan, warna dan garis pada dinding goa sudah bisa diperkirakan bahwa tempat wisata ini berasal dari sebuah aliran sungai bawah laut yang naik ke permukaan.

Di dalam goa ini, Anda bisa menjumpai banyak stalaktit dan stalakmit. Jika beruntung Anda bisa merasakan kesejukan air dari stalaktit yang sesekali menetes dan jatuh di atas kepala. Tak hanya itu, Anda juga bisa menjumpai kelelawar yang terbang bebas tanpa rasa takut akan kehadiran manusia. Dikarenakan goa ini masih digunakan untuk ibadah umat Hindu, sebaiknya menghindari datang ketika hari besar keagamaan.

Lokasi: Suana, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

7. Pura Paluang

Pura Paluang
Image Credit: Balicheapesttours.com

Bagi umat beragama Hindu, pura bisa menjadi destinasi wisata edukasi untuk mengenalkan sarana ibadah kepada anak anak. Oleh karena itu Pura Paluang ini bisa dijadikan sebagai tempat alternatif terbaik mengajak anak dan keluarga untuk rekreasi sekaligus beribadah. Pura satu ini memiliki keunikan yang terletak pada dua buah pelinggih, dimana bentuknya mengingatkan Anda pada mobil VW Beatle dan Jimmy.

Konon katanya bentuk mobil di pelinggih Pura Paluang ini hanya ada satu di dunia dan sudah ada sejak 300 tahun yang lalu. Tempat ibadah umat Hindu yang berada di Nusa Penida ini, terbuat dari batu pasir putih dengan kuil yang berbentuk rumah kecil diantara dua pelinggih tersebut. Pura Paluang ini juga dikelilingi oleh sekumpulan monyet, namun mereka tidak sampai masuk ke pelataran pura.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

8. Tembeling Water Spring (Mata Air Tembeling)

Tembeling Water Spring (Mata Air Tembeling)
Image Credit: Lovenusapenida.com

Memang di Nusa Penida tak ada area bermain modern seperti waterpark, tetapi di pulau cantik ini memiliki wahana berenang alami yaitu Tembeling Water Spring atau Mata Air Tembeling. Kolam mata air ini memiliki diameter yang cukup luas sekitar 5 hingga 6 meter. Namun keberadaan mata air ini cukup tersembunyi, sehingga Anda perlu jalan kaki untuk bisa menuju lokasi satu ini.

Anda juga harus ekstra hati hati karena medannya cukup licin, terjal, dan curam. Untuk bisa berenang di tempat ini terdapat aturan yang tak boleh dilanggar, yaitu kolam besar hanya diperuntukkan kaum laki laki dan kolam kecil hanya untuk perempuan. Lebih jelasnya lagi Anda bisa bertanya kepada warga sekitar agar tidak keliru. Tak jauh dari kolam mata air ini, terdapat pula pantai yang cantik berpasir putih.

Lokasi: Desa Batu Madeg, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

9. Mata Air Guyangan atau Air Terjun Peguyangan

Mata Air Guyangan atau Air Terjun Peguyangan
Image Credit: Blogunik.com

Mata Air Guyangan atau Air Terjun Peguyangan ini merupakan wisata mata air alami yang sedang hits di Nusa Penida. Tempat wisata satu ini terletak di lereng tebing tepi laut, sehingga Anda bisa menikmati keindahan hamparan lautan biru sambil berendam di Mata Air Guyangan. Namun untuk bisa mencapai ke mata air ini, Anda harus menaklukkan medan yang cukup menantang. Sumber mata air dari Air Terjun Guyangan ini juga menjadi sumber air baku masyarakat sekitar.

BACA JUGA:  Nusa Ceningan, Pulau Kecil yang Wajib Dieksplor di Bali

Deretan anak tangga harus Anda lewati dengan penuh perhitungan dan juga kehati hatian. Trek satu ini memang sangat cocok untuk para petualang dan tantangan. Pastikan Anda memiliki kondisi tubuh yang fit untuk bisa melewati semua medan dengan baik. Namun rasa lelah akan terbayarkan dengan kesegaran serta keindahan yang disuguhkan oleh Mata Air Guyangan atau Air Terjun Peguyangan ini.

Lokasi: Batukandik, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

10. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan
Image Credit: Shutterstock @Leo_nik

Destinasi wisata ini menyuguhkan pesona yang sangat mengagumkan, dengan adanya hamparan pasir putih yang bersih serta birunya air laut yang bisa membuat mata tak mau berpaling dari keindahannya. Tak heran jika banyak wisatawan yang merekomendasikan tempat satu ini sebagai pantai tercantik yang ada di Bali. Selain itu Pantai Suwehan juga memiliki ciri khas berupa batu berbentuk segitiga mirip logo brand Volcom.

Batu karang berbentuk segitiga tersebut juga dinamai oleh warga setempat dengan nama Batu Jineng. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang lumayan luas dengan dikelilingi tebing tinggi, sehingga sekilas seperti Pantai Dreamland. Suasana Pantai Suwehan lebih tenang dibandingkan dengan pantai lainnya, sehingga akan membuat Anda yang berwisata ke tempat ini serasa milik pribadi.

Lokasi: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

11. Pantai Kelingking

Pantai Kelingking
Image Credit: Baligetaway.co.id

Selain Suwehan, ternyata ada satu lagi pantai yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan karena tempatnya yang tersembunyi yaitu Pantai Kelingking atau Kelingking Secret Point Beach. Untuk bisa mencapai pantai satu ini Anda harus jalan kaki menuruni tebing dengan medan menantang dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Begitu tiba di lokasi, Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih yang bersih dan lembut berpadu dengan birunya air laut.

Suasana hening dan sepi di Pantai Kelingking ini membuat Anda seolah olah sedang terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni. Lebar yang mencapai 80 meter ini, bisa Anda manfaatkan untuk berjalan, berlarian, ataupun berfoto tanpa adanya gangguan dari wisatawan lain. Bila beruntung, Anda juga bisa melihat ikan pari manta yang berenang di sekitar pantai. Namun karena medan yang sulit, banyak pengunjung hanya menikmati keindahan pantai dari atas tebing.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

12. Smoke Beach (Pasih Andus) atau Pantai Andus

Smoke Beach (Pasih Andus) atau Pantai Andus
Image Credit: Tourmurahnusapenida.com

Berbeda dengan pantai sebelumnya, Smoke Beach ini tidak menawarkan keindahan pasir putihnya. Tempat wisata yang sering disebut Pantai Andus oleh masyarakat sekitar ini menyuguhkan fenomena hempasan atau deburan ombak besar yang menabrak batuan karang. Ombak tersebut akan pecah membentuk sebuah semburan air setinggi 10 meter. Biasanya para wisatawan berdiri di batuan karang untuk menunggu semburan air ombak tersebut.

Namun Anda juga harus berhati hati, karena mengingat hempasan ombaknya begitu kencang. Fenomena semburan ombak yang unik ini sering disebut sebagai Devil’s Tears. Smoke Beach ini belum terlalu banyak diketahui orang sehingga tempatnya begitu tenang dan asri. Selain itu pantai ini juga memiliki air yang begitu jernih kebiruan dan bebas dari sampah.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

13. Pantai Banah atau Banah Cliff

Pantai Banah atau Banah Cliff
Image Credit: Novanusapenida.com

Bagi Anda yang sedang mencari lokasi hunting foto tercantik di Nusa Penida, maka Anda bisa datang ke Pantai Banah atau Banah Cliff ini. Karena destinasi kekinian ini mempunyai sebuah panorama instagenic berupa batu karang berlubang berbentuk setengah lingkaran, yang letaknya berada di tengah tengah lautan biru. Banah Cliff memiliki ketinggian mencapai 200 meter serta terdapat pepohonan yang tumbuh di atasnya, sehingga membuatnya tampak lebih cantik.

Tak heran jika banyak wisatawan yang datang kesini hanya untuk sekedar berfoto dengan latar batuan unik tersebut. Keindahan yang disuguhkan pantai ini bisa membuat Anda lupa sejenak akan kebisingan kota. Fasilitas yang dimiliki tempat wisata satu ini memang belum begitu memadai, sehingga Anda wajib menyiapkan perbekalan sendiri. Tetap hati hati juga harus selalu diterapkan mengingat tempat satu ini berada di atas tebing.

Lokasi: Batumadeg, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

14. Seganing Waterfall

Seganing Waterfall
Image Credit: Thenorthernboy.com

Untuk Anda yang gemar berpetualang, rasanya air terjun Seganing ini sangat cocok untuk jadi destinasi selanjutnya. Air terjun satu ini letaknya masih tersembunyi dengan medan yang begitu menantang. Tidak bisa ditempuh dengan kendaraan membuat para pengunjung harus berjalan kaki. Tapi di balik medan ekstrimnya, pesonanya memang berhasil menarik wisatawan untuk menyambanginya. Pastikan Anda datang saat cuaca sedang cerah dan badan dalam kondisi fit.

BACA JUGA:  Hidden Canyon Beji Guwang, Wisata Seru dan Menantang di Bali

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

15. Rumah Pohon Batu Molenteng

Rumah Pohon Batu Molenteng
Image Credit: Nusapenida.id

Destinasi wisata yang berupa rumah pohon ini memang sedang hits di kalangan wisatawan muda. Selain menyuguhkan pemandangan alam asri, gaya arsitektur yang dimiliki Rumah Pohon Batu Molenteng ini tampak instagramable sehingga cocok dijadikan sebagai spot foto. Dari atas rumah pohon ini Anda bisa melihat pemandangan Pulau Seribu. Namun Pulau Seribu disini bukanlah hamparan pulau besar seperti di Jakarta, melainkan susunan bebatuan dan tebing yang melindungi rumah pohonnya.

Rumah tersebut dibuat dari berbagai bahan alami yang memiliki ukuran sekitar 4 x 4 meter, serta memanfaatkan kekokohan sebuah pohon besar yang menopangnya. Pesona keindahannya berasal dari hamparan laut biru serta deburan ombak yang menerjang tebing tingginya, sehingga menghasilkan kombinasi sempurna. Bagi Anda yang ingin menghindari keramaian kota, maka tempat satu ini menjadi solusi terbaik.

Lokasi: Pejukutan, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

16. Manta Point

Manta Point
Image Credit: Balitoursclub.net

Manta Point merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi para penggemar diving. Pasalnya Anda akan bertemu dengan ikan pari manta, sehingga akan menjadi sebuah pengalaman yang spesial bagi Anda yang mengunjunginya. Nusa Penida memang dikenal sebagai pusat diving dan snorkeling di Pulau Bali, terdapat sekitar 5 spot lebih yang bisa Anda gunakan untuk menikmati keindahan biota laut.

Saat menyelam di Manta Point, Anda akan bertemu dengan ikan pari besar yang memiliki rentang sayap lebih dari 3 meter dan terdapat beragam motif. Selain itu ada pula ikan pari bintik biru yang biasanya menumpuk di dasar pasir dan masih banyak pula fauna laut yang bisa Anda temui seperti gurita, kepiting porselen, belut moray, karang lunak, dan masih banyak lainnya. Manta Point ini memiliki kedalaman dari 7 hingga 20 meter.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

17. Malibu Point

Malibu Point
Image Credit: Baligetaway.co.id

Tak salah rasanya memasukkan Bali ke dalam daftar tempat diving terbaik di Indonesia. Hal ini dikarenakan alamnya yang masih terjaga serta terdapat beragam pilihan spot untuk menikmati keindahan bawah laut. Selain Manta Point, terdapat satu lagi tempat wisata di Nusa Penida yang terkenal terumbu karangnya yaitu Malibu Point. Saat menyelam disini, Anda akan menemui berbagai macam terumbu karang yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Suana, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

18. Temple Point

Temple Point
Image Credit: Balitoursclub.net

Temple Point menjadi destinasi wisata untuk diving yang anti mainstream. Tak hanya terdapat terumbu karang atau ikan saja, namun di dalamnya juga ada patung candi budha yang epik dan unik untuk dijadikan sebagai spot foto underwater. Patung tersebut sudah lebih dari 10 tahun terendam di dasar laut dengan kedalaman hingga 7 meter, bahkan sebagian patungnya tampak berlumut serta ditumbuhi anemon dan koral.

Lokasi: Nusa Penida, Nusa Lembongan, Nusa Ceningan.

19. Toyapakeh

Toyapakeh
Image Credit: Youtube.com (SamudraVisions)

Tak dapat dipungkiri bahwa Nusa Penida memang layak dijadikan sebagai tempat liburan kece bagi para penyelam. Toyapakeh juga menyuguhkan keindahan serta kecantikan panorama bawah laut, selain itu airnya juga sangat jernih dengan visibilitas mencapai 30 meter. Biota laut yang bisa Anda temukan disini yaitu ikan Blue Trigger, Giant Trevally, dan Hiu. Untuk terumbu karangnya sendiri pun sangat indah dan juga sehat.

Lokasi: Toyapakeh, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

20. Pura Puncak Mundi

Pura Puncak Mundi
Image Credit: Info.caraputu.com

Pulau Bali memang terkenal sebagai pulau seribu pura, maka tak heran jika terdapat banyak pura unik yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Di Nusa Penida sendiri terdapat pura yang bernama Pura Puncak Mundi, yang keberadaannya masih jarang diketahui oleh para wisatawan. Tempat ini berada di ketinggian sekitar 521 mdpl dan menjadi puncak tertinggi bagian barat Nusa Penida.

Dari ketinggian tersebut, sehingga membuat para wisatawan datang kesini tak hanya menyaksikan keindahan bangunannya tetapi juga memperoleh pemandangan yang indah di Nusa Penida. Kawasan Pura Puncak Mundi ini masih sangat asri dan hijau, terdapat pepohonan tinggi yang tumbuh di tempat ibadah ini. Bahkan Anda juga bisa menemui kera liar yang hidup di sekitar lokasi pura.

Lokasi: Klumpu, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

Jika membicarakan mengenai tempat wisata yang ada di Nusa Penida, memang tak ada habisnya. Selain di Nusa Penida, Anda masih bisa mengunjungi berbagai tempat wisata lainnya yang ada di Pulau Bali. Meski tak ada wisata modern, namun hamparan alamnya yang sejuk dan alami tersebut membuat para wisatawan domestik dan mancanegara berdatangan untuk mengeksplor keindahannya. Tentunya Anda tak mau melewatkannya bukan?