Butuh Liburan yang Seru? Inilah List Tempat Wisata Populer di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah dan Terhits yang Menarik Anda Kunjungi Saat Liburan.

Kota Mataram merupakan pusat kota dari Kepulauan Lombok dengan provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok sendiri terletak dekat dengan Pulau Bali, jadi kedua pulau ini memiliki budaya yang hampir sama. Tak terkecuali dengan wisatanya, sering kali pengunjung yang sedang berwisata di Bali menyempatkan diri untuk mampir ke pulau ini.

Mataram sebagai pusat kota tentunya memiliki segudang tempat yang ramai akan aktivitas warga sekitar maupun oleh para wisatawan. Banyak tempat yang menyajikan keindahan pesona khas dari Kota Seribu Masjid ini.

Untuk Anda yang akan berencana berlibur di Kota yang kental dengan nuansa eksotis ini, baiknya persiapkan destinasi mana saja yang akan Anda kunjungi. Berikut daftar rekomendasi tempat wisata hits di Mataram yang perlu Anda kunjungi.

1. Desa Penujak

Desa Penujak
Image Credit: Facebook.com @endar.lalu

Desa ini merupakan tempat tinggal para pengrajin gerabah yang sudah sejak lama mereka membuat kerajinan gerabah dengan berbagai macam bentuk. Desa ini juga diakui sebagai desa tertua yang membuat kerajinan gerabah. Awalnya para pengrajin ini membuat gerabah dengan bentuk kendi karena kebutuhan sehari-hari.

Tangan kreatif para pengrajin di desa ini kemudian membuat berbagai bentuk yang lain. Sampai pada akhirnya mereka menghasilkan banyak cinderamata yang dijual kepada para wisatawan. Gerabah yang mereka jual juga beragam, mulai dari asbak kecil hingga pot bunga dengan ukiran khas Kota Mataram.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokas
Alamat: Jl. Desa Penujak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

2. Pura Ratu Bolong

Pura Ratu Bolong
Image Credit: Google Maps (Entertaiment Funny)

Pura ini berdiri di lokasi yang unik, yakni di atas baru karang yang menjorok ke tengah laut. Batu karang yang berada di bawah pura ini sendiri memiliki lubang di tengahnya. Jadi pengunjung yang ingin masuk Pura ini akan menyebrang dengan berjalan di atas batu karang yang terlihat bolong itu.

Sebelum masuk ke area Pura, pengunjung akan diberi kain berwarna kuning oleh penjaga Pura lalu diikatkan di bagian pinggang. Setelah sampai di atas, pemandangan lautan yang indah akan memanjakan mata para pengunjung. Tetapi jangan lupa untuk tetap menjaga sikap, karena Pura ini adalah tempat ibadah.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batu Layar, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

3. Taman Mayura

Taman Mayura
Image Credit: Google Maps (Jagoda W)

Selain wisata dengan pemandangan lautan, Kota Mataram juga memiliki wisata lain yang tak kalah mempesona. Taman Mayura adalah salah satunya, taman ini merupakan lingkungan dengan danau buatan yang memiliki hawa sejuk. Terdapat juga tempat untuk berfoto, dengan pemandangan danau atau pohon-pohon hijau yang rimbun.

Disamping taman ini ada tempat ibadah juga, namun tidak dibuka untuk umum. Taman ini juga didedikasikan sebagai situs cagar budaya sejak beberapa tahun yang lalu.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Purbasari No.29, Mayura, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

4. Pantai Ampean

Pantai Ampean
Image Credit: Google Maps (Edwin Joseph)

Pantai dengan pinggiran beton untuk memecah ombak ini dulunya menjadi pusat perdagangan saat masa kolonial. Karena kota Mataram sendiri kaya akan rempah-rempah, yang kemudian diperjualbelikan oleh para pedagang hingga ke luar pulau. Namun sekarang, pantai ini menjadi tempat wisata yang ramai akan pengunjung.

Pertama kali masuk pantai ini, Anda akan melihat tulisan Pantai Ampean yang berukuran besar. Meja dan kursi tepat di pinggir pantai disediakan pengelola setempat untuk duduk para pengunjung. Menikmati senja di pantai ini akan terasa lebih pas jika ditemani camilan khas Kota Mataram.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pabean, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

5. Kota Tua Mataram

Kota Tua Mataram
Image Credit: Instagram.com @ilyas_rahmat

Letak kota tua ini persis di dekat pantai Ampean. Banyak gedung atau bangunan tua dengan gaya art deco masih berdiri di berbagai sudut kota. Bangunan yang terkesan kuno ini masih dipertahankan oleh warga setempat agar menjadi ikon yang menarik perhatian wisatawan.

Selain untuk menjadi destinasi wisata, kota tua ini juga kaya akan nilai sejarah. Pusat perekonomian pasa masa kolonial terjadi di kota yang dekat dengan pantai ini. Oleh karena itu, banyak bangunan yang didirikan oleh pihak kolonial dan sampai sekarang masih bertahan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ampenan Tengah, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

6. Taman Narmada

Taman Narmada
Image Credit: Facebook.com @dolandolencom

Taman Narmada ini sering digunakan untuk menggelar berbagai macam upacara kerajaan. Setelah upacara selesai, keluarga dari kerjaan biasanya akan beristirahat terlebih dahulu di taman ini. Selain itu taman ini tentu saja dibuka untuk umum, jam buka taman ini dimulai pukul 7 pagi hingga 6 malam.

Didalam taman ini terdapat kolam yang dipenuhi oleh air jernih. Bukan sembarang air yang mengisi kolam ini, namun air tersebut berasal dari tiga sumber mata air. Dipercaya oleh warga setempat jika air dari kolam tersebut memiliki suatu khasiat, yakni membuat wajah tampak awet muda.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Lembuak, Kec. Narmada, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

7. Pantai Sire

Pantai Sire
Image Credit: Google Maps (Yuli Sucipto)

Jika Anda menyukai olahraga snorkling, pantai ini wajib Anda kunjungi. Selain keindahan Gunung Rinjani yang tampak dari pantai, keindahan bawah laut pantai ini juga menjadi acungan jempol. Ombak pantai yang tergolong tenang tidak akan membahayakan para pengunjung yang ingin berenang atau snorkling.

Pohon kelapa yang berjejer rapi seolah menjadi tirai pantai juga menambah kecantikan alami pantai Sire ini. Pantai ini juga menyediakan lapangan Golf kelas mewah. Untuk hari-hari tertentu, pantai ini digunakan untuk melarung sesaji sebagai bentuk syukur kepada Tuhan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sigar Penjalin, Kec. Tanjung, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

8. Pantai Loang Baloq

Pantai Loang Baloq
Image Credit: Google Maps (Curyna Yusi)

Pantai yang bersebelahan dengan danau buatan ini sering dijadikan tempat untuk menikmati sore bersama keluarga atau teman. Di danau ini juga terdapat beberapa wahana air yang dapat disewa oleh pengunjung.

Namun akhir-akhir ini, pantai Loang Baloq mengalami penurunan pengunjung. Hanya warga lokal saja sekarang yang berkunjung untuk ke sini. Mereka bisanya datang pada siang menjelang sore untuk menerbangkan layang-layang.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lkasi
Alamat: Jl. Tanjung Karang, Kec. Sekarbela, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

9. Water Park Kura-Kura

Water Park Kura-Kura
Image Credit: Google Maps (Sasa Salsabila)

Sesuai namanya, hewan bercangkang ini diambil sebagai tema oleh pihak pengelola water park. Pengunjung yang biasanya datang adalah keluarga dengan membawa anak kecil.

Wahana air di water park ini juga lengkap, Anda bisa mencoba kolam arus yang memiliki sensasi layaknya di pantai. Jika Anda sedang berlibur bersama anak atau saudara yang masih kecil, water park ini wajib Anda jajal.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sriwijaya No.95, Pagesangan Timur, Kec. Mataram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

10. Pura Meru

Pura Meru
Image Credit: Google Maps (I Made Serinteg)

Pura Meru ini merupakan pura terbesar di kepulauan Lombok. Kata ‘Meru’ diambil dari nama gunung yang berada di Jawa Tengah. Kata tetua dulu, kerajaan Singosari ada hubunganya dengan gunung tersebut. Maka dari itu nama keduanya hampir mirip.

Di tengah pura ini terdapat gasebo untuk musyawarah para umat Hindu. Setelah selesai melihat-lihat kawasan pura, jangan lupa membeli oleh-oleh di pasar yang berada dekat dengan pura ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lkasi
Alamat: Jl. Selaparang, Cakranegara Timur, Kec. Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

11. Museum NTB

Museum NTB
Image Credit: Google Maps (Kurnia Putra)

Peninggalan sebelum manusia mengenal tulisan tersimpan rapih di dalam gedung yang memiliki 2 ruangan ini. Selain itu, Anda akan melihat buaya Muara dengan panjang 4,1 meter yang telah diawetkan.

Ruangan kedua dari museum ini banyak menampilkan koleksi baju adat dari berbagai suku di Lombok. Dan di sisi kiri kanannya terdapat peninggalan dari Dinasti Ching (Cina). Museum ini buka sekitar jam 8 pagi dan akan tutup jam 2 siang. Anda bisa membeli tiket untuk masuk ke museum ini dengan harga Rp4000 saja.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panji Tilar Negara No.6, Taman Sari, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

12. Pura Gunung Sari

Pura Gunung Sari
Image Credit: Google Maps (ketut Mendra)

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang sedang mencari wisata spiritual. Pura ini memiliki suasana yang menenangkan dan sangat sepi. Detail dari pura ini masih erat dengan abad ke-17, sehingga menambah kesan spiritual yang didapatkan.

Pura Gunung Sari ini jarang dikunjungi oleh wisatawan karena letaknya yang dalam dan tertutup. Maka dari itu suasananya menjadi lebih sepi, karena hanya warga sekitar yang sering datang ke pura ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Taman Sari, Kec. Gunung Sari, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

13. Masjid Islamic Center

Masjid Islamic Center
Image Credit: Google Maps (Mu’arifah Dyah Pitaloka)

Tak hanya wisata pura yang terdapat di Kota Mataram ini, namun ada juga wisata religi untuk umat muslim. Namanya Masjid Isamic Center, selain untuk beribadah umat muslim tempat ini juga dibuka untuk wisatawan.

Masjid yang memiliki kubah dengan detail batik khas NTB ini setiap hari ramai dengan pengunjung. Uniknya lagi, ke-4 menara tiang memiliki tinggi 99 meter yang mengartikan jumlah asmaul husna.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Selaparang, Gomong, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

14. Taman Sangkareang

Taman Sangkareang
Image Credit: Google Maps (Nizar Kauzar)

Taman berbentuk persegi panjang ini terletak di tengah kota Mataram. Sering kali taman Sangkareang juga digunakan untuk menggelar event atau pameran. Tempat ini cukup luas, bersih dan tentu saja nyaman.

Ada air mancur persis di depan pintu masuk taman, lengkap dengan tulisan nama taman itu sendiri. Tak hanya untuk anak muda saja tempat ini, terdapat juga permainan anak-anak di sebelah sudutnya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pejanggik, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

15. Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Stokel
Image Credit: Google Maps (Agung Sumar)

Terakhir adalah wisata air dengan pesona air terjun kembar yang siap melepas penat Anda. Air terjun ini memiliki tinggi 30 meter, dengan air dari anak sungai atas yang mengalir ke bawah.

Konon katanya, air dari sungai ini dapat menyembuhkan berbagai macam permasalahan rambut. Cerita dulu mengatakan bahwa Dewi Anjani sering turun ke bumi, dan membasuh rambutnya yang indah di air terjun ini.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Aik Berik, zKec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Banyak sekali tempat wisata yang ada di kota Mataram yang menarik dijelajahi. Dengan keunikan dan ceritanya tersendiri yang membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung. Jadi siapkah diri Anda untuk menjelajahi rekomendasi wisata tersebut?