Tertarik Liburan ke Pulau Lombok? Iniliah List Tempat Wisata Menarik di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer, Terindah dan Terhits untuk Liburan yang Lebih Berkesan.

Lombok merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang letaknya berada di ujung timur. Lombok sendiri terbagi menjadi beberapa bagian. Namun pada kesempatan kali ini hanya akan dibahas mengenai Lombok Utara. Lombok Utara merupakan salah satu provinsi di Nusa Tenggara Barat yang ibu kotanya di daerah Tanjung.

Lombok Utara memiliki keindahan tersendiri yang menjadikan wilayah ini terkenal eksotis. Provinsi ini terkenal dengan ragam destinasi wisata yang sangat menarik. Keindahan alamnya, budayanya, maupun adat istiadatnya sangat patut untuk diketahui.

Lombok Utara bukan hanya menyuguhkan pesona Gunung Rinjani yang terkenal. Berbagai objek wisata andalan pun disuguhkan oleh kabupaten ini. Beragam tempat menarik pun kerap dijuluki surga yang tersembunyi dari daerah timur Indonesia. Berikut rekomendasi tempat wisata hits di Lombok Utara yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Image Credit: Instagram.com @pengembara.rimba

Destinasi pertama di Lombok Timur yang wajib Anda kunjungi yaitu Gunung Rinjani. Gunung ini seperti telah menjadi ikon dari Lombok sendiri. Wisatawan mana sih yang tidak mengenai akan keberadaan Gunung Rinjani? Sepertinya semua sudah mengetahui, bukan? Karena gunung ini merupakan salah satu gunung berapi.

Bagi Anda para pendaki gunung, sangat disayangkan jika tidak mencoba untuk mendaki Gunung Rinjani ini. Gunung ini bisa dikatakan cukup tinggi dengan ketinggian yang dimilikinya yaitu 3.726 meter dari permukaan laut (MDPL).

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

2. Air Terjun Gangga

Air Terjun Gangga
Image Credit: Google Maps (Did Mild)

Objek wisata kedua yang direkomendasikan untuk Anda yaitu Air Terjun Gangga. Objek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang suka bermain air. Tentu saja karena tempat ini berupa air terjun. Air terjun ini memiliki keunikan yang berbeda dari air terjun lainnya. Pasalnya air terjun ini memiliki tiga tingkatan.

 Nah, untuk mencapai tingkatan kedua dan ketiga dari air terjun ini maka para wisatawan diharuskan untuk trekking terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kemiringan tebing dari air terjun ini sekitar 45 derajat sehingga menyebabkan untuk trekking.

 Berbagai kegiatan menarik dan asyik dapat dilakukan di air terjun ini tentunya. Seperti berenang di air terjun tingkatan pertama atau hanya sekedar bermain air saja bagi Anda yang tidak bisa berenang. Air terjun di sini sangat jernih dan tentunya segar.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kertaraharja, Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

3. Pantai Lokok Piko

Pantai Lokok Piko
Image Credit: Lombokatraktif.blogspot.com

Bagi para wisatawan yang ingin merasakan pantai yang sunyi namun tetap indah, maka Pantai Loko Piko bisa menjadi solusinya. Pantai ini memang sunyi karena masih jarang terjamah oleh wisatawan. Sehingga cocok bagi Anda yang ingin merefleksikan diri dari penatnya pekerjaan.

Pantai ini memang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Hal yang membedakannya yaitu pasir yang dimiliki oleh pantai ini berwarna hitam. Meski berwarna hitam, namun keindahan pantai ini tak kalah dari pantai yang berpasir putih. Pemandangan di sekitar pantai pun sangatlah menawan. Nyiur pohon kelapa menghiasi sepanjang pinggiran pantai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sambik Bangkol, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

4. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep
Image Credit: Facebook.com @(Kusdiman Laksono)

Air terjun yang wajib dikunjungi ketika menginjakkan kaki di Lombok Utara yaitu Air Terjun Tiu Kelep. Nama air terjun ini berasal dari bahasa daerah yaitu “tiu” dan “kelep”. Tiu memiliki air atau kolam, sedangkan kelep memiliki arti terbang. Dikatakan air terbang karena air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter.

Untuk aksesibilitas menuju air terjun ini pun sudah memadai. Jalannya lurus dan datar meski berbatu. Ditambah adanya fasilitas tangga yang semakin memudahkan para pengunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

5. Gili Trawangan

Gili Trawangan
Image Credit: Facebook.com @TripandTravelBlog

Objek wisata selanjutnya yaitu Gili Trawangan. Di daerah Lombok Utara ini sebenarnya terdapat tiga gili, yaitu Gili Air, Gili Meno, dan juga Gili Trawangan. Dari ketiga gili ini yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara yaitu Gili Trawangan.

Berbagai hal menarik dapat dilakukan di sini. Seperti snorkeling, diving, menonton di open air cinema,berkuda di sekitar pantai, ataupun hanya sekedar berfoto dan bersantai. Keindahan dari Gili Trawangan ini memang tidak ada duanya. Sehingga Anda wajib mengunjungi objek wisata ini.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

6. Pantai Sire

Pantai Sire
Image Credit: Google Maps (Tsulis Iqbal Khairul Amar)

Daerah Lombok memang kaya akan wisata pantainya. Nah, rekomendasi pantai kali ini yaitu Pantai Sire. Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi wisata bagi keluarga, teman, saudara, maupun orang terkasih. Pantai ini memiliki jarak yang cukup lumayan jika ditempuh dari pusat Kota Mataram yaitu sekitar 43 km.

Untuk dapat masuk ke Pantai Sire ini para wisatawan tidak dikenakan biaya tiket masuk alias untuk masuk pantai ini gratis. Pantai ini menyuguhkan keindahan alam baik daratan maupun bawah lautnya. Ombak yang dimiliki pantai ini pun cukup tenang. Sehingga berbagai kegiatan yang asyik pun dapat dilakukan di sini.

Selain hal tersebut, dikarenakan pantai ini berdekatan dengan keberadaan Gunung Rinjani, maka para wisatawan dapat menyaksikan kemegahan Gunung Rinjani dari kejauhan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Sire, Sigar Penjalin, Kec. Tanjung, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

7. Pantai Tebing

Pantai Tebing
Image Credit: Google Maps (Lidya MR)

Setelah puas bermain-main di Pantai Sire kini saatnya untuk berwisata di Pantai Tebing Lombok. Pantai Tebing memang asli memiliki tebing. Tebing ini pun memiliki sejarah tersendiri yang ternyata keberadaannya merupakan akibat dari letusan Gunung Rinjani Tua atau Samalas beberapa tahun yang lalu.

 Untuk sampai di pantai ini diperlukan estimasi waktu yang tidak singkat. Kurang lebih perlu sekitar 1 jam 50 menit agar Anda bisa menikmati keindahan pantai ini. Pasir di pantai ini berwarna hitam. Tetapi pasir ini tetap memikat hati sebab panorama di sekelilingnya yang mendukung dan disertai adanya tebing yang menjulang tinggi. Sehingga sangat cocok untuk tempat berswafoto ria.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Bayan, Dusun Luk, Rempek, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

8. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Image Credit: Google Maps (Michael Heschl)

Berbagai destinasi wisata telah puas dijelajahi sebelumnya. Kini saatnya untuk menjelajahi air terjun yang memiliki pesona yang berbeda. Air terjun yang dimaksud yaitu Air Terjun Sendang Gile. Air terjun ini bisa menjadi salah satu alternatif wisata bagi Anda yang berkunjung di daerah Lombok Utara meski banyak juga air terjun yang bisa dikunjungi.

Konon air terjun ini dahulunya bernama sengang gile yang mempunyai arti singa gila. Air terjun ini juga memiliki sebutan lain yaitu Batu Ko’ yang memiliki arti batu kerbau. Keberadaan air terjun ini pun masih dalam satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jadi bagi Anda yang berkunjung ataupun mendaki Gunung Rinjani, maka jangan lupa untuk mampir ke air terjun ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

9. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak
Image Credit: Google Maps (Sian N)

Berbagai pantai disuguhkan oleh Lombok yang mana salah satunya yaitu Pantai Selong Belanak. Untuk aksesibilitas menuju pantai ini dibutuhkan waktu yang tidak singkat. Pantai ini memiliki jarak kurang lebih 60 km dari keramaian yaitu Kota Mataram. Jalan menuju pantai ini pun terjal dan berliku.

Yang menjadikan pantai ini menarik yaitu pemandangan bawah laut yang memukau sehingga cocok dijadikan tempat untuk snorkeling. Pantai ini juga memiliki pasir pantai yang berwarna putih menghampar. Sehingga berbagai kegiatan menarik biasa dilakukan di atas pasir putih ini. Seperti berjemur di pinggir pantai, bermain voli, bakar-bakar, ataupun sekedar menikmati senja saja.

Salah satu daya tarik yang tidak dimiliki oleh pantai lain yaitu ombak pantai. Ombak pantai ini terdiri dari dua karakter. Yang mana ada ombak dengan kapasitas besar di bagian barat dan juga ombak yang tidak terlalu besar di bagian lainnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

10. Masjid Kuno Bayan Beleq

Masjid Kuno Bayan Beleq
Image Credit: Google Maps (Thomas Gibertie)

Setelah membahas berbagai destinasi wisata baik alam maupun bahari, objek wisata selanjutnya yang wajib dikunjungi yaitu Masjid Kuno Bayan Beleq. Masjid kuno ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Islam yang masih tersisa hingga saat ini. Masjid ini dibangun sejak abad ke 15 sehingga menjadikan masjid ini sebagai masjid tertua di Lombok.

Masjid kuno ini memang masih bernuansa kuno atau tradisional. Bahkan dapat dikatakan jauh dari kata arsitektur modern. Pasalnya masjid ini masih mempertahankan keasliannya seperti ketika pertama kali dibangun. Masjid ini kini dijadikan sebagai salah satu bangunan cagar budaya yang tidak sembarang orang bisa memasukinya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Belek, Karang Bajo, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

11. Desa Adat Gumantar

Desa Adat Gumantar
Image Credit: Google Maps (Ade Karina)

Destinasi wisata terakhir kali ini bukan merupakan wisata alam maupun bahari seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Akan tetapi destinasi wisata kali ini yaitu berupa sebuah desa yang masih memegang erat adat istiadat dari nenek moyang jaman dahulu.

Desa ini biasa disebut sebagai Desa Adat Gumantar yang mana di dalamnya terdapat situs peninggalan sejarah. Pusat dari kegiatan di desa ini yaitu Dusun Beleq. Nah, adanya dusun ini dapat dikatakan sebagai pelopor kampung pertama dalam sejarah. Berbagai bangunan khas daerah ini pun mulai bertumbuhan.

Di wilayah yang masih mempertahankan kearifan lokalnya ini, ternyata pada jaman dulu tempat ini merupakan sarana dakwah agama Islam. Maka jangan heran juga jika di wilayah ini dibangun Masjid Kuno Bayan Beleq yang keasliannya masih terjaga dan terawat hingga saat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gumantar, Kec. Kayangan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi ketika Anda menginjakkan kaki di Lombok Utara. Mulai dari destinasi wisata alam, bahari, religi, bahkan hingga wisata adat budaya dapat Anda eksplor di Pulau Lombok.