Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Bontang, Kalimantan Timur. Destinasi Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Bontang.

Lombok menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk seseorang yang ingin menenangkan diri. Sebab di pulau inilah kita bisa menikmati pemandangan seindah pulau Bali tetapi dengan nuansa tenang. Nuansa tenang tersebut disebabkan oleh pengunjung yang relatif sepi. Karena sepi, jarang ada yang tahu bahwa Lombok memiliki wisata alam yang tersembunyi termasuk di Lombok Timur ini.

Lombok Timur merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB). Di tempat ini banyak sekali karya Tuhan yang akan membuat Anda terpukau. Karya tersebut berupa wisata alam nan indah yang jarang diketahui wisatawan.

Wisata alam di kabupaten ini sangat bervariasi. Semua jenis wisata alam dapat kita jumpai. Oleh sebab itu, Lombok bagian Timur ini mempunyai potensi yang luar biasa di bidang wisata yang jarang diketahui dan tersembunyi. Berikut deretan tempat wisata hits di Lombok Timur yang bisa Anda pilih.

1. Jeruk Manis (Jerman)

Air Terjun Jeruk Manis
Image Credit: Instagram.com @erfan_agusfiandi

Air Terjun Jeruk Manis merupakan air terjun dengan ketinggian 600 – 1000 meter dari permukaan laut. Air terjun ini sangat segar dan dingin yang sekelilingnya terdapat tumbuhan hijau yang lebat.

Tidak hanya itu, di tempat tersebut juga terdapat hewan monyet hitam. Menurut penduduk setempat air terjun tersebut dapat menyembuhkan penyakit, khususnya pada bagian rambut. Namun, sebelum itu harus melakukan upacara yang dipimpin pemangku.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kembang Kuning, Kec. Sikur, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Kaliantan

Pantai Kaliantan
Image Credit: Instagram.com @indonesiatropic

Kaliantan merupakan pantai dengan panjang garis pantai yang mencapai 2 km. Warna pantainya putih pucat dan di belakang pantai ada vegetasi berwarna hijau. Pantai ini tidak terlalu ramai dan mempunyai pemandangan yang bagus. Keistimewaanya yaitu berada di atas air.

Selain hal tersebut, Kaliantan juga kerap digunakan untuk olahraga air seperti kite surfing. Olahraga tersebut menggunakan papan selancar yang ditarik parasut kemudian diterbangkan oleh angin.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kaliantan, Desa Seriwe, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

3. Pantai Ekas

Pantai Ekas
Image Credit: Instagram.com @e.y_wulandari

Pantai Ekas merupakan pantai yang terletak di Tenggara Lombok Timur. Di daerah ini disebut pantai ‘gesang’. Hal tersebut karena pantai Ekas tidak memiliki banyak pepohonan yang tumbuh di sekitarnya sehingga terkesan gersang.

Pantai ini memiliki ciri-ciri yang menarik. Pertama garis pantainya panjang. Kemudian ia memiliki keaneka ragaman seperti ada yang berbatu, putih lembut, dan bahakan langsung tebing. Sebab itulah ia memiliki daya tarik tersendiri.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pemongkong, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

4. Gili Sulat & Gili Lawang

Gili Sulat & Gili Lawang
Image Credit: Instagram.com @labuanbajotour

Gili Sulat dan Gili Lawang adalah pulau kecil yang cocok untuk wisata alam. Sebab keduanya memiliki hutan bakau dan taman bawah laut yang indah. Meskipun banyak pohon bakau tapi, ada sebagian kecil yang berupa pasir putih. Pada saat musim tertentu, kawanan Lumba-lumba akan muncul di tempat ini.

Kedua Gili tersebut memiliki daya tarik pada mangrove dan bakau yang mengurangi abrasi. Jika Gili Sulat mempunyai spesies mangrove paling lengkap se Asia Tenggara, maka Gili Lawang adalah lokasi Snorkling yang ideal. Sebab airnya sangat jernih dan tenang, serta trumbu karangnya juga masih terjaga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sugian, Kec. Sambelia, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

5. Kawah Rinjani

Kawah Rinjani
Image Credit: Instagram.com @aryaniyani21

Gunung Rinjani sudah tak asing lagi bukan di telinga kita. Tempat ini adalah salah satu wisata yang populer di pulau Lombok. Apalagi di dukung dengan akses jalan yang mudah dan berbagai titik pendakian awal yang ada di berbagai Kabupaten. Selain itu, terdapat pemandangan yang sangat indah di sepanjang perjalanan.

Para pendaki tentu ingin mencapai puncak gunung ini serta turun ke kawahnya. Sebab kawah tersebut memiliki suasana yang damai saat berada di tepi Danau Segara Anak.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

6. Tetebatu

Tetebatu
Image Credit: Instagram.com @rahadyan81

Tetebatu adalah destinasi wisata yang berada di ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Tidak seperti yang lainya disini terdapat fasilitas yang dapat mengakomodasi wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain hotel, restoran, dan penginapan.

Salah satunya adalah Air Terjun Ulem-ulem, yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter saja. Namun kolam yang dimilikinya cukup dalam. Sehingga cocok untuk pemandian. Pokoknya rekomendasi banget deh.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tetebatu, Kec. Sikur, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

7. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit
Image Credit: Instagram.com @sastra20

Tanjung Ringgit merupakan pantai yang sangat unik. Ia terletak di Lombok Timur bagian tenggara. Beragam keindahan seperti tebing tinggi yang bertabrakan langsung dengan laut. Pemandangan di daerah ini akan membuatmu merasa sangat kecil di tengah-tengah alam yang begitu indah.

Bukan itu saja, Tanjung Ringgit juga memiliki pantai berpasir putih yang cocok untuk bersantai. Ada pula goa raksasa yang merupakan rumah dari kelelawar. Menarik sekali kan untuk dikunjungi?

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Lingkok siwaq, Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

8. Tanjung Bloam

Tanjung Bloam
Image Credit: Instagram.com @ramly_rinjani05

Pantai Bolam memiliki 2 jenis pantai, yaitu pantai pasir putih dan pantai dengan gugusan tebing serta batuan yang menjorok ke laut. Diantara kedua jenis pantai tersebut pantai dengan gugusan tebing serta batuan yang menjorok ke lautlah yang paling populer.

Pantai dengan gugusan tebing serta bebatuan yang menjorok ke laut membuat seakan-akan ada jembatan alami yang menjadi jalan ke tengah laut. Selain itu adapula bukit berbentuk kerucut yang diatasnya ditumbuhi tanaman hijau di ujung batuan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Bloam, Tanjung Ringgit, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

9. Sembalun

Image Credit: Instagram.com @catur_khazae

Sampai saat ini Sembalun masih menjadi salah satu pusat wisata di Lombok. Adapula yang paling dikenal, yakni bukit-bukitnya yang memiliki pemandangan luar biasa. Bukit tersebut menyajikan panorama berupa lembah serta sawah warna-warni yang berlatar belakangkan bukit nan indah.

Tidak hanya itu, sembalun juga menjadi salah satu titik pendakian ke puncak gunung Rinjani dan Kawahnya, yakni Danau Segara Anak. Sebagian besar tempat tersebut mempunyai pemandangan yang memukau.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sembalun Bumbung, Kec. Sembalun, Kab Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

10. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti
Image Credit: Google Maps (Sahidin Pandapotan Lubis)

Gunung Rinjani dikelilingi oleh banyak air terjun yang menyebar di 4 kabupaten lombok. Salah satunya adalah Kabupaten Lombok Timur yang memiliki air terjun bernama Mangku Sakti. Air terjun ini adalah aliran air yang berasal dari danau kawah Rinjani yakni Danau Segara Anak.

Air Terjun Mangku Sakti memiliki banyak batuan dan air terjun yang mengalir deras yang mendominasinya. Kolam di bawahnya berwarna hijau toska. Airnya yang sejuk sangat cocok untuk menghilangkan lelah serta menjadi rileks. Terutama saat libur panjang setelah penatnya bekerja.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bilok Petung, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

11. Gili Kondo

Image Credit: Instagram.com @pondoksiola

Gili Kondo merupakan salah satu dari gugusan pulau kecil yang ada di Selat Alas, yakni di antara Lombok dan Sumbawa. Pulau eksotis ini memiliki pasir berwarna putih yang dapat tenggelam saat laut pasang. Tempat ini sangat cocok buat Anda si pecinta fotografi drone.

Gili Kondo memiliki tetangga beberapa gili di sekitarnya, seperti Gili Pasaran, Gili Lampu, dan Gili Pasir. Sehingga Anda bisa menjelajahinya dengan mengendarai perahu jukung. Selain itu Anda juga bisa melihat keindahan bawah laut yang masih belum tersentuh tangan-tangan jahil dengan menyelam dan Snorkling.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Sambelia, Labuhan Pandan, Kec. Sambelia, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

12. Pohon Purba Pringgabaya

Image Credit: Google Maps (AA Tiens KD)

Pohon Purba Priggabaya merupakan spesies pohon bernama lian yang mempunyai batang sangat besar dan menjulang tinggi. Menurut penduduk setempat spesies pohon ini tidak dapat dijumpai di tempat lain di Indonesia. Sehingga pohon tersebut mencuri perhatian.

Konon, pohon tersebut sudah berusia 3,5 abad lebih. Pohon tersebut memberikan tempat yang nyaman untuk bersantai. Sebab udaranya sejuk dengan tanahnya yang cukup lapang serta terdapat berbagai gazebo untuk wisatawan yang berkunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Labuhan Lombok, Kec. Pringgabaya, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

13. Gili Sunut

Gili Sunut
Image Credit: Instagram.com @the_wennoz

Gili Sunut merupakan pulau yang unik. Hal ini disebabkan aksesnya yang fleksibel, yakni pada saat air surut pasirnya yang putih dapat di lewati dengan berjalan kaki. Namun jika air laut sedang pasang ia akan terpisah dengan pulau lombok.

Gili Sunut, pulaunya didominasi oleh padang rumput atau savana. Layaknya di Afrika, Anda akan di suguhi pemandangan berupa rumput tinggi dan Pohon-pohon. Pantainya memiliki warna putih yang berada di sudut terjauh pulau. Di tempat ini pula Anda bisa Snokling dan menikmati panorama trumbu karang yang indah.

Harga Tiket:;Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab.Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

14. Pantai Surga

Pantai Surga
Image Credit: Instagram.com @janedoeisliving

Berbeda dengan Pantai Ekas, Pantai surga memiliki pohon yang rindang. Selain itu di pantai ini juga terdapat pasir putih yang indah. Selain itu pantai ini juga diapit oleh bukit-bukit hijau yang tinggi. Sehingga membuatnya sangat mempesona.

Oleh karena hal-hal tersebut, pantai Surga menjadi terasa sangat eksklusif. Tempatnya yang terpisah dari pantai yang lain juga menjadi salah satu alasannya menjadi eksklusif. Pemandangannya juga sangat indah. Namun, sayangnya pantai ini belum memiliki fasilitas yang bisa menunjang wisatawan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Ekas, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

15. Pantai Pink (Pantai Tangsi)

Pantai Pink
Image Credit: Google Maps (Doni Alfian)

Di Indonesia ada beberapa pantai yang memiliki pasir berwarna merah muda, salah satunya adalah pantai Tangsi yang berada di Jerowaru, Lombok Timur. Warnanya merah muda menyala secara alami. Selain itu di sekitarnya juga terdapat bukit-bukit yang bisa dinaiki.

Pantai tersebut masih sangat tampak alami, salah satu penyebabnya adalah tempatnya yang terpencil. Selain itu, Medan daratnya relatif sulit sehingga banyak wisatawan yang menggunakan jalur laut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Itulah beberapa tempat wisata populer di Lombok Timur yang menarik untuk dijelajahi saat liburan. Objek wisata tersebut memiliki pemandangan yang mempesona dengan udara yang segar, nyaman, tentunya masih asri dan jarang di ketahui. Sehingga tempat tersebut hening dan relatif sepi, cocok untuk berlibur dan menenangkan pikiran.