Butuh Liburan yang Berbeda? Inilah Daftar Tempat Wisata Menarik di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer, Terindah dan Terhits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Indonesia dikenal dengan berbagai kuliner yang lezat, budaya yang beragam, serta wisata alam yang sangat kaya. Ketiga hal ini menjadi faktor yang mendorong wisatawan asing tidak ragu untuk berlibur ke Indonesia. Untuk itu, warga Indonesia patut bangga dengan adanya banyaknya destinasi wisata di seluruh penjuru Indonesia termasuk wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Kabupaten ini memiliki berbagai destinasi wisata yang indah nan mempesona. Beberapa wisata di sana cocok sebagai tempat liburan baik untuk Anda sendiri maupun dengan keluarga dan sahabat.

Kabupaten dengan ibukota Praya tersebut mempunyai lebih banyak pantai yang indah yang sudah dikembangkan menjadi destinasi wisata daripada daerah lain di pulau Lombok. Bukan hanya Rinjani saja, tetapi juga ada destinasi lain seperti budaya adat. Berikut deretan tempat wisata populer di kabupaten Lombok Tengah yang bisa Anda pilih.

1. Desa Sukarara

Desa Sukarara
Image Credit: Unsplash.com

Wisata di Lombok Tengah yang pertama adalah wisata budaya di Desa Sukarara. Desa tersebut merupakan pusat songket atau tenun. Kain khas berasal dari Lombok yang memiliki nilai seni tinggi.

Sebagian besar penduduk yang tinggal di desa tersebut merupakan seorang penenun. Hal tersebut sudah menjadi keahlian yang diwariskan oleh leluhur secara turun temurun. Di tempat ini pula Anda bisa belajar menenun.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sukarara, Kec. Jonggat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Tanjung AAN

Pantai Tanjung AAN
Image Credit: Instagram.com @ali_darmawan

Pantai Tanjung AAN memiliki Ciri khas tersendiri daripada pantai-pantai lainnya di Lombok Tengah. Pantai tersebut mempunyai dua karakteristik pasir berbeda. Salah satu tempatnya memiliki pasir berwarna sedikit kecoklatan. Satunya lagi berwarna putih bersih.

Pantai Tanjung Aan juga merupakan pantai yang paling panjang di Lombok Tengah. Penduduk setempat membagi pantai ini menjadi 3 bagian yakni pantai Cemara, pantai Batu Kotak, dan pantai Orong. Wisata tersebut juga cocok untuk berenang dan bermain bola di pasir sebab ombak disana relatif tenang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pengembur, Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

3. Desa Sade

Desa Sade
Image Credit: Facebook.com @Lombok1000

Lombok Tengah memiliki Desa Sade yang wajib dikunjungi buat yang hobby traveling. Masyarakat di desa Sade sangat memegang erat budaya warisan nenek moyangnya. Sehingga masih ada hingga sekarang.

Tradisi dan rumah yang ada di desa Sade masih mengandung unsur budaya Sasak, yaitu suku yang berasal dari Lombok. Sovenir yang beragam dapat dijadikan buah tangan khas Lombok yang dibuat oleh masyarakat asli Suku Sasak.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rembitan, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

4. Pantai Batu Payung

Pantai Batu Payung
Image Credit: Google Maps (Kaitlind Marek)

Pantai Batu Payung penyai keindahan tersendiri yang lain daripada pantai lainnya yang ada di Lombok Tengah. Pada umumnya pantai di Lombok Tengah dikenal karena pasir putih bersih di sepanjang pantai. Di pantai tersebut, Anda dapat melihat pemandangan batu karang di sepanjang pantai.

Batu karangnya menyerupai payung sebab itulah tempat wisata ini bernama Pantai Batu Payung. Wisata tersebut terkenal karena pernah dijadikan lokasi syuting. Setelah itu banyak masyarakat lokak yang berkunjung ke tempat ini. Pantai ini juga cocok untuk menikmati sunrise.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuta Lombok, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

5. Pantai Mawun

Pantai Mawun
Image Credit: Instagram.com @hayaniswanti

Pantai Mawun cocok untuk Anda yang suka ketenangan. Sebab pengunjung atau wisatawan masih minim ke tempat ini.

Pasirnya berwarna putih menghampar luas disertai angin yang sepoi-sepoi. Selain itu terdapat bukit di sudut pantai. Wisata tersebut dapat digunakan untuk berenang, swafoto serta beristirahat dengan di temani segarnya kelapa muda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mawun, Desa Tumpak, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

6. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak
Image Credit: Google Maps (Muhammad Safruddin)

Pantai Selong Belanak dikenal sangat indah di Lombok Tengah. Pantai ini berada diantara dua bukit besar. Memiliki laut biru dengan gelombang yang cukup besar dan dapat di gunakan untuk berselancar. Namun, adapula ombak yang tenang dan dapat berenang atau sekedar bermain pasir.

Di pantai tersebut juga dapat merasakan sedapnya ikan laut segar dan beberapa masakan khas daerah Lombok seperti, plecing kangkung yang dilengkapi beberuk terong. Di tempat ini pula terdapat sunset yang sangat indah. Pesonanya pun dapat memikat siapa saja yang berlibur kesana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

7. Pantai Semeti

Pantai Semeti
Image Credit: Gooogle Maps (Prantto)

Pantai Semeti merupakan pantai terlengkap daripada pantai yang sewilayah dengannya yakni Pantai Mawun dan Pantai Selong Belunak. Sebab di sudut pantai, ia mempunyai bukit hijau, pasir putih bersih yang terhampar di sepanjang pantai, batu karang yang berjejer di lautannya, dan laut biru yang bergelombang.

Banyak spot foto bagus di tempat ini. Akses menuju tempat ini relatif susah. Namun, rasa lelah Anda akan terbayar dengan pesona yang dimiliki pantai semeti.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

8. Pantai Gerupuk

Pantai Gerupuk
Image Credit: Instagram.com @laluiwansept

Spot surfingnya para peselancar dunia di Pantai Gerupuk tempatnya bagaimana tidak, tempat ini mempunyai 5 spot selancar bagi para pemula sampai tingkat profesional. Ketinggian ombak sangat bervariasi mulai dari landai sampai tinggi yang mencapai 3 meter.

Waktu paling baik untuk berlibur ke wisata ini yaitu antara bulan Oktober sampai April dimana ombak bisa mencapai di ketinggian maksimal. Namun, jika tidak bisa berselancar Anda juga bisa bersantai di pinggiran pantai sambil bermain-main pasir.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

9. Pantai Serenting

Image Credit: Instagram.com @jerryhomola
Image Credit: Instagram.com @jerryhomola

Salah satu destinasi yang sayang untuk dilewatkan ketika berkunjung ke daerah Lombok Tengah. Ya, pantai Serenting namanya. Pantai yang dulunya hanya berupa lahan kosong ini, kini telah disulap menjadi destinasi wisata yang cukup populer bagi kalangan wisatawan.

Pantai tersebut mulai dibangun sejak tahun 2013 silam. Dulunya pantai ini masih banyak semak belukar serta masih cukup rawan bagi tindak kriminal. Namun, kini Serenting telah menjelma menjadi salah satu lokasi wisata yang nyaman dan aman bagi semua orang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

10. Pantai Kuta

Pantai Kuta
Image Credit: Instagram.com @photocolonia

Bukan hanya di Bali, di Lombok Tengah pun juga ada pantai Kuta. Konon, pantai Kuta Lombok Tengah lebih indah daripada di Bali. Sebab, pantai Kuta di Lombok Tengah garis pantai yang panjang dan pasirnya yang putih bersih.

Baik wisatawan lokal maupun mancanegara sudah banyak yang mengunjungi wisata ini. Kelebihan yang dimiliki oleh tempat ini yaitu banyaknya hotel-hotel dan letaknya di pinggir jalan. Selain itu, penduduk setempat juga menjual aneka minuman, makanan, dan kain tradisional untuk oleh-oleh.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

11. Bukit Merese

Bukit Merese
Image Credit: Gooogle Maps (William Liew)

Bukit Merese merupakan ikon wisata Lombok yang sangat memikat. Hamparan bukit hijau di pinggir dengan pantai akan membuat hatimu langsung tertarik. Sehingga hal tersebut menjadi alasan ia dijuluki sebagai bukit cinta.

Sebelum menuju tempat wisata ini Anda dapat beristirahat ke beberapa pantai lain misalnya Pantai Kuta dan Pantai Seger. Sebab dari Mataram jaraknya bisa ditempuh sekitar 2 jam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuta Lombok, Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

12. Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Stokel
Image Credit: Instagram.com @mas.indraena

Benang Stokel berarti segumpal benang, yakni bentuk air terjun, mirip juntaian benang yang diikat menjadi satu. Arti tersebut berasal dari bahasa Sasak. Air terjun Benang Stokel mempunyai 3 jalur dengan posisi yang sejajar.

Keindahan alam sekitar air terjun memang tidak boleh Anda lewatkan ketika berada di sekitar Lombok Tengah. Tanaman hijau yang tumbuh lebat di tebing membuat panorama sekitar air terjun tersebut tampak semakin fotogenik. Cocok buat Anda yang hobi foto.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aik Berik, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

13. Air Terjun Batu Kawangan

Air Terjun Batu Kawangan
Image Credit: Google Maps (Air Terjun Titian Batu Kawangan)

Air terjun Batu Kawangan masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan karena belum dikelola untuk menjadi tempat wisata. Namun, tempat ini cocok untuk berlibur. Tempatnya bisa dijangkau menggunakan mobil atau motor sekitar 2,5 jam dari pusat kota Mataram.

Air Terjun Batu ini berada di desa Lantan, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah. Penduduk setempat menyebutnya dengan Air Terjun Tete Batu. Air terjun tersebut memiliki suhu yang dingin dan lebih baik jika dikunjungi saat siang hari waktu matahari terik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lantan, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

14. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu
Image Credit: Instagram.com @ajiabiyoga

Selain Pantai Lombok Tengah juga memiliki Air Terjun yang sangat indah yaitu Air Terjun Benang Kelambu. Air terjun ini berbeda dengan air terjun lain yang berada di Indonesia.

Air terjun ini memiliki aliran air yang tidak besar dan langsung menuju ke arah kolam seperti pada umumnya. Aliran airnya tersebut berada di beberapa titik yang ada di bawah pepohonan sebelum mengalir ke kolam.

Oleh sebab itu, air terjun tersebut tampak seperti kelambu yang terpasang di tebing bebatuan. Penduduk setempat, memiliki kepercayaan jika mandi di kolam air terjun ini akan tampak setahun lebih muda.

Yang menari, pantai ini menjadi spot surfing oleh para surfer dalam negeri maupun mancanegara. Jadi sangat cocok untuk Anda yang suka olahraga selancar.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa, Aik Berik, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

15. Pantai Tanjung Bango

Pantai Tanjung Bango
Image Credit: Google Maps (Ahmad Giffari)

Pantai Tanjung Bango adalah salah satu pantai yang paling favorit di lombok. Sebab ia mempunyai pantai dengan pasir yang putih nan bersih. Tak pelak pantai ini jadi buruan para wisatawan baik dalam maupun luar negeri.

Pantai ini mempunyai panorama karang, tebing batu, serta bukit sehingga ia tampak tersembunyi dan masih asri. Meskipun demikian, Pantai Tanjung Bango sangat indah nan mempesona.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Beragam objek wisata di Lombok Tengah sangat keren dan memesona. Jadi, deretan destinasi wisata di atas sangat cocok buat rencana liburan Anda. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjunginya.