Ingin Liburan di Pulau Lombok? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah dan Terhits yang Menarik Dijelajahi untuk Petualangan Liburan yang Berkesan.

Wisata alam di Pulau Lombok sangat beragam dan sangat terkenal dengan keindahannya. Sehingga banyak yang menyebut bahwa sunda kecil ini sebagi salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia. Di setiap sudut daerah terdapat keindahan tersendiri yang unik dan memiliki potensi sebagai tempat wisata yang menarik. Salah satunya yaitu di Lombok Barat.

Lombok Barat memiliki beragam destinasi menarik, seperti gili, pantai, bukit, hutan, pemandian, taman dan wisata bersejarah pun ada. Semua lokasi indah dan unik ini selalu menjadi tujuan wisata yang ramai dan seru. Berikut rekomendasi tempat wisata hits di Lombok Barat yang menarik untuk Anda kunjungi.

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Image Credit: Instagram.com @kartosar

Pantai Senggigi adalah salah satu pantai terkenal semancanegara di Lombok. Pantai yang berada di Lombok Barat ini memiliki pesona yang indah. Memiliki fasilitas yang lengkap. Pantai dengan pasir putih dan air yang jernih ini selalu ramai setiap harinya. Banyak peselancar yang datang karena keindahan ombak yang ada.

Di sekitar pantai ini terdapat banyak kuliner yang berjejer. Menyajikan makanan khas Lombok berupa Pelecing, Sate Rembige dan menu seafood lezat lainnya.

Selain makanan di sekitar pantai, tempat ini juga menyediakan beberapa rumah adat yang menyajikan oleh-oleh Lombok seperti gantungan boneka kayu bertuliskan Lombok, ada kain songket yang di tenun langsung oleh orang-orang Lombok.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pantai Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Malimbu

Pantai Malimbu
Image Credit: Google Maps (Ikra Alwia)

Pantai ini merupakan pantai yang sedikit lebih sepi. Pantai dengan pasir putih ini banyak digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan acara-acara perpisahan, gathering atau acara penyambutan mahasiswa baru di beberapa universitas di Lombok Barat.

Di pantai Malimbu ini terdapat area yang lumayan luas, rapi dan bersih. Sehingga banyak mahasiswa atau siswa melakukan banyak kegiatan seperti berkemah dan outbond di pinggir pantai ini. Selain suasana pantai, malam hari juga tidak kalah indah mempesonanya. Anda akan menikmati panorama alam yng menakjubkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malaka, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

3. Pantai Ampenan

Pantai Ampenan
Image Credit: Google Maps (Ini Lombok)

Pantai ini berada tidak jauh dari lokasi Kota Tua Ampenan. Pantai ini dikunjungi umumnya karena wisata kuliner seafood dan makanan lainnya yang tersedia di tempat ini.

BACA JUGA:  11 Tempat Wisata di Lombok Utara Terbaru & Terhits Buat Liburan

Di pinggir pantai dibuatkan tempat duduk bagi yang ingin menyantap menu makanan yang tersedia sambil menikmati sunset di pantai ini. Aktivitas di pantai ini hanya jalan-jalan, wisata kuliner, berswafoto dan menikmati keindahan. Selain itu tempat ini juga dijadikan tempat memancing.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pabean, Kec. Ampenan, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

4. Hutan Lindung Sesaot

Hutan Lindung Sesaot
Image Credit: Google Maps (Miqdad Maulana)

Hutan lindung sesaot ini memiliki banyak tempat yang membuat Anda terkagum-kagum dengan keindahannya. Terdapat mata air yang dijadikan sebagai pemandian. Dimana pemandian ini selalu ramai menjadi tempat liburan keluarga.

Suasanya asri dan indah membuat pemandian ini menjadi pilihan favorit dan diberi nama pemandian Aik Nyet. Dimana Aik Nyet ini berarti Kolam Air Dingin. Hutan sesaot ini memiliki mata air sebanyak 40 di beberapa tempat.

Selain itu, ada danau Biru yang menjadi tempat terfavorit bagi pemuda pemudi yang datang bersama pasangannya. Mata air hutan Sesaot ini berasal dari perairan gunung Gunug Rinjani. Karena memang letaknya yang tepat di bawah kaki gunung Rinjani.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Aik Nyet, Desa Sesaot, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

5. Gili Gede

Gili Gede
Image Credit: Instagram.com @daeng_darso_boat_transport

Selain di Lombok Utara, di Lombok Barat juga terdapat beberapa gili yang indah dan menarik hati. Salah satunya yaitu gili gede ini. Gili gede ini lumayan populer. Di tengah gili ini terdapat dua danau yang sering di kunjungi oleh wisatawan. Di pulau kecil ini menyediakan banyak fasilitas lengkap untuk Anda.

Di gili gede juga terdapat desa nelayan. Dimana di desa ini nelayan menjajakan ikan-ikan laut segar tangkapannya langsung. Ikan laut segar tersebut dapat anda nikmati dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Selain itu di gili ini juga memiliki pantai yang indah dan aman.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat:Desa Gili Gede Indah, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

6. Gili Nanggu

Gili Nanggu
Image Credit: Google Maps (Habibi Mustafa)

Gili adalah sebutan untuk pulau yang sangat kecil yang berada di sekitar Lombok. Lombok Barat memiliki Gili Nanggu yang indah dan selalu memikat bagi wisatawan yang datang.

Pulau kecil yang asri dan jarang dikunjungi ini memiliki keindahan laut yang menakjubkan. Dimana wisatawan banyak yang melakukan diving dan snorkeling di sini.

Harga Tiket: Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekotong Barat, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

7. Gili Kedis

Gili Kedis
Image Credit: Google Maps (northabroad)

Pulau kecil ini adalah sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Pulau ini hanya beberapa langkah saja. Sehingga Anda bisa dengan mudahnya mengelilingi tempat ini. Anda bisa menyewa perahu dari Sekotong untuk sampai ke Gili indah ini. Pasir putih dan airnya yang jernih membuat tempat ini nyaman dijadikan tempat berenang dan mandi.

Karena keasrian tempat ini, banyak wisatawan yang datang hanya untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang masih asri ini. Sehingga membuat tempat ini menjadi favorit untuk diving dan snorkeling.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lombok Timur Terbaru & Terhits Buat Liburan
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekotong Barat, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.c

8. Gili Sudak

Gili Sudak
Image Credit: Tempatwisata.pro

Gili ini memiliki lokasi yang berderetan dengan gili kedis dan gili nanggu. Gili sudak ini tidak kalah indahnya dengan gili lain. Pasir pantai yang indah dan dan ombak yang tenang.

Namun di gili ini belum banyak pengunjungnya. Sehingga tempat ini adalah salah satu tempat yang damai dan asri. Jika Anda mencari tempat untuk menenangkan diri, gili ini adalah pilihan. Di pulau kecil ini Anda dapat memancing ikan segar, snorkeling, diving, dan olahraga air lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sekotong Barat, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

9. Teluk Belongas

Teluk Belongas
Image Credit: Detik.com

Teluk Belongas ini masih jarang dikunjungi wisatawan. Sarana menuju tempat ini masih sangat kurang. Namun karena masih asri, di teluk belongas ini Anda bisa berenang dengan hiu di tengah laut belongas. Anda bisa menyewa perahu nelayan dan menuju ke tengah laut untuk dapat bertemu dan berenang dengan hiu ini.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat menyelam di teluk ini. Karena kondisi yang lumayan berbahaya dan hanya penyelam yang ahli yang pernah berenang langsung dan bertemu dengan hiu ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Belongas, Buwun Mas, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

10. Kota Tua Ampenan

Kota Tua Ampenan
Image Credit: Mobillombok.com

Tempat ini memiliki banyak cerita bersejarah. Di kota Ampena ini pun banyak suku yang menempati seperti suku Banjar, Bugis, Arab, Bali, Jawa hingga Tionghoa. Aneka suku yang ada di Ampenan ini hidup dalam damai dan aman.

Di kota tua ampenan ini terdapat banyak bangunan seni legendaris dan bersejarah. Di beberapa bangunan ini banyak digunakan sebagai spot foto bagi yang mengunjungi. Desain arsitektur dari bangunan-bangunan ini adalah adalah desain pada zaman belanda dan tidak pernah diganti dan dirubah. Sangat unik dan mempesona.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pertamina, Bintaro, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

11. Taman Langit

Taman Langit
Image Credit: Instagram.com @ijonk_clasikal23

Taman umumnya dikunjungi saat mulai malam. Banyak spot foto yang bisa Anda datangi di sini. Ada rumah pohon dengan lampu yang menghiasi.

Ada pintu yang diletakkan di atas papan besar. Ketika Anda naik ke papan ini dan membuka pintu seolah-olah terlihat pemandangan malam dengan hiasan lampu yang bak bintang. Tempat ini karena indahnya disebut taman langit. Keindahannya akan membuat Anda lupa waktu saat berada di tempat ini.

Harga Tiket: Rp 10.000c; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lembah Sari, Kec. Batu Layar, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

12. Taman Narmada

Taman Narmada
Image Credit: Instagram.com @skykikkib

Taman ini adalah taman yang unik. Dimana di taman ini terdapat sebuah replika Pura dari Gunung Rinjani. Replika tempat beribadah dan berdoa ini adalah peninggalan raja pada zaman dahulu.

BACA JUGA:  33 Tempat Wisata di Lombok Terbaru & Terhits Buat Liburan

Selain Pura, di taman Narmada ini terdapat kolam renang dan taman yang luas dan indah. Di taman ini terdapat sumber mata air yang konon katanya jika Anda meminum air dari sumber mata air ini maka Anda akan awet muda.

Harga Tiket: Rp 6.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Mataram – Labuhan Lombok, Lembuak, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

13. Narmada Botanic Garden

Narmada Botanic Garden
Image Credit: Instagram.com @riadymix

Taman ini baru-baru berdiri dan langsung viral. Taman ini adalah sebuah taman edukasi yang di dalamnya menyajikan kebun bunga, kebun sayur dan buah. Ada spot foto menarik dengan banyak penulisan kata-kata yang unik dan romantis. Juga terdapat rumah hobbit mini yang terbuat dari kumpulan ranting yang disusun sangat menarik.

Lahan ini dipenuhi bunga matahari, bunga lavender dan bunga lainnya. Ada kebun sayur, kebun buah yang bisa petik sendiri. Selain itu tempat ini juga digunakan untuk beberapa kegiatan sekolah. Seperti belajar mengenal sayur, belajar menanam sayur dan lainnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wirabakti, Gandari, Lembuak, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

14. Kampung Wisata Ala Jepang

Kampung Wisata Ala Jepang
Image Credit: Wartamataram.com

Kampung wisata ini terdapat di kecamatan Ampenan. Taman ini mulai dibanjiri pengunjung semenjak beberapa foto di lokasi ini beredar di sosial media. Pengunjung taman ini bisa sampai 200 orang setiap harinya.

Di taman yang luas ini terdapat banyak spot foto, dari berugak (tempat istirahat yang beratapkan jerami tanpa dinding), taman bunga, dan sebuah rumah replika rumah jepang. Dimana di samping rumah ini terdapat sebuh pohon kw ala jepang berwarna pink mirip bunga sakura.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kebon Talo, Kec. Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

15. Bukit Korea Dopang

Bukit Korea Dopang
Image Credit: Google Maps (Indri Setiawan)

Bukit ini diberikan nama bukit korea karena menurut beberapa cerita, bukit ini adalah miliki seorang wisatawan yang berasal dari Korea. Wisatawan asal Korea tersebut tertarik dan terpesona karena keindahan yang ada di bukit ini sehingga wisatawan tersebut membeli bukit indah tersebut.

Bukit korea tersebut akan dibangun sebuah villa namun belum dimulai. Sampai akhirnya bukit ini menjadi tempat wisata yang sangat indah untuk menikmati keindahan pagi dan sore hari. Bukit ini terletak tersembunyi di pedalaman desa Dopang. Gunung sari.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dopang, Kec. Gunung Sari, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Itulah beberapa tempat wisata populer di Lombok Barat yang musti masuk ke dalam daftar tujuan liburan Anda di Pulau eksotis ini. Semoga bermanfaat!