Butuh Liburan Lebih Berkesan? Periksa List Tempat Wisata Populer di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah, Kekinian dan Paling Hits yang Menarik untuk Anda Kunjungi untuk Liburan Seru dan Menyenangkan.

Tidak hanya Pulau Bali yang memiliki keindahan tempat wisatanya. Di Pulau Lombok juga terdapat banyak objek wisata yang tidak kalah indahnya untuk dijelajahi. Air terjun dan pantai yang ada di pulau ini selalu ramai dikunjungi meski bukan hari libur. Keindahan alam yang ditawarkan pulau ini memang sangat sayang untuk dilewatkan.

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan yang menakjubkan, Anda tak perlu repot jauh-jauh ke luar negeri. Cukup datang ke Lombok, Anda sudah bisa menikmati liburan berkelas. Berikut rekomendasi tempat wisata di Lombok yang bisa Anda pilih.

1. Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika
Image Credit: Gooogle Maps (Chandra Dejavu)

Di pantai eksotis ini Anda akan menemukan beragam fasilitas wisata, seperti tempat parkir yang luas, toilet, market dan warung kuliner yang bejejeran menawarkan makanan khas Lombok.

Di tebing batu dekat pantai ini terdapat tulisan raksasa bertuliskan Kuta Mandalika dan saat malam akan bersinar dengan warna lampu yang berwarna warni. Tempat ini menjadi favorit anak muda untuk berfoto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

2. Bukit Merese

Bukit Merese
Image Credit: Gooogle Maps (William Liew)

Bukit ini memberikan pemandangan yang mempesona. Bukit Merese tidak hanya menjadi tempat berfoto kaula muda, namun di bukit ini juga banyak didatangi artis untuk shooting film. Di tengah bukit ini ada satu pohon unik yang menjadi daya tarik tempat ini.

Bukit indah ini dikelilingi pantai di segala arahnya. Sehingga dari arah manapun Anda akan mengambil foto, maka anda akan mendapatkan background laut yang indah.

Harga Tiket: Mulai Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuta Lombok, Kec. Pujut, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

3. Pantai Tanjung An

Pantai Tanjung An
Image Credit: Gooogle Maps (Abdul Wahid)

Pantai Tanjung An bersebelahan dengan Bukit Merese. Dalam satu kali parkir, Anda akan dapat mengunjungi Bukit Merese dan Pantai Tanjung An. Pantai ini memberikan pemandangan air laut yang bersih dan jernih.

Selain mandi, Anda bisa berkeliling pantai dengan menyewa perahu nelayan yang tersedia di sekitar pantai. Ada toilet, tempat parkir yang luas dan tempat sholat untuk mendukung kebutuhan pengunjung.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Pengembur, Sengkol, Kec. Pujut, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

4. Pantai Seger

Pantai Seger
Image Credit: Gooogle Maps (Zhou Elise)

Di pantai ini sering diadakan Festival Bau Nyale oleh Bupati Lombok Tengah setiap tahunnya. Di Pantai Seger ini dibuatkan sebuah patung Putri Nyale yang di belakangnya ada tiga pangeran yang mengikuti.

Patung ini menjadi spot foto yang terpopuler. Tidak akan lengkap liburan Anda ke Pulau Lombok tanpa mengunjungi pantai eskotis yang memiliki hamparan pasir putih ini.

Harga Tiket: Mulai Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kuta, Kec. Pujut, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

5. Pantai Semeti

Pantai Semeti
Image Credit: Gooogle Maps (Prantto)

Pantai yang dikelilingi dengan tebing batu ini adalah ciri khas yang unik. Ada tebing batu untuk menikmati keindahan pantai dari ketinggian. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Mawi yang juga memiliki keindahan yang sama.

Saat sore, air laut akan surut dan Anda akan dapat melihat langsung keindahan biota laut yang beraneka ragam di pantai ini. Seperti ikan kecil berwarna warni, bintang laut dan lainnya.

Harga Tiket: Mulai Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

6. Pantai Nambung

Pantai Nambung
Image Credit: Gooogle Maps (Yudi Fairuz)

Pantai unik ini berada di perbatasan Lombok Tengah dengan Sekotong. Pantai ini merupakan pantai yang masih asri dan belum banyak pengunjung. Karena jauh dari pusat kota.

Setelah sampai Anda akan terkejut dengan pemandangan indah yang diberikan di pantai ini. Sebuah air terjun asin julukan dari beberapa anak muda yang pernah mendatangi tempat ini.

Harga Tiket: Mulai Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Buwun Mas, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

7. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Image Credit: Instagram.com @lombok_adventurer

Pantai ini adalah pantai terkenal di Lombok. Letaknya yang strategis dikelilingi hotel mewah dan dekat dengan Kota Mataram. Ada fasilitas berupa wisata kuliner, tempat berbelanja kain tenun khas Lombok, makanan khas Lombok dan tempat hangout.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lombok Timur Terbaru & Terhits Buat Liburan

Pantai Senggigi memiliki keindahan yang sangat mempesona bisa membuat pengunjung betah. Selain garis pantainya yang panjang juga terdapat banyak spot foto keren.

Harga Tiket: Mulai Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sebelah Barat Pesisir Pulau, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

8. Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu
Image Credit: Google Maps (Syauqi Akib)

Diberikan nama Air Terjun Benang Kelambu karena air yang mengalir ke bawah ini membentuk tirai yang seperti kelambu. Air terjun ini menutupi tebing-tebing batu yang ada ada di sekitar tempat ini.

Di lokasi ini ada dua air terjun yang dapat Anda nikmati sekaligus. Selain itu ada kolam di bawah air terjun ini. Di lokasi ini juga sudah disediakan banyak fasilitas berupa tempat bilas, toilet, dan spot foto.

Harga Tiket: Mulai Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Aik Berik, Kec. Batukliang Utara, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

9. TWA Gunung Tunak

TWA Gunung Tunak
Image Credit: Google Maps (Fiestyo Annisa)

Taman Wisata Gunung Tunak berada di ujung hutan dan diantara perbukitan. Di ujung bukit ini terdapat sebuat tower tinggi yang selalu ramai oleh pengunjung. Ada pantai dengan ombak yang keras dan tinggi di bawah bukit ini.

Di bukit ini dijadikan sebagai tempat penelitian oleh beberapa peneliti dan dosen dari universitas-universitas di Lombok. Hutan Gunung Tunak memiliki beranekaragam flora dan fauna.

Harga Tiket: Mulai Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mertak, Kec. Pujut, Kab. Lombok, Nusa Tenggara Barat.

10. TNGR Jeruk Manis

TNGR Jeruk Manis
Image Credit: Google Maps (Muhammad paozan)

Taman Nasional Gunung Rinjani yang berada di Jeruk Manis, Lombok Timur ini selalu menjadi tujuan utama liburan di akhir pekan. Taman Nasional ini berada di bawah kaki gunung Rinjani. Selain sebagai tempat wisata, tempat ini juga menjadi pusat penelitian berbagai jenis tanaman dan hewan.

Taman Nasional ini juga menyediakan tempat camping yang luas bagi mahasiswa yang melakukan penelitian pada malam hari. Di ujung jalan setapak yang dibuat Anda akan menemukan sebuah air terjun yang tinggi dengan airnya yang sangat dingin.

Harga Tiket: Mulai Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kembang Kuning, Kec. Sikur, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

11. Pantai Pink

Pantai Pink
Image Credit: Google Maps (Doni Alfian)

Pantai Pink diapit oleh dua bukit yang indah. Saat musim hujan bukit ini akan dipenuhi oleh rumput hijau yang menambah keindahan pantai ini. Pantai pink ini memiliki ombak yang tenang maka sangat cocok untuk tempat mandi dan liburan keluarga.

Pasirnya yang memantulkan warna pink dari kejauhan yang menjadi daya tarik utamanya. Pantai yang juga dikenal dengan nama Pantai Tangsi selalu menjadi pilihan untuk liburan untuk menikmati keindahan alam Lombok.

Harga Tiket: Mulai Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Sekaroh, kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

12. Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura
Image Credit: Google Maps (Ali Asgar)

Dinamakan dengan pantai kura-kura karena di pantai ini terdapat sebuah batu karang yang bentuknya persis seperti kura-kura. Letaknya yang tersembunyi dan diapit oleh dua bukit menambah keindahan pantai ini.

Karena ramainya pengunjung ke pantai Kura-Kura membuat masyarakat sekitar mulai menyediakan berbagai macam fasilitas wisata untuk memudahkan pengunjung.

Harga Tiket: Mulai Rp 35.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ekas Buana, Jerowaru, Kec. Pemongkong, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

13. Pemandian Sesaot

Pemandian Sesaot
Image Credit: Facebook.com @Lomboknesia98

Pemandian alami yang sumber airnya berasal dari alam ini merupakan pemandian yang selalu ramai pengunjung di akhir pekan. Aliran airnya berasal dari sumber air di Gunung Rinjani.

Pemandian ini sangat cocok untuk liburan bersama anak-anak dan keluarga. Sensasi air alaminya sangat menyegarkan dan dingin, ditambah keindahan alam sekitar yang memesona.

Harga Tiket: Mulai Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sesaot, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

14. Danau Biru

Danau Biru
Image Credit: Google Maps (Ariefudin Arief)

Danau Biru ini merupakan tempat wisata yang viral di kalangan anak muda. Danau ini dikelilingi oleh pepohonan di tengah hutan Sesaot yang menarik untuk dieksplor.

Fasilitas jalan menuju danau ini sudah mulai diperbaiki dengan adanya toilet dan tempat istirahat berupa berugak (Gazebo) yang bisa dimanfaatkan pengunjung.

Harga Tiket: Mulai Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karang Sidemen, Kec. North Batukliang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

15. Gili Meno

Gili Meno
Image Credit: Instagram.com @emmasimms

Gili adalah sebuah nama yang diberikan untuk sebuah pulau kecil. Gili Meno ini umumnya dimanfaatkan sebagai pusat penelitian bagi mahasiswa-mahasiswa di Lombok. Di Gili Meno terdapat Hutan Mangrove yang mengelilingi sebuah danau di tengah gili ini.

Di Gili ini terdapat banyak penginapan dengan harga terjangkau dan memberikan pemandangan yang indah dan asri. Pada malam hari di pinggir pantai gili ini akan terlihat pemandangan indah.

Harga Tiket: Mulai Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gili Indah, Kec Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

16. Gili Trawangan

Gili Trawangan
Image Credit: Instagram.com @mrfuntripc

Gili Trawangan yang berdekatan dengan Gili Meno ini adalah salah satu tempat yang selalu dikunjungi oleh wisatawan asing. Ketika Anda berkunjung Anda akan melihat lebih banyak wisatawan asing yang berjalan dan memenuhi jalan di Gili Trawangan.

BACA JUGA:  11 Tempat Wisata di Lombok Utara Terbaru & Terhits Buat Liburan

Di Gili Trawangan banyak penginapan yang disediakan untuk Anda. Selain itu Anda bisa snorkeling dan diving di sekitar pantai dan dapat menikmati wisata bawah laut yang indah.

Harga Tiket: Mulai Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gili Indah, Kec Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

17. Gili Air

Gili Air
Image Credit: Instagram.com @rajasalim_giliair

Gili Air tidak setenar Gili Trawangan. Gili Air juga memiliki banyak fasilitas lengkap dengan keindahan yang tidak kalah dengan pesona Gili lainnya.

Bedanya dengan Gili lainnya Gili Air ini memiliki pengunjung lebih sedikit sehingga lebih tenang dan sunyi untuk Anda pecinta kesunyian. Anda bisa snorkeling dengan pemandangan bawah laut yang menawan.

Harga Tiket: Mulai Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gili Indah, Kec. Pemenang, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

18. Gili Kedis

Gili Kedis
Image Credit: Google Maps (northabroad)

Gili ini merupakan pulau yang sangat kecil dan tidak berpenghuni. kurangnya informasi mengenai gili kecil nan indah indah ini membuat tempat wisata ini kadang sepi dari pengunjung. Di gili ini Anda bisa snorkeling diving dan bermain air sepuas hati.

Di Gili Kedis ini Anda akan menemukan banyak ikan-ikan kecil dan banyak jenis biota laut. Gili kecil ini hanya terdapat beberapa pohon di tengah pulaunya. Hamparan pasir putihnya bisa membuat Anda betah untuk berlama-lama di pulau ini.

Harga Tiket: Mulai Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sekotong Barat, Kec. Sekotong Tengah, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

19. Kebun Stroberi Sembalun

Kebun Stroberi Sembalun
Image Credit: Google Maps (Indah Puritiara)

Di Sembalun Anda akan menemukan banyak petani stroberi yang membuka lahannya untuk pengunjung. Anda dapat memetik sendiri buah stroberi di sini dan bisa memakannya sepuasnya.

Setelah selesai memetik buah yang Anda petik akan ditakar dan akan diberikan tarif dengan harga terjangkau. Selain memetik stroberi sendiri, di Sembalun juga menyediakan banyak spot foto yang tidak jauh dari lokasi ini.

Harga Tiket: Mulai Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sembalun Lawangz, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

20. Kebun Apel Sembalun

Kebun Apel Sembalun
Image Credit: Google Maps (Arya Dirgantara)

Kebun Apel ini berada tidak jauh dari kebun stoberi. Saat berbuah, kebun ini selalu ramai oleh pengunjung. Anda akan diberikan tarif masuk sekitar Rp 25.000 perorang. Anda dapat menikmati Apel sepuasnya di dalam kebun tapi tidak boleh membawa pulang apel.

Jika Anda ingin membawa pulang Anda bisa memetik sendiri dan Anda kan diberikan harga perkilo untuk apel yang dipetik.

Harga Tiket: Mulai Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

21. Lombok Wild Life Park

Lombok Wild Life Park
Image Credit: Google Maps (Ekha Pinkholic)

Kebun binatang di pulau Lombok ini ramai menjadi sorotan semenjak dibukanya beberapa tahun lalu. Lokasi dengan luas 4 hektar ini menyimpan kurang lebih 60 jenis hewan-hewan langka. Termasuk monyet, badak, gajah dan beraneka macam burung dan ular.

Di kebun binatang ini Anda akan dapat berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang ada di dalam kebun binatang ini. Tentunya akan dibantu oleh guide yang ada di lokasi.

Harga Tiket: Mulai Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sigar Penjalin, Kec. Tanjung, Kab. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

22. Taman Narmada

Taman Narmada
Image Credit: Instagram.com @skykikkib

Taman Narmada ini sangat terkenal di kalangan para anak muda di Lombok. Taman cantik dengan luas 3 hektar ini konon ceritanya adalah taman seorang raja.

Di taman ini terdapat kolam yang sudah ada semenjak zaman kerajaan dahulu. Di taman ini juga ada sebuah pura yang di dalamnya terdapat air suci. Dimana pura ini merupakan pura yang sengaja dibuat untuk ritual raja yang sudah sepuh.

Harga Tiket: Mulai Rp 4.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Lembuak, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

23. Air Terjun Mangkusakti

Air Terjun Mangkusakti
Image Credit: Google Maps (Sahidin Pandapotan Lubis)

Air terjun ini berada di tengah hutan dan di bawah kaki Gunung Rinjani. Air ini berasal langsung dari sumber aslinya yaitu Danau Segara Anak.

Keindahan tersembunyi dari Air Terjun ini selalu ramai dikunjungi wisatawan asing karena keindahannya yang antimaintream.

Harga Tiket: Mulai Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bilok Petung, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

24. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Image Credit: Google Maps (Syaihu Kyousuke)

Air terjun bertingkat ini berada Kabupaten Lombok Utara. Untuk sampai ke air terjun yang indah ini Anda harus melewati hutan dan sungai.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan ketinggian 5 meter untuk air terjun pertamanya. Karena keindahannya yang menawan hati Air Terjun Sedang Gile ini, meski harus menyusuri jalan yang curam banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Harga Tiket: Mulai Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara. Nusa Tenggara Barat.

25. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja
Image Credit: Google Maps (Bang Arian)

Air terjun kembar berdampingan ini adalah Air Terjun Tiu Teja dan Tiu Skeper. Dinamakan oleh warga karena memiliki dua aliran air terjun yang jatuh dari atas tebing. Menurut beberapa orang Air Terjun Tiu Teja ini merupakan air terjun tertinggi di Lombok.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lombok Barat Terbaru & Terhits Buat Liburan

Teja berarti pelangi. Anda dapat menyaksikan pelangi dari bias air terjun yang jatuh dan terkena sinar matahari. Air terjun ini sangat menyegarkan dan jernih.

Harga Tiket: Mulai Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Santong, Kec. Kayangan, Kab. Lombok Utara. Nusa Tenggara Barat.

26. Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep
Image Credit: Google Maps (Vampire Luph)

Air Terjun ini adalah Air Terjun terpopuler di Lombok. Tidak hanya keren, namun Tiu Kelep ini memberikan keindahan yang luar biasa bagi orang yang mengunjungi. Air terjun ini juga berasal dari Danau Segara Anak Gunung Rinjani.

Untuk sampai ke Air terjun ini Anda harus menyusuri jalan dengan anak tangga yang curam dan tinggi. Anda harus berhati-hati jika datang saat musim hujan.

Harga Tiket: Mulai Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara. Nusa Tenggara Barat.

27. Air Terjun Tiu Pupus

Air Terjun Tiu Pupus
Image Credit: Google Maps (Adinda Rumani)

Air Terjun dengan ketinggian 50 meter ini memiliki kolam di bawahnya dengan kedalaman kurang lebih 4 meter. Ada fasilitas berupa warung tempat makan dan minum.

Air yang mengalir jatuh ke bawah melewati akar-akar pepohonan yang berada di tebing air terjun ini. Karena tidak banyak di datangi wisatawan Air Terjun Tiu Pupus masih terpelihara kecantikannya.

Harga Tiket: Mulai Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Genggelang, Kec. Gangga, Kab. Lombok Utara. Nusa Tenggara Barat.

28. Desa Wisata Sade

Desa Wisata Sade
Image Credit: Facebook.com @Lombok1000

Desa wisata ini merupakan Desa yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Sasak. Di Desa ini penduduk masih tinggal di sebuah rumah yang beratapkan jerami yang merupakan rumah tradisional Sasak.

Rumah ini diberikan nama Bale, dimana bale ini dibagi menjadi tiga kasta. Di desa wisata ini menyediakan beberapa oleh-oleh dan kain tenun sasak yang langsung di tenun oleh tetua-tetua di desa ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Rembitan, kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah. Nusa Tenggara Barat.

29. Bukit Savana

Bukit Savana
Image Credit: Google Maps (Savana Propok lombok)

Di atas puncak bukit ini Anda akan diberikan suasana lokasi seperti padang savana yang luas dan mempesona. Selain menikmati indahnya bukit dan membangun tenda, Anda juga bisa menikmati sunset yang indah di ketinggian bukit ini.

Selain itu, saat malam hari anda bisa menikmati indahnya cahaya bintang dan cahaya lampu masyarakat sembalun yang menakjubkan dari tempat ini.

Harga Tiket: Mulai Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:Jl. Bebidas, Kec. Wanasaba, Kab. Lombok. Nusa Tenggara Barat.

30. Bukit Batu Idung

Bukit Batu Idung
Image Credit: Google Maps (Lalu Zul Apriadi)

Bukit ini selalu diramaikan oleh anak muda di saat weekend maupun weekdays. Tempat ini terbaik untuk menantikan sunset di Lombok. Anda juga dapat menyaksikan pemadangan menawan Lombok Barat dari atas ketinggian.

Ada beberapa spot foto yang selalu menjadi antrian. Ada sebuah ayunan di pinggir bukit yang bertuliskan Bukit Batu Idung. Berfoto di ayunan ini dengan backround sawah dan pedesaan terlihat sangat menakjubkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jembatan Kembar, Kec. Lembar, Kab. Lombok. Nusa Tenggara Barat.

31. Bukit Pergasingan

Bukit Pergasingan
Image Credit: Google Maps (Tukang Ngeloose Diecast)

Bukit ini merupakan tempat untuk menikmati Gunung Rinjani dari kejauhan. Dari bukit ini Anda dapat menikmati keindahan Desa Sembalun yang keren.

Di Bukit Pergasingan ini Anda akan menikmati pedesaan, hutan dan persawahan yang ada di bawah bukit ini. Banyak pendaki yang mendirikan tenda dan bermalam di atas bukit ini.

Harga Tiket: Mulai Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok. Nusa Tenggara Barat.

32. Bukit Nanggi

Bukit Nanggi
Image Credit: Google Maps (Bukit Nanggi)

Dari atas bukit ini Anda akan dapat menikmati hamparan awan putih yang berarak indah sebagai daya tarik utamanya. Beberapa pendaki menyebut bukit ini dengan sebutan Negeri di Atas Awan.

Awan ini akan Anda nikmati di atas puncak Nanggi saat matahari mulai terbit. Bukit ini merupakan bukit tertinggi dengan ketinggian 2300 mdpl berada di kaki Gunung Rinjani.

Harga Tiket: Mulai Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:Jl. Sembalun, Kec. Sambelia, Kab. Lombok. Nusa Tenggara Barat.

33. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Image Credit: Instagram.com @kholilsubagja

Gunung ini merupakan tempat populer bagi pendaki. Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini menjadi panorama yang sangat terkenal di Lombok. Di gunung ini terdapat Danau Segara Anak yang merupakan sumber air minum bagi masyarakat Lombok.

Selain sebagai sumber mata air Danau Segara Anak Rinjani juga memiliki sumber ikan yang tidak ada habisnya. Setiap pendaki selalu memancing dan berkemah di tempat ini jika tidak ingin melanjutkan hingga ke puncak Rinjani.

Harga Tiket: Mulai Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Itulah beberapa tempat wisata dengan sejuta keindahan di pulau Lombok yang menarik Anda jelajahi. Setiap objek wisata memiliki keunikan dan kemewahan alam yang memikat bagi wisatawan.