20 Tempat Wisata di Labuan Bajo Terbaru & Terhits Buat Liburan

20 Tempat Wisata di Labuan Bajo Terbaru & Terhits Buat Liburan

Nama Labuan Bajo perlahan semakin dikenal wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Bukan hal yang mengherankan karena memang pesona yang ditawarkan sangat luar biasa. Terutama untuk anda yang gemar mengunjungi destinasi bahari yang eksotis. Berikut beberapa tempat wisata di Labuan Bajo yang harus anda kunjungi saat musim liburan.

1. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo
Photo by Instagram Edi Muhammad Yamin

Memulai perjalanan di Labuan Bajo, anda bisa menjadikan Wae Rebo sebagai tujuan. Desa satu ini sangat kondang dan juga menjadi bagian dari ikon wisata di NTT. Desa adat Wae Rebo berada di ketinggian, membuat para pengunjung seakan sedang di atas awan. Rumah rumah adat yang unik berjajar rapi yang membuat pesonanya makin luar biasa.

Tidak hanya bisa menikmati pemandangan yang memanjakan mata, anda juga akan mengenal lebih dekat budaya dari suku Manggarai. Karena hingga kini suku ini masih sangat menjaga budaya dan adatnya. Menghabiskan waktu di desa ini anda bisa mengambil pembelajaran baru mengingat masyarakat setempat sangat ramah dengan wisatawan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Satar Lenda, Kec. Satar Mese Barat, Kab. Manggarai, Nusa Tenggara Tim.

2. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu
Photo by Instagram Annography

Destinasi andalan selanjutnya yaitu Danau Kelimutu yang sudah terkenal sejak lama. Di kawasan gunung Kelimutu memang terdapat 3 danau yang warnanya bisa berubah ubah di waktu tertentu. Keunikan inilah yang akhirnya menjadi daya tarik utama dari danau menakjubkan ini. Bukan hanya itu danau ini juga menyimpan legenda dan mitos yang menarik.

Harga Tiket: 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Woloara, Kec. Kelimutu, Kab. Ende, Nusa Tenggara Timur.

3. Sawah Lingko

Sawah Lingko
Photo by Instagram Tukang Jalan

Kenapa sawah bisa menjadi tempat wisata yang menarik? Karena sawah yang akan anda temukan di daerah Labuan Bajo akan berbeda dengan yang lainnya. Persawahan ini memiliki tata ruang juga komposisi yang sangat unik. Membuatnya terlihat seperti jaring laba laba dan melingkar hijau menyejukkan mata. Suasana pedesaan yang asri juga sangat terasa di tempat ini.

Harga Tiket: 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Meler, Kec. Ruteng, Kab. Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

4. Pulau Komodo

Pulau Komodo
Photo by Instagram Annelies | Conscious Travel

Tidak lengkap rasanya jika ke Labuan Bajo tidak singgah ke Pulau Komodo. Seperti namanya, anda memang akan berjumpa dengan hewan purba satu ini. Di Pulau Komodo ada setidaknya 2500 ekor komodo yang tinggal dan berkembang. Dengan begitu anda bisa berjumpa dengan hewan ini langsung di habitat aslinya.

Eksotisme yang dimiliki Pulau Komodo juga tak kalah menarik untuk anda jelajahi. Di sekitar pulau ada banyak pulau pulau kecil dengan panorama laut biru yang indah. Taman Nasional Komodo juga bisa anda jadikan tujuan yang di dalamnya juga terdapat banyak flora beragam. Yang jelas anda tidak akan menyesal sudah mampir ke pulau ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

5. Pulau Padar

Pulau Padar
Photo by Instagram Lian Bara

Di daerah ini memang anda bisa puas untuk menjelajah setiap pulaunya. Mengingat setiap pulau selalu menghadirkan pesona yang berbeda. Pulau Padar misalnya, pulau ini termasuk yang paling kondang di Labuan Bajo. Menjadi pulau terbesar ketiga yang ada di Kawasan Taman Nasional Komodo, pesona yang ditawarkan akan membuat anda terbius.

Memang destinasi ini termasuk mainstream, tapi anda tak akan menyesal untuk mengunjunginya. Pemandangan khas NTT akan disajikan ketika anda menginjakkan kaki di tempat ini. Hamparan laut biru dengan padang savana yang membuat anda berdecak kagum. Apalagi ketika anda sampai di puncak setelah menaiki anak tangga, cantiknya luar biasa.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Tim.

6. Pulau Rinca

Pulau Rinca
Photo by Instagram lacecilehotel

Pulau Rinca juga tak kalah menarik untuk anda jadikan tujuan liburan berikutnya. Terutama untuk anda yang suka tracking, destinasi satu ini sangat direkomendasikan. Panorama perbukitan dengan hamparan laut biru yang indah bisa anda temukan. Menariknya anda bisa mengadopsi tanaman bakau untuk turut serta dalam melestarikan lingkungan.

Harga Tiket: 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

7. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa
Photo by Twitter Gudang Furniture

Selain pulau-pulau besar lainnya, Labuan Bajo juga masih memiliki Pulau Kanawa yang tak kalah indah. Pulau ini terbilang masih asri dengan panorama bahari yang membuat takjub. Terutama keindahan bawah lautnya yang masih terjaga keasliannya. Bagi anda yang suka diving ataupun snorkeling, pastikan tidak sampai melewatkan Pulau Kanawa.

Keindahan terumbu karang juga biota lautnya benar benar beragam dan sangat cantik. Airnya yang jernih dengan warna biru dan pasir putih lembut membuat pulau ini terkenal di kalangan wisatawan. Terutama dikenal sebagai spot snorkeling dengan panorama juara. Liburan di kawasan ini jangan sampai melewatkan pulau cantik ini.

Harga Tiket: 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

8. Taka Makassar

Taka Makassar
Photo by Instagram Dina Mustika

Taka Makassar juga harus masuk ke dalam daftar liburan anda saat di Labuan Bajo. Pulau kecil ini termasuk dalam pulau yang tidak berpenghuni. Soal pemandangannya, anda tak perlu khawatir karena anda akan disuguhkan hamparan pasir putih yang berpadu dengan birunya laut. Walaupun luasnya tak jauh berbeda dengan sebuah lapangan sepak bola.

Menariknya, pulau cantik ini hanya akan muncul ketika laut sedang surut. Sekilas mirip dengan Pasir Timbul yang berada di Raja Ampat. Dan yang membuat Taka Makassar istimewa adalah airnya yang begitu bersih. Sehingga pengunjung bisa puas untuk berenang, snorkeling maupun diving. Mengingat koral di sekeliling pulau juga sangat indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taka makassa, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

9. Manta Point

Photo by Instagram Hempaskan penatmu

Apakah anda pecinta kegiatan diving? Jika iya anda harus mampir ke Manta Point. Surganya para pecinta keindahan bawah laut yang tak boleh dilewatkan. Jika beruntung anda bisa berenang dengan ikan Manta yang merupakan biota laut dilindungi. Bahkan anda bisa berinteraksi dengan ikan pari khas Indonesia ini. Keindahan terumbu karangnya juga akan siap membius anda.

Harga Tiket: 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Komodo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

10. Pink Beach

Pink Beach
Photo by Twitter ◡̈ i c h a

Satu lagi spot wisata yang wajib untuk dikunjungi yakni Pink Beach. Pink Beach sendiri berada di kawasan Pulau Komodo. Seperti namanya, pantai ini memang memiliki pasir yang warnanya pink. Warna pink ini sendiri hadir karena hewan Foraminifera yang bisa memberikan warna merah pada koralnya.

Dan perpaduan koral merah juga putih inilah yang bisa membuat pasir pantai ini berwarna pink. Airnya yang jernih dengan ombaknya yang cukup tenang menjadikan pantai ini cocok untuk bersantai. Perbukitan hijau yang mengelilinginya semakin menambah cantik pantai ini. Snorkeling di Pink Beach juga bukanlah pilihan yang buruk untuk menghabiskan waktu.

Harga Tiket: 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

11. Pulau Kelor

Pulau Kelor
Photo by Instagram Bajo Indonesia

Biasanya Pulau Kelor adalah tujuan terakhir dalam rangkaian Sail Komodo. Lokasinya memang tak jauh dari Labuan Bajo, hanya membutuhkan sekitar 40 menit dengan menggunakan speed boat. Kegiatan yang bisa anda lakukan ketika singgah di pulau ini tentu sangat banyak. Mulai dari trekking ke puncak bukit hingga snorkeling di perairannya.

Keindahan yang dimiliki Pulau Kelor ini memang tidak akan membuat anda menyesal. Bukan hanya daratannya saja, anda juga akan dibuat terpesona dengan bawah lautnya. Karena pesonanya tak jarang para pengunjung memilih untuk mendirikan tenda. Rasanya jika hanya sebentar singgah di Pulau Kelor sangat sayang dan memang membuat betah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Putih, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

12. Gili Laba

Gili Laba
Photo by Instagram Maureen T. Rustandi

Gili Laba termasuk pulau kecil di Taman Nasional Komodo yang kondang dengan keindahan alamnya. Kemolekan perbukitan hijau yang dipadukan dengan laut biru memang luar biasa. Ketika musim kemarau tiba, perbukitan hijau ini akan berubah menjadi pasang savana bak di Afrika. Jika anda berburu spot instagramable, maka Gili Laba akan masuk di dalam rekomendasinya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

13. Bukit Cinta Labuan Bajo

Bukit Cinta Labuan Bajo
Photo by Instagram hilwantari mugi prayogi

Dinamakan dengan Bukit Cinta, karena pemandangan yang bisa anda dapatkan sangat romantis dan menawan. Bukit yang bentuknya setengah lingkaran ini memang langsung berbatasan dengan laut. Suasananya makin cantik ketika matahari akan terbenam. Karena Bukit Cinta memang menjadi spot yang sangat cocok untuk berburu senja.

Harga Tiket: 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

14. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari labuan bajo
Photo by Twitter TravellerKaskus.com

Titik snorkeling yang tak boleh anda lewatkan berikutnya adalah Pulau Bidadari. Keindahan alam dari Pulau Bidadari masih terbilang masih sangat alami. Sehingga ketika anda menjelajah pulau ini, anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Baik bawah laut hingga bentang alamnya akan membuat anda terpesona akan keindahannya.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

15. Bukit Sylvia

Bukit Sylvia
Photo by Instagram Cahaya

Rasanya tidak lengkap jika anda singgah ke Labuan Bajo tapi tidak mampir ke Bukit Sylvia. Pemandangan yang dihadirkan di bukit akan membuat anda terpesona. Terutama ketika sedang menyaksikan sunrise dan sunset. Karena tidak terhalang bangunan apapun, anda bisa menikmati panoramanya dengan leluasa. Pemandangan bukit savana luas juga bisa anda dapatkan di sini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

16. Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin
Photo by Twitter Wira

Sudah puas menjelajah destinasi bahari, kini saatnya untuk mengunjungi Goa Batu Cermin. Goa ini memiliki pesona yang tak bisa anda abaikan begitu saja. Ketika memasuki goa ini, sinar matahari yang masuk celah celah akan terpantul pada dinding gua. Inilah yang membuatnya seperti cermin dan memberikan keindahan yang membuat siapapun tersihir.

Harga Tiket: 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Cermin, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

17. Goa Rangko

Goa Rangko
Photo by Instagram Wiwin M. WinReds

Lain dengan Goa Batu Cermin, di Goa Rangko anda bisa menikmati berenang di kolam pribadi. Di dalam goa ini memang terdapat sebuah cerikan yang merupakan air asin yang sangat jernih. Anda bisa mengambang sembari menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang cantik. Anda bisa datang ketika pagi hari atau saat matahari masuk ke dalam gua agar tidak gelap.

Harga Tiket: 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Boleng, Kec. Boleng, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

18. Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang
Photo by Twitter Sofyan Effendi

Labuan Bajo juga memiliki air terjun yang memiliki pesona tak kalah indahnya. Berada di dalam hutan dengan ketinggian sekitar 2000 mdpl, pemandangan yang dihadirkan akan membuat terpana. Panoramanya mirip dengan Green Canyon yang kondang tersebut. Karena tersembunyi di bebatuan eksotis dan anda bisa menantang adrenalin dengan memanjat sisi air terjun untuk loncat dari ketinggian.

Harga Tiket: 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pota Wangka, Kec. Boleng, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

19. Atol Mangiatan

Atol Mangiatan
Photo by Instagram Aris Koswara

Atol adalah sebuah pulau karang yang biasanya berbentuk lingkaran. Dan umumnya ditengahnya akan terdapat laguna atau danau. Dan di Labuan Bajo anda akan menemukan Atol Mangiatan yang menawarkan pesona luar biasa. Rasanya tidak lengkap jika tidak singgah melihat tempat eksotis ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

20. Pantai Lariti

Pantai Lariti
Photo by Google Maps Rendra Dwiariaguna

Pantai Lariti bisa dijadikan penutup perjalanan anda menjelajah Labuan Bajo. Pantai ini memiliki pasir putih yang begitu menakjubkan. Selain itu juga masih sangat terjaga keindahannya dan keasliannya. Walaupun demikian, fasilitas yang ditawarkan sudah bisa dikatakan lengkap. Pantai Lariti akan membuat anda betah dan enggan untuk pulang.

Harga Tiket: 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Soro, Kec. Lambu, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

Itulah beberapa objek wisata hits di Labuan Bajo yang bisa anda jadikan tujuan liburan. Kebanyakan tempat wisata memang didominasi oleh pantai yang cantik. Tapi siapa yang menyangka jika kawasan ini juga menawarkan air terjun hingga goa yang eksotis. Yang jelas, jika ada kesempatan pastikan menjelajah setiap sudut dari Labuan Bajo ini.