Sebagai ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kupang merupakan pusat berbagai kegiatan di provinsi tersebut. Tidak hanya itu saja, kota ini pun menawarkan segudang destinasi pariwisata yang mampu membius para turis lokal hingga mancanegara dengan keunikan dan pesonanya. Apa saja tempat wisata hits di Kupang dan menjadi favorit wisatawan? Berikut beberapa di antaranya yang wajib masuk list liburan Anda.

1. Pantai Batu Nona Kupang

Pantai Batu Nona Kupang
Image Credit: Twitter.com @VisitJambi

Nusa Tenggara Timur memiliki banyak sekali pantai pantai indah yang patut dijelajahi, termasuk daerah Kupang. Salah satu destinasi bahari yang bisa Anda jadikan tujuan liburan di sini yaitu Pantai Batu Nona. Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang begitu rupawan, pantai satu ini juga memiliki kisah unik di balik penamaannya.

Sedikit tragis, konon diceritakan bahwa dahulu kala ada seorang gadis cantik yang sengaja menjatuhkan dirinya sendiri dari tebing berketinggian sekitar 15 meter yang berada tidak jauh dari pantai, karena putus cinta dan merasa frustasi. Jasadnya tidak pernah ditemukan, namun anehnya muncul batu setinggi 2 meter yang berbentuk menyerupai seorang gadis.

Masyarakat sekitar menyebut batu tersebut dengan nama Batu Nona, sehingga pantai ini pun pada akhirnya diberi nama Pantai Batu Nona. Seiring berjalannya waktu, Batu Nona semakin terkikis oleh ombak. Namun pemerintah setempat telah membangun ulang patung serupa, dengan maksud agar legenda tetap hidup. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai tersebut.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lasiana, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

2. Pantai Manikin

Pantai Manikin
Image Credit: Twitter.com @PersFakta

Objek wisata berikutnya masih seputar pantai dan tentunya juga tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Karena Pantai Manikin ini acap kali masuk ke dalam wishlist tujuan liburan bagi para wisatawan. Pasalnya ada pemandangan unik yang bisa dilihat apabila Anda berkunjung kemari pada sore hari.

Dimana ketika air pantai tengah surut, jutaan batu koral yang sudah bercampur dengan bongkahan batu akik akan terlihat menghampar di bibir pantai yang telah ditinggalkan air. Dengan pengambilan angle yang tepat, hamparan aneka bebatuan di garis pantai yang membentang sejauh 3 meter ini menjadi objek foto yang begitu epic.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tarus, Kec. Kupang Tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

3. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang
Image Credit: Twitter.com @detikcom

Memiliki garis pantai yang lebih panjang dari Pantai Manikin, kegiatan menyusuri pantai menjadi kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan di kawasan Pantai Pasir Panjang ini. Yang mana Anda dapat menikmati indahnya panorama alam khas pantai tanpa harus berdesak desakan dengan pengunjung lain, ketika bertandang ke objek wisata yang ada di daerah Kelapa Lima tersebut.

Apalagi Pantai Pasir Panjang sendiri mempunyai suasana yang begitu damai dan tenang, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Dijamin sangat cocok bagi Anda yang sedang butuh refreshing untuk menghilangkan penat. Selain menikmati keindahan alamnya, berbagai aktivitas pantai lain bisa dilakukan di sini. Seperti bermain volly pantai sampai bermain sepak bola.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

4. Pantai Lasiana

Pantai Lasiana
Image Credit: Twitter.com @PastorGilbertL

Pantai Lasiana menjadi salah satu tempat wisata selanjutnya yang patut masuk ke dalam daftar kunjungan Anda selama berlibur di sana. Terlebih jaraknya hanya sekitar 12 kilometer saja dari arah pusat kota Kupang. Sehingga sangat mudah untuk mengunjungi lokasi wisata tersebut, dan akses jalannya pun terbilang cukup mudah untuk dilalui.

Pantai Lasiana sendiri memiliki keunggulan dari panorama alamnya yang sangat menyegarkan, dengan perpaduan pasir putih yang terlihat begitu kontras dengan jernih dan birunya air laut. Belum lagi dengan jejeran pohon kelapa dan pohon lontar yang mengelilingi pantai, membuatnya berkesan lebih segar dan sejuk.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lasiana, Kec. Kupang Tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

5. Pantai Koepan

Pantai Koepan
Image Credit: Facebook.com @herry.o.raga

Ingin mencari lokasi terbaik untuk menikmati senja di Kupang? Maka datanglah ke Pantai Koepan yang berada di kawasan Kota Lama. Pantai yang berada di teluk Kupang ini bahkan selalu dipadati oleh warga sekitar dan wisatawan saat menjelang saja. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk melihat pemandangan matahari tenggelam yang tampak begitu eksotis dari sini.

Selain itu, hal yang khas dari Pantai Koepan adalah terdapat tiang-tiang pelabuhan lama Kupang di sana. Pelabuhan tersebut dulunya dibangun pada tahun 1645 an oleh bangsa Portugis saat menjajah di Indonesia. Banyak yang menjadikan tiang tiang tersebut sebagai spot foto ketika berada di Pantai Koepan ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lahilai Bissi Kopan, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

6. Pantai Kelapa Tinggi

Pantai Kelapa Tinggi
Image Credit: Google Maps (Christopher Raymond)

Destinasi hits selanjutnya yaitu Pantai Kelapa Tinggi yang ada di daerah Desa Mata Air. Sesuai dengan namanya, pantai satu ini dihiasi dengan rumbai rumbai daun pohon kelapa yang membuatnya terlihat rindang. Selain nyiur, Pantai Kelapa Tinggi juga memiliki pesona dari semilir anginnya yang begitu menenangkan.

Membuat pantai satu ini menjadi salah satu tempat yang sangat cocok untuk menjernihkan pikiran dan melepas penat dari lelahnya aktivitas sehari hari. Ditambah dengan deburan ombak yang memancarkan suasana majestic tersendiri, sehingga mampu menghipnotis siapapun yang berkunjung kemari.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mata Air, Kec. Kupang Tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

7. Pantai Nunsui

Pantai Nunsui
Image Credit: twitter.com @palingindonesia

Beda pantai maka beda pula karakteristik yang dimiliki. Pun dengan Pantai Nunsui satu ini yang ada di kawasan Kelapa Lima. Pantai ini mempunyai karakteristik yang landai dengan tampilan banyak batu batu berserakan. Menariknya, batu yang tidak tersusun rapi tersebut membuatnya menjadi objek foto menarik di tangkapan kamera.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Oesapa, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

8. Pantai Tablolong

Pantai Tablolong
Image Credit: Google Maps (Berbagifun Family)

Nusa Tenggara Timur, khususnya Kupang memang layak disebut sebagai surga wisata bahari. Karena tidak henti hentinya daerah ini menawarkan wisata pantai apik, seperti pada Pantai Tablolong. Pantai ini merupakan jalur migrasi ikan menuju ke Laut Sawu dari perairan laut Timor, sehingga snorkeling dan diving menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan di sini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tablolong, Kec. Kupang Barat, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

9. Pantai Neam

Pantai Neam
Image Credit: Facebook.com @jejakmatabackpackers

Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, ada surga tersembunyi bernama Pantai Neam. Karena letaknya tersembunyi, pantai tersebut masih begitu asri dan alami sehingga keindahan alamnya tak tertandingi. Suasana eksotis menjelang senja di Pantai Neam bahkan bisa membuat Anda terhipnotis dan semakin betah berada di sana.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

10. Pantai Oesapa

Pantai Oesapa
Image Credit: Facebook.com @gunarto.song.3

Pantai Oesapa bisa dibilang sebagai pantainya anak muda, karena kebanyakan warga yang datang ke sini merupakan kawula muda kota Kupang. Hal ini mungkin karena area pantai telah disulap menjadi tempat nongkrong yang nyaman dan unik, dimana ada banyak gazebo serta kursi warna warni yang instagenic sebagai spot foto.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Oesapa, Kec. Kelapa Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

11. Pantai Namosain

Pantai Namosain
Image Credit: Google Maps (Palti Laitera)

Jika biasanya padang savana akan ditemukan di area perbukitan. Namun di Pantai Namosain, Anda juga bisa menemukan padang savana luas nan indah yang akan membuat Anda tidak berhenti mengaguminya. Tentu pemandangan savana yang berpadu dengan air laut akan menjadi hal unik yang sangat jarang untuk ditemukan di daerah lain.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pahlawan, Namosain, Kec. Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

12. Pulau Kera

Pulau Kera
Image Credit: Google Maps (Carine)

Walaupun nama destinasi ini adalah Pulau Kera, namun tempat tersebut bukan berupa pulau yang dipenuhi dengan kera. Bahkan bisa dibilang bahwa tidak ada kera atau monyet yang dapat Anda temui di sini. Meski demikian, keindahan panorama pantai berpasir putih yang berpadu dengan air laut jernih di sini sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Uiasa, Keca. Semau, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur.

13. Kupang Waterpark

Kupang Waterpark
Image Credit: Google Maps (Kartoni Banhim)

Masih membahas wisata bahari, ada juga wisata air yang bukan merupakan pantai di sini yaitu Kupang Waterpark. Destinasi yang ada di kawasan Oebufu ini menawarkan banyak sekali wahana permainan air. Tidak tanggung tanggung, jumlahnya lebih dari 22 wahana yang dapat dinikmati oleh anak anak maupun orang dewasa.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Oebufu, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

14. Subasuka Waterpark

Subasuka Waterpark
Image Credit: Google Maps (Bram Panzer)

Selain Kupang Waterpark, wisata taman air lainnya yang juga bisa Anda kunjungi untuk liburan keluarga adalah Subasuka Waterpark yang bertempat di kawasan Pasir Panjang. Di sini juga tersedia banyak wahana permainan, seperti kolam renang, plaza air mancur, dan family raising yang ditempatkan tidak jauh dari bibir pantai.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Kec. Kota Lama, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

15. Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu
Image Credit: Google Maps (Markus Ely Manafe)

Tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi yakni Air Terjun Oenesu. Menariknya, air terjun ini tidak pernah kering meskipun di musim kemarau. Padahal Kupang terkenal sebagai wilayah yang cukup panas dan juga gersang. Inilah kenapa Air Terjun Oenesu mampu memikat para wisatawan setiap kali berkunjung ke kota ini.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Oenesu, Kec. Kupang Barat, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

16. Air Terjun Tesbatan

Air Terjun Tesbatan
Image Credit: Google Maps (Nofi Isnaini)

Air terjun yang tidak kalah menarik dari Oenesu ini berada di kawasan Amarasi. Dimana Anda akan langsung disambut dengan hutan yang memiliki jalan setapak kecil saat pertama kali tiba di area wisata. Yang membuat Air Terjun Tesbatan ini terkenal adalah air terjunnya yang begitu indah dengan dinding lebar dan pepohonan rimbun di kiri dan kanannya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tesbatan, Kec. Amarasi, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

17. Gua Kristal

Gua Kristal
Image Credit: Twitter.com @jejakkudotco

Ingin bermain air dengan cara yang lebih unik dan seru, Anda bisa berkunjung ke Gua Kristal yang ada di daerah Kupang Barat. Gua ini sendiri diberi nama kristal lantaran terdapat ribuan liter air yang ada di dasar gua, yang mana airnya tersebut begitu jernih layaknya kristal. Hal ini membuat Gua Kristal begitu populer sampai ke kancah mancanegara.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bolok, Kec. Kupang Barat, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

18. Taman Rekreasi Gua Monyet

Taman Rekreasi Gua Monyet
Image Credit: Google Maps (Yeanry Olang)

Destinasi berikutnya sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang menginginkan suasana teduh saat matahari sedang terik teriknya bersinar di kota Kupang. Karena suasana taman ini memang begitu rindang dan sejuk. Apalagi monyet monyet yang ada di sini pun cukup bersahabat, sehingga Anda tidak perlu khawatir diganggu selama berjalan jalan di sana.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Alak, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

19. Taman Nostalgia

Taman Nostalgia
Image Credit: Google Maps (Agustiana Situmorang)

Selain Taman Rekreasi Gua Monyet, ada juga Taman Nostalgia yang bisa Anda jelajahi jika kebetulan berada di pusat kota Kupang. Warga sekitar sendiri sangat sering menghabiskan waktu sore hari mereka di taman ini. Dimana Taman Nostalgia tersebut menyediakan jogging track, monumen Gong Perdamaian Nusantara, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Oebufu, Kec. Oebobo, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

20. Bukit Cinta

Bukit Cinta
Image Credit: Twitter.com @kamerabudaya

Berada tidak jauh dari Bandara El Tari, sempatkan diri untuk mengunjungi bukit berbatu cantik yang diberi nama Bukit Cinta ini. Pasalnya wisata alam satu ini memang sangat unik, sebab letaknya berada di atas kumpulan goa kecil yang merupakan peninggalan penjajah Belanda. Waktu terbaik untuk berkunjung ke bukit ini adalah ketika sore hari, ketika senja menyapa rumput hijaunya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Prof. Dr. Herman Johanes, Penfui, Kec. Kupang Tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Itulah beberapa tempat wisata yang populer di Kupang untuk Anda kunjungi selama berlibur di sana. Masing masing destinasi memiliki pesona dan keindahannya tersendiri, sehingga jika ada waktu lebih, akan lebih baik apabila Anda menjelajahi setiap wisata yang telah disebutkan. Sudah siap berlibur dan menjelajah kota Kupang?