Inilah Daftar Tempat Wisata Menarik dan Populer di Klungkung, Bali. Objek Wisata Alam Terbaru, Terhits dan Kekinian yang Patut Anda Kunjungi Ketika Ingin Berlibur ke Pulau Dewata.

Kabupaten Klungkung terkenal dengan masyarakatnya yang ramah-ramah kepada para wisatawan yang datang. Daerah timur Bali ini memang memiliki banyak tempat wisata menarik yang sering dijadikan destinasi liburan, baik oleh wisatawan lokal maupun asing.

Tempat wisata di Kabupaten Klungkung sendiri tersebar di daerah Klungkung, Nusa Penida, Dawan, dan Banjaran. Beberapa wilayahnya merupakan kepulauan sehingga kabupaten ini memiliki banyak objek wisata alam seperti pantai yang eksotis.

Keindahan alam di wilayah Klungkung, Bali sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Berikut adalah beberapa tempat wisata yang menarik untuk dijadikan referensi liburan di Klungkung, Bali.

1. Tirai Air Terjun Tukad Unda

Tirai Air Terjun Tukad Unda
Image Credit: Enaknyakemana.com

Tempat wisata di Kabupaten Klungkung, Bali ini banyak dikunjungi wisatawan terutama untuk hunting foto. Tukad Unda merupakan sebuah bendungan bertingkat yang membentuk air terjun buatan. Keindahan air terjunnya banyak dimanfaatkan untuk latar belakang foto.

Pengunjung bisa berjalan ke tengah untuk mendapatkan posisi yang pas untuk berfoto. Tempat wisata populer di Klungkung ini pun sering dijadikan tempat foto prewedding dengan latar belakang air terjun yang memanjang layaknya tirai.

Lokasi: Tukad Yeh Unda, Semarapura Kelod Kangin, Kec. Karangasem, Kab. Klungkung.

2. Monumen Puputan

Monumen Puputan
Image Credit: Klungkung.info

Salah satu tempat wisata di daerah Klungkung yang menarik untuk dikunjungi adalah Monumen Puputan Klungkung. Sebuah bangunan monumen yang menjulang tinggi sekitar 28 meter dapat dilihat di tempat wisata ini.

Pengunjung dapat melihat-lihat bangunan yang sudah berdiri puluhan tahun tersebut. Proses pembangunan monumen memakan waktu beberapa tahun dan kemudian diresmikan pada tahun 1992. Sekarang bangunan monumen tersebut menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang.

Lokasi: Kec. Klungkung, Semarapura Tengah, Kec. Klungkung, Kab. Klungkung.

3. Goa Jepang Klungkung

Goa Jepang Klungkung
Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Kabupaten Klungkung, Bali memiliki sebuah situs peninggalan zaman Jepang yang masih dapat dilihat hingga sekarang. Lokasinya dikenal dengan nama Goa Jepang yang dulunya merupakan markas persembunyian para tentara Jepang.

Total gua yang ada di kawasan wisata sejarah ini berjumlah 16 goa. Setiap goa saling terhubung, namun ada 2 gua yang tidak terhubung dengan gua lainnya. Goa Jepang Klungkung ini bisa dijadikan referensi wisata sejarah untuk merasakan suasana masa lalu saat perang dunia kedua.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Singaraja Buleleng Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Raya Banjarangkan, Kec. Banjarangkan, Kab. Klungkung.

4. Taman Wisata Kerta Gosa

Taman Wisata Kerta Gosa
Image Credit: Kintamani.id

Objek wisata ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu medal agung, bale kambang, dan bale kertha gosa. Daya tarik dari kawasan wisata ini adalah bangunan-bangunannya yang sangat khas dengan gaya arsitektur Bali tahun 1700an. Pengunjung yang datang biasanya harus menggunakan pakaian yang sopan dengan selendang atau sarung.

Ciri khas dari gaya arsitektur abad 17 di taman wisata ini sangat terlihat jelas di bagian bale kembang. Bangunan bale dibangun dengan sebuah kolam yang mengelilinginya. Semua bagian bangunannya menggunakan batu bata yang hingga kini masih terjaga dengan baik.

Lokasi: Jl. Kenanga No.11, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kab. Klungkung.

5. Bukit Belong Gunaksa

Bukit Belong Gunaksa
Image Credit: Instagram.com @laxmiii_sbdr

Salah satu objek wisata di daerah Klungkung, Bali yang populer adalah Bukit Belong. Tempat wisata ini menyajikan pemandangan sawah yang terhampar luas. Wisatawan dapat menikmati pemandangan tersebut dari atas sebuah bukit.

Tempat wisata Bukit Belong juga sering dijadikan tempat berkumpul atau nongkrong, terutama dari kalangan anak-anak muda. Akses jalan yang sudah baik dan bisa dilewati mobil, menjadikan tempat ini semakin banyak dikunjungi wisatawan.

Lokasi: Jl. Raya Gunaksa, Gunaksa, Kec. Dawan, Kab. Klungkung.

6. Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah
Image Credit: Instagram.com @marco_gwoz

Objek wisata Goa Lawah menyajikan pemandangan unik dengan nuansa khas Bali. Pura yang berada di kawasan ini masih digunakan oleh umat Hindu Bali untuk beberapa kegiatan keagamaan. Pengunjung yang datang pun harus berpakaian sopan dan mengenakan kain sarung untuk laki-laki serta selendang untuk perempuan.

Wisatawan juga bisa melihat bagian dalam gua yang eksotis. Gua tersebut menjadi tempat tinggal kelelawar sehingga di dalam gua dapat tercium aroma khas hewan tersebut. Suara dari ribuan kelelawar yang berdecit juga menambah daya tarik dari tempat wisata ini.

Lokasi: Jl. Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Kec. Dawan, Kab. Klungkung.

7. Sungai Melangit

Sungai Melangit
Image Credit: Raftingbali.net

Objek wisata yang satu ini menawarkan olahraga arung jeram menyusuri Sungai Melangit. Sebuah sungai sepanjang 7 km dengan bebatuan besar dan arus yang cukup deras. Jalurnya cukup memacu adrenalin dengan di beberapa titik berkelok yang membutuhkan kerja sama tim agar perahu tidak terbalik atau ada peserta yang terjatuh.

Selain menjajal rafting, wisatawan juga bisa bersantai dan menikmati pemandangan indang di anjungan tukad Melangit. Suasananya sangat segar dengan udara yang sejuk.

BACA JUGA:  Pantai Pandawa Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Lokasi: Bakas, Kec. Banjarangkan, Kab. Klungkung.

8. Angel’s Billabong

Angel's Billabong
Image Credit: Hotels.com

Masih dari Kabupaten Klungkung, Bali terdapat sebuah tempat eksotis yang begitu populer di kalangan traveler. Angel’s Billabong, objek wisata alam yang menyajikan pemandangan laut dan perbukitan batu karang.

Keunikan dari tempat wisata ini adalah adanya sebuah muara aliran air sungai yang diapit tebing karang. Air sungai yang bermuara ke laut tersebut memiliki sebuah kolam yang berbatasan langsung dengan air laut.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

9. Mata Air Tembeling

Mata Air Tembeling
Image Credit: Lovenusapenida.com

Objek wisata alam ini memiliki air yang jernih dan segar. Pengunjung dapat melepas penat dan berenang di sumber mata air Tembeling. Namun, hanya wisatawan laki-laki yang boleh berendam di kolam alami tersebut. Sedangkan untuk pengunjung wanita bisa berendam di kolam yang lain yang lebih dangkal.

Selain kolam alami yang berair jernih, kawasan wisata ini juga memiliki pemandangan yang indah. Tidak jauh dari lokasi kolam, wisatawan bisa menikmati sebuah pantai yang cukup eksotis. Sekitar kompleks kolam juga banyak dijumpai pura suci seperti Pura Pancuhan, Pura Persimpanan Ratu Kanjeng, dan Pura Batu Bolong.

Lokasi: Desa Batu Madeg, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

10. Pantai Pasih Uug

Pantai Pasih Uug
Image Credit: Trivindo.com

Kabupaten Klungkung terkenal dengan beberapa pantainya yang unik dan eksotis. Salah satu pantai yang cukup unik adalah Pantai Pasih Uug atau yang lebih dikenal wisatawan sebagai Broken Beach. Garis pantainya tidak terlalu panjang dengan bentuk melengkung karena memang lokasinya berada di lubang lingkaran tebing karang.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai unik ini dari atas tebing. Di salah satu sisi lingkaran karangnya memiliki lubang yang membuat air laut bisa masuk ke dalam lingkaran tersebut dan menciptakan pantai yang unik. Pemandangan yang benar-benar eksotis menjadi daya tarik wisatawan datang dan berfoto-foto di Broken Beach ini.

Lokasi: Bunga Mekar, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

11. Manta Point

Manta Point
Image Credit: Balitoursclub.net

Kabupaten Klungkung memiliki tempat wisata menarik yaitu manta point. Sebuah tempat terbaik untuk wisatawan bisa melihat langsung ikan pari manta dalam jarak yang cukup dekat. Jenis ikan pari ini menjadi yang terbesar dengan ukuran tubuhnya yang bisa mencapai panjang 7 meter.

Ikan yang terkenal dengan siripnya yang lebar ini termasuk jenis ikan langka. Banyak penyelam yang berani untuk menyelam di laut dengan arus yang cukup kuat hanya untuk melihat langsung ikan langka tersebut.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

BACA JUGA:  Pantai Lovina Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

12. Pantai Kusamba

Pantai Kusamba
Image Credit: Longtripmania.org

Pantai yang satu ini memiliki pemandangan alam yang indah bahkan wisatawan juga bisa melihat Gunung Agung dari pantai ini. Tempat wisata dengan pasir pantai hitam ini juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati pemandangan senja atau saat matahari terbenam.

Ombak di pantai ini cukup besar, sehingga wisatawan disarankan hanya bermain di sekitar bibir pantai. Aktivitas para nelayan setempat menjadi pemandangan yang setiap hari bisa dilihat di tempat wisata ini. Laut di sekitar pantai ini memang menjadi lokasi ideal untuk menangkap ikan bahkan untuk ikan-ikan berukuran besar.

Lokasi: Desa Kusamba, Kec. Dawun, Kab. Klungkung.

13. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies
Image Credit: Bali.com

Bukit yang cukup terkenal di kalangan wisatawan ini merupakan gundukan-gundukan beberapa bukit hijau yang menyajikan pemandangan indah. Pemandangan hijau yang menyegarkan mata di tempat

ini adalah karena perbukitan yang banyak ditumbuhi rumput, pohon gamal, pohon juwet, dan beberapa jenis pohon lainnya.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke bukit ini adalah untuk bersantai dan juga berfoto ria. Bagi yang datang di sore hari, maka bisa melihat keindahan matahari terbenam yang eksotis di kawasan bukit ini.

Lokasi: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

14. Pasar Seni Semarapura

Pasar Seni Semarupa
Image Credit: Fabulousubud.com

Tempat wisata di Klungkung yang tidak boleh terlewat adalah Pasar Seni Semarapura. Sebuah pasar yang terkenal sebagai tempat terbaik untuk berburu kain tenun khas Bali. Banyak wisatawan termasuk wisatawan asing yang datang dan membeli tenun songket di pasar ini.

Kain tenun songket di pasar ini jumlahnya tidak terlalu banyak dan harganya sedikit mahal. Hal tersebut karena untuk proses pembuatannya sendiri yang masih dilakukan secara tradisional. Kain songket yang bisa ditemukan di pasar seni ini sangat khas dan kualitasnya pun sebanding dengan harganya.

Lokasi: Jl. Puputan, Desa Semarapura Kangin, Kec. Klungkung, Kab. Klungkung.

15. Pantai Suwehan

Pantai Suwehan
Image Credit: Shutterstock @Leo_nik

Pantai berpasir putih ini memiliki pemandangan indah dengan laut biru dan tebing-tebing karang di sekelilingnya. Salah satu pemandangan yang paling ikonik dari tempat ini adalah adanya batu karang yang menjulang tinggi dengan bentuknya yang cukup lancip di tengah pantai.

Menawarkan suasana yang tenang karena memang Pantai Suwehan tidak seramai pantai-pantai di Bali lainnya. Cocok untuk dijadikan destinasi wisata pantai yang romantis di Klungkung, Bali.

Lokasi: Tanglad, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung.

Itulah rekomendasi tempat wisata menarik yang ada di Kabupaten Klungkung, Bali. Selain tempat-tempat tersebut tentunya masih banyak destinasi wisata yang dapat dijelajahi di sisi timur Pulau Bali ini.