Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Kintamani Bangli, Bali. Objek Wisata Alam Terbaru, Terhits dan Kekinian yang Paling Direkomendasikan Ketika Ingin Berlibur ke Bali.

Bali menjadi wisata terkenal di Indonesia bahkan mancanegara. Orang belum lengkap liburan apabila tidak berkunjung ke Bali. Selain pantai indah di Kuta dan Sanur, Bali masih memiliki potensi wisata yang lain. Salah satunya adalah Kintamani yaitu sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Bangli. Lokasinya berada di lereng gunung sehingga wisata utama berkaitan dengan alam.

Kintamani termasuk objek wisata yang dikelola secara adat dan lokal. Artinya, Anda akan melihat langsung bagaimana masyarakat setempat bertanggung jawab terhadap pengelolaan wisata. Selain itu, Anda akan merasakan suasana berbeda. Berkunjung ke daerah ini berarti melupakan sejenak hiruk pikuk suasana pantai.

Untuk menuju Kintamani, Anda tidak perlu khawatir. Transportasi sudah tersedia dan Anda cukup memilih moda apa yang sesuai. Berdasarkan peta, lokasinya cukup jauh dari Denpasar. Anda sebaiknya memakai kendaraan rental pribadi agar leluasa berkeliling. Karena wisata ini dekat dengan gunung, hawa dan udara akan terasa dingin. Untuk persiapan, Anda membutuhkan pakaian hangat yang cukup. Berikut daftar tempat wisata di Kitamani Bangli yang bisa Anda jelajahi.

1. Gunung Batur

Gunung Batur
Image Credit: Travelingyuk.com

Objek wisata Kintamani yang pertama adalah Gunung Batur. Ini adalah gunung berapi yang masih aktif sehingga sering mengeluarkan kepulan asap di bagian puncak. Gunung ini menjulang tinggi dengan ketinggian sekitar lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut. Anda dapat melihat jelas gunung secara keseluruhan saat mendekati daerah Kintamani.

Aktivitas wisata di Gunung Batur terdiri dari beberapa pilihan. Bagi yang hanya ingin menikmati suasana alam, para turis bisa singgah di rumah makan atau penginapan setempat dengan latar belakang gunung ini. Anda akan merasakan udara segar lereng gunung yang berhembus langsung.

Tentu saja, gunung ini juga menerima aktivitas pendakian. Ada tim khusus yang mengelola jalur pendakian. Turis segera mempersiapkan diri dan pemandu akan membawa ke puncak. Wisata hiking di Gunung Batur memberikan pengalaman menarik dan berkesan apalagi jika Anda datang di musim kering dimana area gunung menampakkan permukaannya.

Gunung ini masih aktif artinya ada kemungkinan aktivitas vulkanik berada di level tinggi. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Kawasan Gunung Batur memiliki petugas yang sigap untuk memberikan informasi terbaru. Rasa khawatir juga tidak perlu sebab gunung ini memiliki level vulkanik yang cenderung rendah. Letusan terakhir berlangsung puluhan tahun lalu.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bangli Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

2. Danau Batur

Danau Batur
Image Credit: Balihellotravel.com

Wisata ke Gunung Batur belum lengkap tanpa singgah dan merasakan keindahan danau Batur. Ini adalah kaldera luas yang masih alami. Ketika melihat dari atas, bentuknya mirip bulan sabit. Danau ini terletak langsung di lereng gunung sehingga seolah menyelimuti sebagian sisi Gunung Batur.

Wisatawan dapat langsung ke danau dan menikmati air jernih. Di area ini, mereka dapat melakukan beberapa aktivitas termasuk berkeliling dengan perahu. Selain itu, Anda bahkan dapat melihat langsung suasana danau dari atas sembari menikmati kuliner setempat.

Danau ini dianggap sebagai kaldera yang terindah. Para turis menyukai kontur dan topografi danau yang masih alami. Airnya jernih meskipun tampak hitam sebab terdapat tumbuhan air tertentu. Wisata ini satu paket dengan Gunung Batur.

Danau Batur masih terjaga keaslian meskipun banyak wisatawan berkunjung. Anda sebaiknya datang di waktu musim kering dengan curah hujan minim. Kondisi ini sangat cocok untuk melihat langsung permukaan danau.

Lokasi: Desa Penelokan Utara, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

3. Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur
Image Credit: Inputbali.com

Daerah Kintamani masih sangat kental dengan adat lokal. Wisatawan berkunjung ke Bali bukan sekedar melepas penat dan istirahat di area sekitar gunung. Akan tetapi, mereka dapat berkunjung ke Pura Ulun Danu Batur. Ini adalah pura yang masih digunakan warga setempat untuk kegiatan ibadah.

Lokasi pura ini dapat dijangkau dengan mudah karena berada di lereng Gunung Batur. Karena gunung ini masih aktif, letusan cukup besar terjadi sekitar tahun 1917. Akibatnya, area di pura lama rusak dan tidak dapat digunakan lagi. Masyarakat lalu memindahkan pura ke tempat yang kini dikenal dengan nama Pura Ulun Danu.

Berkunjung ke pura akan memberikan suasana tersendiri. Bali memang unik terutama budaya. Anda telah puas dengan keindahan alam lalu dilengkapi dengan kenyaman batin yang asri. Pura tetap menggunakan arsitektur lokal yang unik.

Lokasi: Jl. Raya Kintamani, Batur Selatan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

4. Desa Penelokan

Desa Penelokan
Image Credit: Superadventure.co.id

Daerah terkenal di Kintamani adalah desa Penelokan. Ketika berkunjung ke Gunung Batur, Anda sebenarnya singgah di desa ini. Selain itu, lokasinya sangat strategis sehingga cocok untuk menampung para wisatawan. Mereka dapat pergi dari satu destinasi ke lainnya dengan pusat di desa Penelokan ini.

Secara bahasa, arti nama desa tersebut adalah tempat untuk melihat-lihat. Sesuai dengan namanya, penduduk setempat sengaja menjadikan desa sebagai objek wisata budaya. Anda dapat merasakan suasana asri dan menginap dengan latar belakang gunung Batur.

Meskipun berada jauh dari kota, desa ini sudah memiliki transportasi yang memadai. Karena destinasi wisata, akses telah dibangun agar banyak orang berkunjung. Ini adalah bukti bahwa Bali sudah mengelola wisata dengan baik. Anda cukup memakai mobil dari bandar ke Kintamani lalu desa Penelokan.

BACA JUGA:  6 Makanan Khas Bangli Bali yang Terkenal Lezat

Lokasi: Desa Penelokan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

5. Desa Trunyan

Desa Trunyan
Image Credit: Grid.id

Anda pernah mendengar desa atau tempat dimana mayat orang meninggal tidak dikubur. Penduduk meletakkannya di bawah pohon. Akan tetapi, tubuh tersebut tidak berbau bahkan terkesan harum. Tempat tersebut adalah desa Trunyan.

Meskipun terdengar seram, desa ini justru malah memberikan kesan sebaliknya, suasana desa masih asri tetapi sudah menyesuaikan diri dengan perkembangan wisata. Anda dapat mengunjungi desa ini dan melihat langsung pusat pemakaman warga setempat.

Desa Trunyan memang menarik terutama bagi mereka yang tidak terbiasa dengan kebudayaan setempat. Ini adalah bagian penting untuk menarik lebih banyak pengunjung. Orang datang karena penasaran mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Desa ini menjadi destinasi wisata budaya dan alam. Anda wajib mematuhi peraturan setempat terutama saat berkunjung ke pusat pemakaman. Di luar itu, Trunyan memiliki keindahan alam yang memukau. Sama dengan desa lain di sekitar Kintamani, udara masih segar sehingga cocok untuk kegiatan olahraga luar seperti bersepeda.

Lokasi: Desa Trunyan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

6. Pemandian Air Panas Toya Bungkah

Pemandian Air Panas Toya Bungkah
Image Credit: Grid.id

Sebuah tempat di Kintamani bernama Toya Bungkah. Ini adalah pemandian air alami yang berasal dari panas bumi. Sebenarnya, wisata gunung pasti ada air hangat yang keluar secara alami apalagi untuk gunung berapi aktif seperti Gunung Batur.

Pemandian air panas ini memiliki tampak seperti danau. Berbeda dengan yang lain dimana mirip kolam kecil bebatuan. Di Toya Bungkah, Anda bisa berenang bebas di kolam luas dan merasakan air panas. Suhunya bisa lebih dari 50 derajat. Pastikan untuk mengecek terlebih dahulu karena Anda tidak ingin air terlalu panas.

Pengelola mengatur kolam menjadi beberapa bagian. Anda biasa memiliki kolam bebas atau khusus untuk terapi. Selain itu, kolam juga tersedia untuk anak-anak dan balita. Para orang tua tidak perlu khawatir saat berkunjung kesini bersama anak-anak.

Lokasi: Desa Pekraman Batur, Toya Bungkah, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

7. Gunung Abang

Gunung Abang
Image Credit: Kintamani.id

Kintamani masih memiliki wisata gunung yang lain. Namanya adalah Gunung Abang yang menjulang dan tampak asri. Meskipun popularitas di bawah Gunung Batur, Anda tetap bisa menikmati aktivitas wisata gunung dengan seksama. Pastikan persiapan sudah memadai sebelum beranjak naik mendaki gunung tersebut.

Destinasi lain di gunung ini adalah bagian lereng yang memiliki beberapa persinggahan. Anda akan merasakan suasana damai sebab tidak terlalu ramai. Orang-orang lebih suka di Gunung Batur tetapi sebagian kecil memilih wisata di lokasi ini. Untuk berkunjung ke gunung abang, turis cukup memakai transportasi setempat.

Gunung ini cocok untuk kegiatan outdoor seperti kemah karena memiliki area landai. Pengunjung dapat menginap lalu menunggu matahari terbit. Momen ini layak untuk diabadikan karena Anda tidak akan menemukannya di lokasi lain.

BACA JUGA:  Air Terjun Tibumana, Air Terjun Kembar yang Menakjubkan di Bali

Lokasi: Desa Abangsongan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

8. Museum Geopark Batur

Museum Geopark Batur
Image Credit: Ttnotes.com

Kintamani berbenah untuk memperluas cakupan wisata. Mereka tidak hanya tergantung kepada Gunung Batur dan desa Penelokan. Salah satu objek wisata di lokasi ini adalah Museum Geopark Batur. Anda bisa menebak apa saja yang ditawarkan oleh museum ini untuk para pengunjungnya.

Bagi yang tertarik dengan wisata sejarah dan budaya, tempat ini adalah pilihan yang tepat. Koleksinya berhubungan dengan wisata dan Gunung Batur. Anda dapat melihat langsung koleksi bebatuan, artefak, gambaran budaya, dan lainnya. Museum ini memiliki potensi berkembang seiring dengan majunya wisata di daerah tersebut.

Lokasi: Jl. Raya Penelokan, Batur Selatan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

9. Desa Pinggan

Desa Pinggan
Image Credit: Baligetaway.co.id

Beberapa desa di Kintamani memiliki area yang cocok untuk berkemah. Salah satunya adalah Pinggan. Anda ingin mencoba hal baru yang jauh dari desa Penelokan. Cobalah berkunjung ke desa pinggan dan berkemah di bukit yang terletak di area tersebut. Wisata ini sangat tepat untuk mereka yang suka kehidupan alam tetapi tidak harus mendaki gunung.

Keindahan desa Pinggan akan muncul ketika Anda terbangun dan melihat arah matahari terbit. Kondisi ini bahkan lebih indah saat udara cerah lalu bergabung dengan gunung yang berada di sekitar kawasan tersebut. Berkunjung ke desa ini tidak sulit karena sudah tersedia transportasi. Anda hanya membawa perlengkapan pribadi karena desa ini belum sepenuhnya desa wisata.

Lokasi: Desa Pinggan, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

10. Ampupu Kembar

Ampupu Kembar
Image Credit: Balebengong.id

Kintamani memiliki taman wisata dengan potensi tinggi yaitu Ampupu Kembar. Namanya mungkin masih asing. Orang lebih suka berada di sekitar danau Batur atau desa Penelokan. Sebaliknya, taman ini memberikan wisata trekking atau sekedar berjalan santai. Pengunjung dapat menikmati hutan pinus dan pohon lain yang masih asri dan rindang.

Lokasinya tepat berada di dekat danau tetapi memiliki area isolasi tersendiri. Pengunjung tidak harus berjalan kaki karena sudah ada jalan untuk kendaraan bermotor. Akan tetapi, mereka harus turun ketika ingin menuju tepi danau secara langsung. Taman wisata ini memiliki fasilitas lumayan lengkap seperti gazebo dan ayunan.

Bagi mereka yang suka spot bagus untuk berfoto, inilah pilihan yang sesuai. Pengelola sengaja membuat taman agar memiliki latar belakang atau background khas. Pengunjung memilih dimana mereka dapat mengabadikan momen.

Lokasi: Pura jati, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

Kintamani menjadi pilihan ketika Anda sudah jenuh dengan keramaian pantai. Area ini memiliki beberapa tempat wisata yang berhubungan dengan alam, kuliner, budaya, dan sejarah. Destinasi utama adalah Gunung Batur kemudian tempat wisata baru bermunculan untuk menunjang destinasi tersebut. Anda dapat mencoba hal lain yang menyenangkan selama berkunjung ke Kintamani.