Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Terbaru di Karangasem, Pulau Dewata Bali. Destinasi Wisata Alam Populer, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan.

Bali tentu sudah sangat familiar bagi Anda. Bali merupakan pusaka saujana yang sudah mendunia. Alam yang masih asri, pantai yang menawan, dan kebudayaan yang lestari hingga sekarang terangkum dalam satu kata, yaitu “menakjubkan”. Tentu saja, bukan hanya wisatawan lokal saja yang terpikat akan keindahannya, melainkan wisatawan mancanegara juga turut jatuh cinta terhadap Bali.

Namun, berbicara soal Bali tidak hanya sekadar satu bagian wilayah saja. Akan tetapi, Bali juga terbagi menjadi beberapa kabupaten yang memiliki karakteristik tersendiri. Salah satu tempat yang bisa menjadi tujuan destinasi adalah Kabupaten Karangasem. Karangasem sangat menarik untuk dikunjungi karena memiliki keindahan alam dan pesona kebudayaan yang bersatu padu.

Apabila Anda berpelesir ke Karangasem, Anda bisa menuju destinasi wisata yang beranekaragam. Mulai dari destinasi wisata alam hingga destinasi wisata berbasis kebudayaan. Semua destinasi wisata tersebut memiliki keindahan yang layak untuk diabadikan dalam sebuah foto alias instagramable. Berikut ulasan tempat wisata di Karangasem Bali yang dapat memberikan liburan yang berkesan.

1. Taman Bunga Gemitir

Taman Bunga Gemitir
Image Credit: Trivindo.com

Taman Bunga Gemitir adalah destinasi yang sangat cocok bagi Anda yang hobby difoto. Taman bunga ini memiliki penampilan yang sangat menarik dengan hamparan warna kuning dari bunga calendula yang kompak merekah. Bunga-bunga ditanam dan ditata dengan presisi sehingga tampak deretan bunga yang sangat rapi. Sangat cocok dijadikan latar belakang foto.

Apabila Anda ingin mengunjungi Taman Bunga Gemitir, maka harus memperhitungkan waktu kunjungan Anda ke Karangasem. Sehubungan dengan bunga calendula yang hanya dapat mekar pada musim panas, maka Taman Bunga Gemitir hanya dibuka ketika musim panas tersebut tiba. Anda bisa memilih waktu kunjungan antara Juni sampai Agustus.

Lokasi: Banjar Mayungan, Antapan, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

2. Pura Candidasa

Pura Candidasa
Image Credit: Baliprivateluxuryvillas.com

Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa Pura merupakan tempat peribadatan umat Hindu. Akan tetapi, Anda tetap diperkenankan untuk melihat-lihat sekitaran Pura dengan syarat harus mengedepankan sopan santun. Anda tidak diperkenankan berpikir, berperilaku, dan berkata hal-hal yang tidak baik karena Pura Candidasa adalah tempat suci umat Hindu.

Pura Candidasa terletak di tempat tinggal dan berhadapan langsung dengan laut. Oleh karena itu, jika Anda mengunjungi Pura Candidasa, Anda akan melihat secara langsung keindahan laut yang menakjubkan. Jadi, destinasi ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Lokasi: Jl. Raya Candidasa, Sengkidu, Kec. Manggis, Kab. Karangasem.

BACA JUGA:  Daya Tarik Wisata Pulau Penyu Tanjung Benoa Bali

3. Padang Bunga Kasna

Padang Bunga Kasna
Image Credit: Ceritakakigatal.com

Padang Bunga Kasna bisa menjadi pilihan lain untuk dikunjungi selain Taman Bunga Gumitir. Jika Taman Bunga Gumitir ditumbuhi bunga calendula, maka Padang Bunga Kasna ditumbuhi bunga kasna yang tidak kalah indah. Sebenarnya, bunga kasna yang tumbuh di Padang Bunga Kasna merupakan bunga kasna yang tumbuh liar, namun jumlahnya sangat banyak.

Dengan demikian, bunga kasna yang tumbuh berkelompok ini tampak sangat indah dengan warna putih yang memesona. Anda akan memperoleh foto yang sangat bagus di antara hamparan bunga kasna. Perlu diketahui bahwa bunga kasna termasuk ke dalam unsur sesaji yang biasanya dipakai oleh umat Hindu.

Lokasi: Pempatan, Kec. Rendang, Kab. Karangasem.

4. Rumah Bambu Pengalon

Rumah Bambu Pengalon
Image Credit: Cloudymoody.com

Jika Anda mengunjungi Pura Candidasa, sempatkan pula untuk mengunjungi Rumah Bambu Pengalon yang berada dekat dengan Pura Candidasa. Rumah Bambu Pengalon merupakan rumah yang keseluruhannya dibuat dengan bahan bambu.

Usut punya usut, ternyata bangunan ini merupakan proyek yang masih setengah jalan dikerjakan. Akan tetapi, bangunan ini justru memiliki daya tarik tersendiri karena memang desain arsitektur rumah bambu ini sangat bagus. Tambah lagi, Rumah Bambu Pengalon berhadapan dengan danau yang berwarna biru. Cocok untuk menjadi spot foto berikutnya.

Lokasi: Br. Pengalon, Desa Antiga, Kec. Manggis, Kab. Karangasem.

5. Taman Ujung Sukasada

Taman Ujung Sukasada
Image Credit: Baligetaway.co.id

Terkenal sebagai tempat favorit untuk melaksanakan pemotretan pre-wedding, Taman Ujung Sukasada juga dapat menjadi pilihan destinasi untuk dikunjungi. Taman Ujung Sukasada merupakan destinasi wisata taman air dengan arsitektur yang sangat indah.

Di taman ini tersedia bangunan tinggi yang bisa Anda tuju untuk melihat keseluruhan Taman Ujung Sukasada yang begitu luar biasa. Mata Anda akan dimanjakan oleh keindahan kolam dan desain bangunan yang sangat artistik. Selain itu, keindahan alam di sekitar Taman Ujung Sukasada juga menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang mengunjungi taman ini.

Lokasi: Br. Dinas, Tumbu, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem.

6. Gunung Agung

Gunung Agung
Image Credit: Detik.com

Gunung Agung termasuk ke dalam salah satu gunung api vulkanik yang hingga saat ini masih aktif. Gunung Agung sebetulnya merupakan tempat yang sangat disakralkan oleh umat Hindu di Bali. Gunung Agung dipercayai sebagai tempat persembahyangan Dewa Siwa. Namun, saat ini sudah jarang dilakukan upacara di Gunung Agung, tetapi hanya pada saat tertentu saja.

Tentu saja, Anda dapat mengunjungi Gunung Agung sebagai destinasi wisata di Karangasem. Akan tetapi, Anda harus tetap mematuhi protokol yang telah ditetapkan oleh pengelola. Destinasi Gunung Agung cocok dikunjungi oleh Anda yang suka dengan aktivitas hiking.

Lokasi: Kec. Rendang, Kab. Karangasem.

7. Air Terjun Yeh Labuh

Air Terjun Yeh Labuh
Image Credit: Tourism.karangasemkab.go.id

Destinasi selanjutnya adalah Air Terjun Yeh Labuh. Air Terjun Yeh Labuh merupakan destinasi wisata air terjun yang masih belum banyak diketahui oleh orang. Apabila Anda menyukai petualangan, maka destinasi Air Terjun Yeh Labuh ini sangat direkomendasikan untuk dituju.

BACA JUGA:  Pantai Nusa Dua Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Meski medan yang dilalui cukup sulit, Anda tidak perlu khawatir karena semua itu akan terbayar oleh keindahan air terjun ini. Suasana alam di sekitar Air Terjun Yeh Labuh juga masih sangat alami karena belum tersentuh oleh tangan-tangan investor. Oleh karena itu, jika berkunjung ke air terjun ini, Anda akan merasakan kedamaian di alam yang masih sangat asri.

Lokasi: Selumbung, Kec. Manggis, Kab. Karangasem.

8. Bukit Jambul

Bukit Jambul
Image Credit: Panoramio.com

Apabila ingin menikmati keindahan bentang alam Karangasem dari ketinggian, maka Anda harus mengunjungi Bukit Jambul. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhi dengan hamparan sawah yang berundak, hutan yang lebat, dan hamparan laut yang eksotis. Adapun waktu terbaik untuk menikmati keindahan ini adalah di pagi hari.

Selain itu, di Bukit Jambul juga terdapat sebuah Pura yang terawat dengan sangat baik. Anda juga menikmati beragam kuliner yang tersedia di restoran-restoran sekitar Bukit Jambul. Suatu kenikmatan tanpa tanding jika menikmati bentang alam yang menawan dengan kelezatan masakan khas Bali yang bikin nagih.

Lokasi: Desa Adat Pesaban, Kec. Rendang, Kab. Karangasem.

9. Pura Lempuyang Luhur

Pura Lempuyang Luhur
Image Credit: Wikipedia.org

Pura Lempuyang Luhur merupakan tempat yang populer di Karangasem. Pura Lempuyang Luhur juga menjadi tempat peribadatan umat Hindu. Oleh karena itu, bagi siapa pun yang datang ke tempat ini harus menjaga diri dari berlaku tidak baik.

Pura Lempuyang Luhur memiliki arsitektur yang sangat indah. Bangunan yang didominasi oleh bebatuan ini tampak sangat megah dan eksotis. Terlebih, Anda juga bisa menjadikan Pura Lempuyang Luhur sebagai spot foto yang menakjubkan. Pengalaman ke Karangasem tentu akan menjadi pengalaman tidak terlupakan.

Lokasi: Bunutan, Abang, Seraya Barat, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem.

10. Bukit Asah Bugbug

Bukit Asah Bugbug
Image Credit: Ksmtour.com

Selanjutnya, Bukit Asah Bugbug juga menawarkan pengalaman berpelesir yang tidak terlupakan. Di Bukit Asah Bugbug, Anda dapat melihat hamparan laut yang begitu indah. Jika ingin menikmati sunset di ketinggian, Anda juga bisa mendatangi Bukit Asah Bugbug ini.

Sejauh ini, Bukit Asah Bugbug masih belum begitu sering dikunjungi oleh wisatawan. Padahal Anda bisa mendapatkan hasil jepretan dengan latar belakang keindahan laut yang ciamik.

Lokasi: Desa Adat Bugbug, Sengkidu, Kec. Manggis, Kab. Karangasem.

11. Air Terjun Batu Engsel

Air Terjun Batu Engsel
Image Credit: Instagram.com @saiintniko21

Air Terjun Batu Engsel bisa menjadi pilihan lain selain Air Terjun Yeh Labuh. Air terjun selalu menawarkan keindahan alam tersembunyi yang tidak disangka-sangka. Keindahan Air Terjun Batu Engsel tidak kala memesona karena posisi air terjun yang dihimpit oleh dua tebing batu.

Memang medan tempuh tidak seperti destinasi wisata yang lain karena untuk dapat sampai ke surga tersembunyi ini, Anda harus menempuh medan yang biasa saja. Tetapi, percayalah semua lelah akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang tak terdeskripsikan.

BACA JUGA:  Air Terjun Sekumpul Buleleng Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Lokasi: Banjar Telengan, Desa Gegelang, Kec. Manggis, Kab. Karangasem.

12. Tirta Gangga

Tirta Gangga
Image Credit: Idetrips.com

Destinasi berikutnya adalah destinasi wisata yang menjadi bagian peninggalan kerajaan, yaitu Tirta Gangga. Tirta Gangga merupakan destinasi berupa taman air yang dikolaborasikan dengan keindahan arsitektur yang sangat indah. Suasana di Tirta Gangga tidak hanya indah, tetapi juga sangat menenangkan sehingga cocok untuk menyejukkan hati dan pikiran.

Di Tirta Gangga, Anda dapat melihat keindahan Gunung Agung yang tidak kalah menarik. Oleh sebab itu, setiap sudut di tempat ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai spot foto. Pengalaman Anda berwisata ke Bali akan semakin berkesan dengan mengunjungi destinasi paling hits di Karangasem ini.

Lokasi: Jl. Raya Abang Desa Adat, Ababi, Kec. Abang, Kab. Karangasem.

13. Pantai Amed

Pantai Amed
Image Credit: Baligetaway.co.id

Bali terkenal akan keindahan pantainya. Salah satu yang menakjubkan adalah Pantai Amed di Karangasem. Apabila Anda memiliki hobby snorkling maupun diving, maka Pantai Amed wajib dikunjungi. Keindahan biota laut dan terumbu karang yang menawan akan membuat Anda terkagum-kagum dengan pantai ini.

Bagi Anda yang tidak bisa snorkling maupun diving, Anda tetap bisa menikmati keindahan Pantai Amed. Pada pagi hari, Pantai Amed memiliki keindahan sunrise yang luar biasa. Pantai Amed sangat cocok menjadi jujugan untuk bersantai.

Lokasi: Desa Amed, Kec. Abang, Kab. Karangasem.

14. Pura Besakih

Pura Besakih
Image Credit: Balifloresadventure.com

Destinasi berikutnya adalah Pura Besakih. Di Pura ini, Anda bisa berkeliling menikmati keindahan arsitekturnya dan bisa mengambil foto di spot-spot terbaik yang Anda temui. Sama halnya dengan Pura Lempuyang Luhur, berkunjung ke Pura Besakih juga harus memerhatikan betul bagaimana tata krama yang harus dijunjung.

Pura Besakih memiliki arsitektur yang khas. Secara historis, Pura Besakih telah ada sejak abad ke-8. Pura Besakih memiliki tiga pura. Tiga pura tersebut secara khusus dipersembahkan kepada Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa. Selain itu, pembangunan Pura Besakih juga berpedoman pada arah mata angin. Hal tersebut melambangkan keseimbangan alam.

Lokasi: Jl. Gunung Mas, Besakih, Kec. Rendang, Kab. Karangasem.

15. Pantai Bias Tugel

Pantai Bias Tugel
Image Credit: Travelust101.com

Destinasi wisata terakhir yang wajib kamu kunjungi di Karangasem adalah Pantai Bias Tugel. Pantai Bias Tugel juga termasuk ke dalam destinasi yang masih langka pengunjung. Destinasi ini terletak di lokasi yang tersembunyi, sehingga banyak wisatawan yang belum mengetahui keberadaannya.

Anda bisa menyelam di lautan biru Pantai Bias Tugel. Namun, perlu diingat bahwa pantai ini memang masih belum populer. Oleh sebab itu, Anda harus membawa perlengkapan snorkling sendiri, ya!

Lokasi: Padangbai, Kec. Manggis, Kab. Karangasem.

Itulah 15 tempat wisata di Karangasem Bali yang bisa Anda pilih saat berlibur. Daya pikat Bali memang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Bali memiliki karisma tersendiri yang tidak dipahami yang selalu dapat mengundang wisatawan untuk selalu kembali ke Pulau Dewata ini.