Ingin Liburan di Jembrana? Periksa Pilihan Tempat Wisata Terbaik di Jembrana, Bali. Objek Wisata Alam Terbaru, Populer dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Kabupaten Jembrana merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Bali. Berdasarkan letak geografisnya, daerah ini memiliki lokasi strategis dengan bentang alam yang menakjubkan. Jembrana menyimpan potensi wisata yang cukup beragam untuk menikmati liburan di tengah kesibukan kota yang begitu padat.

Panorama alam yang indah menjadikan Jembrana sebagai salah satu tujuan objek wisata yang banyak diminati. Banyak pula keindahan alam asri yang tersembunyi dan jarang diketahui oleh para pelancong.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur di Kabupaten Jembrana tidak perlu bingung untuk mencari spot objek wisata. Inilah daftar rekomendasi tempat wisata di Jembrana Bali yang cocok untuk mengisi liburan Anda.

1. Bendungan Palasari Bali

Bendungan Palasari Bali
Image Credit: Balitoursclub.net

Bendungan Palasari dibangun untuk tujuan menahan air dan mencegah terjadinya banjir. Bendungan ini memiliki panorama alam yang indah dan mengundang banyak perhatian dari para wisatawan. Anda akan disambut pemandangan hutan lindung dan bukit yang hijau dan asri.

Anda dapat menyewa sampan untuk berkeliling sambil menikmati keindahan bendungan atau danau buatan ini. Anda juga bisa memancing sambil ditemani oleh hembusan angin yang menyejukkan. Tempat ini juga sering digunakan untuk lomba off road dan motor cross.

Lokasi: Taman Wana Street, Ekasari, Kec. Melaya, Kab. Jembrana.

2. Pantai Medewi

Pantai Medewi
Image Credit: Balitoursclub.net

Pantai medewi merupakan salah satu pantai di Jembrana yang paling terkenal akan keindahan alamnya yang begitu mempesona. Pantai ini memiliki ombak yang tinggi dan cocok untuk melakukan kegiatan surfing.

Selain memiliki ombak yang besar, terdapat pula beberapa batuan besar yang licin. Pantai ini memiliki pasir hitam eksotis karena bercampur dengan sesaji. Pantai ini terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang indah. Anda juga bisa menyaksikan jejeran kapal nelayan yang berjejer rapi di tepi pantai.

Lokasi: Jl. Pantai Medewi, Medewi, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana.

3. Museum Manusia Purba

Museum Manusia Purba
Image Credit: Bali.com

Museum manusia purba menyimpan berbagai benda dari abad 600 Sebelum Masehi sampai dengan 800 Masehi. Selain benda-benda, museum ini juga menyimpan berbagai fosil manusia purba dan hewan yang hidup pada masa itu.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Buleleng Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

Anda akan menyaksikan berbagai macam benda dengan nilai historis yang tinggi, diantaranya yaitu aneka ragam bekal kubur, perhiasan batu, sarkofagus, dan lain sebagainya. Untuk memasuki museum ini tidak dikenakan biaya, hanya berupa donasi seikhlasnya dari para wisatawan.

Lokasi: Jl. Rajawali, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kab. Jembrana.

4. Puncak Mawar Dewasana

Puncak Mawar Dewasana
Image Credit: Visitbali.id

Puncak mawar dewasana merupakan salah satu tempat wisata di Jembarana yang dibangun dengan konsep kearifan lokal. Daerah ini memiliki pesona alami yang dengan berbagai macam spot yang fotogenic. Terdapat pula air terjun yang menjadi kebanggaan tempat wisata satu ini.

Seperti namanya, tempat wisata ini memiliki hamparan berbagai jenis bunga mawar yang padu dengan alam. Puncak mawar dewasana menyediakan berbagai fasilitas seperti ayunan, jembatan kayu, area parkir yang luas, dan lain sebagainya.

Lokasi: Pendem, Kec. Jembrana, Kab. Jembrana.

5. Candi Gelung Kori Gilimanuk

Candi Gelung Kori Gilimanuk
Image Credit: Bappeda.jembranakab.go.id

Bali terkenal akan kekayaan budaya dan seninya yang terkenal sampai ke tingkat internasional, salah satunya yaitu candi gelung kori gilimanuk. Candi ini dibangun dengan tujuan sebagai gerbang Bali dari barat yang menuju ke Singaraja dan Denpasar.

Candi gelung kori gilimanuk dibangun dengan 4 pilar kokoh berbentuk ular naga sebagai penyangga. Pada bagian atas terdapat sebuah pura yang merupakan ciri khas kebudayaan Bali. Tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing untuk sekadar berfoto ria.

Lokasi: Jl. Raya Denpasar, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kab. Jembrana.

6. Air Terjun Juwuk Manis

Air Terjun Juwuk Manis
Image Credit: Baligetaway.co.id

Bagi Anda yang ingin berwisata alam yang menenangkan, air terjun juwuk manis menjadi pilihan yang tepat. Bunyi gemiricik air dengan pemandangan alam yang hijau nan asri dapat sedikit melepaskan beban pikiran Anda. Air terjun juwuk manis wajib dijadikan sebagai list liburan saat berada di Kabupaten Jembrana.

Tempat ini memiliki 2 air terjun yang berdampingan dengan air yang segar dan jernih. Objek wisata satu ini masih jarang dikunjungi oleh para wisatawan karena tempatnya yang tersembunyi. Anda perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 – Rp 15.000.

Lokasi: Manggissari, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana.

7. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan
Image Credit: Anekatempatwisata.com

Pulau Mejangan merupakan pulau yang memiliki keindahan alam eksotis dengan berbagai macam tumbuhan berwarna coklat. Pulau ini menjadi destinasi wisata di Kabupaten Jembrana yang paling diincar oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Untuk sampai ke pulau ini, Anda harus menaiki kapal dan memakai atribut pelampung sebagai pengaman. Saat berlibur ke pulau ini, sebaiknya anda membawa minuman, makanan berat, dan aneka snack. Sebab Pulau Menjangan merupakan pulau tak berpenghuni yang ditinggali oleh hewan rusa.

BACA JUGA:  10 Air Terjun di Gianyar Bali yang Paling Hits

Lokasi: Desa Klampok, Kec. Grokgak, Kab. Buleleng.

8. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat
Image Credit: Hargatiket.net

Taman nasional Bali Barat merupakan sebuah kawasan pelestarian alam mulai dari beragam satwa, laut dan pantai, hutan, dan juga pegunungan yang dapat dinikmati oleh para wisatawan. terdapat pula taman yang ditanami aneka macam buah yang menyejukkan mata.

Taman nasional ini dibangun dengan mengusung konsep perpaduan antara ekosistem lautan dan daratan. Tempat ini menjadi destinasi wisata yang paling populer dan banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Anda akan dikenakan biaya untuk tiket masuk sebesar Rp 2.500 untuk warga lokal dan Rp 20.000 untuk wisatawan asing.

Lokasi: Jl. Raya Cekik, Kec. Gilimanuk, Kab. Jembrana.

9. Jembrana Green Cliff

Jembrana Green Cliff
Image Credit: Youtube.com (Wonderful Jembrana)

Jembrana green cliff merupakan salah satu destinasi wisata terbaru yang mulai dibuka pada tahun 2017. Wisata satu ini menawarkan keindahan alam berupa pemandangan hijau yang sejuk yang berlatarkan dengan perbukitan.

Objek wisata alam ini dibangun dengan menggunakan kayu dan bambu pada ketinggian 10 meter dan panjang 60 meter dan memiliki spot foto yang unik dan cantik. Harga tiket destinasi wisata ini dibandrol dengan harga Rp 5.000 untuk anak-anak, Rp 10.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp 25.000 untuk wisatawan asing.

Lokasi: Banjar Bangli, Yeh Embang Kangin, Kec. Mendoyo, Kab. Jembran.

10. Pantai Rambut Siwi

Pantai Rambut Siwi
Image Credit: Tripadvisor.co.id

Pantai rambut siwi terkenal akan panorama dan bentangan alamnya yang menakjubkan. Pantai ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin beristirahat dari padat dan bisingnya perkotaan. Objek wisata satu ini masih sepi dikunjungi oleh para wisatawan dan menyediakan tempat yang nyaman.

Pantai ini memiliki pasir hitam yang berkilau saat terkena pancaran sinar matahari. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menyehatkan seperti bermain voli pantai dan lain sebagainya. Pemandangan sunset pantai rambut siwi begitu romantis yang dapat membuat semua orang betah berlama-lama di pantai ini.

Lokasi: Yeh Embang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana.

11. Pantai Pemuteran

Pantai Pemuteran
Image Credit: Bali.com

Objek wisata satu ini menjadi salah satu tempat populer untuk melihat sunrise dan sunset. Pantai pemuteran ini memiliki latar perbukitan hijau dan pohon kelapa. Anda bisa melakukan snorkling dan diving untuk melihat kekayaan laut disini.

Pantai pemuteran memiliki bentuk pantai yang menjorok ke tengah laut dan memiliki pasir hitam. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk memasuki kawasan pantai pemuteran.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bali Selatan Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Pemuteran, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng.

12. Pura Luhur Rambut Siwi

Pura Luhur Rambut Siwi
Image Credit: Instagram.com @Marion_dftn

Pura luhur rambut siwi merupakan salah satu pura kayangan yang terletak di tepi tebing. Destinasi wisata favorit ini menyajikan pemandangan hamparan biru samudra Hindia.

Pada sore hari pemandangan di atas pura menjadi lebih indah. Matahari yang perlahan turun memberikan warna jingga yang membuat suasana kian romantis. Pura ini cocok bagi Anda yang melakukan perjalanan spiritual.

Lokasi: Yeh Embang Kangin, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana.

13. Karang Sewu

Karang Sewu
Image Credit: Ihategreenjello.com

Karang sewu menjadi salah satu objek wisata paling hits dan populer di Jembrana. Pemandangan padang rumput dan teluk yang sejuk dan begitu memanjakan mata menjadikan karang sewu banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Di tempat ini anda akan menyaksikan hutan mangrove, hamparan laut yang biru, dan jejeran pohon bidara. Terdapat dermaga kayu yang menjadi spot fotogenic favorit. Untuk memasuki kawasan ini, Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 150.000-Rp 250.000

Lokasi: Karang Sewu, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kab. Jembrana.

14. Taman Wisata Air Gumbrih

Taman Wisata Air Gumbrih
Image Credit: Balistarisland-indonesia.blogspot.co.id

Taman wisata air gumbrih merupakan objek wisata yang memadukan sungai dan pohon kelapa yang tumbuh tertata dipinggir sungai. Tempat ini menyajikan pemandangan yang indah dan memikat banyak wisatawan.

Anda dapat mengeliling sungai dengan menggunakan perahu sambil melihat hewan-hewan liar sekitar sungai.Tarif yang dibandrol untuk satu kali rute selama 30 menit adalah Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan bagi wisatawan asing dikenakan biaya Rp 100.000 per perahu.

Lokasi: Desa Gumbrih, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana.

15. Bunut Bolong

Bunut Bolong
Image Credit: Befreetour.com

Bunut bolong merupakan salah satu objek wisata yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Objek satu ini merupakan pohon bunut berusia ratusan tahun yang memiliki akar bolong di kedua sisi jalan yang memiliki aura budaya khas Bali dan membentuk sebuah lorong.

Bagi Anda yang ingin berlibur di tempat ini, Anda harus mengetahui adanya pantangan yang dipercaya oleh masyarakat Bali. Para pasangan dilarang melewati buntut bolong karena akan terjadi sesuatu yang buruk bagi mereka. Tapi jangan khawatir, Anda masih bisa berfoto ria dengan spot unik dan penuh mistis satu ini.

Lokasi: Desa Manggisari, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana.

Itulah daftar tempat wisata yang ada di Jembrana Bali yang bisa Anda piliha saat berkunjung. Keindahan alam dan kekayaan budaya yang dimiliki daerah ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata paling utama untuk dikunjungi, baik oleh pengunjung lokal maupun dari luar daerah.