Butuh Liburan yang Berkesan? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Gianyar, Bali dengan Pesona yang Menakjubkan. Destinasi Wisata Alam Terbaru & Paling Hits yang Patut Anda Kunjungi Saat Liburan.

Gianyar Bali tidak hanya terkenal seantero nusantara tetapi juga terdengar gemanya hingga mancanegara. Setiap tahun banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini, mulai dari turis domestik hingga turis asing. Mereka jauh-jauh berkunjung hingga Pulau Dewata Bali karena ingin melihat sendiri keajaiban yang hadir di Gianyar.

Pesona alam dan tempat-tempat indah tersaji dalam tampilan yang unik dan menarik mata. Pilihan destinasi wisatanya beragam bahkan mencapai lebih dari 20 tempat wisata. Setiap tempat memiliki kekhasan tersendiri yang tidak akan bisa ditemukan di tempat lain. Hal ini yang membuat Gianyar tidak tergantikan dan senantiasa memberikan kenangan indah bagi wisatawan yang mengunjunginya.

Kekhasan ini meliputi adat budaya serta seninya yang kental dan panorama pedesaan yang asri nan menawan. Selain itu, objek wisata seperti pantai, air terjun, pura, museum, dan kebun binatang juga turut meramaikan wilayah Gianyar. Dari berbagai penawaran tempat wisata di Gianyar Bali, berikut destinasi yang paling populer.

1. Pantai Lebih Gianyar

Pantai Lebih Gianyar
Image Credit: Ulinulin.com

Pantai adalah tempat favorit bagi sebagian wisatawan. Hal ini disebabkan karena deburan angin dan suara ombak bisa memberikan kesan rileks dan tenteram pada suasana hati. Tempat semacam ini cocok bagi siapapun yang ingin mengistirahatkan pikiran dan raga dari rutinitas sehari-hari.

Rekomendasi pantai indah di wilayah Gianyar adalah Pantai Lebih Gianyar. Hamparan pasir berwarna hitam terlihat sejauh mata memandang dari barat hingga timur. Di bibir pantai membujur jalan lurus yang dibuat khusus untuk menikmati tepian pantai. Area ini menjadi salah satu spot terbaik untuk berburu foto.

Ombak di PantaI Lebih Gianyar terkenal lumayan tinggi, sehingga cocok pula untuk surfing. Selain itu airnya juga segar dan menyejukkan. Di sekitar pantai banyak pula di jajakan makanan yang lezat untuk dinikmati bersama keluarga di sekitar pantai sambil bercengkerama.

Lokasi: Lebih, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar.

2. Desa Wisata Ubud

Desa Wisata Ubud
Image Credit: Instagram.com @radoslavbali

Seperti namanya, desa ini terletak di Desa Ubud Kabupaten Gianyar. Ubud sendiri terkenal sebagai pusat budaya dan seni di Pulau Bali. Banyak seniman yang lahir dan menghasilkan karya seni memukau di tempat ini. Beberapa seniman bahkan sering memajang karya seninya sebagai bentuk pertunjukkan pada khalayak.

Di sisi lain, Desa Ubud kaya dengan pesona alam nan indah. Kebersihannya juga sangat terjaga dengan baik. Desa wisata ini cocok untuk para pecinta lingkungan dan penggemar fotografi. Berbagai sudut bisa jadi objek foto yang bagus dan fotogenik. Setiap rumah ditumbuhi pepohonan rindang dengan bunga-bungaan cantik.

BACA JUGA:  Daya Tarik Wisata Garuda Wisnu Kencana (GWK) Bali

Di sekitar desa ada hutan dan persawahan yang terbentang luas dengan tatanan alami membentuk nilai seni yang tinggi. Suasananya terlihat sangat asri dan kaya akan oksigen. Paket lengkap untuk para wisatawan dalam memanjakan mata dan menyehatkan paru-paru. Selepas berwisata bisa dipastikan semangat akan kembali menyala lagi.

Lokasi: Jl. Raya Nyuh Kuning, MAS, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

3. Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan
Image Credit: Pegipegi.com

Air terjun yang terletak di Sukawati ini bisa dijangkau kurang lebih 30 menit dari Denpasar dengan berkendara sepeda motor. Tarif masuknya hanya sekitar 10,000 rupiah untuk dewasa dan 5,000 rupiah untuk anak-anak.

Air Terjun Tegenungan sudah banyak dikenal oleh wisatawan karena menawarkan pemandangan yang eksotis. Gradasi hijau dan biru menyemarakkan pandangan mata. Percikan airnya semakin menambah kesan segar saat berada di sana. Ditambah lagi airnya masih bersih dan dingin, khas air pegunungan.

Jalan menuju air terjun ini cukup seru dan menantang. Wisatawan sudah difasilitasi anak tangga untuk dituruni. Sembari jogging dan menikmati udara sekitar, perjalanan menuju air terjun bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan momen dalam jepretan kamera.

Lokasi: Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.

4. Goa Gajah

Goa Gajah
Image Credit: Balicheapesttours.com

Gua yang terkenal di Gianyar adalah Goa Gajah. Gua buatan ini berdiri sejak abad ke-11 Masehi. Hingga saat ini gua ini masih ramai dikunjungi wisatawan. Tempat wisata ini mulai buka pukul 08.00 WITA sampai 17.00 WITA.

Goa Gajah dahulunya merupakan tempat ibadah bagi umat hindu dan budha. Di sekitaran gua terdapat lukisan di dinding gua dan kuil-kuil kecil yang difungsikan untuk meditasi. Pada awal pembuatannya, Goa Gajah dibuat dari batuan padas di sekitar tepian sungai.

Lokasi: Desa Bedulu, Kec. Blahbatuh, Kab. Gianyar.

5. Bali Safari dan Marine Park

Bali Safari And Marine Park
Image Credit: Raftingbali.net

Jika wisatawan mencari tempat untuk wisata edukasi dan wisata alam maka Bali Safari dan Marine Park adalah jawabannya. Ada kurang lebih 400 ekor binatang dan 80 spesies yang dijaga dan dirawat dengan baik di tempat ini.

Ada program safari journey menggunakan kendaraan Tram yang bisa dimanfaatkan bersama rombongan keluarga atau rekan kerja. Fasilitas menarik lainnya yang ditawarkan meliputi Fun Zone dan Waterpark. Adapula penginapan untuk bermalam para wisatawan.

Lokasi: Jl. Profesor Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra No.KM 19.8, Serongga, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar.

6. Istana Tampak Siring

Istana Kepresidenan Tampak Siring
Image Credit: Bali.panduanwisata.id

Kapan lagi bisa merasakan nuansa berwisata sambil melihat salah satu istana kepresidenan di Indonesia, yaitu Istana Tampak Siring. Letaknya di atas bukit sekitar 750 meter berada di atas permukaan laut.

Tempat ini dibuka pada hari tertentu, jadi wisatawan harus memesan terlebih dahulu sebelum berkunjung. Kesan wisata yang privat akan sangat terasa sekali dengan suguhan bangunan nan megah dan indah.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata Hits di Pulau Dewata Bali

Lokasi: Jl. Dr. Ir. Soekarno, Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar.

7. Bali Bird Park

Bali Bird Park
Image Credit: Hargatiket.net

Bali Bird Park mulai dibuka untuk umum sejak Tahun 1995. Luas wilayahnya mencapai 2 hektar. Itu artinya tempat ini menjadi salah satu taman satwa paling luas di Indonesia. Jumlah satwa yang dipelihara mencapai 250 spesies atau sekitar 1000 jenis satwa.

Ada fasilitas teater 4D yang bisa dinikmati bersama keluarga. Selain di Hari Raya Nyepi wisatawan bisa berkunjung mulai pukul 09.00 WITA hingga 17.30 WITA.

Lokasi: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.

8. Kebun Binatang Bali

Kebun Binatang Bali
Image Credit: Klook.com

Kebun Binatang Bali terdiri dari beragam satwa, beberapa diantaranya tergolong satwa langka. Bali Zoo dibuka dari pukul 09.00 WITA sampai 22.00 WITA, dengan tarif masuk cukup terjangkau.

Selain melihat koleksi hewan, ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati seperti wahana bermain air yang dikenal dengan Miniapolis Jungle Waterplay. Segarnya air bisa mengobati rasa lelah setelah berkeliling.

Lokasi: Singapadu, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.

9. Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul
Image Credit: Info.caraputu.com

Salah satu tempat wisata di Gianyar yang tidak memungut biaya adalah Pura Tirta Empul. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, Pura ini juga menawarkan segarnya air kolam untuk mandi. Kolam pemandian didesain lengkap dengan pancuran air yang tertata rapi.

Di sekitar pura ada pekarangan luas dengan patung kecil berhiaskan payung kuning dan putih di atasnya. Kombinasi indah yang semakin membuat pura nampak begitu menawan.

Lokasi: Jl. Tirta, Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar.

10. Air Terjun Kanto Lampo

Air Terjun Kanto Lampo
Image Credit: Traveltriangle.com

Air terjun dengan akses cukup mudah dijangkau, hanya berjarak 100 meter dari tempat parkir. Ada beberapa anak tangga yang harus dituruni sebelum menuju tempat ini. sesampainya di bibir air terjun mata akan dimanjakan dengan suguhan air terjun yang segar dan indah.

Keunikan dari air terjun ini adalah bentuknya berundak, hal ini memungkinkan pengunjung duduk di sekitarnya dan merasakan sensasi air terjun yang mengalir langsung ke badan. Air nan bersih dan bening lengkap dengan pemandangan pepohonan yang asri serta masih alami.

Lokasi: Banjar Kelod Kangin, Desa Beng, Kec. Gianyar, Kab. Gianyar.

11. Rafting Sungai Ayung

Arung Jeram Sungai Ayung
Image Credit: Menara-fm.com

Wisata alam yang harus dicoba saat berkunjung ke Gianyar adalah Rafting Sungai Ayung. Sungai Ayung merupakan sungai dengan karakteristik arus air cukup deras. Dengan demikian cocok untuk dimanfaatkan sebagai wahana rafting. Wisata rafting mulai dibuka pukul 09.00 WITA hingga 18.00 WITA.

Di sekitar Sungai Ayung terdapat banyak penyedia fasilitas rafting yang bisa dimanfaatkan. Ada juga instruktur profesional untuk menemani kegiatan rafting akan tetap aman dan terkendali. Total jarak tempuh yang bisa dilalui mencapai 12 kilometer.

Lokasi: Jl. Raya Ubud, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

BACA JUGA:  Bali Safari & Marine Park - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

12. Pura Taman Saraswati

Pura Taman Saraswati
Image Credit: Overseasattractions.com

Konon pura ini dibuat untuk Dewi Saraswati yaitu dewi kebijaksaan serta ilmu pengetahuan. Di tempat ini juga bisa dilihat ukiran indah tentang Dewi Saraswati hampir di sebagian besar bangunan. Bagian depan pura ada kolam dengan berhiaskan tanaman teratai yang indah saat bermekaran.

Adanya air mancur yang memancar menuju ke kolam semakin menambah kesan eksotis pura ini. Arsitek yang mendesain Pura Taman Saraswati adalah I Gusti Nyoman Lempad. Pada Hari Kamis dan Selasa ada pertunjukkan Tari Kecak yang bisa disaksikan pengunjung dan digelar mulai pukul 19.30 WITA.

Lokasi: Jl. Kajeng, Ubud, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

13. Candi Gunung Kawi

Candi Tebing Gunung Kawi
Image Credit: Wikipedia.org

Candi Gunung Kawi berada di daerah Tampaksiring. Candi ini menjadi idola para wisatawan saat ke Gianyar. Candi yang dibuat kurang lebih abad ke-11 masehi ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Tak heran jika sekarang menjadi situs purbakala yang masih dilindungi pemerintah.

Dinamakan Candi Gunung Kawi karena proses pembangunannya dengan memahat batuan di dinding batu padas di atas gunung. Kawi sendiri menurut bahasa sekitar berarti pahatan. Pura Gunung Kawi difungsikan sebagai tempat memuja Raja Bali. Di samping itu dipakai juga untuk aktivitas keagamaan umat hindu.

Lokasi: Banjar Penaka, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar.

14. Museum Seni Neka

Museum Seni Neka
Image Credit: Pickyourtrail.com

Berbagai benda seni seperti lukisan, pahatan dan patung dipamerkan di dalam Museum Seni Neka. Tempat ini khusus dibangun untuk menampilkan karya seni dari seniman Pande Wayan Sutedja Neka.

Museum Seni Neka dibuka pukul 09.00 WITA dengan biaya masuk 50,000 rupiah untuk dewasa dan anak di bawah 12 tahun gratis. Karya seni yang banyak dipamerkan meliputi keindahan budaya khas Bali dan keindahan alam di Bali. Adapula koleksi sejarah seperti keris dan benda sejarah lainnya.

Lokasi: Jl. Raya Sanggingan Campuhan, Kedewatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

15. Pasar Sukawati

Pasar Sukawati
Image Credit: Lokaayobali.netm

Pasar Sukawati terbagi menjadi dua bagian, pertama lokal market dan kedua art market. Untuk lokal market dibuka dari jam 08.00 WITA hingga 15.00 WITA, sedangkan art market dibuka dari jam 10.00 WITA sampai 17.00 WITA.

Berbagai kerajinan Bali dan oleh-oleh khas Bali dijual dengan harga terjangkau. Barang-barang yang banyak terjual diantaranya, batik Bali dan lukisan. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah lagi, dengan cara datang ke pasar di awal waktu. Karena penjual meyakini bahwa jika di pagi hari barang sudah laku maka di waktu berikutnya barang akan semakin laris terjual.

Lokasi: Jl. Raya Sukawati, Sukawati, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Gianyar Bali yang paling populer di kalangan wisatawan domestik dan mancanegara. Semua tempat menawarkan keunikan tersendiri dengan berbagai keindahannya. Tak heran jika wisatawan berkunjung bukan hanya sekali atau dua kali, bahkan hingga berkali-kali untuk memenuhi hasrat wisatanya. Dijamin liburan di Gianyar Bali akan sangat memuaskan.