Belakangan ini, destinasi wisata di Flores memang menjadi salah satu tujuan bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam. Bagaimana tidak, pesona alam yang ada di wilayah ini sangat memukau. Dengan suasananya yang masih asri dan belum terlalu terjamah, Anda dapat menikmati berbagai kegiatan menarik. Berikut daftar rekomendasi tempat wisata yang wajib anda kunjungi selama berada di Flores.

1. Gua Liang Bua

Gua Liang Bua
Photo by Google Maps О. Ветров

Pertama, anda bisa datang dan menghabiskan waktu di Gua Liang Buang. Tempat wisata satu ini memiliki arti yakni lubang sejuk. Biasanya warga yang tinggal di sekitar gua di pegunungan karst ini menyebutnya dengan istilah tersebut. Gua indah ini pertama kali ditemukan sekitar tahun 1930 an.

Dimana pada gua tersebut juga ditemukan yakni sisa sisa dari manusia purba. Oleh karenanya, Gua Liang Bua ini pun ditetapkan sebagai salah satu situs purba penting di dunia lantaran adanya penemuan manusia Flores atau yang memiliki nama latin yakni Homo Floresiensis.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Liang Bua, Kec. Rahong Utara, Kab. Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

2. Air Terjun Cunca Rami

Air Terjun Cunca Rami
Photo by Google Maps Rifki Gunawan

Puas melihat gua bersejarah, anda bisa melanjutkan menuju ke Air Terjun Cunca Rami. Curug dengan ketinggian yakni sekitar 70 meter ini memang terlihat sangat megah. Uniknya lagi, bagi anda yang menyukai tantangan, akses menuju ke tempat wisata ini akan anda sukai.

Bagaimana tidak, untuk mencapai wisata air terjun ini anda diharuskan untuk berjalan kiki dengan melewati sawah sawah dan perkebunan milik warga. Anda pun juga akan menembus hutan Mbeling yang masih sangat alami sepanjang perjalanan menuju ke destinasi ini. Namun pemandangan alam yang anda dapatkan akan sepadan dengan perjuangan anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Golo Ndaring, Kec. Sano Nggoang, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

3. Pantai Nanganesa

Pantai Nanganesa
Photo by Google Maps Wayne Hagen

Berada dekat dengan Desa Wolotopo, anda pun bisa berkunjung ke Pantai Nanganesa. Wisata bahari ini sangat cocok bagi anda yang mencari suasana pantai dengan perkampungan warga. Berada disini, anda pun bisa sekaligus melihat bangunan dan rumah rumah tradisional dari warga sekitar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Wolotopo, Kec. Ndona, Kab. Ende, Nusa Tenggara Timur.

4. Pantai Koka

Pantai Koka
Photo by Google Maps Virgile Genoud

Destinasi selanjutnya adalah Pantai Koka yang menjadi incaran bagi wisatawan asing maupun lokal untuk berlibur. Pemandangan yang ada disini memang sangat memukau. Jika anda mencari pantai yang tenang, maka Pantai Koka dapat menjadi alternatif untuk berlibur. Disini, anda akan mendapatkan panorama laut biru lepas dan pasir putih yang menghampar luas.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Wolowiro, Kec. Paga, Kab. Sikka, Nusa Tenggara Timur.

5. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang
Photo by Google Maps New Normal Traveller

Danau Sano Nggoang sering dikatakan sebagai Danau Tobanya Nusa Tenggara timur. Hal ini karena wisata ini merupakan danau terbesar yang ada di kawasan NTT. Sesampainya disini, anda pun akan disambut dengan warna air danau yang hijau dan alami. Selain itu, panorama alamnya yang memukau tentu saja menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Dengan memiliki luas yakni sekitar 513 hektar, kawasan satu ini juga masih dikelilingi oleh hutan hutan. Sehingga suasananya yang masih alami dan asri menjadi salah satu hal yang menarik wisatawan untuk berkunjung. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin berkunjung ke destinasi ekowisata, ada baiknya mampir ke Danau Sano Nggoang.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Wae Sano, Kec. Sano Nggoang, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

6. Pantai Pink

pantai pink
Photo by Google Maps Mehmet Sarıgül

Saat berada di Flores, Pantai Pink adalah salah satu destinasi yang tidak boleh untuk anda lewatkan begitu saja. Hal ini dikarenakan Pantai Pink yang ada di Pulau Komodo ini memiliki warna unik yang sangat indah. Keunikan dari pasir yang berwarna pink ini lantaran campuran dari pasir putih dan juga cangkang kerang yang berwarna merah.

Dengan adanya perpaduan tersebut, menghasilkan pasir pantai yang berwarna merah muda dan sangat indah. Saat berada disini, anda pun akan menemukan banyak sekali cangkang kerang yang berwarna merah. Hal tersebut membuat pantai satu ini memiliki pasir yang berwarna pink dan sangat unik.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur.

7. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu
Photo by Google Maps Arllyn 29

Danau lain yang bisa anda kunjungi adalah Danau Kelimutu. Wisata satu ini merupakan danau tiga warna yang populer di kawasan satu ini. bahkan danau ini pun menjadi salah satu ikon yang muncul pada mata uang rupiah. Keunikan yang bisa anda dapatkan disini adalah warnanya.

Dalam satu danau, anda akan mendapati tiga warna air yang berbeda. Mulai dari putih, biru dan juga merah. Berada di ketinggian 1631 mdpl, anda pun akan disuguhkan dengan pesona alam yang luar biasa indahnya saat menginjakkan kaki disini. Pastinya anda jangan sampai lewatkan destinasi ini saat berada di Flores.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Woloara, Kec. Kelimutu, Kab. Ende, Nusa Tenggara Timur.

8. Labuan Bajo

Labuan Bajo
Photo by Google Maps Nyimas Wulandari

Labuan Bajo dapat dikatakan sebagai primadona dari Flores. Lokasi satu ini merupakan pintu masuk menuju ke kawasan Taman Nasional Komodo.bagi anda yang suka menyelam, pastinya anda akan senang menghabiskan waktu di lokasi satu ini. tak hanya diminati karena lokasinya yang bagus untuk diving, disini anda juga bisa melihat indahnya matahari terbenam.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Labuan Bajo, Pulau Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

9. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa
Google Maps Hanafi Ingah Jauhari

Pulau satu ini tak kalah populer dengan pulau pulau lain yang ada di Flores. Bahkan pulau ini pun lebih dikenal di benua Australia dibandingkan dengan di Indonesia sendiri. Namun, lambat laun wisata ini menjadi salah satu jujukan bagi wisatawan lokal sekalipun. Dengan luas sekitar 32 hektar, anda pun akan disuguhkan dengan pemandangan indah yang menawan.

Tidak hanya itu saja, ada berbagai macam kegiatan seru dan menarik yang bisa anda lakukan disini. Diantaranya adalah trekking keliling pulau dan juga snorkeling di dermaga. Bukit Kanawa yang ada di pulau ini memang menyajikan keindahan tersendiri yang tidak terlupakan.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Pulau Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

10. Pulau Padar

Pulau Padar
Photo by Google Maps Dotty

Pulau Padar dikenal karena keindahan alamnya yang mempesona. Menjadi salah satu pulau terbesar yang ada di Pulau Komodo ini memang memiliki pemandangan yang tidak bisa anda abaikan begitu saja. disini, biasanya menjadi lokasi pos pandang untuk melihat lanskap panorama alam yang indah. Sebab, anda akan disuguhkan dengan pulau yang berdiri di tengah laut dengan megah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

11. Pulau Rinca

Pulau Rinca
Photo by Google Maps Mark Lebbink

Selanjutnya, anda juga harus mampir ke Pulau Rinca saat berada di Flores. Lokasi satu ini memang memiliki keindahan alamnya yang mengagumkan. Sepanjang mata memandang, anda akan dibuat takjub akan pesona alamnya. Disini, anda pun juga bisa menemukan hewan langka, yakni komodo.

Pulau Rinca sendiri masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Disini, anda akan disuguhkan padang savana yang sangat indah. Bahkan banyak yang mengatakan padang savana yang ada di pulau ini sama seperti yang ada di Afrika. Untuk itu, pastikan anda datang dan melihatnya secara langsung.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Pulau Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

12. Pulau Komodo

Pulau Komodo
Photo by Google Maps Leonardus Nyoman

Salah satu pulau besar yang ada di Flores ini memang menjadi primadona bagi siapa saja yang berkunjung. Bagaimana tidak, destinasi wisata yang menjadi cagar alam ini merupakan salah satu keajaiban dunia yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja. disini, anda akan menyaksikan secara langsung kehidupan para komodo.

Namun, bagi anda yang ingi melihatnya dari jarak cukup dekat, sebaiknya perlu berhati hati. Usahakan tetap mendengarkan arahan dari petugas agar anda tetap aman ketika menjelajah pulau satu ini. komodo di lokasi satu ini memang terlihat lebih tenang. Akan tetapi, pastikan anda tetap menjaga jarak yang aman, apabila ingin mengambil gambar.

Harga Tiket: Rp 90.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

13. Pulau Mules

Pulau Mules
Photo by Google Maps Lativa ifha

Di Flores anda juga bisa berkunjung ke Pulau Mules. Jika anda melihatnya dari jauh, maka anda pun akan mendapati pulau dengan sosok seperti putri yang sedang tertidur. Disini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa bukit bukit yang eksotis dan juga panorama laut lepas yang memukau.

Air lautnya yang jernih seolah olah akan membius dan anda pun akan tergoda untuk menjelajahi perairan satu ini. disini, anda akan menemukan penyu, lumba lumba dan juga berbagai macam jenis ikan yang lain. Selain itu, panorama savana yang hijau juga bisa anda temukan di lokasi satu ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nuca Molas, Kec. Satar Mese Barat, Kab. Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

14. Desa Cancar

Desa Cancar
Photo by Google Maps Rifki Gunawan

Ingin melihat indahnya sawah yang seperti jaring laba laba? Maka anda pun wajib mengunjungi Desa Cancar yang ada di Flores Barat ini. disini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan berupa sawah yang hijau. Uniknya jika anda melihat dari kejauhan, sawah tersebut seperti membentuk jaring laba laba yang indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Cancar, Kec. Ruteng, Kab. Manggarai, Nusa Tenggara Timur.

15. Goa Rangko

Goa Rangko
Photo by Google Maps Baktiar Sontani

Bagi anda yang ingin merasakan sensasi berenang di tempat yang baru, maka Goa Rangko nampaknya dapat menjadi destinasi yang tepat. Disini, anda bisa menemukan goa yang memiliki kedalaman sekitar 4 meter lengkap dengan stalagmit dan stalagtit yang dimilikinya. Uniknya, anda juga bisa berenang saat berada di goa ini.

Dimana air kolam yang ada di Goa Rangko memiliki kandungan garam yang mana akan mampu menyehatkan tubuh. Selain itu, bagi anda yang senang hunting foto, lokasi yang indah ini memang akan menjadi latar belakang yang sangat eksotis. Pastikan anda untuk mengabadikan momen di goa satu ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Boleng, Kec. Boleng, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Berjalan-jalan di Flores, pastinya anda tidak akan kehabisan ide untuk berlibur. Sebab, banyak sekali destinasi alam yang unik dan pemandangan yang memanjakan mata saat anda berada disini. Untuk itu, sebelum merencanakan liburan, beberapa list objek wisata di Flores ini wajib untuk anda masukkan ke dalam daftar.