Inilah List Tempat Wisata Menarik dan Populer di Dompu, Nusa Tenggara Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah dan Terhits yang Menarik Dieksplor Saat Liburan.

Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan Nusa tenggara Barat, provinsi ini memang menjadi destinasi wisata yang populer di Negara Indonesia. Kebanyakan tempat wisata di Nusa tenggara Barat memang merupakan wisata alam jadi Anda dapat dimanjakan dengan melihat pemandangan-pemandangan alam yang indah dan memukau.

Salah satu kota di Nusa tenggara Barat yang menyimpan begitu banyak tempat wisata yang indah salah satunya yaitu kota Dompu. Banyak sekali tempat wisata yang begitu indah yang bisa Anda datangi di kota tersebut.

Jadi bagi Anda yang kebetulan tengah berkunjung ke Nusa tenggara Barat tidak ada salahnya untuk datang ke kota ini dan menikmati tempat wisata yang terdapat di kota Dompu ini. Jika Anda bingung destinasi wisata mana yang bisa Anda kunjungi, maka berikut kami akan beri ulasan tentang rekomendasi tempat wisata hits di Dompu yang bisa Anda jadikan referensi.

1. Gunung Tambora

Gunung Tambora
Image Credit: Google Maps (Om Madison)

Tempat wisata yang begitu memukau mata yaitu gunung Tambora. Anda bisa mendatangi gunung Tambora melalui kota Dompu. Dari puncak gunung vulkano ini Anda akan melihat pemandangan yang begitu megah serta indah.

Sangat cocok untuk Anda yang memang hobi mendaki gunung. Saat Anda mendatangi gunung Tambora sebelum matahari terbit maka Anda bisa menikmati pemandangan tersebut karena memang pemandangan tersebut sangat elok untuk dipandang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kawinda Toi, Kec. Tambora, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

2. Pantai Ria

Pantai Ria
Image Credit: Google Maps (Amir Damar)

Destinasi berikutnya yaitu Pantai Ria. Untuk Anda yang begitu suka akan pantai maka disarankan Anda untuk datang ke pantai ini. Ada banyak ragam aktivitas yang seru yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Saat berenang di pantai ria Anda tidak perlu khawatir karena memang ombak di pantai ini cenderung tenang dan kecil.

Pantai ini belum begitu dikenal banyak oleh para wisatawan, sehingga ketika Anda berkunjung ke pantai ini, Anda akan sering menemukan suasana yang begitu tenang. Sangat cocok bagi Anda yang sedang ingin menyegarkan pikiran dari hiruk pikuk kota. Oleh karena pantai ini belum banyak dikenal maka harga tiketnya pun dapat dibilang sangat terjangkau.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Riwo, Kec. Woja, Kab. Dompu, Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat.

3. Pantai Hodo

Pantai Hodo
Image Credit: Google Maps (Mukhlis Xia)

Pantai ini cenderung unik dan berbeda jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. perbedaan tersebut terlihat dari banyaknya kubangan sepanjang garis pantai yang bisa Anda temukan di Pantai Hodo. Kubangan-kubangan tersebut digunakan untuk berendam oleh kawanan kerbau.

Di tempat ini juga terdapat sumber air tawar yang digunakan oleh kawanan kerbau tersebut untuk minum. Pasir di tempat ini terlihat begitu eksotis karena memang bercampur dengan material gunung api Tambora. Anda bisa membawa tikar dan bersantai di pantai ini untuk menikmati pemandangan laut saat sore hari, sambil lalu Anda bisa melihat tingkah kawanan kerbau di sana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Persiapan Sori Tatanga, Kec. Pekat, Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat.

4. Pulau Satonda

Pulau Satonda
Image Credit: Google Maps (Denis Romanov)

Wisata selanjutnya yaitu pulau satonda. Pulau ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih dan laut biru yang begitu indah. Pulau Satonda termasuk dalam salah satu pulau yang tak berpenghuni. Pulau ini dikelilingi oleh bukit-bukit hijau rindang yang dapat membuat mata Anda terasa sejuk dan segar. Yang menarik pula dari pulau ini yaitu ada danau di bagian tengah pulau.

Danau tersebut memiliki air yang asin. Anda yang sangat menyukai dengan bunga maka disarankan untuk datang ke pulau ini, karena Anda akan menemukan banyak bunga warna-warni di tempat tersebut. Pulau ini cukup populer di kalangan para wisatawan dan dijadikan destinasi wisata saat berkunjung ke Nusa tenggara Barat, khususnya saat berada di kota Dompu.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Nangamiro di Kec. Pekat, Kab. Dombu, Nusa Tenggara Barat.

5. Bukit Matompo

Bukit Matompo
Image Credit: Instagram.com @erwandompu

Tempat wisata yang juga menarik Anda kunjungi yaitu bukit matompo. Panorama alam yang sangat memukau di bukit ini menjadikan bukit ini salah satu tempat wisata yang populer di Dompu. Anda akan melihat hamparan laut biru yang luas saat berada di bukit ini. Lereng-lereng bukit Matompo ditutup oleh warna hijau serupa permadani yang membuat mata Anda sejuk.

Hal yang paling ditunggu dari wisatawan saat berada di tempat ini yaitu pemandangan matahari tenggelam. Menjelang senja sore tempat ini menjelma surga dunia karena keindahannya yang begitu menakjubkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Mbuju, Kec. Kilo, Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat.

6. Air Terjun Panca Saneo

Air Terjun Panca Saneo
Image Credit: Facebook.com @ABIFSIBUNGSU

Tempat wisata selanjutnya yaitu air terjun Panca Saneo. Saat Anda mengunjungi tempat ini, Anda akan melihat panorama yang menawan dari air terjun yang memiliki ketinggian yang cukup curam.

Tempat wisata ini memang tersembunyi di antara rimbunan pohon-pohon rindang serta tebing-tebing kapur. Selain itu air terjun ini terletak di dalam kawasan hutan dan belum banyak dikelola secara profesional. Jika Anda berniat berkunjung ke tempat ini maka jangan lupa untuk membawa baju ganti.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Saneo, Kec. Woja, Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat.

7. Savana Doro Ncanga

Savana Doro Ncanga
Image Credit: Facebook.com @rinjani.biru.9

Selanjutnya yang dapat Anda temukan di Dompu yaitu Padang Savana Doro Ncanga. Saat Anda berkunjung ke tempat ini, maka seolah-olah Anda akan melihat replika dari Afrika. Suasananya yang begitu panas, gersang dan eksotis semakin menarik banyak pengunjung untuk datang ke tempat ini.

Jangan kaget jika Anda menemukan banyak hewan liar, karena memang savana ini merupakan habitat asli dari hewan-hewan tersebut. Saat Anda memutuskan untuk berkunjung ke tempat ini, maka pastikan Anda menggunakan sunblock.

Serta jangan lupa untuk membawa topi agar terhindar dari teriknya matahari. Jangan lupa pula untuk membawa kamera karena tempat ini menyediakan banyak spot menarik untuk Anda foto.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Persiapan Sori Tatanga, Kec. Pekat, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

8. Nisa Pudu

Nisa Pudu
Image Credit: Google Maps (Mozack YT)

Di daerah perbatasan bagian barat Dompu, Anda akan menemukan tempat wisata yang bernama Nisa Pudu. Pulau ini memang dikenal karena keindahannya. Banyak wisatawan yang menyempatkan waktu untuk datang berkunjung ke pulau ini.

Dengan Anda datang ke tempat ini Anda akan disuguhkan pemandangan yang begitu menyejukan mata serta begitu menyenangkan. Laut dengan warna hijau tosca serta ombak kecil sangat cocok jadi tempat Anda untuk merilekskan pikiran. Di tempat ini terdapat teluk yang terkenal dengan panoramanya yang indah, yaitu teluk Saleh.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Soro, Kec. Kempo, Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat.

9. Air Terjun Kancira

Air Terjun Kancira
Image Credit: Instagram.com @p/BLYWTenhwNP

Air terjun kancira tak kalah indah dengan air terjun di tempat lain. Anda akan menemukan tempat wisata yang begitu alamiah seolah tak pernah tersentuh oleh tangan manusia. Dikatakan demikian karena memang tempat ini terletak di kawasan hutan lindung yang sangat dijaga keasliannya. Lereng air terjun ini memang tak setinggi Air Terjun Panca Saneo.

Namun jangan salah, air terjun di sini tak kalah deras, sehingga Anda juga perlu berhati-hati saat datang berkunjung ke tempat ini. Akses jalan memang cukup susah dengan Medan yang rumit. Karena memang letaknya tersembunyi jauh di dalam hutan.

Ketika Anda telah sampai di tempat ini, rasa lelah Anda akan terbayar punah. Pemandangan hijau serta udara yang lembab akan membuat pikiran Anda kembali fresh, sehingga Anda dapat kembali beraktivitas seperti sedia kala.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Daha, Kec. Hu u, Kab. Dompu, Nusa Tenggar Barat.

10. Pantai Lakey

Pantai Lakey
Image Credit: Google Maps (Tini Sumartini)

Bagi wisatawan lokal mungkin tempat ini kurang begitu populer dan juga kurang dikenal. Namun, tempat ini memiliki keunikannya tersendiri yaitu sebagai tempat yang cocok untuk berselancar. Jika Anda suka dengan kegiatan surfing maka disarankan Anda untuk datang ke Pantai Lakey ini.

Ombak pantai yang besar membuat tempat ini menjadi primadona bagi para wisatawan yang hobi surfing. Bagi para peselancar, ombak di tempat ini memiliki sebutan khusus yaitu ombak kidal. Dinamakan demikian karena memang arah sapuan dari ombak ini cenderung ke kiri, sedangkan untuk ombak-ombak normal di pantai lainnya arah sapuan umumnya ke kanan.

Wisatawan yang banyak datang ke pantai ini umumnya didominasi oleh wisatawan asing yang memang datang dengan niat untuk berselancar. Jika Anda hendak datang ke tempat ini juga untuk berselancar, maka sebaiknya Anda datang di bulan-bulan April hingga Oktober.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. lakey, Jambu, Kec. Pajo, Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat.

11. Air Terjun Ncanga Tolu

Air Terjun Ncanga Tolu
Image Credit: Facebook.com @WonderfulLombokSumbawa

Tempat menarik selanjutnya yaitu Air Terjun Ncanga Tolu. Keunikan dari air terjun ini yaitu memiliki tiga buah cabang air yang berbeda. Di masing-masing air terjun tersebut terdapat kolam yang terbentuk dengan alami. Jika Anda suka bermain basah-basahan namun tidak ingin panas seperti di pantai, maka Anda bisa datang ke Air Terjun Ncanga Tolu ini.

Terdapat batu-batu besar yang menghiasi objek wisata air terjun, sehingga Anda yang ingin memburu foto dapat menggunakan batu-batu besar tersebut sebagai spot menarik bagi model Anda.

Hal yang mengherankan lagi dari tempat yang begitu indah ini yaitu tarif tiketnya yang sangat murah. Anda bisa datang ke tempat ini untuk bersantai di kolam-kolam yang jernih, sambil lalu menikmati kicauan burung yang hinggap di pohon-pohon besar di sekitar Air Terjun Ncanga Tolu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Tembala, Kec. Pajo, Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat.

Itulah beberapa tempat wisata menarik di Kabupaten Dompu yang bisa Anda kunjungi. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut saat Anda berada di Nusa Tenggara Barat khususnya di daerah Dompu. Karena dijamin Anda tidak akan menyesal oleh panorama elok yang ditawarkan masing-masing tempat wisata tersebut.