Temukan Tempat Wisata Populer di Denpasar, Bali. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Kota Denpasar merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Bali. Berdasarkan letak geografisnya, kota ini memiliki lokasi strategis dengan bentang alam yang menakjubkan. Kota ini menyimpan potensi wisata yang cukup beragam untuk menikmati liburan di tengah kesibukan kota yang begitu padat.

Panorama alam yang indah menjadikan kota ini sebagai salah satu tujuan objek wisata yang banyak diminati. Banyak pula keindahan alam asri yang tersembunyi dan jarang diketahui oleh para pelancong. Denpasar memiliki beragam objek wisata seperti situs bersejarah, situs budaya, wisata bahari, wisata kuliner, wisata rohani, dan juga spot foto kekinian yang wajib dijelajahi.

Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur di Kota ini tidak perlu bingung untuk mencari spot objek wisata. Inilah 15 rekomendasi tempat wisata di Denpasar Bali yang cocok untuk mengisi liburan Anda.

1. Taman Werdhi Budaya Art Centre

Taman Werdhi Budaya Art Centre
Image Credit: Ksmtour.com

Taman werdhi budaya art centre merupakan salah satu tempat wisata budaya yang dibangun untuk pelestarian budaya dan pengembangan pusat kesenian untuk menjaga kearifan lokal. Untuk memasuki kawasan ini Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Anda akan disuguhi arsitektur khas Bali di seluruh penjuru tempat ini.

Pusat kesenian yang terletak di tengah Kota Denpasar ini menjadi tujuan wisata budaya yang diminati oleh para wisatawan. Anda akan disuguhi pemandangan alam, budaya, dan seni yang kental akan nuansa Bali. Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan tarian khas Bali dengan gerakan yang indah.

Lokasi: Jl. Nusa Indah No.1, Panjer, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

2. Pasar Seni Kumbasari

Pasar Seni Kumbasari
Image Credit: Villadibali.net

Pasar seni kumbasari merupakan pasar tradisional di pusat Kota Denpasar yang menjual aneka macam makanan, kerajinan tangan, sampai ornamen-ornamen khas Bali. Pasar ini menjadi pilihan yang cocok untuk belanja kebutuhan pokok ataupun oleh-oleh. Banyak pula dari warga lokal maupun wisatawan yang datang ke pasar ini sekadar untuk city tour.

Seperti halnya namanya, pasar seni kumbasari menawarkan berbagai benda kesenian Bali yang dibandrol mulai dari harga Rp 2.000 sampai jutaan rupiah. Pasar ini juga menjual aneka ragam kain dan pakaian khas Bali dengan harga yang lebih murah. Bagi Anda yang sedang berlibur ke Bali, wajib untuk mengunjungi pasar seni kumbasari ini.

Lokasi: Jl. Gajah Mada, Pemecutan, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar.

3. I AM Bali 3D Museum and Upside Down

I AM Bali 3D Museum and Upside Down
Image Credit: Weekendnotes.com

Wisata buatan I am Bali merupakan salah satu tempat wisata di Denpasar yang diincar oleh para wisatawan. Untuk memasuki tempat wisata ini, Anda perlu membayar sebesar Rp 50.000 bagi warga lokal, Rp 100.000 untuk wisatawan domestik, dan Rp 120.000 untuk wisatawan asing.

3D museum merupakan museum yang dipenuhi oleh lukisan di dinding karya anak bangsa. Lukisan 3D ini menjadi spot foto instagramable yang begitu menawan. Selain itu, terdapat pula objek wisata berupa ruangan terbalik yang biasa disebut dengan upside down. Anda akan melihat berbagai furnitur yang menggantung di atap seolah melawan gaya gravitasi.

Lokasi: Bajra Sandhi Monument Ground Floor, Jl. Raya Puputan, Panjer, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

4. Museum Lukisan Sidik Jari

Museum Lukisan Sidik Jari
Image Credit: Indonesiakaya.com

Museum lukisan sidik jari dibangun di Kota Denpasar pada tahun 1993 dan diresmikan pada tahun 1995. Lukisan di museum lukisan sidik jari dilukis dengan berbagai macam warna yang padu tanpa menggunakan kuas, melainkan dengan ujung jari.

Terdapat 640 buah lukisan yang terpajang indah di dinding museum. Selain menikmati lukisan, Anda juga bisa mengikuti kursus melukis, seni musik Bali, dan seni tari Bali. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya saat memasuki museum ini.

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk, Sumerta Kelod, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar.

5. Pantai Sanur

Pantai Sanur
Image Credit: Thebali.co.id

Pantai sanur atau yang biasa disebut dengan pantai matahari terbit merupakan salah satu pantai di Bali yang terkenal sampai tingkat internasional. Pantai ini memiliki pasir yang putih dan dasar pantai yang dangkal, hanya sebatas lutut orang dewasa. Wisata bahari satu ini sangat cocok dan aman dikunjungi bersama keluarga.

Pemandangan matahari terbit yang begitu indah menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata yang diincar oleh para pelancong dari berbagai dunia. Bentangan alam dengan angin laut yang sejuk akan membuat Anda betah. Pantai sanur menyediakan berbagai fasilitas seperti tempat penginapan, restoran, dan aneka wahana permainan.

Lokasi: Jl. Kusuma Sari No.1, Sanur, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

6. Mangrove Boardwalk Denpasar

Mangrove Boardwalk Denpasar
Image Credit: Baliadventours.com

Mangrove boardwalk Denpasar menjadi salah satu hutan bakau terbaik dengan pemandangan alam yang hijau dan menyegarkan mata. Hutan bakau yang berlumpur dan penuh rawa-rawa ini menyediakan fasilitas berupa jembatan kayu yang membentang panjang.

Ranting-ranting pohon bakau di sekeliling jembatan menambah kesan sejuk dan indah saat Anda menyusuri hutan ini. Anda dapat berfoto ria dengan spot foto alami di hutan ini. Untuk memasuki kawasan mangrove boardwalk anda perlu membayar Rp 2.000 untuk parkir dan sejumlah uang untuk tiket masuk.

Lokasi: Pemogan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

7. Big Garden Corner

Big Garden Corner
Image Credit: Heikaku.com

Salah satu tempat wisata unik yang cocok saat berada di Kota Denpasar yaitu big garden corner. Tempat wisata yang dibuka pada tahun 2016 ini adalah sebuah galeri seni batu dan patung yang bertema alam. Big garden corner sangat cocok dijadikan tujuan wisata bersama keluarga maupun teman.

Terdapat replika candi Borobudur, rumah pohon berukuran kecil, dan patung batu yang tersebar di tempat ini. Selain itu terdapat pula jalan setapak yang terbuat dari kayu dengan payung warna-warni yang menggantung di atapnya. Anda cukup membayar Rp 25.000 untuk memasuki kawasan ini.

Lokasi: Jl. By Pass Ngurah Rai, Kesiman, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

8. Desa Budaya Kertalangu

Desa Budaya Kertalangu
Image Credit: Facebook.com @garudagardenbali

Saat Anda berkunjung ke desa ini, Anda akan disajikan pemandangan alami berupa perkebunan dan sawah. Desa budaya kertalangu menjadi ikon wisata budaya Bali yang banyak dikunjungi oleh wisatawan manca negara. Disini terdapat sebuah tugu perdamaian yang menyimbolkan perdamaian dunia.

Desa budaya kertalangu menyediakan berbagai objek wisata seru dan menarik. Terdapat wisata kuliner, outbound, jongging track, kerajinan, dan lain sebagainya. Anda dapat menyaksikan pentas seni budaya Bali seperti joged bumbung, tari barong, dan tari kecak dengan gerakan yang elok dan menawan.

Lokasi: Jl. By Pass Ngurah Rai No.88, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar.

9. Bajra Sandhi Renon

Bajra Sandhi Renon
Image Credit: Anywhere.com

Bajra sandhi adalah monumen peringatan dengan arsitektur khas Bali yang terletak di daerah Renon. Monumen ini dipenuhi oleh ukiran dan pahatan unik yang membuat siapapun akan takjub saat melihatnya. Monumen ini memiliki makna kemerdekaan Indonesia yang dibangun dengan 17 gerbang pintu masuk dan 8 pilar utama dengan tinggi 45 meter.

Wisata budaya ini seringkali dikunjungi oleh wisatawan asing yang penasaran dengan kekayaan budaya Bali. Banyak pula fotografer dari berbagai negara yang mengabadikan monumen indah satu ini. Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 25.000 untuk bisa menjelajahi monumen ini.

Lokasi: Jl. Raya Puputan No.142, Panjer, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

10. Pantai Mertasari

Pantai Mertasari
Image Credit: Kompasiana.com

Anda dapat menyaksikan pemandangan sunrise dan sunset saat berlibur ke pantai mertasari. Pantai yang menghadap ke arah utara ini memiliki ombak yang tenang dengan dasar pantai yang landai. Oleh sebab itu, pantai ini aman digunakan untuk berenang sambil mengajak si kecil bermain. Terdapat pula para warga lokal yang menerbangkan layangan di tepi pantai.

Pantai mertasari memiliki destinasi wisata yang sangat memikat hati, salah satunya yaitu dreamland. Anda perlu membayar biaya sebesar Rp 20.000 untuk bisa memasuki kawasan ini. Terdapat spot foto berupa ayunan yang terbuat dari kayu. Banyak para wisatawan yang berebut spot ini saat menjelang sunset.

Lokasi: Jl. Tirta Empul, Sanur Kauh, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

11. Bali Orchid Garden

Bali Orchid Garden
Image Credit: Needpix.com

Bagi Anda yang menyukai bunga anggrek, Bali orchid garden menjadi pilihan yang terbaik. Wisata alam ini dibuka sejak tahun 1998 dan terdapat lebih dari 500 tumbuhan anggrek dengan berbagai macam jenis, mulai dari jenis anggrek yang ada di Indonesia maupun jenis anggrek dari manca negara.

Terdapat pula area shade house yang berbentuk kubah dengan arsitektur Bali yang digunakan untuk menyimpan bunga yang memerlukan sinar matahari minim. Selain itu, tempat wisata satu ini juga menyediakan kios cinderamata, pendopo, balai bengong, dan juga cafe. Harga tiket masuk kawasan ini yaitu sebesar Rp 100.000 untuk per orangnya.

Lokasi: Jl. By Pass Ngurah Rai No.21X, Tohpati, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar.

12. Museum Bali Denpasar

Museum Bali Denpasar
Image Credit: Blog.airpaz.com

Museum Bali Denpasar merupakan museum sejarah yang menyangkut tentang peradaban manusia dari zaman ke zaman, khususnya masyarakat Bali. Terdapat tiga bangunan besar di bagian dalam museum yang disebut dengan gedung buleleng, gedung tabanan, dan gedung karangasem.

Museum ini menyimpan berbagai macam barang bersejarah seperti peralatan pada masa pra sejarah, perkembangan seni budaya Bali, berbagai peralatan upacara adat dan keagamaan, lukisan wayang, dan lain sebagainya. Untuk memasuki museum Bali Denpasar Anda perlu membayar sebesar Rp 50.000.

Lokasi: Jl. Mayor Wisnu No.1, Dangin Puri, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar.

13. Lapangan Puputan

Lapangan Puputan
Image Credit: Kingbali-tourtravel.blogspot.com

Lapangan puputan seringkali dijadikan sebagai tempat rekreasi maupun olahraga untuk mengisi waktu luang. Disini terdapat sebuah tugu yang menandakan titik 0 km Kota Denpasar. Titik 0 km ini diresmikan pada tahun 1960.

Sebagai titik 0 km ibu kota Bali, lapangan puputan sering mengadakan sebuah acara yang seru dan menarik. Acara ini seperti pawai pembukaan pesta kesenian Bali yang dapat diikuti oleh seluruh kalangan masyarakat maupun para wisatawan.

Lokasi: Dauh Puri Kangin, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar.

14. Ekowisata Subak Sembung Peguyangan

Ekowisata Subak Sembung Peguyangan
Image Credit: Kapahjumah.com

Ekowisata satu ini dibangun dalam upaya untuk mengelola lingkungan dari ancaman banjir. Ekowisata subak sumbang peguyangan merupakan lahan persawahan luas yang dijadikan sebagai pasar produk pertanian. Produk pertanian tersebut antara lain tuak manis khas Bali, kripik, aneka sayur, dan juga beras.

Bagi Anda yang ingin menghirup udara sejuk dan segar, ekowisata subak sembung peguyangan menjadi pilihan yang cocok. Disini anda bisa berjalan di jalan beton sambil menikmati hijaunya sawah dengan aneka tanaman yang beragam.

Lokasi: Jl. Ahmad Yani Utara, Peguyangan, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar.

15. Pulau Serangan

Pulau Serangan
Image Credit: Baliwisataunik.blogspot.com

Pulau Serangan merupakan pusat konservasi penyu dan kura-kura yang terletak di sebelah selatan pantai sanur. Selain wisata edukasi, pulau ini juga menyediakan aneka wahana permainan, seperti selancar, fast boat, menunggang kuda, serta berenang bersama lumba-lumba dan ikan hiu putih.

Pusat penangkaran konservasi penyu dan kura-kura ini merupakan tempat yang dipagari oleh bambu dan terdapat beberapa kolam. Telur-telur penyu yang terpendam di pasir diambil oleh petugas penangkaran dan disimpan di tempat penangkaran yang aman. Disini Anda bisa menyaksikan proses keluarnya tukik dari cangkangnya.

Lokasi: Serangan, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

Itulah 15 tempat wisata yang ada di Denpasar Bali yang wajib Anda kunjungi untuk liburan yang berkesan. Keindahan alam dan kekayaan budaya yang dimiliki kota ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata paling utama untuk dikunjungi, baik oleh pengunjung lokal maupun dari luar daerah. Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.