Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Bima, Nusa Tenggara Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian, Terindah dan Terhits yang Layak Anda Jelajahi Saat Liburan.

Bima menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan yang berkunjung ke provinsi Nusa Tenggara Barat. Kabupaten Bima ini terletak pada wilayah timur dari pulau Sumbawa. Daerah ini menyimpan banyak potensi dari destinasi wisatanya yang tak kalah mempesona dari wilayah Indonesia lainnya.

Terdapat banyak tempat untuk berwisata yang ada di Bima dari mulai pantai, pegunungan, hingga destinasi alam lainnya. Keindahan alamnya tersebut menjadikan kabupaten Bima semakin lama makin dikenal oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai tujuan lokasi untuk berwisata mereka.

Letak geografis dari kabupaten Bima yang berada di pinggiran teluk juga semakin menawarkan keindahan alamnya yang sangat menawan. Untuk Anda yang ingin menjelajahi tempat wisata di Bima, berikut ini daftar destinasi menarik yang patut Anda kunjungi.

1. Pantai Pink

Pantai Pink
Image Credit: Google Maps (Lombok Green Holidays Tour & Trafel)

Destinasi wisata pantai Pink ini menjadi salah satu spot daerah wisata favorit bagi para wisatawan yang datang. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, pantai yang satu ini memiliki wilayah pasir pantainya yang berwarna merah muda. Keistimewaan warna pink pada pasir pantainya tersebut terbentang sepanjang area bibir pantainya tersebut.

Keindahan lainnya yang tak kalah menakjubkan dari pantai Pink ialah air lautnya yang tenang dan juga sangat jernih. Jernihnya air laut tersebut juga membuat pantai Pink ini memiliki kesan yang sangat eksotis untuk Anda jadikan daerah wisata yang tak akan pernah terlupakan. Namun untuk sampai ke sana akses yang harus dilewati terbilang sulit dengan menaiki perahu terlebih dahulu.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat:Jl. Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

2. Gunung Tambora

Gunung Tambora
Image Credit: Instagram.com @gunung_tambora

Bagi Anda yang menyukai petualangan maka menaiki Gunung Tambora dapat dijadikan referensi wisata Anda selanjutnya ketika berada di Bima. Daerah gunungnya yang sangat sejuk dan masih alami membuat Anda akan betah untuk berlama-lama di sana.

Terlebih juga di waktu tertentu Anda dapat menikmati festival Tambora yang diadakan oleh pemerintah dan masyarakat sekitar. Festival ini menyuguhkan kegiatan pameran budaya dan juga kesenian dari wilayah Nusa Tenggara Barat yang menjadikan gunung Tambora sebagai lokasi utama pelaksanaannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kawinda Toi, Kec. Tambora, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

3. Bukit Matompo

Image Credit: Mone13blog.wordpress.com

Wilayah perbukitan yang memiliki ketinggian hingga 100 meter ini menawarkan sensasi berbeda dalam menikmati keindahan dari daerah Kabupaten Bima.

Letak dari pegunungan Matompo ini berada di tengah-tengah perairan laut sehingga terkesan seperti membelah lautan. Dari sana Anda dapat menikmati keindahan alam dari gunung Tambora dan hijaunya alam yang ada di sekitarnya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mbuju, Kec. Kilo, Kab. Dompu, Nusa Tenggara Barat.

4. Pulau Sangeang

Pulau Sangeang
Image Credit: Instagram.com @tbachtiargeo

Pulau yang tidak berpenghuni ini menawarkan wisata alam yang berupa jalur pendakian menuju dua buah puncak gunung yang masih aktif. Alasan mengapa wilayah pulau Sangeang ini tidak berpenghuni dikarenakan aktivitas vulkanik dari kedua gunung yang ada di sana dapat membahayakan bagi masyarakat.

Namun, terdapat dampak positif yang ada dari tidak dihuni nya gunung ini oleh masyarakat. Dampak tersebut adalah keindahan alamnya yang masih sangat asri dipenuhi dengan banyaknya tumbuhan hijau yang sangat indah untuk Anda jadikan tempat pelepas penat.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sangiang, Kec. Wera, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

5. Cagar Budaya Uma Lengge

Cagar Budaya Uma Lengge
Image Credit: Facebook.com @bintang.bimayu

Di wilayah Bima ini masih terkenal akan keberagaman dari budayanya yang masih terjaga sampai saat ini. Keberagaman tersebut dapat Anda nikmati dengan mengunjungi daerah wisata Cagar Budaya Uma Lengge.

Di sana terdapat pelestarian dari kebudayaan asli Nusa Tenggara Barat yang terlihat dari rumah-rumah adatnya yang sangat unik dan menakjubkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Maria, Kec. Wawo, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

6. Bukit Pundu Nence

Bukit Pundu Nence
Image Credit: Facebook.com @Pundu.Nence1050Mdpl

Berletak pada daerah ketinggian menjadikan wilayah perbukitan Pundu Nence ini sangat pantas untuk Anda kunjungi. Di sana Anda dapat menikmati keindahan alam yang ada di sekitarnya seperti langit yang berwarna biru cerah dan juga jajaran pegunungan lainnya yang juga masih asri.

Pada bagian atas dari bukit ini juga terdapat sebuah peninggalan sejarah dari kerajaan Bima dimasa lampau. Peninggalan sejarah tersebut berupa beberapa meriam kerajaan yang dulunya digunakan sebagai pertahanan saat berperang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ntoke, Kec. Wera, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

7. Pulau Kelapa

Pulau Kelapa
Image Credit: Instagram.com @jelajahsumbawa

Salah satu destinasi wisata yang patut Anda kunjungi ketika berada di Bima adalah pulau Kelapa. Pulau yang memiliki wilayah perbukitan yang hijau dan juga hamparan lautan birunya ini sangat cocok untuk Anda kunjungi.

Di sana Anda bisa melakukan aktivitas di dalamnya dengan snorkeling sembari menikmati keindahan lautnya, ataupun dengan hiking di wilayah perbukitannya yang masih alami. Namun untuk sampai ke sana Anda harus menggunakan transportasi laut sebagai penghubung ke daerah pulau Kelapa.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nggelu, Kec. Lambu, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

8. Goa Ringi Ncanga

Goa Ringi Ncanga
Image Credit: Facebook.com @aylin.putrianjani

Terdapat pilihan tempat wisata yang lain dari biasanya yaitu berupa gua. Di Bima sendiri sebetulnya terdapat banyak wilayah gua yang tersebar karena letak geografisnya.

Salah satu contoh dari wisata gua yang dapat Anda kunjungi ialah Gua Ringi Ncanga ini. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan di dalam gua yang berisi dengan bebatuan alaminya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dusun ringicanga, Kumbe Kec.Rasane’e Timur, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

9. Pulau Ular

Pulau Ular
Image Credit: Instagram.com @anoa_id

Sesuai dengan namanya, pulau ini memang hanya dihuni oleh ratusan ular berbisa yang hidup di sana. Meskipun begitu, wilayah pulau Ular ini masih menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan yang penasaran akan uniknya pulau yang satu ini.

Namun, bagi Anda yang ingin berkunjung ke sana alangkah baiknya menggunakan jasa guide lokal yang sudah banyak mengerti dengan pulau ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Payi Sape, Sarae, Kec. Rasanae Barat, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

10. Pantai Rotu

Pantai Rotu
Image Credit: Globalfmlombok.com

Pantai berpasir putih yang masih berada di wilayah Bima ini jangan sampai Anda lewatkan. Yang menjadi daya tarik utama mengapa pantai ini harus Anda kunjungi adalah air lautnya yang jernih dan biru. Dengan ditemani arus air yang tenang Anda dapat menikmati liburan di pantai Rotu dengan bersnorkeling ataupun sekedar bermain air di sana.

Pemandangan yang tak kalah menariknya dari wisata pantai ini adalah terdapat daerah pegunungan di sekitarnya. Area pegunungan tersebut seakan mengelilingi dari wilayah pantai Roa sehingga pantai ini terkesan sangat eksklusif karena tertutupi oleh are pegunungan tadi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tangga Baru, Kec. Monta, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

11. Pantai Kalaki

Pantai Kalaki
Image Credit: Instagram.com @affakiysa

Pantai yang masih berada di wilayah Kabupaten Bima ini memiliki akses yang terbilang cukup mudah. Bahkan pantai ini akan terlewati ketika Anda datang dari Bandara dan akan menuju ke penginapan.

Ditambah lai pasirnya yang putih dan ombaknya yang tenang menjadikan wisata pantai Kalaki ini mesti Anda jadikan destinasi pertama ketika Anda mengunjungi Bima.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Panda, Kec. Palibelo, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

12. Pantai Labangka

Pantai Labangka
Image Credit: Instagram.com @jelajahsumbawa

Nama Labangka sendiri diambil dari sebuah kecamatan yang Ada di Bima sana. Pantai Labangka juga memiliki keistimewaan dengan garis pantainya yang terbilang landai sehingga aman bagi Anda untuk bisa bermain air di sana. Anda dan keluarga pasti akan mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan setelah berkunjung ke pantai ini.

Ditambah lagi birunya air laut yang juga jernih membuat pantai Labangka ini menyajikan pemandangan alam yang masih sangat eksotis. Pasir yang ada di sana juga terbilang unik karena warnanya yang dapat berubah-ubah tergantung dengan kondisi alam di sekitarnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Suka Mulya, Kec. Labangka, Kab. Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

13. Pantai Tanjung Meriam

Pantai Tanjung Meriam
Image Credit: Google Maps (Dani Cristian)

Sesuai dengan nama yang tersemat, di pantai ini memang terdapat meriam-meriam yang sudah tidak aktif peninggalan dari kerajaan Bima. Meriam-meriam yang bersejarah tersebut dapat Anda temui pada beberapa sisi dari wilayah pantai ini.

Selain itu, juga pantai Tanjung Meriam ini memiliki keindahan dari air lautnya yang jernih dan bersih. Terdapat juga tumpukan bebatuan yang letaknya tidak beraturan dan menjulang tinggi. Bebatuan tersebut pada akhirnya memberi kesan yang menarik sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung sembari mengabadikan gambar di sana.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Nggelu, Kec. Lambu, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

14. Air Terjun Busu

Air Terjun Busu
Image Credit: Facebook.com @atue.arya

Selain disuguhi dengan wisata pantainya yang indah, di Bima juga terdapat objek wisata yang berupa air terjun. Air terjun yang ada di sana juga masih sangat alami dengan airnya yang segar serta pemandangan tumbuhan hijau yang ada di sekitarnya membuat wisata ini perlu Anda kunjungi.

Dengan kesegaran air yang ditawarkan dapat membuat Anda tidak sabar untuk segera bermain-main air pada aliran sungai yang ada di bawahnya. Keindahan alam ini juga dapat menjadi bukti bahwa wilayah Bima sangat kaya dengan keindahan alam yang ditawarkannya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Riamau, Kec. Wawo, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

15. Pantai Lariti

Pantai Lariti
Image Credit: Google Maps (Rufida Irianti)

Destinasi wisata terakhir yang wajib Anda kunjung ketika berada di Bima adalah Pantai Lariti. Wisata pantai Lariti ini menawarkan hamparan pasir putih yang sangat lembut ditemani dengan ombak yang masih sangat bersahabat.

Keunikan yang juga ada di sini adalah ketika fenomena air di lautan sedang surut. Disaat momen itu akan muncul sebuah gundukan pasir yang membuatnya seolah tampak seperti membelah lautannya yang jernih.

Harga Tiket Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Soro, Kec. Lambu, Kab. Bima, Nusa Tenggara Barat.

Itulah deretan destinasi wisata hits di Bima yang dapat Anda jadikan sebagai referensi tujuan liburan terbaik. Keindahan alamnya yang sangat bervariasi membuat pengalaman liburan Anda di sana akan selalu berkesan. Ditambah juga masih terjaganya kebudayaan dari masyarakat di sana yang membuat wilayah Bima ini membuatnya sangat pantas untuk Anda pelajari lebih dalam.