Bedugul menjadi lokasi wisata yang sangat populer bagi wisatawan saat berkunjung ke Pulau Dewata. Bukan hanya danau yang luas, masih banyak tempat wisata di Bedugul yang bisa Anda jelajahi.

Jika ditanya soal berlibur, pasti langsung memikirkan pulau Bali. Pulau yang dikenal dengan sebutan Pulau Dewata ini memang memiliki identitas sebagai destinasi wisata terbaik di Indonesia. Bahkan ketenarannya juga dikenal luas oleh wisatawan mancanegara.

Salah satu rahasia di balik populernya Bali adalah daerah Bedugul yang terkenal dengan suguhan alam indahnya berupa Danau. Berikut deretan tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi di Bedugul saat liburan.

1. Danau Beratan Bedugul yang Menjadi Centerpiece dari Wisata Bali

Danau Beratan Bedugul yang Menjadi Centerpiece dari Wisata Bali
Image Credit: Wisataku.id

Dikenal sebagai tempat wisata yang paling menarik di Bedugul, Danau Beratan merupakan destinasi pertama yang wajib dikunjungi. Tak hanya keindahan danau saja, Anda akan dibuat terpesona dengan pura serta taman khas kepercayaan masyarakat Bali ketika berkunjung ke objek wisata tersebut. Selain itu, Anda akan merasakan ada kepuasan tersendiri jika mengelilingi danau terluas di Bali. Berada di ketinggian 1230 meter membuat suasana terasa sejuk.

Untuk berkunjung ke danau Beratan juga tak membutuhkan usaha ekstra. Pasalnya, objek wisata yang menawan ini berada di tepi jalan raya. Jadi, wisatawan bisa berkendara hingga lokasi wisata tanpa harus menempuh perjalanan lagi seperti berjalan kaki atau naik kendaraan lain. Apabila ingin mendapat pengalaman yang lebih baik dan tak terlupakan, ada juga fasilitas berupa transportasi air seperti perahu untuk berkeliling di danau tersebut.

Sebenarnya ketika Anda berlibur ke Danau Beratan, anda juga mengunjungi wisata lainnya yakni Pura Ulun karena letaknya yang ada di sekitar Danau. Ada juga banyak jenis aktivitas seru yang bisa dilakukan di danau Beratan selain melihat keunikan dari Pura Ulun Danu. Anda bisa memancing di tepi danau atau menyewa perahu. Untuk memancing harga sewa alatnya cukup terjangkau hanya 15 ribuan saja. Jika berkeliling dengan perahu tarifnya sekitar 100 ribu.

Lokasi: Danau Beratan, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

2. Wisata Sejuk dan Asri di Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul
Image Credit: Natantransport.com

Kebun Raya Bedugul atau disebut juga Kebun Raya Eka Karya Bali merupakan kebun botani terbesar di Indonesia. Terletak di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan Bali, destinasi ini berjarak sekitar 60 km dari pusat Denpasar. Lokasi yang belum banyak dikunjungi wisatawan ini masih menyimpan kealamian yang menakjubkan. Pepohonan yang rindang membuat suasana yang ada di sini menjadi sejuk dan asri.

Untuk waktu kunjungan bisa didatangi pada hari biasa maupun tanggal merah. Daftar tarif Kebun Raya Bali dibedakan menjadi beberapa jenis. Bagi wisatawan asing, harga yang dipatok adalah 17 ribu rupiah, sedangkan tiket masuk pengunjung domestik hanya ditarik seharga 9 ribu rupiah. Tak hanya itu saja, untuk berkeliling juga ada tarif khusus yaitu 11 ribu rupiah bagi kendaraan roda 4.

Ketika berkeliling di objek wisata Kebun Raya, Anda akan disuguhi keindahan dari koleksi botani seperti anggrek, begonia, tumbuhan paku, bahkan kaktus. Keragaman dari tumbuhan yang ada di sini membuat udaranya sangat sejuk dan cocok untuk tempat rekreasi bersama keluarga. Perlu diketahui, suhu yang ada di Kebun Raya Bedugul Tabanan bisa mencapai 12 derajat celcius pada malam hari dan 20 derajat celcius di siang hari.

BACA JUGA:  10 Daya Tarik Wisata Tanah Lot di Bali

Selain keasrian dari Kebun Raya ada juga spot menarik yang bisa dikunjungi seperti Candi Bentar, Ramayana Boulevard, Kumbakarna Laga Statue, Roses Garden, Pemandangan dari Danau Beratan dan rumah tradisional dari bali. Jika setelah berkeliling merasa lapar, ada juga restoran yang tersedia di sekitar objek wisata ini dengan harga makanan sangat bervariasi. Terdapat menu masakan Indonesia, menu internasional bahkan hidangan olahan laut.

Lokasi: Jl. Kebun Raya, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

3. Berkunjung ke Kawasan Konservasi Danau Buyan

Berkunjung ke Kawasan Konservasi Danau Buyan
Image Credit: Pegipegi.com

Berada tak jauh dari Danau Beratan, ada salah satu kawasan konservasi yang bisa dikunjungi, yaitu Danau Buyan. Jika ditempuh dari Danau Beratan, Anda hanya perlu melakukan perjalanan kurang lebih setengah jam untuk sampai di lokasi. Memiliki keindahan alam yang berbeda dari Danau Beratan, Danau Buyan lebih menonjol dengan suasana tropis yang eksotis. Tak jarang, kabut menyelimuti danau ini dan memberikan kesan misterius yang kental.

Kawasan ini sangat cocok untuk berkemah. Anda dapat dengan mudah menyewa tenda yang disediakan oleh pedagang di sekitar Danau Buyan. Dengan demikian, Anda bisa berkesempatan untuk lebih dekat dengan alam sembari menikmati indahnya pemandangan yang ditampilkan oleh Danau Buyan. Selama disini wisatawan bisa merasakan suasana yang sejuk, sebab area di sekitar danau merupakan dataran tinggi yang berada pada 1350 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Lokasi: Jl. Munduk – Wanagiri, Wanagiri, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

4. Keindahan Danau Tamblingan yang Masih Murni dan Jarang Terjamah

Keindahan Danau Tamblingan yang Masih Murni dan Jarang Terjamah
Image Credit: Ksmtour.com

Di area sekitar Bedugul memang memiliki banyak kawasan danau yang layak untuk dikunjungi. Danau tersebut adalah Danau Tamblingan yang memiliki daya tarik berupa suasana eksotis murni dan belum banyak terjamah oleh manusia. Dikelilingi hutan tropis, membuat pemandangan dari danau ini menjadi lebih menenangkan. Bahkan Anda juga bisa melihat sebuah pura misterius jika kabut mendatangi kawasan tersebut.

Untuk masuk ke Danau ini, Anda hanya perlu merogoh kocek kurang lebih sepuluh ribu rupiah saja. Karena terjangkaunya tiket masuk, membuat banyak sekali wisatawan yang berkunjung baik domestik maupun mancanegara. Kawasan ini memang sengaja dibiarkan dan tidak diarahkan menjadi wisata modern demi menjaga kelestarian alam sekitarnya. Pohon tua yang rindang dan kicauan burung menambah keasrian Danau Tamblingan.

Lokasi: Desa Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

5. Menikmati Nuansa Religius di Pura Ulun Danu

Menikmati Nuansa Religius di Pura Ulun Danu
Image Credit: Rrbalitour.com

Ketika Anda berkunjung ke Danau Beratan, Anda pasti menyadari bahwa terdapat sebuah pura yang indah di tepi Danau. Pura tersebut tampak eksotis dan mewah jika dilihat dari arah manapun. Pura ini juga disebut sebagai Pura Ulun Danu bagi masyarakat Bali. Tak sedikit turis yang berkunjung ke Danau Beratan kemudian menjadikan Pura Ulun Danu sebagai spot foto yang menarik untuk dibagikan di sosial media.

Objek wisata Pura Ulun Danu sangat cocok bagi Anda yang menyukai keunikan dari arsitektur khas Bali. Di dalam pura disuguhkan dengan tatanan kebun dengan banyak jenis bunga serta lingkungan alam yang masih sangat alami. Pada saat Anda masuk lewat pintu gerbang, Anda akan melihat candi Bentar, keunikan arsitektur pura, udara sejuk, suasana asri, dan pastinya lingkungan yang bersih.

Tidak hanya bisa menikmati keindahan dari arsitektur dari bangunan pura, Anda juga bisa datang ke destinasi wisata ini hanya untuk sekedar menikmati suasana danau dengan bermain jet ski dan kegiatan memancing. Jadi, Anda dapat menghabiskan waktu liburan dengan berbagai macam aktivitas sembari menunggu pemandangan senja yang dikenal sangat mempesona di tempat wisata tersebut.

BACA JUGA:  Danau Beratan, Wisata Alam Eksotis di Bedugul Bali

Lokasi: Danau Beratan, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

6. Berbelanja Buah Tangan di Pasar Candi Kuning

Berbelanja Buah Tangan di Pasar Candi Kuning
Image Credit: Panduanwisata.id

Setelah puas mengunjungi kebun raya atau danau, tidak ada salahnya untuk memenuhi kebutuhan belanja di Bedugul Bali. Salah satu destinasi belanja yang menjadi andalan di Bedugul adalah Pasar Candi Kuning. Tempat ini juga memiliki suhu yang tidak jauh berbeda dengan Danau Beratan maupun Kebun Raya Bedugul, karena memang masih satu lokasi. Karena kawasan yang sejuk pasar ini dominan menjual buah dan sayuran hasil bumi sekitar.

Para pedagang di Pasar Candi Kuning menjajakan banyak sekali buah dan sayuran segar serta makanan yang menjadi ciri khas Bali. Macam buah yang ada di Pasar Candi Kuning adalah pisang, jeruk, stroberi, salak, markisa dan masih banyak lainnya. Sedangkan untuk sayur tak sebanyak jumlah buahnya, namun masih cukup memenuhi kebutuhan bagi pengunjung Pasar Candi Kuning.

Penataan barang di pasar sangat rapi jika dibandingkan dengan pasar tradisional pada umumnya. Seperti tatanan buah yang dilakukan oleh penjual buah misalnya. Buah yang segar disusun mengerucut menyerupai bentuk tumpeng. Dari kejauhan saja pengunjung akan tertarik dengan gunungan warna warni yang mana bila didekati ternyata gundukan tersebut terbuat dari buah.

Meskipun buah mendominasi penjualan yang ada di pasar, tetap saja Anda bisa menemui barang lainnya. Anda juga akan mendapati banyak kerajinan asli dari Bali saat mengelilingi pasar unik tersebut. Aneka oleh – oleh khas Bali seperti baju, sandal Bali, gelang dan sebagainya tersedia di Pasar ini. Dengan begitu, Anda dapat puas berbelanja sekaligus mencari buah tangan untuk dibawa pulang dan dibagi pada kerabat terdekat.

Lokasi: Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

7. Berkunjung di Kawasan Bali Treetop Adventure Park

Berkunjung di Kawasan Bali Treetop Adventure Park
Image Credit: Instagram.com @zelcyuse

Bagi yang belum tahu, di daerah Bedugul juga menyediakan wisata petualangan yang mengasyikkan. Dikenal dengan sebutan Bedugul Treetop Park merupakan wisata yang menawarkan kegiatan petualangan menyenangkan dan menegangkan di lingkungan alam terbuka dan masih sangat asri. Objek wisata ini sangat disukai wisatawan yang ingin melakukan kegiatan wisata outbound di Bali bersama anak dan keluarga tercinta.

Treetop Adventure Park Bedugul dibuka setiap hari mulai dari pukul 09.30 hingga 18.00. Selain untuk kegiatan wisata keluarga, Taman Treetop juga bisa menjadi tempat liburan yang cocok bagi kegiatan outing perusahaan atau yang disebut juga dengan kegiatan team building. Bahkan saat ini banyak sekali perusahaan di Bali yang mengajak karyawan mereka untuk melakukan outing perusahaan dengan aktivitas wisata petualangan.

Di tempat ini tersedia berbagai fasilitas untuk wisata petualangan seperti seven adventure circuit, 72 tantangan permainan, flying fox, dan rafting. Dalam tantangan permainan, fasilitas yang bisa Anda nikmati adalah spider nets, suspended bridges, flying swings, tarzan jumps, sudah aktivitas seru lainnya. Apabila memilih tantangan flying fox, Treetop park menyediakan panjang wahana sekitar 160 meter untuk pengalaman yang tidak terlupakan.

Namun jika Anda pergi bersama anak dan keluarga, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menaiki beberapa permainan ekstrim. Usia minimum untuk dapat mengikuti serangkaian aktivitas yang ada di Bedugul Treetop adalah 4 tahun. Rentang umur tersebut begitu panjang, jadi hampir semua wisatawan bisa mencoba kegiatan yang seru di Bedugul treetop Adventure Park.

Lokasi: Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

8. Berwisata Kuliner di Warung Nyoman

Warung Nyoman
Image Credit: Pondoknyomanbedugul.com

Setelah puas mengunjungi tempat wisata yang ada di sekitar Bedugul, Anda dapat mengisi perut keroncongan dengan mampir ke Warung Nyoman. Beroperasi mulai jam 8 hingga petang, warung ini memiliki menu andalan berupa ayam betutu yang cukup digandrungi oleh para pelanggannya. Masakan khas ini dagingnya sangat lembut dan bercampur dengan beraneka ragam bumbu.

BACA JUGA:  Kebun Raya Bedugul, Berwisata Sambil Belajar Tumbuhan di Botanical Garden Bali

Kenikmatan dari ayam betutu tidak berhenti sampai disitu saja, hidangan ini disajikan dengan sayur plecing atau lawar, sambal goreng matah dan kacang tanah. Jika Anda tidak suka dengan daging ayam, menu alternatif lainnya adalah bebek betutu. Pemesanan porsi dari ayam atau bebek bisa dipilih satu ekor atau sepotong saja. Ada juga menu variasi lainnya seperti nasi campur, nasi goreng, ayam goreng bahkan masakan internasional seperti spageti.

Untuk harga yang ditawarkan dari tempat makan ini juga tidak terlalu mahal. Diperkirakan dua porsi ayam betutu, nasi dan minumannya hanya merogoh kocek sekitar 150 ribu rupiah. Selain makanan yang sedap untuk dinikmati, Warung Nyoman memiliki suasana yang nyaman untuk melepas penat saat berlibur. Sangat cocok menjadi referensi tempat wisata bersama rombongan, keluarga bahkan teman dekat.

Lokasi: Jl. Raya Pacung, Tabanan, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

9. Berkunjung Ke Jatiluwih

Berkunjung Ke Jatiluwih
Image Credit: Kintamani.id

Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bedugul jika tidak mengunjungi Jatiluwih. Sebagian besar daerahnya memang merupakan kawasan persawahan yang ditata dengan bertingkat atau berundak. Tatanan ini dikenal sebagai terasering. Luasnya yang mencapai 636 hektar menjadikan daerah ini kawasan terbesar dengan pemandangan sawah yang ada di Bali. Sistem perairannya pun menggunakan pengairan Subak yaitu sistem irigasi tradisional.

Selain pemandangan sawah terasering yang indah, Anda juga dapat menikmati pemandangan pura, sungai atau rumah penduduk yang masih sangat sederhana. Suasana pedesaan yang alami dan damai, dapat dirasakan di objek wisata Jatiluwih Bali. Anda dapat menggunakan sepeda atau berjalan untuk mengelilingi area persawahan. Hampir setiap hari desa ini ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Dengan suasana yang sangat khas alam pedesaan mampu menarik perhatian para wisatawan. Tak heran jika UNESCO telah menominasikan destinasi wisata Jatiluwih sebagai situs warisan dunia. Alasannya karena pemandangan serta nuansa persawahan yang elok nan asri di lokasi ini. Jatiluwih bisa dikunjungi mulai dari pukul enam pagi hingga tujuh malam. Tentunya banyak orang yang akan menyadari, masih ada nuansa natural di zaman modern ini.

Lokasi: Jatiluwih, Kec. Penebel, Kab. Tabanan.

10. Wisata Petik Strawberry di Bedugul Bali

Wisata Petik Strawberry di Bedugul Bali
Image Credit: Facebook.com @olick.leon

Bedugul menjadi tempat yang populer sebagai penghasil buah stroberi di Bali. Sehingga tidak heran jika di sepanjang perjalanan menuju Bedugul Anda bisa melihat banyak pedagang di pinggir jalan. Mereka menyajikan buah dalam plastik kemasan baik kecil maupun besar. Namun akan berbeda rasanya apabila bisa memanennya secara langsung di sebuah areal perkebunan.

Selain keindahan dari danau dan kebun raya, ada juga wisata menarik lainnya yang bisa ditemukan di kawasan Bedugul Bali yaitu wisata petik strawberry. Ketika mengunjungi tempat ini, Anda bisa langsung menikmati buah stroberi langsung dari kebunnya. Layanan petik buah ini disediakan oleh Bali Strawberry Farm and Restaurant Bedugul. Buah yang segar bisa dinikmati secara langsung oleh wisatawan.

Agrowisata stroberi memang paling cocok di kawasan Bedugul karena suhu yang sejuk membuat tanaman tumbuh subur. Kawasan ini menjadi sangat terkenal karena wisatawan bisa memetik sendiri hasil dari stroberi yang diinginkan sambil menikmati pemandangan dari pegunungan sekitar. Keberadaan kebun yang satu ini bisa menjadi tujuan wisata yang menarik juga solusi liburan anak dan keluarga.

Lokasi: Jl. Baturiti Bedugul, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

Itulah rekomendasi tempat wisata di Bedugul Bali yang bisa dikunjungi bersama keluarga. Meskipun zaman sudah sangat modern, namun keasrian dari lokasi wisata yang ada di Bali masih terjaga. Hal ini menambah daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Jika Anda ingin menghabiskan liburan di Bedugul, lebih cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, teman ataupun rombongan.