Bali Utara menjadi wilayah dengan destinasi wisata yang bervariasi. Temukan pilihan tempat wisata terbaik di Bali Utara yang kaya pesona untuk liburan yang lebih berkesan.

Pulau Dewata menjadi salah satu kekayaan alam Indonesia yang terkenal sampai ke Mancanegara. Khususnya wilayah Bali Utara yang memiliki bentangan alam yang unik, indah, dan tentunya memiliki daya tarik tersendiri. Bagi Anda yang membutuhkan refreshing, Bali Utara merupakan rekomendasi yang sangat cocok untuk Anda.

Disini Anda dapat dengan mudah menemukan beragam objek atau destinasi wisata yang tentunya populer. Mulai dari wisata alam, wisata budaya dan seni, wisata sejarah, wisata rohani, ekowisata bahari, maupun wisata kuliner. Semua objek tersebut jangan sampai terlewatkan saat memilih berlibur ke Bali Utara.

Banyaknya destinasi wisata tentunya akan membuat Anda kesusahan untuk memilih. Sebab itu, berikut ini beberapa daftar tempat wisata terpopuler dan terkenal di Bali Utara untuk kalangan para wisatawan dan menarik untuk Anda kunjungi.

1. Wisata Puncak Wanagiri

Puncak Wanagiri
Image Credit: Realityhunter89.blogspot.com

Puncak Wanagiri menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang menginginkan spot atau tempat terbaik untuk foto. Pengelola tempat ini menyediakan berbagai tempat unik yang cocok dijadikan sebagai background foto Anda. Tempat wisata Puncak Wanagiri terletak di daerah pegunungan dan ramai dikunjungi saat hari biasa maupun hari libur.

Selain itu, wisata Puncak Wanagiri juga berhadapan langsung dengan danau buyan, sehingga semakin menambah suasana sejuk, asri, dan juga romantis. Bagi Anda yang tertarik untuk menjelajahi tempat satu ini, Anda harus menyiapkan budget sebesar Rp 10.000, sedangkan untuk anak-anak hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000.

Lokasi: Jl. Raya Wanagiri, Pancasari, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

2. Air Terjun Sekumpul

Air Terjun Sekumpul
Image Credit: Pegipegi.com

Air terjun sekumpul merupakan destinasi wisata tersembunyi di Bali Utara dengan rute perjalanan yang lumayan sulit. Sebab itu sebelum mengunjungi tempat ini, Anda harus menyiapkan energi yang cukup dan keadaan tubuh yang sehat. Saat berada disini, Anda akan disuguhi pemandangan air terjun yang mengalir dari tebing yang tinggi.

Terdapat kolam air terjun yang aman dan dapat Anda gunakan untuk melakukan aktivitas berenang. Air segar dan jernih akan membuat Anda merasa rileks dan sedikit melupakan masalah hidup. Selain itu, terdapat batu-batuan besar yang dijadikan sebagai tempat mengambil gambar. Disini, anda juga dapat melakukan trek perjalanan untuk menyusuri hutan di sekitar air terjun.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Gianyar Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Desa Sekumpul, Kec. Sawan, Kab. Buleleng.

3. Warung Bambu Pemaron

Warung Bambu Pemaron
Image Credit: Instagram.com @resis.sunnysidesoflife

Setelah lelah mengelilingi dan menjelajah objek wisata, pastinya Anda akan merasa lapar dan perlu untuk mengisi energi. Warung Bambu Pemaron menjadi rekomendasi yang tepat bagi Anda yang ingin berwisata kuliner di Bali Utara. Destinasi wisata kuliner satu ini menyediakan berbagai hidangan, baik hidangan nusantara maupun hidangan kekinian yang tentunya menarik minat pengunjung.

Warung Bambu Pemaron berlokasi di dekat Pantai Lovina sehingga banyak dikunjungi oleh para turis maupun wisatawan lokal. Wisata kuliner satu ini wajib Anda kunjungi karena selain menyediakan kuliner lezat, tempat ini juga memiliki desain interior bambu yang kaya akan artistik. Sehingga dapat memberikan kenyaman serta dapat dijadikan sebagai spot swafoto.

Lokasi: Jl. Hotel Puri Bagus Pemaron Pemaron, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng.

4. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan
Image Credit: Manusialembah.com

Salah satu pulau yang paling populer sebagai tempat wisata di Bali Utara yaitu Pulau Menjangan. Pulau ini merupakan pulau dengan kekayaan alam yang melimpah dan dihuni oleh hewan rusa yang jinak. Pulau ini tidak digunakan sebagai tempat tinggal, tetapi hanya dijadikan sebagai kawasan wisata yang bebas dikunjungi oleh siapapun.

Pulau Menjangan terkenal akan air lautnya yang jernih dengan ekosistem laut yang beragam dan masih terjaga. Disini Anda dapat melakukan kegiatan snorkeling maupun diving untuk menyaksikan hewan karang yang tersebar luas di perairan ini. Selain itu, perairan pulau menjangan juga menjadi salah satu kawasan penghasil ikan hias sekitar 59% di Indonesia.

Lokasi: Desa Klampok, Kec. Grokgak, Kab. Buleleng.

5. Pantai Lovina

Pantai Lovina
Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Lovina menjadi objek ekowisata bahari yang menjadi tujuan utama para wisatawan saat berkunjung ke Bali Utara. Wisata bahari ini menyediakan kesempatan bagi para turis dan pengunjung lokal untuk menikmati pemandangan berupa lumba-lumba yang bergerak dan meloncat aktif dari dalam perairan.

Untuk menyaksikan mamalia laut ini, Anda harus menaiki perahu ataupun boat selama 2 jam yang dibandrol per orangnya dengan kisaran harga sebesar Rp 150.000. Harga tersebut termasuk sewa jaket pelampung dan juga sarapan. Spot paling diminati yaitu menyaksikan lumba-lumba saat matahari terbenam.

Lokasi: Desa Kalibukbuk, Kec. Buleleng, Kab. Buleleng.

6. Banjar Hot Spring

Air Panas Banjar
Image Credit: Ksmtour.com

Pemandian air panas Banjar Hot Spring menjadi salah satu pemandian yang telah ada sejak penjajah Jepang datang ke Indonesia. Wisata satu ini banyak dijadikan sebagai tujuan wisata sebab kandungan air kolamnya yang kaya akan khasiat. Air di Banjar Hot Spring mengandung senyawa belerang yang dapat dijadikan sebagai obat penyakit kulit.

BACA JUGA:  Pantai Nusa Dua Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Banjar Hot Spring memiliki kolam 2 tingkat yang memiliki kegunaan dan fungsi yang berbeda. Pada kolam tingkat pertama terdiri dari pancuran air panas yang dapat Anda gunakan untuk menyegarkan badan. Sedangkan untuk kolam tingkat kedua memiliki luasan kolam yang lebih dalam dan lebar dan cocok digunakan untuk berenang.

Lokasi: Jl. Banjar,Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

7. Air Terjun Gitgit

Air Terjun Gitgit
Image Credit: Youtube.com (Van-Anh Nguyen)

Jika Anda ingin berkunjung ke salah satu destinasi wisata yang terdapat di Bali Utara ini Anda harus menempuh sekitar 11 KM dari Singaraja. Air Terjun ini terkenal dengan ketinggiannya yang menyampai angka 35 meter. Di Sekitar air terjun gitgit memiliki pemandangan yang indah.

Sebelum Anda menikmati kesejukan dari air terjun gitgit, Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu. Anda juga dapat menggunakan jasa antar yang diberikan oleh pemuda yang ada disana. Didalam perjalanan menuju air terjun, Anda akan di suguhkan terlebih dahulu dengan pemandangan perkebunan kopi dan cengkeh.

Lokasi: Jl. Raya Bedugul – Singaraja, Gitgit, Kec. Sukasada, Kab. Buleleng.

8. Kolam Air Sanih

Kolam Alami Air Sanih
Image Credit: Rentalmobilbali.net

Kolam air sanih merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Tempat wisata ini sudah dibangun sejak tahun 1930 silam. Ada sebuah kepercayaan yang banyak orang percaya mengenai kolam air sanih ini. Apabila terdapat pasangan yang mandi di kolam air sanih maka akan mendapatkan keabadian selamanya.

Air yang terdapat di kolam air sanih berasal dari sumber mata air yang terdapat disekitar tempat wisata ini. Sumber mata air yang digunakan untuk mengisi kolam wisata ini biasanya dipakai juga sebagai alat upacara agama Hindu. Kolam ini buka setiap pukul 08.00 sampai pukul 18.00.

Lokasi: Jl. Raya Air Sanih, Bukti, Kec. Kubutambahan, Kab. Buleleng.

9. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan
Image Credit: Ksmtour.com

Danau tamblingan adalah danau kembar 3 yang terdapat di lereng gunung lesung. Danau ini memiliki keindahan alam yang tidak ada duanya. Danau ini tercipta karena adanya letusan gunung berapi yang menyebabkan terbentuknya kaldera. Danau kembar 3 ini berada didalam kawasan taman nasional bedugul.

Danau ini memiliki udara pegunungan yang masih sangat segar karena pepohonan di sekitar masih sangat asri dan hijau-hijau. Anda dapat melakukan aktivitas camping ground di danau tamblingan. Anda dapat mengelilingi danau dengan menggunakan perahu yang disediakan.

BACA JUGA:  Pulau Menjangan Bali, Pulau Kecil dengan Pesona Bawah Laut yang Memukau

Banyak juga para pengunjung yang berkunjung ke danau ini dengan membawa alat pancingan. Untuk masuk ke danau ini Anda harus membayar Rp 10.000 untuk satu orangnya.

Lokasi: Desa Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

10. Krisna Funtastic Land

Krisna Funtastic Land
Image Credit: Thebalidestiny.com

Bali Utara memiliki tempat wisata berwahana yang tak kalah dari tempat wisata wahana yang terdapat di Denpasar. Krisna funtastic land adalah salah satu tempat wisata wahana bermain yang terdapat di Bali Utara. Tempat wisata ini terkenal sebagai tempat rekreasi wisata keluarga. Banyak wahana yang dapat menghibur hari liburan Anda di Bali Utara.

Taman bermain ini memiliki luas tanah menyampai angka 5 hektar luasnya. Wahana yang terdapat di tempat bermain ini ada sekitar 16 jeni wahana bermain. Ada wahana kuda berputar, boom-boom cars, roda gila, dilontarkan ke udara dengan cepat, rumah kaca, dan masih banyak lainnya.

Tempat wisata ini buka setiap harinya mulai pukul 16.00 hingga pukul 22.00. Harga tiket masuk berbeda-beda, pada hari senin sampai hari Kamis harga tiketnya Rp 10.000 per orangnya sedangkan untuk hari jumat sampai minggu atau hari-hari libur dikenai biaya Rp 15.000 untuk satu orangnya. Harga ini belum termasuk harga tiket menikmati wahana yang ada.

Lokasi: Jl. Seririt – Singaraja, Temukus, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

11. Bali Treetop Adventure Park

Bali Treetop Adventure Park
Image Credit: Instagram.com @zelcyuse

Anda ingin berlibur ke Bali dengan wisata outbond di alam terbuka, maka Anda dapat mengunjungi tempat wisata Bali treetop adventure park di Bali Utara. Tempat ini memiliki banyak spot foto yang berlatarkan pesona alam yang indah. Anda dapat bermain bergelantungan diatas pohon. Tempat wisata ini baru dibuka pada tahun 2018 silam.

Anda dapat melakukan aktivitas outbond di atas pepohonan. Wahana outbound yang terdapat di tempat wisata ini ada flying fox, jembatan kayu, dan wahana outbond lainnya. Anda juga dapat mencoba wahana outbond memasuki potongan kayu dengan cara merangkak dan Anda harus dapat mempertahankan keseimbangan diri Anda.

Lokasi: Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

Itulah beberapa tempat wisata di Bali Utara yang wajib Anda kunjungi jika berlibur ke Pulau Bali. Masih banyak tempat wisata lainnya di daerah ini yang tak kalah bagus dan menariknya dari tempat wisata lainnya yang terdapat di Pulau Dewata.