Bali Selatan merupakan daerah wisata yang menjadi primadona bagi wisatawan lokal ataupun mancanegara. Inilah rekomendasi tempat wisata populer di Bali Selatan yang wajib dijelajahi saat liburan.

Bali Selatan merupakan daerah bagian administratif dari Provinsi Bali. Secara geografis beriklim tropis dengan penghasilan utama dari kegiatan pertanian dan wisata alam. Kondisi daerah yang berupa dataran rendah dengan dikelilingi banyak pantai, menjadikannya destinasi utama yang eksotis.

Siapa yang tidak mengenalnya? Bahkan namanya lebih dikenal oleh orang luar negeri dibandingkan Negara Indonesia secara administratif. Keindahan pantai, kemajemukan budaya, dan juga keunikan karya seninya, menjadi nilai tambah yang selalu menjadi magnet pengunjung.

Berbagai wisata alam yang romantis dengan perpaduan budaya yang eksotis yang apik, begitulah orang mengenalnya. Berikut daftar tempat wisata di Bali Selatan yang terkenal di kalangan wisatawan.

1. Pantai Kuta

Pantai Kuta
Image Credit: Nativeindonesia.com

Menikmati keindahan pemandangan matahari terbenam dengan ditemani semilir angin pantai yang indah dan eksotis Pantai Kuta, cocok untuk Anda. Suasana malam hari yang romantis dengan hamparan pasir putihnya menjadikan liburan Anda bersama orang terkasih lebih menyenangkan dan indah untuk dikenang.

Lokasinya sangat strategis, karena terletak tidak jauh dari bandara Internasional Bali. Memiliki keindahan garis pantai yang melengkung dan panjang, cocok untuk jalan-jalan bersama orang tersayang. Ombaknya besar dan menantang untuk kegiatan olahraga selancar air.

Lokasi: Pantai Kuta, Kec. Kuta, Kab. Badung.

2. Pantai Sanur

Pantai Sanur
Image Credit: Pegipegi.com

Mencari pantai yang aman untuk keluarga? namun menginginkan pemandangan pasir yang juga tidak kalah eksotis, Pantai Sanur pilihannya. Di sini ombaknya lebih tenang, dengan kedalaman yang lumayan dangkal sehingga aman untuk anak-anak. Cocok untuk menghabiskan waktu dengan berenang atau bermain pasir bersama keluarga.

Bagi Anda pencinta sunrise, Pantai Sanur akan memberikan pemandangan terbaiknya. Dikenal juga sebagai pantai nelayan. Sehingga Anda bisa menikmati liburan dengan melihat perahu-perahu nelayan yang terparkir apik di pinggir pantai.

Lokasi: Sanur, Kec. Denpasar Selatan, Kota Denpasar.

3. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa
Image Credit: Referensiwisata.com

Tempat wisata ini sedang banyak menarik perhatian wisatawan lokal dan internasional dengan keindahannya. Pasir putih yang sangat bersih serta ombak yang lumayan besar merupakan daya pikat utamanya. Tiket masuknya juga terbilang murah, hanya dengan Rp.5000/orang, sudah bisa menikmati indahnya Pantai Pandawa.

BACA JUGA:  11 Tempat Wisata di Bali Utara Terbaru & Terhits Buat Liburan

Ombaknya yang besar namun cukup tenang dan tidak terlalu berbahaya untuk beraktivitas di sekitarnya. Pantai ini sangat bersih karena bebas juga dari polusi. Bagi yang tertarik mencoba Kano, di sini bisa Anda dapatkan.

Lokasi: Desa Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

4. Taman Garuda Wisnu Kencana

Taman Garuda Wisnu Kencana
Image Credit: Google Maps (Tatyana Khoshabaeva)

Ingin mencari tempat wisata yang menyuguhkan kebudayaan Bali Selatan? Taman Budaya Wisnu Kencana menjadi rekomendasi utama untuk Anda. Untuk menikmati suguhan dari tempat ini, cukup dengan membayar tiket masuk sesuai dengan tarif yang telah berlaku. Cocok bagi Anda yang ingin menikmati suasana wisata baru, Selain Pantai

Taman Budaya Wisnu Kencana, menyajikan pahatan indah dan eksotis dalam sebuah Patung besar dengan nuansa budaya yang kental. Dibuat oleh seniman terkenal dari Bali yang bernama I Nyoman Nuarta. Tingginya mencapai 140 meter dengan jarak pandang 20 Kilometer.

Lokasi: Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

5. Pulau Dreamland

Pantai Dreamland
Image Credit: Wisatabagus.com

Masih membicarakan tentang keindahan pantai wisata yang ada di Bali Selatan, Pulau Dreamland wajib salah satunya. Seperti kebanyakan pantai lainnya, di sini pasir putihnya sangat menawan dan terbentang luas di bibir pantai yang indah.

Ombaknya lumayan besar bisa digunakan untuk melakukan selancar air. Namun, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berenang, berjalan menikmati hamparan luas pantai, dan juga berjemur dengan hangatnya semburan sinar Matahari.

Lokasi: Jl. Pecatu Indah Raya, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

6. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu
Image Credit: Bocahwisatawan99.blogspot.com

Menjadi primadona wisatawan mancanegara dengan keindahan pemandangannya. Pantai Uluwatu, sangat terkenal di luar negeri, dengan suguhan sangat mempesona dari tebing dengan hamparan laut lepas langsung. Untuk tiket masuk yang harus dibayarkan sebesar Rp 15.000/orang, memungkinkan untuk berupa dalam waktu tertentu.

Di sini Anda akan disajikan dengan pesona matahari terbit dan terbenam tanpa ada batasan ataupun penghalang. Suasana yang dibangun sangat romantis dan tenang. Selain itu terdapat daya tarik lain, hanya bisa Anda temukan di Pantai Uluwatu yaitu pertunjukan tari kecak.

Lokasi: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

7. Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun
Image Credit: Kintamani.id

Selain Pura Uluwatu, terdapat pula tempat sejenis lainnya yang bisa Anda kunjungi yaitu Pura Taman Ayun. Namanya berasal dari bahas Bali yang berarti Cantik. Bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum yang tersedia.

Pesona yang ditawarkan berupa kolam yang terbangun indah mengelilingi kompleks pura. Berdiri di atas lahan dengan luas yang berkisar 4 hektare. Selain itu juga bisa menikmati suguhan peninggalan bersejarah dari Kerajaan Megwi serta Museum Manusa Yadnya.

BACA JUGA:  44 Tempat Wisata di Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

Lokasi: Jl. Ayodya No.10, Mengwi, Kec. Mengwi, Kab. Badung.

8. Pantai Jimbaran

Pantai Jimbaran
Image Credit: Instagram.com @chrislaluz

Siapa yang tidak mengenal tempat wisata ini? pantai Jimbaran salah satu pantai yang terkenal di Bali Selatan. Ketenarannya membawa banyak wisatawan datang berkunjung setiap harinya, Pemandangan pertama yang Anda temukan adalah hamparan meja dan kursi yang sengaja ditata berderet di sepanjang bibir pantai dan hamparan pasir putihnya.

Tentunya, Pantai Jimbaran menjadi tujuan wisata utama karena suguhan kulinernya yang khas dengan cita rasa Bali orisinil. Menikmati makanan di pinggir pantai dengan suasana pantai yang romantis tidak akan pernah Anda sesali. Jangan khawatir dengan ombaknya, karena di sana cukup tenang dan tidak besar. Lebih menarik lagi, karena tiket masuknya gratis.

Lokasi: Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

9. Pantai Blue Point

Pantai Suluban
Image Credit: Pegipegi.com

Pantai ini memiliki karakteristik yang unik dan menantang. Terletak di daerah Suluban bagian dari Kuta Selatan. Kondisinya sangat terjal dengan tebing tinggi dan ombak yang lumayan besar. Dikenal juga dengan nama Pantai Suluban, karena letak geografisnya.

Jangan khawatir, walaupun daerahnya lumayan ekstrim dan ombaknya tidak begitu ramah, tetapi tetap aman untuk dikunjungi. Terlebih bagi Anda yang hobi olahraga air seperti Surfing. Pemandangan dari tebing juga sangat indah langsung dengan hamparan birunya air laut yang cukup menenangkan untuk dinikmati.

Lokasi: Desa Pecatu, Uluwatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

10. Pantai Legian

Pantai Legian
Image Credit: Pantainesia.com

Suguhan pantai eksotis dan cantik, begitulah cara wisata alam Bali Selatan memikat para wisatawan asing ataupun lokal. Pantai Legian merupakan bagian dari keindahan tersebut. Pasir putihnya sangat indah dengan pemandangan yang sangat memukau.

Pantai ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan, kebanyakan didominasi orang-orang Australia. Bagi Anda yang ingin menikmati Pantai dengan suasana yang lebih privat, Pantai Legian adalah pilihannya. Cocok juga untuk melakukan olahraga seluncur air yang menantang bagi jiwa-jiwa pencandu olahraga ekstrim.

Lokasi: Jl. Melasti, Legian, Kec. Kuta, Kab. Badung.

11. Water Sport Tanjung Benoa

Pantai Tanjung Benoa
Image Credit: Referensiwisata.com

Sudah menjadi tempat tujuan wisatawan yang sangat ramai tanpa henti dari para pengunjung yang berasal dari luar negeri ataupun dalam negeri. Kondisi pantainya yang landai memungkinkan untuk melakukan banyak aktivitas yang menarik.

Bagi Anda pencinta olahraga air yang selain surfing, bisa menikmatinya di Water Sport Tanjung Benoa. Selain itu juga terdapat olahraga yang menantang patut untuk dicoba yaitu Flying fish. Lokasinya juga dekat dengan Pulau Penyu. Wajib untuk dikunjungi bersama keluarga dan teman-teman Anda.

BACA JUGA:  11 Tempat Romantis di Bali Terbaru & Terhits Buat Honeymoon

Lokasi: Tanjung Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

12. Pantai Padang-Padang

Pantai Padang-Padang
Image Credit: Baligetaway.co.id

Pantai Padang-Padang dikenal juga dengan sebuatan Labuan Sait. Tempat ini dapat Anda temukan setelah Pantai Dreamland. Setiap hari tidak pernah sepi pengunjung dari luar negeri ataupun dalam negeri.

Memiliki keunikan yang menjadi magnet wisatawan berupa hamparan latar belakang perbukitan yang rindang. Selain itu juga terdapat batu karang yang cukup terjal. Untuk diketahui bersama, bahwa sebelum mencapai lokasi Anda harus melewati jalan yang serupa Goa. Setelah itu turun menuruni puluhan tangga yang cukup untuk satu orang, baru sampai lokasi.

Lokasi: Jl. Labuan Sait, Desa Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

13. Penangkaran Penyu Deluang Sari

Penangkaran Penyu Deluang Sari
Image Credit: Google Maps (Taufan Yudhistira)

Didirikan untuk menjamin kelangsungan kehidupan Penyu yang hampir Punah. Terletak di daerah Tanjung Benoa. Bisa menjadi tempat wisata edukasi yang menarik untuk keluarga Anda.

Fasilitas yang bisa dinikmati diantaranya tempat makan, fasilitas umum, serta pertunjukan satwa. Harga tiket masuk tergolong murah sekitar Rp. 10.000/orang. Untuk mencapai lokasi, perlu menyebrang dari pelabuhan Benoa dengan menyewa perahu atau Boat.

Lokasi: Tanjung Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

14. Pantai Private “Pantai Karma Kandara”

Pantai Karma Kandara
Image Credit: Travelspromo.com

Tempat yang sepi, tenang, dengan pemandangan terindah yang bisa Anda nikmati selama berwisata di Bali Selatan, itulah Pantai Karma Kandara. Lokasinya berada di bagian paling selatan, letaknya searah dengan Taman Wisata Garuda Wisnu Kencana.

Harga tiket masuknya sejumlah Rp.250.000/orang, cukup mahal namun tidak mengecewakan. Selain itu, jumlah tersebut sudah termasuk untuk makanan dan minuman yang bisa Anda nikmati selama di Pantai Karma Kandara. Suasananya sangat eksklusif dan damai, cocok untuk bermeditasi dan menjernihkan pikiran dari beban pekerjaan yang menumpuk.

Lokasi: Jl. Villa Kandara, Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

15. Monumen Perjuangan Taman Mumbul

Monumen Taman Mumbul
Image Credit: Instagram.com @mikomardiko

Monumen ini didirikan sebagai tempat wisata edukasi yang menyuguhkan kenangan-kenangan perjuangan pahlawan yang berjuang untuk Bali pada masa penjajahan. Bentuk bangunannya sangat kental dengan arsitektur gaya Bali.

Menariknya, bagi Anda yang ingin berkunjung tidak perlu membayar biaya tiket masuk alias gratis. Hanya cukup membayar biaya parkir sesuai kendaraan yang digunakan.

Lokasi: Jl. By Pas Ngurah Rai, Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

Itulah rekomendasi tempat wisata terbaik di Bali Selatan yang bisa menjadi referensi liburan Anda. Keindahan pantai, keunikan budaya, kekhasan kulinernya, serta apiknya karya seni yang disuguhkan, menjadi daya tarik utama sebagai tujuan wisata.