Keindahan pariwisata di Bali Barat belum banyak diketahui wisatawan. Inilah daftar tempat wisata di Bali Barat yang kaya pesona dan menarik Anda jelajahi saat liburan.

Pulau Bali sudah terkenal akan keindahannya sehingga selalu menjadi destinasi favorit para turis lokal dan mancanegara. Bali juga seringkali menjadi destinasi untuk honeymoon karena suasana di pulau tersebut yang romantis.

Terdapat banyak tempat wisata alam, religi, ataupun buatan yang dapat Anda temukan di Bali. Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata di Bali yang belum banyak diketahui orang lain maka Anda dapat mengunjungi Bali bagian barat.

Bali Barat didominasi oleh tempat wisata alam yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Berikut rekomendasi tempat wisata populer di Bali Barat yang dapat Anda kunjungi untuk liburan yang berkesan.

1. Air Terjun Batu Belah

Air Terjun Batu Belah
Image Credit: Balikami.com

Tempat wisata ini berada di Dusun Dewasana. Air terjun ini memang belum terekspos sehingga belum begitu banyak turis yang berlibur disini. Seperti namanya, terdapat batu dengan bagian atasnya yang terbelah. Belahan dari batu ini menjadi aliran dari air terjun ini yang menjadi pesona dari tempat wisata ini.

Air terjun Batu Belah tidak terlalu tinggi. Terdapat kolam di bawah dari aliran air terjun yang dapat dijadikan tempat mandi atau sekedar bermain air. Air yang mengalir di tempat ini juga sangat jernih karena berasal dari pegunungan.

Lokasi: Dewasana, Pendem, Kec. Jembrana. Kab. Jembrana.

2. Makam Jayaprana

Makam Jayaprana
Image Credit: Google Maps (Judy Prangalot)

Jika Anda suka dengan cerita-cerita sejarah maka tidak akan asing lagi dengan nama Jayaprana. Kisah cinta Jayaprana sering disamakan dengan cerita cinta “Romeo dan Juliet” karena sangat menarik untuk diketahui. Makam ini merupakan bukti nyata dari kisah cinta Japrana yang sangat tragis.

Jika Anda berkunjung ke makam ini maka Anda dapat melihat banyak orang Hindu yang datang berziarah. Terdapat pura yang tidak jauh dari makam ini. Anda dapat melihat pemandangan Teluk Terima dari pura ini. disarankan untuk mendatangi tempat ini ketika sore hari karena Anda dapat melihat keindahan sunset yang sangat mempesona.

Lokasi: Jl. seririt – gilimanuk, Desa Sumberklampok, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng.

3. Pantai Yah Leh

Pantai Yah Leh
Image Credit: Google Maps (Eriyanti Bloemhard)

Salah satu pantai di Bali Barat yang memiliki pemandangan indah adalah Pantai Yah Leh. Terdapat banyak bebatuan sebagai pemisah antara tepi dengan laut yang menjadi ikon dari tempat ini. Saat surut Anda dapat melihat banyak bebatuan yang menonjol dengan berbagai ukuran.

Pantai ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Tabanan dan Kabupaten Jembrana. Kondisi pantai yang terdapat banyak batu memang tidak cocok untuk berjemur. Tetapi Anda dapat melakukan kegiatan lainnya seperti surfing dan memancing.

Lokasi: Jl. Raya Denpasar – Gilimanuk, Pengeragoan, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana.

4. Air Terjun Juwuk Manis

Air Terjun Juwuk Manis
Image Credit: Google Maps (niftira Nastiti)

Tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi. Anda dapat melihat 2 air terjun kecil yang berdampingan. Jalur untuk menuju ke lokasi tempat wisata ini sangat sulit sehingga disarankan untuk mempersiapkan kondisi fisik dan perbekalan.

Terdapat pura suci yang letaknya tidak jauh dari air terjun ini sehingga Anda harus menjaga perilaku Anda untuk tetap sopan ketika berlibur di tempat ini. Perlu diketahui juga bahwa wanita yang sedang datang bulan tidak diperbolehkan untuk mengunjungi tempat wisata ini.

Lokasi: Manggissari, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana.

5. Bunut Bolong

Bunut Bolong
Image Credit: Befreetour.com

Jika Anda ingin mengunjungi tempat wisata yang terkenal dengan aura mistis maka Anda dapat mengunjungi Bunut Bolong. Tempat wisata ini berada di Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana. Membutuhkan 2 jam untuk sampai ke Bunut Bolong apabila Anda berangkat dari Denpasar.

Tempat wisata ini hanya berupa pohon beranting dengan lubang besar di bagian tengahnya. Kata “Bunut” dapat diartikan sebagai pohon berakar, sedangkan “Bolong” dapat diartikan sebagai berlubang. Apabila digabungkan maka arti dari nama tempat wisata ini adalah pohon bunut yang memiliki lubang di bagian tengahnya.

Lokasi: Manggissari, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana.

6. Air Terjun Sawe

Air Terjun Sawe
Image Credit: Baligetaway.co.id

Air terjun ini sering disebut dengan air terjun bidadari. Pemandangannya sangat indah sehingga banyak wisatawan yang berkunjung untuk berfoto disini.

Anda juga dapat bermain air atau mandi di tempat wisata ini karena airnya yang sangat jernih. Lokasinya tidak begitu jauh dari Kabupaten Jembrana dan akses untuk ke lokasinya juga mudah.

Lokasi: Jl. Sawe Rangsasa, Dauhwaru, Kec. Jembrana, Kab. Jembrana.

7. Bukit Batu Kursi

Bukit Batu Kursi
Image Credit: Google Maps (kristina komalasari)

Tempat wisata ini berada di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Tinggi dari bukit ini sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket masuk karena tempat wisata ini gratis. Namun, Anda juga dapat menyumbang secara sukarela untuk membantu pengembangan wisata ini.

Sudah terdapat jalur untuk menuju puncak dari bukit ini untuk mempermudah perjalanan Anda. Pemandangan yang ada di puncak dari bukit ini sangatlah indah. Anda juga dapat melihat pemandangan dari perauran Buleleng Barat dari puncak.

Lokasi: Jl. Raya Pemuteran, Pemuteran, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng.

8. Pantai Medewi

Pantai Medewi
Image Credit: Google Maps (Petani Magang)

Pantai ini merupakan pantai terbaik di Bali Barat untuk surfing. Pantai ini berada di Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana. Membutuhkan 2 jam perjalanan dari Denpasar untuk mencapai pantai ini.

Terdapat perbedaan kontur antara Pantai Medewi bagian barat dan timur. Anda akan melihat pasir hitam dengan bebatuan yang banyak di sisi timur. Sedangkan sisi barat didominasi pasir daripada bebatuan. Pantai ini tidak cocok untuk berjemur karena memiliki pasir hitam yang sangat panas.

Lokasi: Jl. Pantai Medewi, Medewi, Kec. Pekutatan, Kab. Jembrana.

9. Pulau Menjangan

Pulau Menjangan
Image Credit: Manusialembah.com

Pulau ini dapat Anda temukan di Taman Nasional Bali Barat. Jika Anda dari Jabodetabek maka akses mudah untuk ke lokasi ini melalui Banyuwangi. Anda dapat terbang dari Bandara Soekarno-Hatta dan turun di Bandara Banyuwangi. Kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik kapal ferry menuju Pelabuhan Gilimanuk.

Pulau ini merupakan pulau yang tidak berpenghuni dan gersang. Anda dapat melakukan snorkeling atau bersantai di pantai sambil melihat rusa yang hidup di pulau ini. Terdapat beberapa penginapan yang dapat Anda jadikan tempat bermalam bila ingin tinggal lebih lama lagi di pulau ini.

Lokasi: Sumberklampok, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng.

10. Pantai Karang Sewu

Karang Sewu
Image Credit: Ihategreenjello.com

Pantai Karang Sewu memiliki keunikan yang jarang Anda temukan di pantai lainnya yaitu endapan yang membentuk tanah padat di kawasan pesisir pantai ini. Endapan tersebut membentuk dataran luas yang ditumbuhi banyak rumput. Tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuknya karena tempat wisata dapat Anda nikmati dengan gratis.

Disarankan untuk berlibur ke pantai ini setelah musim hujan karena Anda dapat melihat padang rumput yang dihiasi dengan pohon bidara. Lokasi dari pantai ini berdekatan dengan pelabuhan Gilimanuk sehingga sangat disayangkan bila Anda tidak mampir ke tempat wisata ini.

Lokasi: Karang Sewu, Gilimanuk, Kec. Melaya, Kab. Jembrana.

11. Sungai Gelar

Sungai Gelar
Image Credit: Google Maps (Wisata Gelar River)

Jika Anda bosan berlibur di pantai maka tidak ada salahnya untuk mencoba mengunjungi Sungai Gelar yang tidak kalah indahnya dengan pantai. Sungai ini sering dipadati wisatawan pada akhir pekan.

Air yang mengalir dari sungai ini sangat jernih karena berasal dari mata air pegunungan asli. Anda juga dapat melihat pemandangan bukit dan lembah yang berada di sekitar sungai ini. Tidak jauh dari lokasi pantai, terdapat jembatan merah yang hanya dapat dilewati oleh kendaraan roda dua.

Lokasi: Batuagung, Kec. Jembrana, Kab. Jembrana.

12. Puncak Tebing JR

Puncak Tebing JR
Image Credit: Google Maps (Wisata Puncak JR Jembrana Bali)

Nama dari tebing ini berasal dari pemuda yang merupakan warga setempat. JR merupakan singkatan dari jumpa remaja dan sering dipakai sebagai tempat nongkrong dan diskusi oleh Sekaa TGaruna Teruni. Tempat wisata ini diresmikan pada awal tahun 2017.

Anda dapat melihat keindahan dari lembah yang dipenuhi dengan pepohonan tropis. Terdapat menara yang dekat dengan lokasi sehingga pengunjung bisa melihat pemandangan sekitar dari ketinggian.

Lokasi: Desa Batuagung, Kec. Jembrana, Kab. Jembrana.

13. Bendungan Palasari

Bendungan Palasari Bali
Image Credit: Balitoursclub.net

Bendungan Palasari merupakan bendungan terbesar di Bali. Bendungan ini diresmikan pada tahun 1989 untuk menyimpan cadangan air yang sangat berguna bila musim kemarau tiba. Bendungan ini dapat menampung air hingga 8 juta meter kubik.

Terdapat banyak ikan yang hidup disana seperti ikan lele, gurami ikan nilla, dan lain-lain. Oleh karena itu, bendungan ini sangat cocok bagi Anda yang suka memancing. Terdapat persewaan sampan yang dapat Anda gunakan untuk menelurusi area bendungan.

Lokasi: Taman Wana Street, Ekasari, Kec. Melaya, Kab. Jembrana.

14. Gereja Palasari

Gereja Palasari
Image Credit: Instagram.com @martinusdanang

Gereja katolik ini sering dikunjungi masyarakat non katolik yang penasaran dengan megahnya tempat ibadah ini. Gereja ini berada di Kecamatan Malaya, Kabupaten Jembrana.

Bangunan dari gereja ini sangat unik yang memiliki kombinasi arsitektur Bali dengan ghotik. Gaya dari desain gereja ini merupakan bentuk akulturasi budaya hindu dan budha. Walaupun. bangunan gereja ini cukup tua tetapi masih terlihat megah dan indah.

Lokasi: Jl. Palasari Banjar, Ekasari, Kec. Melaya, Kab. Jembrana.

15. Taman Nasional Bali Barat (TNBB)

Taman Nasional Bali Barat
Image Credit: Hargatiket.net

Jika Anda penasaran dimana letak Jalak Bali saat ini maka Anda dapat mengunjungi Taman Nasional Bali Barat (TNBB). TNBB terletak di ujung barat pulau Bali. Harga tiket untuk masuk ke tempat ini sangatlah murah sehingga jangan khawatir jika dana Anda sedikit.

Terdapat beberapa fasilitas seperti perahu motor, penangkaran jalak bali, snorkeling, dan lain-lain. Selain itu juga terdapat paket-paket wisata yang dapat Anda beli apabila tidak ingin ribet.

Lokasi: Jl. Raya Cekik Gilimanuk, Kec. Melaya, Kab. Jembrana.

Itulah beberapa tempat wisata terbaik di Bali Barat yang dapat Anda kunjungi saat musim liburan. Masih banyak tempat wisata lain di daerah ini yang dapat Anda telusuri dan kunjungi untuk mendapatkan liburan yang seru dan menyenangkan.