Inilah Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Badung, Bali. Destinasi Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Layak Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Badung.

Bali memang menjadi destinasi wisata impian bagi banyak orang. Tempat wisata alam dan budaya yang menarik tersebar di hampir seluruh penjuru Pulau Dewata Bali, termasuk di Kabupaten Badung.

Beberapa wilayah di Kabupaten Badung, Bali terkenal dengan tempat wisata pantainya yang berpasir putih. Namun tidak hanya alamnya yang eksotis, daerah ini juga menawarkan beberapa tempat wisata sejarah dan budaya yang menarik untuk dikunjungi.

Sederet tempat wisata menarik dapat ditemukan di daerah Badung termasuk objek wisata Bali yang populer seperti Pantai Kuta dan Garuda Wisnu Kencana. Setidaknya ada 15 tempat wisata terbaik di Kabupaten Badung yang bisa menjadi destinasi wisata pilihan.

1. Pantai Petitenget

Pantai Petitenget
Image Credit: Hotel.discount.id

Kawasan pantai yang satu ini merupakan favorit bagi para wisatawan untuk berjemur dan bersantai di tepi pantai. Suasana pantainya tidak terlalu ramai, namun fasilitas di sekitarnya cukup lengkap. Tersedia beberapa restoran dan juga penginapan untuk para pengunjung pantai.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari agar bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang begitu indah. Selain untuk berburu sunset, pantai ini juga bisa dikunjungi bagi wisatawan yang ingin berselancar. Memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga pantai ini cocok untuk aktivitas selancar, termasuk untuk pemula.

Lokasi: Seminyak, Kec. Kuta, Kab. Badung.

2. Pura Taman Ayun Mengwi

Pura Taman Ayun Mengwi
Image Credit: Kintamani.id

Salah satu tempat wisata di Badung yang menarik untuk dikunjungi adalah Pura Taman Ayun Mengwi. Sebuah kompleks pura yang memiliki daya tarik dari desain bangunannya yang menggunakan arsitektur khas Bali tempo dulu. Pura yang menjadi destinasi wisata ini masih digunakan untuk beberapa kegiatan keagamaan dan pertunjukan seni.

Kompleks pura ini dikelilingi pohon dan tanaman bunga sehingga menciptakan suasana yang sejuk. Selain itu, terdapat juga kolam yang mengelilingi bangunan pura yang semakin menambah indah pemandangan di tempat wisata ini.

Lokasi: Jl. Ayodya No.10, Mengwi, Kec. Mengwi, Kab. Badung.

3. Pantai Batu Bolong

Pantai Batu Bolong
Image Credit: Befreetour.com

Pantai dengan pemandangan indah ini juga dikenal sebagai kawasan pantai yang ideal untuk kegiatan olahraga surfing atau selancar. Selain untuk berselancar, Pantai Batu Bolong juga menjadi tempat favorit bagi para wisatawan yang ingin berjemur dan bersantai dengan suasana pantai yang lebih tenang.

Pemandangan yang indah dan unik juga adalah daya tarik utama dari pantai ini. Wisatawan dapat melihat celah dari tebing batu karang yang menjadi ikon dari Pantai Batu Bolong. Banyak pengunjung yang memanfaatkan pemandangan eksotis tersebut untuk dijadikan latar belakang foto.

Lokasi: Canggu, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung.

4. Sangeh Bali Monkey Forest

Sangeh Bali Monkey Forest
Image Credit: Alampracethabali.com

Taman hutan yang menjadi tempat tinggal ratusan monyet ekor panjang ini adalah salah satu destinasi wisata di Kabupaten Badung. Monyet yang ada di hutan Sangeh ini sudah terbiasa dengan kehadiran wisatawan sehingga cukup jinak. Namun, pengunjung tetap disarankan untuk selalu hati-hati dengan barang bawaan.

Wisatawan yang datang ke hutan monyet di Sangeh juga bisa melihat pohon pule yang unik. Masyarakat Bali menyebut pohon unik tersebut dengan nama lain yaitu pohon lanang wadon. Selain menyusuri hutan, wisatawan juga bisa berburu aksesoris dan berbagai oleh-oleh khas Bali yang banyak dijual di toko oleh-oleh di kawasan ini.

Lokasi: Jl. Brahmana, Sangeh, Kec. Abiansemal, Kab. Badung.

5. Air Terjun Nungnung

Air Terjun Nungnung
Image Credit: Infokebali.com

Pesona keindahan dari Air Terjun Nungnung menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk datang. Objek wisata yang memiliki suasana sejuk ini adalah salah satu destinasi yang bisa Anda kunjungi saat berada di Badung, Bali. Memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter dengan aliran air terjun yang cukup deras.

Pemandangan di sekitar air terjun masih terjaga dan sangat alami. Namun, fasilitas di kawasan wisata air terjun ini sudah cukup lengkap. Tersedia tempat parkir, warung makan, gazebo, kamar mandi, dan lain-lain.

Lokasi: Belok/Sidan, Kec. Petang, Kab. Badung.

6. Bali Swing Abiansemal

Bali Swing Abiansemal
Image Credit: Instagram.com @artem bali

Tempat wisata di Badung yang menawarkan beragam aktivitas seru adalah di Bali Swing Abiansemal. Sebuah tempat wisata yang populer bagi wisatawan yang ingin menikmati sensasi melayang dengan ayunan raksasa. Selama bermain ayunan, wisatawan dapat menikmati pemandangan hijau di sekelilingnya.

Tempat wisata ini juga menawarkan banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan pengunjung seperti jalan-jalan dengan menaiki gajah, olahraga rafting, berkeliling dengan sepeda elektrik, dan masih banyak lagi. Tersedia juga beberapa spot cantik untuk wisatawan yang ingin berfoto-foto.

Lokasi: Jl. Dewi Saraswati No.7, Bongkasa Pertiwi, Kec. Abiansemal, Kab. Badung.

7. Kuta Theater

Kuta Theater
Image Credit: Balicheapesttours.com

Tempat wisata dan rekreasi yang menarik untuk dikunjungi selanjutnya adalah Kuta Theater. Pengunjung dapat melihat pertunjukan seni dan atraksi sulap yang ditampilkan oleh para seniman Bali.

Pertunjukan seni yang dibawakan biasanya memiliki cerita yang lekat dengan masyarakat Bali. Sedangkan untuk pertunjukan sulap yang disuguhkan, ada yang dikemas lucu dan terkadang ada pula aksi-aksi berbahaya yang membuat tegang.

Lokasi: Dee Jay Cafe, Jl. Kuta Center No.8X, Kec. Kuta, Kab. Badung.

8. Desa Wisata Petang

Desa Wisata Petang
Image Credit: Baligetaway.co.id

Suasana pedesaan yang asri dan segar menjadi daya tarik dari tempat wisata ini. Pemandangan hijau dari pesawahan warga menjadi sajian utama di Desa Wisata Petang. Wisatawan dapat berjalan-jalan menyusuri sawah dan berfoto ria dengan pemandangannya yang begitu cantik.

Selain pesawahan terasering khas Bali, wisatawan juga disuguhkan dengan pemandangan cantik dari Sungai Ayung. Beberapa wisatawan biasanya menggunakan aliran sungai tersebut untuk bermain atau melakukan olahraga rafting. Tempat wisata yang berada di ketinggian lebih dari 800mdpl ini juga memiliki hawa yang cukup sejuk.

Lokasi: Petang, Kec. Petang, Kab. Badung.

9. Pantai Berawa

Pantai Berawa
Image Credit: Travelspromo.com

Salah satu pantai yang dapat dijumpai di Kabupaten Badung, Bali adalah Pantai Berawa. Kawasan pantai dengan pemandangan indah yang banyak dijadikan destinasi wisata, baik wisatawan lokal maupun asing. Memiliki garis pantai yang cukup panjang wisatawan pun dapat leluasa menikmati waktu dengan bersantai atau bermain di pasir pantainya.

Pada saat air laut pasang atau gelombangnya sedang bagus, biasanya pantai ini akan sering dikunjungi oleh para peselancar. Selain itu, lokasi pantai ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati keindahan senja saat matahari terbenam.

Lokasi: Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung.

10. Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park
Image Credit: Thejakartapost.com

Salah satu tempat wisata di Kabupaten Badung yang wajib untuk dikunjungi adalah taman budaya Garuda Wisnu Kencana atau GWK. Selain pemandangan luar biasa dari bangunan patung Dewa Wisnu, tempat wisata ini juga menawarkan banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan pengunjung.

Terdapat area outdoor yang biasa digunakan untuk pentas sendi tari, seperti tari barong, tari kecak, tari keris, dan lain-lain. Wisatawan dapat menikmati pertunjukan tari tersebut atau mencoba keseruan lain seperti berkeliling dengan segway.

Lokasi: Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

11. Pantai Kuta

Pantai Kuta
Image Credit: Topijelajah.com

Pantai Kuta termasuk salah satu destinasi paling populer di Bali yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Pantai yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Badung ini memiliki ombak yang cukup bagus. Cocok untuk wisatawan yang ingin berselancar termasuk untuk wisatawan yang baru belajar selancar.

Kawasan Pantai Kuta selalu ramai, terlebih lagi saat menjelang waktu senja. Hal tersebut karena lokasi pantai ini yang sangat ideal untuk menikmati keindahan sunset atau matahari terbenam.

Lokasi: Kec. Kuta, Kab. Badung.

12. Pantai Batu Belig

Pantai Batu Belig
Image Credit: Baligetaway.co.id

Wisatawan yang ingin menikmati pantai berpasir putih dengan suasana yang tidak terlalu ramai bisa mengunjungi Pantai Batu Belig. Pemandangan pantainya tidak kalah indah dengan pantai populer di Bali lainnya. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan berbagai kegiatan seru di sekitar pantai.

Salah satu aktivitas yang bisa dicoba adalah menunggang kuda. Mengelilingi pantai dengan kuda tentu dapat menjadi pengalaman tak terlupakan saat mengunjungi salah satu tempat wisata di Badung ini.

Lokasi: Jl. Batu Belig, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung.

13. Tanah Wuk Sangeh

Tanah Wuk Sangeh
Image Credit: Indonesia.travlr.com

Salah satu objek wisata di Badung, Bali ini menawarkan pemandangan alam yang asri dengan suasana yang begitu sejuk. Selain pemandangan hijau, tempat wisata ini juga populer karena memiliki banyak spot foto yang menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah sebuah gardu pandang yang dibuat seperti bentuk kepala perahu.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke objek wisata Tanah Wuk adalah kaum muda yang berburu tempat untuk berfoto. Fasilitas di tempat wisata ini juga sudah cukup lengkap seperti gazebo, warung makan, taman untuk bermain anak, kamar mandi, dan lain sebagainya.

Lokasi: Sangeh, Kec. Abiansemal, Kab. Badung.

14. Waterbom Bali

Waterbom Bali
Image Credit: Befreetour.com

Tempat wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah waterbom Bali. Sebuah tempat wisata air yang memiliki banyak wahana permainan. Pengunjung bisa mencoba seluncuran yang disebut smash down. Tersedia juga seluncuran yang lebih kecil untuk pengunjung anak-anak.

Wahana yang menarik selanjutnya adalah flowrider yaitu ombak buatan untuk pengunjung melakukan olahraga dengan papan selancar. Fasilitas di tempat wisata ini pun sangat lengkap, mulai dari tempat parkir, restoran, hingga bar.

Lokasi: Jl. Kartika Plaza, Tuban, Kec. Kuta, Kab. Badung.

15. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa
Image Credit: Tukangpantai.blogspot.com

Objek wisata Pantai Pandawa sudah sangat populer di kalangan wisatawan. Memiliki keindahan pantai yang eksotis dengan dikelilingi tebing karang menjadi daya tariknya.

Pantai berpasir putih ini merupakan salah satu tempat favorit bagi wisatawan untuk berjemur.

Salah satu kegiatan wisatawan yang bisa dicoba di pantai ini adalah kano. Tersedia penyewaan kano yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bermain di laut sekitar pantai.

Lokasi: Kutuh, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata pilihan di Kabupaten Badung, Bali yang bisa dijadikan referensi liburan Anda. Jangan khawatir karena sebagian besar tempat wisata di Bali ini memiliki akses yang mudah.