Karangasem merupakan salah satu kabupaten di Pulau Bali yang menyuguhkan berbagai macam kuliner khas yang patut untuk dicoba. Inilah daftar tempat makan dan restoran favorit di Karangasem untuk menikmati sajian lezat.

Selain destinasi wisata yang menarik, Bali juga terkenal akan adat istiadat maupun budayanya yang masih sangat kental. Tidak hanya itu, pulau Dewata juga terkenal akan keragaman kulinernya yang memanjakan lidah. Ada banyak lokasi kuliner yang bisa ditemui di Bali, salah satunya di Karangasem.

Banyak tempat makan di daerah Karangasem yang menyediakan makanan khas Bali yang tak kalah lezat dengan harga yang terjangkau. Dan bagi yang beragama Islam, tak perlu ragu karena tempat makan disini telah banyak yang menyediakan makanan halal.

Jadi, setelah puas berwisata, jangan lupa juga untuk berwisata kuliner di daerah Karangasem. Untuk lebih jelasnya. Berikut beberapa rekomendasi restoran dan tempat makan terbaik di Karangasem, Bali yang bisa Anda coba kunjungi.

1. Blayag dan Nasi Mek Sambru

Blayag dan Nasi Mek Sambru
Image Credit: Google Maps (Pande Adi Putra)

Mek Sambru merupakan salah satu tokoh legendaris di Bali yang terkenal dengan Blayagnya. Blayag merupakan salah satu makanan khas Bali. Lebih dari 50 tahun Mek Sambru menjajakan makanan khas ini. Hingga akhirnya ia mendapatkan apresiasi dari Dinas Kebudayaan.

Blayag buatan Mek Sambru sangatlah lezat. Karena Blayag ini ia kombinasikan dengan nasi, sayur dan juga lauk sebagai pelengkapnya. Blayag ini dimasak dengan bumbu racikan khas Karangasem, Bali.

Lokasi Blayag Mek Sambru ini pun sangatlah strategis dan mudah untuk dijangkau. Karena ia berada dekat dengan pusat kota. Penyajian Blayag Mak Sambru ini pun sangatlah menarik perhatian pengunjung. Maka dari itu, tak ayal jika Blayag buatannya sangatlah laris manis.

Lokasi: Jl. Diponegoro Gang Batu Aya Amlapura, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

2. Sate Sengkidu Bu Rengkeg

Sate Sengkidu Bu Rengkeg
Image Credit: Google Maps (Yudi Prasetyo)

Sate ini merupakan salah satu sate di Karangasem yang tidak pernah sepi pengunjung. Tak heran lagi jika Anda harus mengantre untuk mendapatkan sate sengkidu ini.

Yang menjadikan para pengunjung candu terhadap sate ini yaitu di dalamnya terdapat daging ikan. Ditambah sate ini selalu disajikan dengan sambal matah yang membuat para pengunjung ketagihan. Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membayarnya, karena sate ini sangatlah murah.

Warung sate ini buka dari pukul 11:00 sampai pukul 19:00. Di Sate Sengkidu Bu Rengkeng ini menerima beberapa cara pemesanan makanan. Di antaranya yaitu makan di tempat (dine in), pesan antar (drive thru), dan juga bawa pulang (take away). Maka jika ingin membeli sate ini, lebih baik Anda datang lebih awal sebelum nantinya antrean menjadi panjang dan akhirnya kehabisan.

Lokasi: Jl. Mendira, Sengkidu, Kec. Manggis, Kab. Karangasem, Bali.

3. Kumendel Rumah Makan Keluarga

Kumendel Rumah Makan Keluarga
Image Credit: Google Maps (kapur Bagoes)

Bagi wisatawan yang menyukai kuliner, ini adalah salah satu tempat makan yang patut dicoba. Karena di tempat ini menyediakan ragam makanan dan minuman dengan citarasa yang berbeda dari tempat lainnya. Harganya pun sudah pasti terjangkau dan tentunya aman untuk kantong Anda. Rumah makan ini menyediakan berbagai macam seafood yang lezat.

Salah satu menu favorit pengunjung di Kumendel Rumah Makan Keluarga yaitu ayam bumbu Bali. Citarasa bumbu Bali memang sangatlah mengena di lidah para pengunjung yang mencicipi masakan tersebut. Sekali merasakan bumbu Bali, maka bersiap-siaplah untuk ketagihan.

Kumendel Rumah Makan Keluarga ini buka sekitar pukul 09:00 pagi sampai pukul 22:00 malam. Sesuai dengan namanya, tempat ini sangatlah cocok bagi Anda yang akan makan dengan mengajak keluarga. Pelayanan dan juga fasilitas di tempat ini sangatlah nyaman dan memuaskan. Tempat ini selain melayani makan di tempat juga melayani take away atau sistem bawa pulang.

Lokasi: Jl. Nanas, Kecicang, Pertigaan Terminal, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

4. Amboja Resto

Amboja Resto
Image Credit: Tribunnews.com

Bagi wisatawan yang ingin mencari sarapan dan bingung tempat mana yang akan dituju, resto ini bisa menjadi salah satu solusinya. Resto ini merupakan salah satu resto yang buka dari pukul 06:00 pagi sampai 22:00 malam. Untuk pemesanan makanan disini, bisa dilakukan dengan makan di tempat (dine in) dan juga bawa pulang (take away), dan tidak menerima pesan antar (drive thru).

Berbagai menu ditawarkan di resto ini. Di antaranya yaitu ayam geprek, nasi goreng, fuyunghay, nasi bakar, betutu, blayag, telur gulung, ayam kecap, dan juga babi kecap. Sehingga bagi wisatawan yang tidak bisa memakan daging bagi masih ada alternatif lain seperti ayam geprek maupun ayam kecap.

Lokasi: Jl. Budakeling, Padang Kerta, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

5. Warung Makan Saparoa

Warung Makan Saparoa
Image Credit: Google Maps (Bes Polos86)

Bagi wisatawan yang ingin menikmati makanan lezat dengan harga yang bersahabat di kantong, maka Warung Makan Saparoa ini cocok untuk Anda. Warung makan ini menyajikan berbagai olahan daging, baik daging ayam maupun daging kambing. Di antara menunya yaitu gulai, sate kambing, dan juga sate ayam.

Rumah makan ini buka di pagi hari yaitu pukul 08:00 WITA. Melayani dua sistem pemesanan yaitu makan di tempat (dine in) dan juga bawa pulang (take away) namun tidak melayani sistem pesan antar (drive thru). Lokasinya sangatlah mudah dijangkau para wisatawan. Cocok buat Anda yang kelaparan dan ingin sarapan di pagi hari!

Lokasi: Jl. Untung Surapati, Subagan, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

6. Sate Serapah

Sate Serapah
Image Credit: Facebook.com @punapibali

Salah satu olahan kuliner khas Bali khususnya di Karangasem yang sangat sayang untuk dilewatkan yaitu sate serapah. Sate ini terbuat dari kulit sapi yang dimasak dengan bumbu khas Bali yang pastinya pedas. Akan sangat lezat jika sate ini disantap bersamaan dengan nasi hangat.

Bagi yang tidak menyukai kulit sapi, sate serapah juga disediakan dari ayam. Akan tetapi bukan dari daging ayam. Yang diambil dari ayam yaitu hati ayam, usus, rempela, dan kulit ayam. Hal inilah yang membedakan sate serapah dengan sate-sate yang biasanya ditemui di jalanan, meski bentuknya terlihat sama.

Karena sate serapah ini sangatlah unik, maka ia menjadi salah satu kuliner primadona di Karangasem, Bali. Harga sate serapah pun sangatlah murah dan terjangkau. Satu tusuk saja hanya sekitar seribu rupiah. Murah, bukan?

Rumah makan sate serapah ini buka pukul 14:00. Karena memang pada dasarnya sate itu nikmat jika disantap sore hari apalagi malam. So, jangan sampai Anda melewatkan salah satu kuliner primadona di kota ini! Datanglah lebih cepat atau Anda akan kehabisan sate serapah ini!

Lokasi: Depan KUA, Bungaya Kangin, Kec. Bebandem, Kab. Karangasem, Bali.

7. Pondok Mina

Pondok Mina
Image Credit: Google Maps (Sally Ocktovianti)

Jika tadi sudah direkomendasikan mengenai rumah makan dengan olahan seafood nya, maka kali ini wisatawan akan dikenalkan dengan Pondok Mina. Salah satu rumah makan yang menyajikan berbagai macam olahan kuliner ikan tawar. Sang pemilik rumah makan ini pun menyajikan masakannya dengan resep dan bumbu yang menjadi khas dari Pondok Mina.

Salah satu makanan yang menjadi favorit para pengunjung yaitu gurami goreng. Penggorengannya pun kering dan bumbunya meresap sempurna sehingga tidak mengecewakan lidah para pengunjung.

Nah, Pondok Mina ini buka sekitar pukul 08:00 sampai dengan pukul 22:00 WITA. Dengan sistem pemesanannya yaitu makan di tempat (dine in), bawa pulang (take away), dan juga antar tanpa bertemu. Rating yang didapatkan Pondok Mina ini tak kalah hebat dari yang lainnya, yaitu 4,2. Sehingga segala hal yang ada disini tidak perlu diragukan lagi.

Lokasi: Jl. Untung Surapati, Amlapura, Padang Kerta, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

8. Warung Makan Bu Rai

Warung Makan Bu Rai
Image Credit: Pegipegi.com

Bagi para wisatawan tentunya juga tak ingin menghabiskan uang dalam sekejap. Terlebih dalam hal makanan. Nah, Warung Makan Bu Rai bisa menjadi solusinya. Selain harganya yang terjangkau, lokasinya pun mudah untuk ditemukan.

Tempat ini menyediakan menu berupa nasi campur khas Bali. Bahkan jika pengunjung merasa kekurangan lauk, maka di tempat ini Anda bisa menambah lauk sesuka hati.

Lokasi: Padang Kerta, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

9. Mahagiri Panoramic Restaurant

Mahagiri Panoramic Restaurant
Image Credit: Google Maps (Oleg Knaus)

Salah satu restaurant di Karangasem, Bali yang wajib Anda coba. Restaurant ini tak pernah sepi dari pengunjung. Sudah tentu jika tak sepi pengunjung, maka restaurant ini memberi kesan yang baik bagi pengunjung.

Sesuai dengan namanya yaitu Mahagiri Panoramic Restaurant, maka sudah tentu restaurant ini menyuguhkan panorama yang indah. Megah dan gagahnya Gunung Agung nampak jelas dari restaurant ini. Maka tempat ini pun cocok untuk Anda yang suka berswafoto.

Untuk fasilitas di restaurant ini juga tidak kalah memuaskan. Karena tempat ini menyediakan wifi gratis. Sehingga bagi pelajar maupun mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas akan sangat terbantu dengan adanya fasilitas ini. Selain difasilitasi wifi gratis, pengunjung disini juga diberi kemudahan dengan adanya parkir gratis. Menarik, bukan?

Lokasi: Jl. Surya Indah, Desa Rendang, Kec. Rendang, Kab. Karangasem, Bali.

10. Bali Asri Restaurant

Bali Asri Restaurant
Image Credit: Google Maps (Bali Asri Restaurant)

Rekomendasi tempat makan enak di Karangasem yang terakhir yaitu Bali Asri Restaurant. Restaurant ini menyajikan makanan tradisional Bali dengan cita rasa yang khas tentunya. Restaurant ini tidak buka sampai malam hari. Akan tetapi, tempat ini hanya buka dari pukul 11:30 siang sampai pukul 16:00 sore. Maka, jangan sampai untuk tidak mampir di restaurant ini.

Restaurant ini selain menyajikan makanan yang lezat, ia juga menyuguhkan pemandangan yang indah berupa Gunung Agung. Dua hal tersebut yang menjadikan restaurant ini banyak penggemarnya. Yang menjadikan restaurant ini berbeda dari yang lainnya yaitu adanya kelas memasak yang diselenggarakan di tempat ini.

Lokasi: Jl. Gelumpang, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

Itulah beberapa rekomendasi tempat makan jika Anda berkunjung ke Karangasem, Bali. Jangan lupa mampir ke salah satu restoran di atas untuk menikmati sajian yang unik dan menggugah selera.