Berkunjung ke Pulau Dewata terasa kurang lengkap tanpa mecicipi kuliner khasnya yang terkenal. Inilah daftar tempat makan dan restoran di Bali yang terkenal enak untuk menikmati sajian khas.

Bali menjadi salah satu kepulauan di Indonesia yang menyimpan sejuta pesona destinasi wisatanya. Bahkan namanya pun tidak hanya dikenal oleh masyarakat domestik saja melainkan sampai mancanegara. Keindahan tempatnya dan adat yang menarik membuat siapapun akan kecanduan untuk mendatanginya lagi.

Selain itu, Bali juga tak luput dari wisata kuliner yang memiliki cita rasa lezat serta lengkap. Dari makanan yang bernilai nasional sampai internasional semuanya ada disana. Fakta menariknya lagi tempat makan terbaik di dunia juga menempati Pulau Dewata. Oleh karena itulah bagi Anda yang berniat berlibur kesana jangan lupa untuk mencicipi makanannya.

Banyaknya restoran di Bali mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan. Pasalnya Anda pun pasti memperhitungkan harga sebelum memutuskan untuk mampir. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, berikut rekomendasi tempat makan enak di Bali, siapa tahu salah satunya ada yang cocok untuk memanjakan lidah Anda.

1. The Amora Bali Restaurant

The Amora Bali Restaurant
Image Credit: Google Maps (Many Happy)

Bersantap di The Amora Bali Restaurant tidak hanya akan memberikan kenikmatan kulinernya saja. Melainkan juga suguhan pemandangan Gunung Batur yang sangat indah. Tempat makan satu ini kerap kali disebut orang di atas awan karena lokasinya yang berada di ketinggian.

Untuk masakannya ada bermacam-macam, salah satunya yang sangat digemari masyarakat ialah Paket All You Can Eat yang dibandrol mulai harga Rp 120.000 per orangnya. Jika Anda berminat silahkan datang ke Kintamani, Bali.

Lokasi: Jl. Raya Penelokan No.999, Batur Tengah, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

2. D’ Alas Warung

D’ Alas Warung
Image Credit: Thebalibible.com

Berlokasi di sekitar destinasi wisata Tegalalang, D’Alas Warung bukan hanya memuaskan Anda dalam perihal masakannya saja. Akan tetapi juga keindahan pemandangan sekitar serta beberapa wahana yang juga bisa dinaiki. Lokasinya ada Gianyar, Bali.

Dengan harga minuman yang cukup murah yakni Rp 15.000 serta makanan Rp 30.000 restoran ini selalu dipadati oleh pengunjung. Selain itu, ada keunikan lagi yakni saat memasuki kawasan deretan pohon kopi serta jeruk akan menyambut Anda.

Selain itu, dari makanan sederhana seperti nasi goreng, nasi campur, sate lilit sampai internasional bisa Anda pesan disini. Satu lagi jika Anda tidak cocok dengan semua menu bisa melakukan request sendiri kepada chef yang bekerja disana.

Lokasi: Jl. Raya Pujung Kaja, Sebatu, Kec. Tegallalang, Kab. Gianyar.

3. The Wijaya Kusuma

The Wijaya Kusuma
Image Credit: Tripadvisor.com

Mempunyai harga makanan yang cukup mahal yakni kisaran Rp 250.000 ternyata restoran The Wijaya Kusuma menyimpan segudang keunggulan. Dengan desain interior bak resort bintang lima di tengah pepohonan yang rimbun Anda bisa menikmati pemandangan hijau yang memanjakan mata.

Bahkan tempat makan ini sangat cocok jika Anda ingin melakukan dinner romantis dengan pasangan. Beragam jenis kuliner yang tak kalah lezat seperti rendang, sate, dan minuman wine dari belahan dunia bisa Anda cicipi secara langsung. Cukup datangi Gianyar, Bali Anda akan menemukan restoran kece ini.

BACA JUGA:  15 Cafe Tempat Nongkrong di Kuta Bali yang Unik & Instagramable

Lokasi: Baler Bale Agung, Kec. Negara, Kab. Jembrana.

4. Café Seafood Bakar Jimbaran

Café Seafood Bakar Jimbaran
Image Credit: Hotels.com

Pantai Jimbaran terkenal dengan pemandangan sunsetnya yang sangat indah. Namun tidak enak jika menikmati keindahan tersebut tanpa menikmati makanan. Café Seafood Bakar Jimbaran adalah restoran yang paling tepat untuk menjadi lokasi makan Anda. Tempat ini berada di wilayah Badung, Bali.

Pasalnya Anda bisa makan lesehan di pinggir pantai sambil melihat pemandangan. Ada beberapa macam menu yang dapat Anda pilih seperti udang, ikan bakar, cumi-cumi, dsb. Bahkan disana juga ada hiburan musik dan tari-tarian yang ikut meramaikan. Harganya pun standar yakni kisaran Rp 40.000/porsinya.

Lokasi: Jimbaran, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

5. Ngiring Ngwedang

Ngiring Ngwedang
Image Credit: Tripadvisor.com

Ngiring Ngwedang merupakan nama sebuah restoran yang ada di Banjar, Bali. Jika diartikan maka akan didapati kalimat Mari Ngopi untuk tempat ini. Seperti namanya bahwa kopi menjadi menu utama yang akan ditawarkan.

Menariknya lagi bangunan artistic ini didirikan di atas bukit, sehingga jika berkunjung Anda bisa melihat birunya laut utara Bali, serta Danau Tamblingan. Disana juga terdapat kuliner lainnya seperti pisang goreng, spageti, dll. Hanya perlu merogoh kocek Rp 75.000/orang kepuasan akan Anda dapatkan.

Lokasi: Munduk, Kec. Banjar, Kab. Buleleng.

6. Mentari Restoran Bedugul

Mentari Restoran Bedugul
Image Credit: Water-sport-bali.com

Sebagian wisatawan yang pernah ke Bali pasti tidak asing lagi dengan wisata Bedugul. Disana ternyata juga ada tempat makan populer dengan nama Mentari Restoran Bedugul. Sistem yang digunakan untuk menyajikan makanan pada pengunjung adalah buffet.

Dimana setiap orang yang datang bebas mengambil makanan sendiri sesuai selera masing-masing. Ada beberapa menu yang bisa dipilih seperti kentang goreng, sop, gado-gado. Nasi goreng, dsb. Hanya mengeluarkan Rp 100.000/orang Anda sudah bisa makan sepuasnya. Lokasi dari restoran ini ada di Tabanan, Bali.

Lokasi: Jl. Raya Denpasar – Singaraja Km. 50, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

7. Restoran Bebek Tepi Sawah Ubud

Restoran Bebek Tepi Sawah Ubud
Image Credit: Bebektepisawahrestaurant.com

Mencari suasana lain yang bisa membuat hati tenang saat makan, Restoran Bebek Tepi Sawah Ubud adalah solusi yang tepat untuk Anda. Dimana bukan hamparan laut atau gunung yang akan Anda lihat melainkan sawah. Lokasi tepatnya ada di Gianyar, Bali.

Tempat makan ini mempunyai menu andalan yang patut Anda coba, yaitu bebek goreng crispy. Dengan beberapa makanan pendamping lainnya, menu ini hanya dibandrol Rp 105.000/porsinya. Selain puas akan kelezatan masakannya, Anda pun bisa cuci mata dengan pemandangan hijau.

Lokasi: Jl. raya goa gajah, banjar teges, Peliatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

8. The Lookout Resto & Bar

The Lookout Resto & Bar
Image Credit: Youtube.com (R Wira Kartomisastro)

Memimpikan bisa makan di tempat yang menyediakan ruangan eksterior keren The Lookout Resto & Bar adalah jawabannya. Dimana jika Anda makan di tempat ini pemandangan Gunung Batur yang gagah akan tersajikan dan bisa dilihat dari dek terbuka yang tersedia. Titik lokasinya ada di wilayah Kintamani, Bali.

Selain pemandangannya yang cantik, udara sekitarnya pun sangat sejuk. Bahkan Anda juga bisa merasakan kedekatan dengan alam sekitar. Ada sejumlah menu yang dapat Anda pesan disana, seperti sate lilit, sup labu, dll. Harga yang dibandrol pun sangat terjangkau yakni Rp 35.000/porsi.

Lokasi: Jl. Raya Penelokan, Sekardadi, Kec. Kintamani, Kab. Bangli.

9. The Kelusa

The Kelusa
Image Credit: Thebalibible.com

Mempunyai nama bersejarah karena diambil dari salah satu desa yang ada di Bali membuat restoran The Kelusa dinilai akan memberikan kenangan indah untuk para pengunjungnya. Lokasinya masih ada di kawasan Gianyar, Bali.

BACA JUGA:  15 Cafe Tempat Nongkrong di Seminyak Bali yang Unik & Instagramable

Kuliner khas yang menjadi menu utama disana adalah Traditional Balinese High Tea yang dibandrol dengan harga Rp 250.000, serta beberapa hidangan kecil tradisional yang siap menemani makan Anda. Bentuk penyajian dari setiap masakan pun tak kalah unik.

Dimana jika kebanyakan memakai piring atau perabot lainnya, maka The Kelusa lebih memilih memakai dulang yang berbahan dasar anyaman kayu. Hal itu malahan membuat rasa dan tampilan makanan menjadi lebih istimewa lagi.

Lokasi: Keliki, Kec. Tegallalang, Kab. Gianyar.

10. Wantilan Resataurant

Wantilan Resataurant
Image Credit: Santrian.com

Jika Anda mempunyai uang pecahan Rp 50.000 cobal lihat gambarnya. Pastinya ada gambar Danau Beratan yang sangat memukau. Wantilan Restaurant merupakan tempat makan yang akan menyajikan pemandangan dari danau tersebut. Suasana yang sangat nyaman membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini.

Disana ada beragam menu yang siap untuk Anda santap. Dimulai dari soto, nasi campur khas Bali, Mujair Nyat-Nyat, hingga makanan Barat. Sementara untuk minumnya Anda bisa memesan jus, kopi hangat, dsb sesuai selera. Lokasinya ada di Baturiti, Tabanan dan harga untuk per porsinya kisaran Rp 30.000 saja.

Lokasi: Singapadu, Kec. Sukawati, Kab. Gianyar.

11. Bali Buda

Bali Buda
Image Credit: Thebalibible.com

Bali Buda menjadi tempat makan rekomendasi bagi Anda yang ingin makan enak namun sedang program diet. Hampir seluruh bahan yang digunakan untuk membuat olahan adalah organik dan alami, tidak mengandung bahan kimia.

Meski demikian bukan berarti menunya hanya itu-itu saja karena ada beragam yang bisa Anda nikmati. Diantaranya seperti crepes, gelato, pasta, dan lain-lain. Lokasinya ada di Badung, Buda. Semua harga yang ditawarkan relatif murah dan pasti bisa Anda jangkau.

Lokasi: Jl. Banjar Anyar No.24, Kerobokan, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung.

12. Warung Bunana Sunset Road

Warung Bunana Sunset Road
Image Credit: Kura2guide.com

Jika Anda sudah sering merasakan kuliner khas Bali dan ingin mencoba sensasi hidangan lain maka pergilah ke Warung Bunana. Tempatnya ada di Badung, Bali. Disana Anda akan menemukan masakan khas India dan Malaysia.

Ada beberapa aneka roti canai, martabak India, teh tarik cinnamon dsb. Anda bahkan bisa menyaksikan secara langsung bagaimana pembuatan teh tarik tersebut. Setiap makanan hanya dibandrol Rp 6.500, sementara minumannya Rp 11.000.

Lokasi: Jl. Sunset Road No.28, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung.

13. Pink Tempong

Pink Tempong
Image Credit: Google Maps (Gunadi Kr)

Seperti namanya restoran Pink Tempong dominan dengan dekorasi warna pink. Namun, nyatanya menu yang ditawarkan tidak semanis tampilan ruangannya. Pasalnya disana malah mempunyai kuliner khas sambal tempong yang menggetarkan lidah Anda.

Ada beberapa varian dari masakan ini yakni nasi tempong ayam bakar, nasi tempong ikan gurame dsb. Tempat dari Pink Tempong ada di Badung dan Denpasar Bali. Harga per porsinya hanya Rp 20.000 saja.

Lokasi: Jl. Teuku Umar No.168, Dauh Puri Kauh, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar.

14. Samani Resto

Samani Resto
Image Credit: Facebook.com @samaniresto

Mengaku sebagai pecinta masakan kambing? Maka Anda wajib untuk datang ke Samani Resto di Denpasar, Bali. Disana Anda bisa menikmati segala hidangan yang sangat nikmat seperti sate kambing, iga bakar kambing, gulai kambing, dsb.

Serunya lagi Anda dapat makan di gazebo-gazebo yang dikelilingi oleh kolam ikan. Selagi menunggu masakan jadi Anda dapat memanfaatkan waktu untuk memancing. Selain itu untuk harga makanannya hanya kisaran Rp 15.000, dan minuman Rp 12.000.

BACA JUGA:  8 Makanan Khas Denpasar Bali yang Terkenal Lezat

Lokasi: Jl. Raya Besakih, Pesaban, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem.

15. Nasi Tekor

Nasi Tekor
Image Credit: Google Maps (iman fahroji)

Berkeliling ke kawasan Desa Budaya Kertalangu, Bali rasanya ada yang kurang jika tidak mengunjungi tempat makan Nasi Tekor. Seperti namanya menu andalan yang dapat nikmati adalah nasi tekor atau jika diartikan sebagai nasi yang dipincuk memakai anyaman bambu beralas daun pisang.

Di setiap porsinya hanya dihargai Rp 20.000 dan itupun Anda sudah mendapatkan porsi lengkap menggunakan ayam, sate lilit dan beberuk. Dekorasi dari tempatnya juga sangat unik, sehingga tak sedikit pengunjung yang mengabadikan momennya disana.

Lokasi: Jl. By Pass Ngurah Rai Tohpati No.28, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar.

16. The Sayan House

The Sayan House
Image Credit: Coconuts.co

The Sayan House menjadi restoran tercantik yang ada di Ubud, Bali karena mempunyai panorama Sungai Ayung yang indah. Tempat ini sering dipakai untuk acara-acara privat.

Perihal makanan Anda tak perlu khawatir, karena ada beragam menu yang sangat lezat. Seperti Salmon, Avocado Maki, dsb. Harganya pun cukup murah yakni Rp 35.000/porsinya.

Lokasi: Jl. Raya Sayan No.70, Sayan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

17. Swept Away

Swept Away
Image Credit: Thesamayabali.com

Menyatu dengan suasana alam merupakan tema yang ada di restoran Swept Away. Adanya beberapa meja makan yang sengaja di letakkan di luar ruangan akan menambah kesan menyenangkan untuk Anda.

Dengan begitu Anda bisa menikmati menu-menu pilihan seperti steak, rendang, dan lain-lain yang dapat langsung memandangi keindahan hilir sungai. Harga makanan dibandrol Rp 75.000/porsinya. Namun, bisa lebih mahal jika Anda memesan hidangan spesial.

Lokasi: Jl. Baung, Sayan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

18. El Kabron

El Kabron
Image Credit: Inputbali.com

El Kabron merupakan restoran yang mempunyai desain eksterior dengan pemandangan matahari terbenam sebagai view utamanya. Suasana Spanyol akan Anda rasakan saat berada di tempat itu.

Lokasinya berada di Pecatau, Bali dengan beberapa hidangan makanan internasional seperti Pickled Octopus, Crocuetas, dll. Harga yang harus Anda bayarkan ialah Rp 300.000.

Lokasi: Jl. Pantai Cemongkak, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung.

19. Ke-Pi-Tu

Ke-Pi-Tu
Image Credit: Luxuryrestaurantawards.com

Berada di Tegalalang, Bali restoran Ke-Pi-Tu selalu menjadi lokasi terfavorit untuk para pengunjung. Apalagi jika Anda memilih rooftop sebagai tempat menikmati hidangannya. Pastinya kedamaian akan Anda peroleh saat itu juga.

Selain itu, Anda juga bisa melihat keindahan air terjun tepat di depan restoran ini dan hutan yang masih lebat. Menu hidangan yang ada bermacam-macam seperti salad, sandwich, dll. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 200.000/ porsi untuk bisa menikmati segalanya.

Lokasi: Banjar Kepitu, Kenderan, Kec. Tegallalang, Kab. Gianyar.

20. CasCades Restaurant

CasCades Restaurant
Image Credit: Theluxurybali.com

Viceroy Bali yang ada di balik bukit yang berhadapan dengan Lembah Maharaja ternyata mempunyai tempat makan yang sangat eksotis. Dengan dekorasi atap ilalang yang cukup terbuka dan dentingan piano yang menemani akan menambah suasana semakin damai.

Ada beragam jenis menu yang dapat memanjakan lidah Anda. Salah satu yang terpopuler adalah Indonesian Degustation yang dibandrol dengan harga fantastis yakni Rp 800.00/porsi. Meski demikian pastinya pengalaman baru akan Anda peroleh.

Lokasi: Jl. Lanyahan, Br. Nagi, Kec. Ubud, Kab. Gianyar.

Itulah daftar rekomendasi restoran dan tempat makan enak di Bali yang populer dan wajib Anda coba. Semua hidangan yang bervariasi mempunyai cita rasa yang sangat lezat, sehingga jika Anda berkunjung ke Pulau Dewata maka jangan lupa untuk mampir untuk liburan yang lebih berkesan.