Telaga Waja Rafting salah satu destinasi arung jeram dengan jalur yang paling menatang di Karangasem, Bali. Nikmati sensasi bermain air yang seru dengan pemandangan sekitar yang sangat indah.

Harga Tiket: Rp 320.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Muncan, Menanga, Kec. Rendang, Kab. Karangasem, Bali.

Telaga Waja Rafting adalah salah satu tempat wisata air yang begitu populer di Bali. Tempat ini memanfaatkan arus yang ada di sungai Telaga Waja. Berbeda dengan sungai yang lain, sungai yang satu ini memiliki arus yang cukup deras sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat melakukan arung jeram.

Tidak hanya itu, tempat ini pun juga memiliki trek rafting yang sangat panjang, bahkan bisa dibilang merupakan trek paling panjang di seluruh Bali. Trek yang ada di tempat ini memiliki panjang hingga mencapai 16 kilometer dan membutuhkan waktu selama kurang lebih 2 sampai 2,5 jam untuk menyusurinya.

Dengan trek panjang dan arus yang besar, Telaga Waja Rafting pun begitu dinikmati oleh para wisatawan yang menyukai tantangan bermain di dalam air. Berbagai tantangan yang ada untuk menyusuri sungai ini membuat banyak orang rela melakukan hal tersebut demi mencapai titik kepuasan yang ada.

Daya Tarik yang Dimiliki Telaga Waja Rafting

Daya Tarik Telaga Waja Rafting
Image Credit: Twitter.com @LabiruTour

Sungai Telaga Waja merupakan tempat yang sangat direkomendasikan bagi para wisatawan yang ingin menantang adrenalinnya dengan bermain air atau arung jeram. Tidak hanya menantang, namun tempat wisata yang satu ini pun juga memiliki berbagai daya tarik yang tentu saja akan sangat disayangkan apabila tidak dilakukan ketika mengunjungi Bali.

1. Jalur Turunan yang Tinggi

Bisa dibilang, sungai yang digunakan untuk melakukan permainan ini begitu ekstrim dan terkadang dapat membuat siapapun merasa merinding. Jalur turunan yang ada di sungai ini termasuk begitu tinggi, yakni kurang lebih mencapai 5 meter.

Dengan tingginya jalur turunan tersebut, maka bisa dibayangkan ketika perahu yang dinaiki turun dari ketinggian itu rasanya pasti akan menakutkan dan sangat seru. Akan tetapi, hal tersebut pun juga akan memberikan sensasi yang sangat luar biasa, dan pengalaman yang menyenangkan tersebut pasti akan sulit untuk dilupakan.

2. Pemandangan Sekitar yang Indah

Lokasi Telaga Waja Rafting ini memang begitu dekat dengan Gunung Agung yang juga sangat indah. Tidak hanya rasa takut dan keseruan saja yang bisa didapatkan oleh pengunjung ketika menggunakan wahana ini, namun pemandangan sekitar sungai pun juga akan tampak begitu megah.

Hamparan sawah berwarna hijau yang sangat luas, semak belukar yang begitu menakjubkan, dan pepohonan yang menjulang sangat tinggi menambah keindahan tempat ini. Sehingga, Anda pun juga akan merasakan kenikmatan indahnya dunia alam ketika sedang mencoba untuk menguji adrenalin Anda.

3. Trek yang Panjang

Sama seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, trek yang ada di sungai ini memang cenderung sangat panjang. Bahkan, saking panjangnya sungai ini hanya akan mampu ditaklukkan ketika sudah mengarunginya selama beberapa jam.

Karena trek yang panjang itulah, pengunjung akan dibimbing oleh para tour guide. Anda pun tidak akan merasa takut akan bahaya yang menghadang sebab keamanan dan kenyamanan Anda menjadi prioritas utama yang ditawarkan oleh pihak pengelola, sehingga asal mengikuti anjuran pihak pengelola maka Anda pun akan selamat sampai garis finish.

Daya TarikTelaga Waja Rafting
Image Credit: Google Maps (Telaga Waja White Water River Rafting Bali)

4. Arus Sungai yang Ganas

Bisa dibilang, arus sungai yang ada di tempat ini memang begitu ganas dan tidak kenal ampun. Hal tersebut karena sungai ini memiliki sumber yang berasal dari gunung secara langsung, sehingga proses turunnya air tersebut pun memiliki kecepatan yang begitu tinggi.

Namun, hal itu justru menambah daya tarik tempat ini. Sebab, arus sungai yang deras akan membuat pecinta arung jeram merasa tertantang untuk menaklukkan keganasan air tersebut. Arus sungai itu pun juga akan membantu para pengunjung merasa segar karena air yang menerpa tubuh mereka terasa sangat dingin dan jernih.

5. Udara yang Segar

Karena dikelilingi oleh gunung yang besar, hal tersebut menjadikan Telaga Waja Rafting memiliki suhu udara yang begitu menyegarkan. Tidak akan bisa ditemui polusi apapun di tempat ini sebab kadar udaranya begitu bersih dan terawat tanpa ada gangguan apapun. Sehingga, Anda pun dapat menghirup udara yang begitu berbeda dari udara perkotaan di tempat yang satu ini.

Tidak hanya itu, namun batu-batu yang ada di tempat ini pun juga sangat bersih. Tidak akan ditemui sampah apapun karena kebersihan dari tempat ini begitu dijaga oleh para pengelola, sehingga Anda akan merasa takjub akan keindahan dan kebersihan yang ditawarkan oleh tempat wisata untuk arung jeram ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Telaga Waja Rafting

Alamat Telaga Waja Rafting
Image Credit: Facebook.com @santonpramudya.ghondronx

Tempat wisata untuk melakukan petualangan rafting ini berada di sungai Telaga Waja. Alamat lebih tepatnya yaitu Desa Muncan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali Timur. Karena lokasinya yang cukup terpencil, hal ini membuat rute perjalanan menuju tempat ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Untuk mencapai Telaga Waja Rafting, Anda dapat memulai perjalanan dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Dari bandara tersebut, akan membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 90 menit sebelum Anda bisa tiba di lokasi tujuan. Anda pun biasanya akan dijemput oleh pihak pengelola setelah Anda melakukan pemesanan untuk melakukan paket rafting.

Apabila ingin memasuki tempat wisata ini, Anda akan dikenakan biaya tertentu yang dibedakan oleh paket apa yang ingin Anda pilih. Umumnya, harga untuk menggunakan tempat wisata ini bisa berkisar antara 320 ribu sampai 350 ribu per paketnya.

Dalam hitungan kurs dollar, keduanya memiliki harga sebesar 65 dollar Amerika. Tidak hanya itu, tiket masuknya pun dibedakan sesuai dengan transportasi yang ingin dipakai. Apabila transportasinya digunakan untuk satu orang saja, maka harganya 400 ribu. Apabila digunakan bersama orang lain, maka rentang harganya yaitu antara 200 sampai 300 ribu rupiah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Telaga Waja

Aktivitas Menarik di Telaga Waja
Image Credit: Twitter.com @balibta

1. Arung Jeram

Kegiatan yang wajib untuk dilakukan di tempat ini tidak lain dan tidak bukan tentu saja arung jeram. Kegiatan yang begitu menarik ini bisa dicoba dengan mengarungi aliran sungai yang begitu panjang hingga sampai pada titik finish yang ada di ujung.

Rasakanlah sensasi seru bertarung dengan keganasan arus sungai yang begitu ekstrim. Anda akan menemui diri Anda merasakan suasana yang berbeda daripada saat melakukan arung jeram di tempat lain.

2. Makan Setelah Sampai di Garis Finish

Karena arung jeram di Telaga Waja Rafting membutuhkan waktu yang hampir 3 jam, tentu saja siapapun akan merasa sedikit lapar dan tenaga mereka pun bisa habis. Untuk itulah, setelah sampai di garis finish Anda dapat mengonsumsi makanan yang ada di kedai-kedai sekitar.

Makanan yang disajikan oleh pihak pengelola pun juga sudah termasuk dalam harga paket yang dipesan sebelumnya, sehingga Anda pun bisa memilih untuk mengonsumsi makanan yang gratis tersebut. Namun, Anda pun juga bisa mengonsumsi makanan lain yang ada di restoran di sekitar tempat tersebut.

Aktivitas Dilakukan di Telaga Waja
Image Credit: Facebook.com @dix.styaone

3. Fotografi

Lokasi Telaga Waja Rafting yang begitu strategis di antara gunung-gunung tentu saja membuat siapapun merasa takjub akan keindahan yang ditawarkan oleh tempat ini. Anda dapat melakukan fotografi dengan memotret pemandangan alam sekitar yang begitu indah dan menakjubkan.

Akan tetapi, karena posisinya begitu dekat dengan sungai maka Anda pun harus berhati-hati agar kamera yang Anda bawa tidak terkena cipratan air. Agar kamera tidak rusak, maka lakukanlah fotografi di tempat aman yang tidak terlalu dekat dengan aliran sungai.

4. Mengajak Anak Ikut Rafting

Tidak hanya orang dewasa saja yang diperbolehkan untuk mengikuti arung jeram di tempat ini, namun anak-anak yang masih kecil pun juga boleh. Meskipun arus sungainya cukup deras, namun Anda tidak perlu khawatir sebab sudah ada pemandu yang akan memimpin golongan anak-anak agar dapat melakukan rafting atau arung jeram dengan aman.

Mereka pun juga akan dibimbing hingga sampai menuju pada titik akhir. Dengan melakukan hal tersebut, anak-anak pun akan merasa senang dan hal ini akan menjadi salah satu pengalaman yang tidak akan mereka lupakan seumur hidupnya.

Fasilitas yang Tersedia di Telaga Waja Rafting Bali

Fasilitasdi Telaga Waja Rafting
Image Credit: Twitter.com @kumendan007

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola di Telaga Waja Rafting bisa dibilang sudah termasuk lengkap. Pengunjung akan memperoleh fasilitas berupa perlengkapan dan peralatan untuk melakukan arung jeram seperti helm, satu buah alat dayung, dan juga jaket pelampung. Mereka pun juga disediakan satu perahu karet yang hanya bisa diisi oleh 4 orang peserta dan satu pemandu saja.

Standar keamanan yang ada di tempat ini pun juga sudah termasuk dalam tahap internasional sehingga Anda tidak perlu lagi merasa khawatir apakah ingin mencoba tempat wisata ini. Fasilitas lain yang ada di tempat ini yakni berupa area parkir, ruang ganti, toilet, restoran, dan lain-lain.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Telaga Waja Rafting yang bisa Anda jadikan sebagai salah satu acuan ketika ingin mencoba melakukan kegiatan di tempat tersebut. Selain mengasyikkan, pemandangannya yang begitu indah tentu saja akan membuat siapapun merasa tertarik untuk mencoba melakukan arung jeram di tempat ini.