Tegalalang Rice Terrace salah satu wisata alam di Gianyar Bali yang menyuguhkan pemandangan sawah yang indah dilengkapi sistem irigasi inovatif. Tempat ini memiliki spot foto yang instagramable.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Tegallalang, Kec. Tegallalang, Kab. Gianyar, Bali.

Tidak hanya terkenal akan keindahan pantainya saja, ada destinasi lain yakni area persawahan yang bisa Anda kunjungi saat berada di pulau dewata ini. Tepatnya berada di Kabupaten Gianyar, lokasi dengan pemandangan sawah padi tersebut memiliki nuansa asri nan sejuk.

Panorama alamnya dapat menyihir mata siapa saja yang memandang dari kejauhan. Sebuah tebing yang dikelola menjadi persawahan dengan metode terasering ini selain dapat menjadi lahan pertanian juga dapat menjadi tempat wisata yang menarik.

Jalan dengan medan yang mudah dijangkau oleh para wisatawan, membuat tempat wisata ini semakin terkenal hingga wisatawan mancanegara. Jika Anda tertarik untuk mendatangi wisata tersebut, berikut ini ada beberapa informasi mengenai Tegalalang Rice Terrace.

Daya Tarik yang Dimiliki Tegalalang Rice Terrace

Daya Tarik Tegalalang Rice Terrace
Image Credit: Google Maps (Jerda Bicik)

1. Wisata Edukasi

Pengunjung yang mendatangi lokasi wisata satu ini, akan mendapat segudang pengalaman yang sebelumnya belum pernah didapatkan. Ada beberapa kegiatan menarik yang tentunya berkaitan dengan pertanian yang akan disuguhkan.

Mulai dari proses pertumbuhan bibit padi yang akan ditanam, hingga cara panen padi yang menggunakan peralatan tradisional. Anda bisa mendapatkan edukasi mengenai cara penanaman padi ini di Tegalalang Rice Terrace.

Akan ada petani dari para warga setempat yang akan mendampingi Anda saat melakukan seluruh proses tersebut. Para petani ini memiliki sikap yang ramah dengan para pengunjung wisata, hal ini akan membuat pengunjungnya sendiri menjadi lebih betah dan nyaman.

2. Keindahan Alam

Siapa saja pasti akan terpesona dengan keindahan dari wisata yang menyajikan hijau bersemu kuning dari sawah ini. Tidak hanya sajian persawahan saja yang ditawarkan, pemukiman warga yang tampak dari sisi sebrang tebing juga menjadi sajian kedua di wisata ini.

Rumah-rumah yang terlihat kecil tersebut merupakan beberapa ruko yang berjajar di setiap pinggiran jalan yang memasuki kawasan wisata. Perpaduan dari asrinya persawahan dan rumah-rumah dengan bangunan kayu ini akan menambah suasana desa kian lekat terasa.

Maka tidak perlu diragukan lagi bahwa tempat ini pernah dijadikan sebagai tuan rumah suatu perhelatan acara bertaraf internasional. Keindahan khas Indonesia dapat tergambar jelas setelah memandangi seluruh kawasan Tegalalang Rice Terrace.

Daya Tarik Dimiliki Tegalalang Rice Terrace
Image Credit: Google Maps (Vijesh Krishna)

3. Beragam Spot Foto

Dengan keindahan pesona alamnya, tak heran jika Sawah Terasering memiliki daya tariknya tersendiri. Berbeda dengan spot foto lainnya yang hanya menyajikan pemandangan pegunungan atau pesona sunset, wisata ini memiliki beragam spot foto yang menarik.

Mulai dari keindahan area sawah dengan sistem terasering, atau bisa juga mengambil latar belakang pepohonan kelapa yang banyak tumbuh di sekitarnya. Pengunjung yang hobi dalam dunia fotografi, wajib mendatangi wisata yang terkenal akan nuansa asrinya.

Ingin mencari spot foto lain? Tenang saja, kawasan wisata ini menyuguhkan beberapa spot foto kekinian dengan desain nyentrik yang akan menghidupkan hasil foto Anda.

Terdapat sebuah replika sangkar burung yang diletakkan pada ujung tebingnya, pengunjung bisa menggunakan spot ini untuk berfoto ria. Ada juga sebuah ayunan kayu dengan tinggi kurang lebih 3 meter yang dapat menantang adrenalin Anda saat menaikinya.

Pengunjung akan dimanjakan oleh banyaknya spot foto dengan latar belakang menarik yang ada di Sawah Terasering Tegallalang ini. Untuk dapat mengambil gambar dengan hasil yang maksimal, jangan lupa siapkan terlebih dahulu kamera terbaik Anda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Tegalalang Rice Terrace

Alamat Tegalalang Rice Terrace
Image Credit: Google Maps (Michael Saputra)

Wisata ini terletak di pinggir Jalan Raya Tegalalang, Kabupaten Gianyar. Dari arah jalan sendiri, sudah nampak jelas keindahan alam yang dimilki oleh Tegalalang Rice Terrace. Wisatawan yang akan mendatangi tempat ini tentu akan dengan mudah menemukannya.

Rute yang akan Anda ambil jika berangkat dari arah kota Gianyar adalah dengan melewati Jalan Raya Kelusa terlebih dahulu. Setelah menemui perempatan besar, kendaraan Anda akan berbelok ke kanan memasuki Jalan Keliki.

Setelah cukup lama melewati jalan tersebut, Anda akan masuk pada Jalan RY Dalem yang akan menyebrangi sebuah sungai. Kemudian jika Anda sudah bertemu dengan pasar utama dari Kecamatan Tegalalang, itu berarti perjalanan Anda hanya tinggal sedikit lagi.

Melewati pasar tersebut, kendaraan yang Anda bawa sudah melalui Jalan Raya Tegalalang. Perjalanan tersebut akan memakan waktu sekitar 20 hingga 30 menit.

Harga yang dibandrol untuk memasuki kawasan wisata Sawah Terasering Tegallalang sendiri adalah nol rupiah. Ya benar sekali, biaya gratis tersebut diperuntukan bagi siapa saja yang ingin mengunjungi wisata dengan keindahan panorama alamnya itu.

Namun, bagi para pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, ada biaya parkir yang harus Anda siapkan. Cukup dengan membayar Rp 2.000 saja untuk kendaraan roda dua, Anda bisa menempatkan kendaraan di lahan yang luas.

Untuk Anda yang hanya ingin menikmati pemandangan persawahan saja, cukup turun dan berjalan kaki melewati jalan setapak di setiap sawahnya. Tentu Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memasuki area persawahannya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sawah Terasering Tegallalang

Kegiatan di Sawah Terasering Tegallalang
Image Credit: Twitter.com @AlaskaAir

1. Bermain Layang-Layang

Kegiatan yang sering dilakukan oleh anak-anak ini bisa juga Anda lakukan di wisata yang berada di Gianyar ini. Anda bisa membawa sendiri layang-layang yang akan diterbangkan di area persawahan.

Sebelum memulai kegiatan menarik ini, kecepatan dan arah angin harus Anda ketahui dengan betul agar layang-layang tidak tersangkut di pepohonan. Usahakan juga memilih lokasi berdiri yang tepat, karena tanah di daerah tersebut memiliki kondisi yang mudah longsor.

Waktu yang pas untuk melakukan kegiatan ini adalah saat sore hari. Dimana angin berhembus sedikit lebih kencang, dan diharapkan dapat menerbangkan layang-layang Anda dengan baik. Kegiatan ini juga dapat mengingatkan diri Anda saat masa kecil dahulu.

2. Mencicipi Kuliner

Terdapat beberapa rumah makan yang berdiri di pinggiran tebing pada kawasan wisata Tegalalang Rice Terrace. Menu tradisional khas Bali pun menjadi menu utama yang ditawarkan oleh rumah makan tersebut.

Ayam betutu adalah salah satu yang menjadi primadona dari pulau dewata ini. Selain itu, ada juga satai lilit yang memiliki aroma khas dari daun sereh. Makanan dengan olahan rempah yang melimpah tersebut bisa Anda nikmati sambil memandangi keindahan panorama alamnya.

Tidak hanya rumah makan dengan menu makanan beratnya saja yang ada di kawasan wisata ini. Ada sebuah cafe yang menawarkan sajian minuman kopi hingga milkshake yang akan menghilangkan rasa haus Anda.

Kegiatan Menarik di Sawah Terasering Tegallalang
Image Credit: Twitter.com @balicheaptours

3. Menerbangkan Drone

Kecanggihan alat bernama drone ini dapat digunakan untuk mengambil sebuah video dari ketinggian tertentu sesuai keinginan. Atau bagi Anda yang hanya iseng bermain alat yang mirip dengan helikopter ini, bisa mencoba melakukannya di area persawahan Tegalalang.

Kawasan terbuka yang dikelilingi oleh banyak pohon kelapa, tidak terlalu mengganggu kegiatan Anda dalam menerbangkan drone tersebut. Karena radius drone dengan Anda yang tidak terlalu jauh, Anda bisa sambil berjalan berkeliling persawahan.

4. Membeli Oleh-Oleh Khas Bali

Berkunjung di suatu tempat wisata, tak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Di daerah Tegalalang Rice Terrace, terdapat beberapa toko yang menjual pernik-pernik kerajinan hasil dari warga sekitar.

Bukan hanya souvenir yang bisa di jadikan hiasan meja saja yang dijual, tas berbahan dasar rotan juga banyak digemari terutama kaum perempuan. Namun untuk dapat memiliki tas cantik ini, Anda perlu mengeluarkan biaya cukup mahal.

Fasilitas yang Tersedia di Tegalalang Rice Terrace Bali

Fasilitas di Tegalalang Rice Terrace
Image Credit: Twitter.com @iamCaroline_M

Membicarakan fasilitas yang tersedia di tempat wisata Sawah Terasering Tegallalang, pengunjung akan dimudahkan dengan adanya beragam fasilitas yang sudah disediakan. Beberapa diantaranya adalah kamar mandi, tempat cuci kaki, dan masih banyak lagi.

Fasilitas lain seperti rumah makan dan cafe juga ada di salah satu sudut dari kawasan wisata ini. Tidak perlu khawatir jika Anda mencari makanan untuk mengisi perut, rumah makan tersebut telah menyediakan beragam menu dengan cita rasa yang khas.

Peralatan yang mendukung kegiatan bertani anda, bisa didapatkan dengan cara meminjam dari para petani asli warga sekitar. Tidak perlu mengeluarkan uang saat Anda meminjamnya, bahkan Anda berkesempatan didampingi langsung oleh para petani yang ramah ini.

Pedagang yang berjualan kelapa muda akan Anda temukan juga di berbagai sudutnya. Karena banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di sekitar tempat tersebut, warga sekitar akhirnya berinisiatif untuk menjualnya menjadi minuman yang menyegarkan.

Kemudian jika Anda cukup lelah setelah berjalan mengelilingi area persawahan, terdapat saung dari bambu yang dapat Anda gunakan untuk tempat beristirahat. Dengan duduk atau tiduran di saung ini, semilir angin akan membuat tubuh Anda terasa lebih sejuk.

Itulah beberapa informasi terkait tempat wisata Tegalalang Rice Terrace yang ada di Gianyar, Bali. Perlunya menjelajahi keindahan lain dari pulau cantik ini, agar Anda mengetahui lebih dalam dari kekayaan alam Nusantara.