Pulau Dewata merupakan surga dunia dengan keindahan alam begitu mempesona, termasuk berkunjung ke Tampak Siring. Destinasi wisata unik untuk melihat keindahan Pura Tirta Empul dan Istana Kepresidenan.

Lokasi: Jl. Dr. Ir. Soekarno, Manukaya, Kec. Tampaksiring, Kab. Gianyar.
Map: Cek Lokasi

Bali telah lama menjadi destinasi wisata impian bagi banyak orang. Hal itu bukan tanpa alasan melainkan keindahan alam yang ditawarkan begitu indah. Apalagi semua tempat tertata dengan rapi dan masih memiliki nuansa alami yang kental dengan budaya. Ada banyak destinasi wisata indah di pulau dewata ini. Namun, ada satu tempat unik serta keren yang tak boleh Anda lewatkan yakni Tampak Siring.

Tempat wisata ini merupakan paket destinasi lengkap untuk wisatawan. Bagaimana tidak, ketika Anda datang maka tidak hanya disajikan pemandangan dan desain tempat yang menakjubkan saja melainkan dapat menjadi wisata religi. Destinasi yang bertempatkan di kabupaten Gianyar Bali ini mulai banyak dikunjungi karena ada banyak sekali aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Destinasi wisata Tampak Siring dapat menjadi pilihan menarik untuk Anda kunjungi. Apalagi lokasi wisata mudah di akses dan hanya berjarak sekitar 1 jam 15 menit dari Bandara Ngurah Rai. Tempat wisata ini juga kerap menjadi persinggahan untuk para wisatawan yang tengah mampir dari destinasi wisata populer lain seperti Ubud ataupun Kuta.

Daya Tarik yang Dimiliki Tampak Siring Bali

Daya Tarik Tampak Siring Bali
Image Credit: Google Maps (Beyond Rek)

Tampak Siring tengah menjadi destinasi wisata populer saat ini. Sebab pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan tempat yang ada melainkan banyak pilihan aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Selain itu dalam satu lokasi adapun Anda dapat mengakses banyak destinasi sekaligus sehingga pengunjung tidak akan mudah untuk bosan.

1. Memiliki Banyak Objek Wisata

Daya tarik utama dari tempat ini adalah Anda dapat mengunjungi banyak destinasi menarik tanpa harus berpindah tempat. Sebab jarak antar lokasi wisata tersebut terbilang dekat. Hal itu pula akan membuat wisatawan tidak mudah untuk bosan selama berkunjung. Anda dapat silih berganti berpindah tempat untuk dapat mengakses semua lokasi yang indah.

Di antara pilihan yang ada, Tampak Siring memiliki lokasi wisata yang tak boleh pengunjung lewatkan yakni meliputi Pura Tirta Empul, Pura Gunung Kawi Sebatu dan Istana Kepresidenan. Ketiga tempat demikian wajib Anda kunjungi agar semakin menambah keseruan ketika mendatangi pulau dewata ini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Seminyak Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

2. Paket Wisata Lengkap

Pengunjung yang datang ke Kawasan wisata ini secara otomatis dapat menikmati paket wisata yang lengkap. Anda dapat belajar wisata sejarah yang mana Istana Kepresidenan telah lama dibangun bahkan dari jaman Soeharto. Di istana tersebut kerap pula di adakan beragam kesenian menarik sehingga bila beruntung pas diadakan kesenian maka akan semakin menambah seru.

Selain wisata edukasi dan sejarah, ada pun Anda dapat mengamati wisata religi yang mana mengunjungi beberapa pura yang ada. Pada Pura Tirta Empul bahkan tersedia air mata alami yang bisa di akses pengunjung. Konon kolam tersebut dapat menjadi tempat yang pas untuk mensucikan diri serta mengabulkan doa-doa yang terpanjatkan.

Air mata pada Pura Tirta Alami juga menawarkan keindahan yang lain dari pada yang lain. Sebab ada banyak sekali pancuran yang menambah indah. Untuk Anda yang ingin mengikuti tradisi keagamaan berupa upacara Malukat pun di izinkan. Tentu ada beberapa aturan khusus yang mana harus di ikuti. Mengingat tempat ini terbilang sakral maka untuk perempuan yang sedang haid dilarang berenang.

Daya Tarik yang Dimiliki Tampak Siring Bali
Image Credit: Bali.panduanwisata.id

3. Spot Foto Instagramable

Di era serba modern ini pasti ada maksud dari setiap pengunjung yang datang ke lokasi wisata yang indah. Selain ingin menghilangkan penat, kepentingan terkait konten pun tidak luput untuk dilewatkan. Seperti halnya berfoto ria di lokasi wisata. Aktivitas demikian dapat dilakukan di Tampak Siring mengingat ada banyak sekali spot foto keren yang siap menjadi kenangan tak terlupakan Anda.

Wisatawan dapat mengambil hasil jepretan dengan pemandangan Pura yang mana tentu sangat indah. Ada pula desain tempat lain yang tak kalah menarik untuk di ambil hasil jepretannya. Jika Anda pintar dalam pengambilan gambar bukan tak mungkin setiap hasil jepretan akan terlihat sangat bagus. Momen liburan pun menjadi semakin tak terlupakan.

4. Pemandangan Alam yang Mempesona

Lokasi wisata ini tidak hanya menyajikan pemandangan berupa bangunan yang sakral nan indah. Pemandangan alam sekitar pun begitu mempesona dan enak di pandang. Suasana yang masih terkesan alami membuat nuansa segar serta sejuk masih begitu terasa. Berkunjung bersama keluarga atau rekan akan semakin menambah keseruan saat berwisata.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Wisata Tampak Siring

Rute Menuju Wisata Tampak Siring
Image Credit: Google Maps (Hawari Al-fath)

Tampak Siring telah menjadi destinasi populer untuk dikunjungi. Apalagi letaknya terbilang mudah dijangkau berada di Jalan tirta, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Bila Anda datang dari Bandara Ngurah Rai maka jarak dengan lokasi ini hanya bisa ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam 15 menit. Sedangkan dari Kuta bisa ditempuh dengan waktu 1 jam 40 menit.

BACA JUGA:  Air Terjun Gitgit Buleleng Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

Bila berkendara dari Tegalalang maka pengunjung hanya perlu menuju Jl. Raya Desa Kenderan untuk terus menempuh Jl. Ir Soekarno dan Jl Tirta. Dalam jangkauan sekitar 600 meter destinasi wisata ini bisa ditempuh yang mana berada di kanan jalan. Perlu diketahui bahwa di sana masih belum ada alat transportasi umum sehingga wisatawan sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Kawasan Tampak Siring Bali

Harga Tiket Tampak Siring Bali
Image Credit: Google Maps (Bram str)

Untuk dapat mengeksplor lebih jauh dari setiap destinasi di Tampak Siring maka akan dikenakan tiket masuk. Harga tiket masuk di destinasi wisata ini memiliki tipe yang berbeda mulai dari pengunjung dewasa hingga anak kecil. Bagi pendatang yang sudah memasuki usia dewasa dikenakan tarif sejumlah Rp 30.000. Sedangkan anak kecil bisa ikut berlibur dengan biaya sebesar Rp 25.000.

Penambahan biaya lain dapat berupa parkir kendaraan. Bagi pengendara roda empat atau mobil dikenakan parkir sebesar Rp 5.000, lalu untuk motor hanya dibebankan tarif Rp 2.000. Dengan biaya yang demikian tentu terbilang bijak dan tidak sebanding dengan apa yang ditawarkan. Apalagi tempat yang Anda kunjungi menawarkan keseruan dan juga memiliki pemandangan yang luar biasa indah.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Tampak Siring

Kegiatan di Tampak Siring
Image Credit: Google Maps (deva chiqitita)

Jika Anda berkunjung, maka ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan disini.

1. Jalan-Jalan di Tempat Menarik

Tampak Siring menawarkan banyak sekali lokasi yang menarik untuk di kunjungi. Maka dari itu Anda dapat berkeliling santai sembari menikmati nuansa yang ada. Pengunjung tidak akan mudah bosan mengingat setiap lokasi menawarkan perbedaan dan keunikan tersendiri. Momen berjalan-jalan juga dapat menambah wawasan dengan mengunjungi beragam tempat penuh sejarah.

2. Mengikuti Tradisi Melukat

Pada Pura Tirta Empul memiliki banyak sekali kolam yang dianggap suci. Kolam ini juga sangat indah yang mana memiliki 33 pancuran. Lokasi yang bertepatan di sebuah Pura menjadikan ada sebuah tradisi yang banyak di ikuti pengunjung. Tradisi demikian dinamakan Melukat. Melukat dianggap memberi banyak sekali manfaat untuk yang memilih untuk berpartisipasi.

Manfaat Melukat dipercaya mampu menghilangkan penyakit, penambah rezeki dan bahkan sebagai tempat untuk memanjatkan doa mendapat jodoh. Di percaya memiliki segudang manfaat yang seperti itu membuat kolam ini selalu di padati antrean. Anda yang berminat ikut pun harus rela bersabar menunggu gantian. Jika perlu mendatangi saat bukan hari libur agar tidak terlalu ramai.

Tradisi Melukat merupakan sebuah tradisi sakral. Maka dari itu untuk dapat berpartisipasi tentu Anda harus mengikuti setiap peraturan yang sudah diterapkan. Peraturan itu ialah terkait dengan penggunaan pakaian yang mana wajib menggunakan kain kamen di pinggang serta sarung. Ada pun perempuan yang sedang haid di larang mengikuti.

BACA JUGA:  Pantai Suluban Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

3. Memberi Makan Ikan

Kegiatan ini mungkin terbilang biasa namun cukup efektif dilakukan untuk Anda yang datang bersama anak kecil. Anda dapat memberikan rasa senang kepada anak-anak dengan membiarkannya dengan bebas memberikan makan ikan-ikan yang ada. Meski begitu selama aktivitas ini ada pun pengunjung harus selalu mengawasi tingkah kegiatan si kecil.

4. Berfoto-Foto

Belum lengkap ketika mengunjungi tempat yang indah bila belum berfoto-foto. Berfoto dapat menjadi aktivitas seru serta pengingat momen menarik agar semakin tak terlupakan. Apalagi destinasi wisata Tampak Siring memiliki banyak pilihan spot foto super kece. Anda hanya perlu memilih sesuai selera untuk kemudian menjadi hasil jepretan foto yang keren.

5. Menikmati Suasana yang Penuh Budaya dan Damai

Datang ke objek wisata ini bukan hanya akan melihat pemandangan tempat dan alam yang indah. Wisatawan juga dapat menikmati setiap nuansa budaya yang masih begitu terasa. Kehadiran sebuah Pura serta banyak pula kolam dan pohon besar menambah kesan kental pulau dewata. Anda dapat pula bersantai ataupun meditasi untuk semakin menambah ketenangan alam sekitar.

6. Melihat Benda Sejarah

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa Tampak Siring meliputi pula sebuah Istana Kepresidenan. Di tempat itu pula terdapat banyak sekali benda sejarah kesukaan tokoh kenamaan Ir.Soekarno. Keaktifan istana ini pun masih terjaga. Terbukti dengan penyambutan beberapa tokoh penting yang masih dilakukan di tempat bersejarah ini.

7. Menikmati Kopi di Segara Windhu

Lelah beraktivitas tak ada salahnya jika Anda ingin beristirahat sejenak. Nah Segara Windhu bisa menjadi lokasi yang pas. Anda dapat memesan beragam jenis kopi khas nusantara. Semua bahan masih begitu segar sehingga cita rasa minuman jelas begitu nikmat. Bila ingin belajar mengenai proses pengolahan biji kopi pun bisa di lakukan di sini.

Fasilitas yang Tersedia di Tampak Siring Bali

Fasilitas di Tampak Siring Bali
Image Credit: Google Maps (Fitria Arzakki)

Fasilitas yang di sediakan pengelola terbilang sangat lengkap. Baik untuk fasilitas penunjang kegiatan seperti kolam mata air, toko suvenir untuk pembelian produk yang dibutuhkan serta yang lain ada di sini. Anda yang ingin bersantai dan menikmati hidangan nikmat pun bisa memesan pada warung ataupun kedai makanan.

Belum lagi fasilitas umum yang tersedia meliputi area parkir yang luas, ruang ganti, toilet, penginapan dan lain-lain. Kelengkapan semua fasilitas yang ada tentu demi mewujudkan kenyamanan dari setiap pengunjung. Jadi Anda dapat menikmati perjalanan wisata di sini dengan lebih berkesan.

Itulah beberapa penjelasan terkait destinasi wisata Tampak Siring Bali. Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai daya tarik, fasilitas, rute, htm dan sebagainya. Semua sarana serta prasarana tersedia secara lengkap. Jadi Anda tak perlu ragu lagi jika ingin mengunjungi destinasi favorit ini.