Tamora Gallery menjadi salah satu tempat belanja dan rekreasi hits di Canggu, Bali. Destinasi favorit wisatawan yang memiliki taman bermain anak, gerai makanan dan minuman yang berorientasi keluarga.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Berawa No.99, Tibubeneng, Kec. Kuta Utara, Kab. Badung, Bali.

Tamora Gallery merupakan sebuah tempat perbelanjaan yang berusaha untuk menciptakan ruang terbuka dengan esensi asli Bali. Taman ini mempunyai suasana yang tenang dan asri penuh rumput hijau serta masih erat dengan kearifan lokal Bali. Yang paling ditonjolkan dari tempat ini adalah taman bermain luar ruangan yang beralas rumput sintetis. Jadi ketika anak-anak bermain lalu jatuh, maka masih aman.

Tempat perbelanjaan ini dibuka pada tahun 2018. Serta berada di area pengembangan properti milik Tamora Group. Tepatnya di Kuta Utara, Canggu. Meskipun berada di area seperti itu, pengunjung masih dapat menikmati keindahan alam dengan kejernihan kolam alami. Tamora Gallery memiliki area gerai makanan dan minuman yang bersahabat, pameran pakaian, dan gerai alat kebersihan sehari-hari.

Di tempat perbelanjaan ini juga terdapat pelataran cukup luas yang bisa menjadi tempat bermain skateboard dengan nuansa warna putih. Tamora Gallery bisa menjadi pilihan tepat tempat berwisata bersama keluarga yang singkat. Yang dulunya, daerah ini dikenal sebagai surga tersembunyi para peselancar. Tempat ini juga selalu diperbarui sehingga makin lama makin bagus fasilitasnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Tamora Gallery

Daya Tarik Tamora Gallery Bali
Image Credit: Thebalibible.com

Tamora Gallery cukup populer sebagai tempat perbelanjaan dengan taman bermain anak di wilayah Canggu. Taman ini menjadi bagian dari wisata favorit di Kuta Utara. Banyak pengunjung yang datang untuk membiarkan anaknya bermain dengan bocah lain dan belajar bersosialisasi serta melepas bosan. Tidak perlu khawatir juga bila nanti haus atau lapar karena sudah tersedia banyak gerai.

1. Bukit Berumput

Tempat ini tidak hanya sekadar suatu bangunan dengan pelataran rerumputan hijau sintetis. Namun, terdapat sebuah gundukan kecil serupa bukit. Anak-anak pun yang bermain bisa berlarian sembari mencoba mendaki bukit tersebut. Mungkin tinggi bukit tersebut sekitar tinggi batita atau enam puluh sentimeter. Selain ada gundukan kecil, juga terdapat jalanan menanjak tidak beraturan yang luas.

BACA JUGA:  Old Man’s Canggu, Tempat Nongkrong Hits di Tepi Pantai Batu Bolong

Jalanan ini cukup tinggi untuk anak-anak sehingga mereka bisa bersemangat mencoba untuk naik ke atas. Jalanan ini merupakan atap sebuah bangunan yang telah dipasang rumput sintetis sehingga bisa tampak tinggi. Pada bagian pinggir, diberi dinding pembatas dari kaca bening agar semua orang yang menjajal untuk naik ke bukit ini tidak jatuh dari tempat tinggi.

2. Perosotan

Daya tarik Tamora Gallery selanjutnya ialah adanya wahana permainan berupa perosotan. Barang ini menjadi benda wajib yang tidak boleh ketinggalan dari taman bermain anak. Perosotan di tempat ini memiliki bentuk lurus dan miring ke bawah.

Warna dari perosotannya sendiri yakni biru muda dengan warna cokelat muda di bagian bawah perosotan. Karena perosotan ini dipasang di atas kayu, maka benda ini tentu akan kuat meskipun dipakai berseluncur orang dewasa.

3. Bar Monyet

Tempat perbelanjaan ini juga dilengkapi dengan bar monyet guna menampung keinginan anak-anak yang ingin berayun. Bar monyet ini dibuat setinggi lelaki dewasa dengan warna putih. Jadi cukup aman untuk anak-anak.

Salah satu sisi dari bar ini menyatu dengan menara kayu enam tingkat di dasar tingkat duanya. Lalu, sisi yang lain memaku di dasar rumput sintetis. Tiang besi di sisi ini memiliki lima pijakan yang bisa menjadi awalan anak-anak berayun.

Daya Tarik Tamora Gallery
Image Credit: Google Maps (Tamora Gallery)

4. Menara Panjat

Satu lagi daya pikat Tamora Gallery adalah menara panjat. Menari ini dibuat dari bilahan kayu yang disusun vertikal dengan enam tingkatan. Kesemua tingkatan ini berbentuk balok kecuali tingkat paling atas yang berbentuk prisma segitiga.

Kesemua lantai pada menara ini dihubungkan dengan tangga yang disusun saling menyilang. Menara ini menjadi titik awal anak-anak untuk menuruni perosotan dan bermain bar monyet dari sisi atas.

5. Bundaran

Daya pikat terakhir adalah permainan bundaran yang banyak bermunculan di taman-taman luar negeri. Di taman tempat perbelanjaan ini, permainan bundaran dibuat beralas kayu agar terasa hangat dan empuk saat diinjak. Warna dari bundaran ini mengambil warna yang sama dengan warna menara dan warna bar monyet yakni putih dan cokelat muda.

BACA JUGA:  Pantai Batu Belig Bali, Pantai Indah Menikmati Panorama Sunset

Alamat & Rute Menuju Lokasi Tamora Gallery

Alamat Tamora Gallery
Image Credit: Tamoragallery.com

Tamora Gallery merupakan tempat perbelanjaan yang masih berada di sekitar area Kuta Utara. Bila berangkat dari pantai Kuta, maka pengunjung bisa membawa kendaraannya menuju Pantai Berawa dari jalan Batu Belig. Perjalanan ini bisa ditempuh menggunakan mobil dengan kisaran waktu dua puluh menit. Jarak antara pantai Kuta dan Tamora Gallery sekitar sembilan kilometer.

Destinasi hits ini berada di jalan yang sama dengan tempat wisata eksklusif, Finns Beach Club. Bila dari Seminyak, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat ini sekitar sepuluh menit. Sampai di sana, pengunjung bisa memarkir kendaraannya baik di parkiran depan maupun parkiran belakang khusus untuk roda dua.

Banyak tempat di Canggu yang mengenakan biaya masuk. Di Tamora Gallery, pengunjung yang datang tidak akan ditarik biaya retribusi karena tempat ini sendiri sebenarnya sebuah tempat perbelanjaan yang mengusung konsep seperti mal, yang menjual berbagai macam barang.

Hanya saja, bagi pengunjung yang datang dan memiliki kendaraan yang harus diparkir, maka diwajibkan membayar sejumlah biaya sebagai bayaran jasa dalam menjaga kendaraan tetap aman. Anda pun bisa datang di antara Pukul 09.00 hingga 22.00 WITA.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Tamora Gallery

Kegiatan di Tamora Gallery
Image Credit: Google Maps (Tamora Gallery)

1. Bermain

Kegiatan ini akan menjadi kegiatan inti anak-anak ketika datang ke Tamora Gallery. Mereka dapat bermain lego yang sudah diletakkan di ceruk tengah meja. Anak-anak juga bisa bermain mobil-mobilan plastik untuk usia di bawah tiga tahun. Bila sudah menginjak usia lima tahun, anak-anak bisa bergelayutan di bar monyet, menari-nari di tiang besi, atau mendaki bukit.

2. Berswafoto

Tamora Gallery dibangun dengan warna-warna cantik yang elok dan epik untuk dipotret. Selain itu, juga tersedia sisi dinding bergambar serta properti dudukan yang bisa dipakai sebagai tempat berpose. Ada beberapa dinding bermural yang bisa dijadikan latar belakang berswafoto.

3. Bermain Ayunan

Di tempat perbelanjaan ini, disediakan permainan ayunan dari dudukan kayu dengan penyangga bahan yang sama dan telah dicat menjadi warna putih. Ayunan yang disediakan di tempat ini ada dua dudukan dengan tali rantai. Ayunan ini dapat dinaiki oleh segala usia.

4. Menikmati Makanan

Tamora Gallery menyediakan restoran Jepang yang menyediakan menu “all you can eat”. Sayangnya, menu ini hanya bisa dinikmati di hari Senin saja. Tidak banyak menu yang ditawarkan di restoran Jepang yang ada di tempat ini. Meskipun begitu, rasa dari setiap menu yang tersedia banyak diakui oleh pengunjung mempunyai rasa yang enak.

BACA JUGA:  Sharma Springs Bamboo House, Tempat Menginap Unik di Ubud Bali

5. Mencoba Es Krim Nitrogen

Es krim nitrogen menjadi minuman hits yang seru untuk dicoba. Rasa yang dijual mirip-mirip dengan kebanyakan penjual es krim di Indonesia. Hanya saja, di tempat ini banyak macam pilihan untuk bahan taburan misal biskuit, kue kering, dan kacang.

6. Menyesap Kopi

Tempat perbelanjaan ini juga menyediakan kafe sebagai gerai minumannya. Kafe di tempat buka setiap hari di jam delapan pagi sampai sepuluh malam. Serta harga yang dipatok dari harga empat puluh ribu rupiah. Bisa juga pengunjung yang telah memesan berpindah tempat ke luar untuk menjaga anaknya yang sedang bermain di taman.

7. Bergabung dengan Kids Kids

Kids Kids merupakan acara mingguan anak-anak yang diadakan tiap minggu di akhir pekan pukul setengah sepuluh pagi WIT. Di sini, pengunjung yang datang bisa membuat kerajinan tangan, lokakarya, dan menonton pertunjukan. Jenis pertunjukkan yang rutin diadakan di tempat ini yakni pertunjukan musik langsung.

8. Bermain Skateboard

Anak-anak maupun dewasa bisa bermain skateboard karena sudah disediakan ruang khusus. Pengunjung bisa memakai alat pengaman seperti helm dan pengaman siku serta lutut agar aman. Para orang tua dapat mengamati dari samping.

Fasilitas yang Tersedia di Tamora Gallery Bali

Fasilitas di Tamora Gallery Bali
Image Credit: Threesixtyguides.com

Ragam fasilitas yang bisa dijumpai di Tamora Gallery cukup banyak. Fasilitas seperti kafe yang menjual banyak varian kopi, gerai es krim yang menjual banyak rasa, taman bermain anak yang berada di luar ruangan, beberapa restoran, dan toko baju.

Di tempat ini, masih belum dibangun musala sebagai fasilitas penunjang ibadah untuk yang beragama Islam. Namun, sudah tersedia lahan parkir untuk menyimpan kendaraan pengunjung sementara.

Para orang tua pengunjung, bisa mengamati anaknya bermain di taman bermain setelah memesan minuman atau makanan di kafe, gerai es krim, atau restoran melalui dudukan bean bag yang sudah disiapkan di pinggiran taman. Anak-anak pun bisa berlarian kesana-kemari, memanjat, atau mendaki bukit buatan.

Sekian pembahasan mengenai destinasi Tamora Gallery, Canggu. Bisa dibilang fasilitas di tempat perbelanjaan ini cukup lengkap sehingga tidak banyak kekhawatiran yang akan Anda rasakan saat pergi ke tempat perbelanjaan ini.