Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Mertak, Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Datang ke Wisata Alam Gunung Tunak adalah sebuah pilihan wisata yang menarik. Tempat tersebut sejatinya adalah sebuah tanjung yang menjorok ke laut, namun di sekelilingnya terdapat perbukitan dan deretan tebing yang sangat kokoh dan indah. Destinasi ini kerap disandingkan dengan Twelve Apostles yang ada di Australia. Berkunjung ke sana akan membuat liburan anda semakin berkesan. Yuk telisik lebih dalam spot wisata tersebut di sini.

Sekilas Tentang Taman Wisata Gunung Tunak

Tentang Wisata Gunung Tunak
Image Credit: Google Maps (Taman Wisata Alam Gunung Tunak)

Jika disuruh memilih gunung atau laut, banyak diantara anda yang merasa bingung. Kedua pilihan lokasi ini memiliki pesona yang sama sama tidak dapat dielakkan. Berkaitan dengan pertanyaan tersebut, Taman Wisata Gunung Tunak bisa menjadi resefensi terbaik bagi anda. Spot tersebut menyuguhkan pemandangan perbukitan dan laut secara bersamaan.

Taman wisata ini biasa dikenal dengan sebutan TWA Gunung Tunak. Destinasi tersebut sebenarnya merupakan sebuah tanjung dengan luas 1200 hektar yang posisinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Tidak heran jika hamparan lainnya benar benar luas dan sangat jernih. Selain itu, anda dapat menemukan banyak deretan bukit yang hijau dan asri.

Bagi sebagian orang, mungkin lokasi seperti itu hanya bisa ditemukan di twelve apostle yang ada di Australia. Nyatanya, Indonesia juga memiliki spot yang hampir mirip dengannya. Gugusan pulau tebing yang berada di sekitarnya terlihat sangat eksotis. Meskipun panas, namun udara disana cukup segar karena perbukitan tersebut memiliki pepohonan yang rimbun.

Saat memasuki kawasan wisata alam, anda akan disambut dengan hutan lindung serta berbagai hewan langka yang ada di dalamnya. Beberapa jenis hewan yang dimaksud adalah rusa timor dan burung gosong. Di sana juga ada banyak sekali jenis kupu kupu yang sengaja ditangkarkan dan pastinya terlihat sangat indah dan memukau.

Daya Tarik Wisata TWA Gunung Tunak

Daya Tarik TWA Gunung Tunak
Image Credit: Google Maps (Norrahman Norrahman)

1. Gugusan Pulau Tebing yang Eksotis

Sempat disinggung sebelumnya, TWA Gunung Tunak dikelilingi oleh gugusan pulau tebing yang berdiri kokoh. Pemandangan semacam ini jarang ditemukan di tempat lain, hal itulah yang membuatnya sangat istimewa. Anda dapat menggunakan tebing tersebut sebagai background foto. Gugusan tebing tersebut terlihat menyatu dengan laut yang biru dan awan putih menggumpal.

Bahkan beberapa tebing juga bisa didaki oleh wisatawan. Hanya saja, untuk naik ke tebing tersebut, anda perlu sangat berhati hati. Akan jauh lebih baik jika saat berkunjung, anda ditemani oleh warga lokal. Hal ini penting agar selama berwisata anda tetap aman dan tidak terjadi hal hal yang kurang menyenangkan.

Setelah mendakinya, anda dapat melihat indahnya pantai dari ketinggian. Di spot tersebut, anda akan merasa sangat nyaman. Panoramanya pasti tidak akan terlihat mengecewakan. Bahkan keindahan yang dimilikinya itu, akan membuat anda enggan untuk pulang karena merasa betah dan tidak rela untuk meninggalkannya.

2. Hitan Lindung Yang Kaya Flora Dan Satwa

Daya tarik kedua yang juga semakin membuat orang penasaran adalah keberadaan hutan lindung di bagian atas tebing. Jika dilihat dari atas, beberapa tebing yang berjajar di sekitar pantai terlihat sangat rimbun dan rindang. Pepohonan itulah yang menjadi habitat bagi para satwa. Jika beruntung, anda juga dapat menemukan banyak burung yang beterbangan di sekitar pantai.

Anda bisa masuk ke dalam hutan tersebut, asalkan tidak merusak. Hanya saja, akses ke sana sedikit sulit. Akan tetapi, pengalaman semacam itu tidak boleh anda biarkan berlalu begitu saja. Dari spot itu pula, anda dapat melihat keindahan pantai secara menyeluruh. Panorama tersebut pasti sangat memanjakan mata. Hamparan laut yang luas dan langit biru terlihat seperti mimpi

3. Mercusuar di Atas Bukit

Spot berikutnya yang juga sangat menarik di Taman Wisata Alam Gunung Tunak adalah mercusuar. Para pengunjung dapat naik hingga puncak dan melihat secara langsung bagaimana keindahan lokasi wisata tersebut. Mercusuar ini memiliki tinggi 20 meter dan lokasinya berada di atas tebing. Anda dapat melihat hamparan samudera tanpa penghalang apapun.

Anda juga diperbolehkan untuk mengambil beberapa foto di dalam mercusuar. Hasil jepretan tersebut dapat menjadi kenang kenangan bagi anda dan keluarga, agar tidak pernah lupa dengan spot menakjubkan yang satu ini. Tak jarang, wisatawan dibuat merinding dengan perpaduan keindahan antara lautan dan langit biru yang terbingkai jajaran bukit yang kokoh.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju TWA Gunung Tunak

Alamat TWA Gunung Tunak
Image Credit: Facebook.com @lindawati.keswa

Banyak diantara anda yang artinya bertanya tanya, dimana lokasi TWA Gunung Tunak. Lokasi taman wisata yang satu ini berada di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok, NTB. Untuk sampai ke sana, anda perlu menempuh perjalanan darat dari Mataram sejuah 85 kilometer. Perjalanan tersebut hanya bisa dilakukan dengan kendaraan pribadi.

Belum ada transportasi umum untuk sampai ke lokasi tersebut. Oleh karena itu, para wisatawan perlu menyewa mobil dari Mataram. Adapun rentetan rute yang harus anda lalui untuk sampai ke sana adalah melewati jalur ke arah Praya. Kemudian arahkan kendaraan hingga sampai ke Kuta dan masuk ke wilayah Desa Mertak. Sesampainya di sana, anda tingga mencari spot tepatnya saja.

Harga Tiket Masuk Wisata TWA Gunung Tunak

Image Credit: Facebook.com @Taman-wisata-alam-gunung-Tunak

Taman wisata di Lombok ini buka setiap hari, mulai dari pukul 7 pagi hingga 4 sore. Harga tiket masuknya juga tergolong sangat terjangkau. Anda yang wisatawan lokal hanya perlu membayar tiket sekitar 5 ribu rupiah. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, harga tiketnya tidak berbeda jauh, yaitu hanya 10 ribu rupiah saja.

Dengan harga tersebut, anda telah mendapat pengalaman yang sangat berharga. Hingga saat ini, belum banyak orang yang sempat mampir ke TWA Gunung Tunak. Bahkan mungkin, anda adalah satu satunya orang di keluarga anda yang menyempatkan diri untuk datang ke sana. Pengalaman tersebut pastinya sangat mengasyikkan untuk dibagikan.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan di TWA Gunung Tunak

Aktivitas di TWA Gunung Tunak
Image Credit: Twitter.com @KompasTV

1. Berburu Foto

Akan sangat disayangkan jika anda tidak mengabadikan pemandangan yang indah melalui sebuah foto. Hasil jepretan tersebut dapat digunakan sebagai kenang kenangan. Anda juga dapat empostinganya di media social untuk memperkenalkan destinasi ini kepada dunia. Akan banyak sekali orang yang penasaran dengan spot tersebut, sehingga memuat tempat wisata ini semakin viral.

Berkaitan dengan kegiatan yang satu ini, jangan lupa untuk membawa kamera atau setidaknya ponsel. Kedua perangkat ini sangat wajib karena tanpanya, anda tidak dapat mengambil foto. Akan tetapi, anda juga perlu berhati hati. Jangan sampai gadget yang anda bawa terkena air atau terjatuh dari ketinggian, karena akan sangat disayangkan jika sampai rusak.

2. Menikmati Pemandangan Alam

Jika berbicara soal pantai, maka hal selanjutnya yang ikut muncul dalam pikiran adalah hamparan pasirnya yang cantik. Hal itu pula yang dapat anda lihat saat berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Tunak. Pasir di sana berwarna putih dan teksturnya sangat lembut. Anda bisa melepas alas kaki sejenak untuk berjalan menyusuri bibir pantai.

Sesekalil cobalah untuk memasukkan kaki ke dalam air dan rasakan bagaimana hangatnya air pantai tersebut. Adapun waktu terbaik bagi anda untuk menikmati keindahan pantai ini adalah di pagi atau sore hari. Pemilihan waktu ini sangat tepat, agar anda tidak terbakar sinar matahari. Dengan begitu, wisata kali ini bisa lebih berkesan dan menyenangkan.

Ngomong ngomong soal pasir, anda dapat menggunakan objek tersebut untuk membangun kebersamaan bersama dengan anak anak. Anda bisa membawa peralatan untuk membuat istana pasir di sana. Jangan lupa juga untuk membawa topi agar kepala tidak langsung terkena sengatan matahari, yang dapat membuatnya menjadi pusing.

3. Menaiki Mercusuar Hingga Puncak

Pemandangan keseluruhan kawasan wisata ini dapat anda lihat dari puncak mercusuar. Lokasi tersebut juga dikenal sebagai spot selfie yang menyenangkan. Deretan tebing yang ada di destinasi wisata tersebut juga sebagian terbuat dari kapur. Dari kejauhan, tebing ini terlihat berwarna keemasan. Tentunya melihat pemandangan semacam itu, tidak dapat ditemukan di sembarang tempat.

Fasilitas yang Bisa Ditemukan di TWA Gunung Tunak

Fasilitas di TWA Gunung Tunak
Image Credit: Google Maps (Taman Wisata Alam Gunung Tunak)

Sebenarnya, hingga saat ini Taman Wisata Alam Gunung Tunak masih dalam tahap pengembangan. Belum banyak fasilitas penunjang yang dapat anda temukan. Meskipun begitu, deinasi ini masih sangat layak untuk dikunjungi karena memiliki pesona yang sangat memukau. Lokasi tersebut merupakan tempat healing terbaik yang cocok untuk melepas stress.

Meskipun tergolong minim, namun pengunjung tetap disuguhkan dengan fasilitas pokok yang menjadi daya tarik utama lokasi tersebut. Beberapa fasilitas yang dimaksud adalah penangkaran kupu kupu dan hutan lindung. Di bagian depan taman wisata ini juga terdapat sebuah tempat parkir yang cukup luas sehingga anda dapat meletakkan kendaraan dengan mudah dan nyaman.

Sayangnya, anda tidak perlu berharap banyak untuk menemukan fasilitas berupa warung atau pujasera. Hingga saat ini, belum ada penjual makanan maupun minuman yang menjajakan dagangannya di sana. Anda juga tidak dapat membeli oleh oleh khas Lombok meskipun wilayah tersebut masuk dalam destinasi wisata.

Itulah sedikit informasi tentang Taman Wisata Alam Gunung Tunak yang mulai dikembangkan oleh pemerintah Lombok Tengah. Tempat wisata tersebut menyimpan banyak potensi untuk menjadi wisata andalan pulau tersebut. Dengan sedikit penambahan fasilitas, maka destinasi ini mampu mendulang popularitas yang tinggi.