Taman Ujung yang juga dikenal dengan sebutan Taman Sukasada merupakan istana air terindah di Karangasem, Bali. Taman air yang dibangun oleh Raja I Gusti Bagus Jelantik memiliki desain arsitektur unik yang menarik untuk dijelajahi.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tumbu, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali.

Salah satu wisata yang sangat masyhur di Bali bagian Barat adalah Karangasem. Karangasem ini memiliki banyak sekali ragam wisata. Diantaranya yaitu destinasi wisata pantai-pantai, Bukit Putung Karangasem, Taman Ujung Karangasem, dan banyak lagi destinasi wisata lainnya. Namun ulasan ini akan membahas tentang Taman Ujung Karangasem.

Taman air ini disebut juga dengan nama Taman Sukasada Karangasem Bali. Namun orang turis sering menyebutnya dengan sebutan Taman Ujung Water Place. Taman ini adalah sebuah taman milik kerajaan Bali Kuno. Taman ini dibangun pada masa pemerintahan I Gusti Bagus Jelantik dengan gelarnya yaitu Anglurah Ketut Karangasem yang merupakan Raja Karangasem.

Taman ini memiliki keindahan yang luar biasa sehingga sering dijadikan tempat photoshot dan prewedding. Arsitekturnya yang nampak antik juga memikat para pengunjung yang datang kemari. Baik pengunjung lokal maupun pengunjung luar negeri. Bagaimana apa kamu tertarik untuk berlibur kemari?

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Ujung Karangasem

Daya Tarik Taman Ujung Karangasem
Image Credit: Instagram.com @aleksilieva

1. Arsitektur yang Unik

Taman Sukasada Bali ini memiliki arsitektur yang unik. Dimana Arsitektur istana air ini merupakan tempat peristirahatan Raja Karangasem. Selain itu hal ini juga merupakan perpaduan antara arsitektur bernuansa Bali dan Eropa,

Bukan itu saja, kaca-kacanya juga memiliki warna yang bervariasi, sehingga ia mempunyai karakter yang identik dengan arsitektur yang sering kita jumpai di gereja – gereja yang berada di Eropa saat ini. Selain itu, adapula keunikan yang lain yaitu, apabila kita berada di dalam kamar peristirahatan sang raja, maka kita dapat melihat kolam bunga Lotus atau Tanjung dari balik jendela.

Sangat indah sekali bukan? Hal inilah yang menjadi daya tarik yang paling diminati wisatawan. Arsitektur unik tersebut menjadi sesuatu yang aestetik dan cocok untuk mengisi sosial media anda. Apalagi jika anda merupakan seorang konten creator video.

2. Instagramable

Taman ujung memiliki daya tarik wisata yang sangat instragramable. Apalagi jika dibuat sebagai tempat foto prewedding. Sebab disana terdapat keindahan kolam yang dilengkapi tatanan yang rapi serta arsitekturnya yang unik.

BACA JUGA:  Pantai Bias Tugel, Pantai Pasir Putih Dengan Laguna Kecil di Bali

Selain itu, adapun anak tangga yang berguna untuk dinaiki ke lokasi dan di atasnya terdapat pilar tak beratap untuk memandang pesona keindahan panorama di tempat wisata ini. Tak hanya itu adapula jembatan yang bisa digunakan sebagai latar belakang untuk berswafoto.

Foto-foto tersebut bisa anda abadikan bersama keluarga maupun teman spesial. Selain untuk kenangan yang diabadikan untuk pribadi, bisa juga untuk dibagikan ke temanmu melalui sosial media.

Daya Tarik Taman Ujung Karangasem Bali
Image Credit: Instagram.com @rafly_aditya13

3. Pemandangan yang Indah

Selain kerajaan yang indah dan sangat aestetik, di tempat ini kita juga bisa melihat pemandangan laut yang berwarna biru di arah tenggara. Bila kita melihat di sebelah timur maka kita akan disajikan panorama yang unik nan indah serta mempesona dari arsitektur Taman ini.

Tidak hanya itu, adapun kolam lotus yang indah yang dapat kita lihat dari kamar raja. Selain itu, untuk bagian timur atas terdapat bukit hijau bernama Bisbis.

4. Kolam yang Indah

Di taman Ujung Sukasada memiliki 3 kolam besar, sebenarnya ada satu kolam saja namun letak kolam tersebut dipisah-pisah. ada satu kolam di bagian utara dan dua kolam di bagian selatan.

Kolam bagian tengah di selatan, memiliki sebuah bangunan yang terdapat di tengah-tengah kolam. Bagungan tersebut bernama Bale Bengong. Bangunan dari Bale Bengong ini tidak mempunyai dinding.

Sedangkan kolam di sebelah Utara memiliki luas yang lebih besar dibandingkan dengan kolam yang ada di Selatan. Adapun jembatan yang berada di tengah-tengah kolam sebelah Utara.

Di tempat tersebut pula ada bangunan yang dahulu dimanfaatkan sebagai tempat peristirahatan raja Karangasem. Masyarakat setempat mengenalnya dengan nama istana gantung. Sebab bangunan peristirahatan raja tersebut nampak menggantung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Ujung Sukasada

Alamat Taman Ujung Sukasada
Image Credit: Instagram.com @m1n4t1lili

Alamat dari wisata Taman Ujung ini terletak di Desa Tumbu Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali. Lokasi tersebut relatif jauh dari pantai Kuta Bali. Anda akan menempuh perjalanan yang sangat jauh yakni sekitar 2 jam perjalanan.

Sementara ini, hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa sampai ke lokasi wisata bersejarah ini. Akan tetapi, bila anda tidak memilikinya anda bisa menyewa jasa rental mobil dan tarifnya relatif murah.

Rute untuk menuju tempat wisata ini yaitu, jika dari arah Denpasar maka butuh waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh 80 km. Sedangkan jika ditempuh dari pusat Kota Amlapura, Karangasem hanya butuh waktu sekitar 10 menit saja.

Jika anda ragu, di jaman modern seperti ini anda bisa menggunakan Google Maps ataupun Waze untuk mengetahui rutenya. Jika anda mencari penginapan di sekitar istana air ini ada banyak hotel yang baik, murah, dan bagus misalnya Taman Ujung Resort and Spa, Gumi Bali Villa, Aashaya Jasri Resort yang rata-rata harganya antara Rp 600.000 sampai Rp 700.000.

BACA JUGA:  Lotus Lagoon Candidasa, Taman Bunga Teratai yang Memukau di Bali Timur

Harga Tiket Masuk Taman Ujung Karangasem Bali

Harga Tiket Taman Ujung Karangasem Bali
Image Credit: Instagram.com @gunk_ayoe

Taman Sukasada Karangasem memiliki tiket masuk yang relatif murah yakni Rp 15.000 per orang untuk wisatawan domestik. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenakan tarif sebesar Rp 50.000 per kepala. Untuk parkirnya hanya butuh Rp5000 saja per mobil dan parkir motor sebesar Rp 2.000 saja.

Jam bukanya mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WITA. Di tempat ini pun juga tersedia poto prewedding yang dikenakan tarif sebesar Rp 600.000/orang dan tarif photo shooting sebesar Rp 1.000.000 berlaku bagi semua crew. Sedangkan jika bawa kamera DSLR sendiri maka pengunjung wajib membayar Rp 50.000.

Seluruh harga tersebut sewaktu-waktu bisa berubah, sesuai dengan pihak pengelola. Apalagi sekarang sedang musim pandemi seperti ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Sukasada

Kegiatan di Taman Sukasada
Image Credit: Instagram.com @umihwirasakti

1. Foto Prewedding

Lokasi Taman Ujung Karangasem ini juga merupakan tempat foto untuk prewedding. sebab menyajikan keindahan kolam yang tertata rapi dan arsitektur yang khas. Disini terdapat anak tangga yang berfungsi sebagai jalan naik menuju lokasi. Sementara diatasnya adapula pilar namun tidak memiliki atap. sehingga dapat dimanfaatkan untuk melihat panorama indah di sekelilingnya,

Calon pengantin seringkali pengantin melakukan foto prewedding terlebih dahulu sebelum tiba hari pernikahannya. sehingga, lokasi ini sering dijadikan sebagai lokasi mengabadikan momen dibandingkan beberapa tempat lainnya di Bali. Memang ada beberapa tempat wisata dengan panorama indah di pulau Dewata ini, tapi tempat ini sangat banyak calon pengantin yang memilihnya.

Saking seringnya dimanfaatkan sebagai tempat prewedding, Taman Sukasada Bali lebih populer sebagai tempat prewedding daripada sebuah destinasi wisata. Padahal tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur dengan suasana kolosal berpadu Eropa yang sepi dan udaranya masih sangat terjaga kealamiannya.

Anda tak akan terganggu dengan lalu-lalang pengunjung lainnya di wisata ini. Anda hanya akan melihat beberapa pasangan pengantin yang sedang mengambil potret untuk pre wedding. Kenangan manis akan tercipta sebelum ditempuhnya hidup yang baru. Terbukanya memory baru dengan keluarga baru yang ditemani sejuknya angin yang berhembus halus saat pemotretan prewedding.

2. Mengetahui Sejarah Kerajaan Karangasem

Taman air ini merupakan bangunan kerajaan Karangasem. Sehingga anda bisa mencari tahu asal-muasal dibangunnya arsitektur Taman ini. Singkat ceritanya seperti berikut ini:

Taman sukasada biasa dikenal dengan julukan Taman Ujung Water Place. Arti dari taman ini bisa diterjemahkan menjadi kerajaan Bali Kuno. Taman ini sendiri telah ada sejak masa penguasaan raja Karangasem yakni I Gusti Bagus Jelantik.

BACA JUGA:  Padang Bunga Kasna, Taman Bunga yang Indah di Bali

Pada awal mulanya, taman ini dijadikan sebuah lokasi untuk membuang orang-orang yang memiliki ilmu hitam. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, taman ini dirubah menjadi sebuah lokasi peristirahatan bagi keluarga kerajaan oleh raja Karangasem. Tidak hanya untuk lokasi peristirahatan keluarga raja, taman ini juga digunakan sebagai lokasi untuk bersemedi serta menjamu tamu kerjaan.

Peristiwa perubahan taman ini dimulai di tahun 1909. Saat itu, arsitektur asal China dan Belanda dipercaya untuk merubah taman ini. Selain itu, pembangunan tempat tersebut juga memperlibatkan arsitektur dari Bali tepatnya di kerajaan Karangasem. Proses pembangunan tersebut akhirnya selesai pada tahun 1921.

Tentunya hal tersebut akan membuat Anda seolah-olah hidup pada zaman kerajaan dan berada di taman kerajaan. Gaya arsitektur kuno menjadikan suasana tersebut semakin terasa. Lokasi ini sangat pas dijadikan tempat liburan bersama pasangan untuk bulan madu.

Menyusuri bangunan dengan pasangan seolah-olah menjadikan anda dan pasangan anda menjadi raja dan ratu selama berlibur. Suasana yang tenang disambut air yang nampak jernih membuat suasana semakin romantis.

3. Berfoto di Spot yang Instagramable

Ada banyak sekali spot foto yang sangat instragramable dan populer di lokasi wisata ini. Beberapa diantaranya seperti artistik unik, bukit yang hijau bernama Bisbis, lautan biru yang indah, dan banyak lainnya.

Panorama bukit yang indah menjadi spot yang sangat menarik banyak pengunjung karena keindahan yang ditawarkan. Bukit yang indah tersebut bernama bukit Bibis. Tidak hanya itu, arsitektur yang dimiliki taman ini juga bisa dijadikan spot menarik bagi pecinta fotografi. Perpaduan antara arsitektur Bali dan Eropa sangat kental ketika berada di kawasan ini.

Yang cukup menarik perhatikan, di sini terdapat kaca beraneka warna sebagai karakteristik arsitektur Eropa. Tak heran memang karena arsitektur yang membangun taman ini merupakan seorang Belanda. Jika Anda tertarik, anda bisa menengok lokasi peristirahatan raja. Disini, Anda bisa melihat indahnya taman dan kolam dari lokasi ini.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Ujung Karangasem Bali

Fasilitas di Taman Ujung Karangasem Bali
Image Credit: Instagram.com @walkaboutphotoguides

Ada banyak sekali fasilitas yang disediakan di Taman Ujung Bali ini. Diantarannya adalah area parkir yang luas, kamar mandi umum, dan rumah makan yang menunya sangat sedap.

Tidak hanya itu, taman air di Karangasem ini juga menyediakan tempat istirahat atau penginapan yang memadai. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk anda yang penat setelah berkeliling di Taman ini.

Nah itulah, Wisata Taman Ujung Karangasem, Bali yang memiliki sejarah luar biasa, serta keindahan yang mempesona. Banyak sekali pengunjung baik domestik maupun mancanegara yang berlibur ke tempat ini. Taman Sukasada ini sangat rekomendasi buat rencana liburan kamu bersama keluarga nanti.