Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat wisata yang terkenal dengan berbagai keindahan alam yang disuguhkan, mulai dari pemandangan alam hingga satwa-satwanya. Taman nasional terdiri dari habitat hutan dan savana.

Lokasi: Jl. Raya Cekik Gilimanuk, Kec. Melaya, Kab. Jembrana.
Map: Cek Lokasi

Bali merupakan sebuah pulau yang terletak di Indonesia dan juga sangat dikenal oleh orang luar negeri. Menyimpan banyak sekali cerita dan juga kebudayaan, membuat pulau ini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata internasional.

Salah satu destinasi wisata yang terdapat di Pulau Dewata adalah Taman Nasional Bali Barat. Taman nasional ini terletak dekat dengan Pelabuhan Bali Gilimanuk yang berjarak 2 kilometer saja. Uniknya tempat wisata ini adalah banyaknya gunung yang mengapit, seperti Gunung Prapat, Paginuman, Bakungan, Ulu Teluk Terima, Nyangkrut, dan Malaye.

Selain menjadi salah satu tempat wisata di Bali, Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat habitat beberapa flora dan fauna baik darat maupun laut. Selain itu, banyak sekali daya tarik dari taman nasional ini yang mampu membuat para pelancong untuk datang ke tempat ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Nasional Bali Barat

Karang Sewu
Image Credit: Ihategreenjello.com

TN Bali Barat memiliki banyak sekali daya tarik yang membuat para pelancong ingin menikmati kemegahan alam di dalamnya. Berikut beberapa daya tarik yang dapat Anda temukan di Taman Nasional ini.

1. Memiliki Panorama Alam yang Sangat Indah

Panorama alam yang terdapat di dalam Taman Nasional Bali Barat tidak kalah dengan pemandangan di kawasan lain. Bahkan, tempat ini akan memanjakan mata Anda dengan terbentangnya gunung yang mengapit di semua sudut taman nasional.

Selain itu, di dalam kawasan wisata ini juga terdapat 4 pulau kecil yang memiliki keunikannya sendiri, yakni Pulau Menjangan, Gadung, Burung, dan Kalong. Keempat pulau tersebut juga memiliki 2 ekosistem yang patut untuk dilestarikan keberadaannya untuk menjadi habitat bagi flora dan fauna yang hidup di sana.

Sangat disarankan untuk menjaga kelestarian alamnya dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan juga mengganggu hewan-hewan yang hidup bebas di sana. Tentu saja dengan melakukan hal tersebut merupakan salah satu cara dalam melestarikan lingkungan yang ada di nusantara.

BACA JUGA:  Pantai Jimbaran Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

2. Habitat Satwa yang Dilindungi

Anda akan menemukan banyak sekali hewan serta tumbuhan yang sangat beragam jenisnya. Oleh sebab itu, taman nasional ini telah menjadi salah satu tempat pelestarian alam yang menggunakan ekosistem dari habitat hewan-hewan yang dilindungi seperti Butung Jalak Bali. Keberadaan burung ini hampir punah sehingga terdapat upaya agar terjaga populasinya.

Apabila ingin melihat kumpulan burung yang menjadi ikon Pulau Dewata ini, langsung saja pergi ke Semenajung Prapat Agung yang masih menjadi kawasan dari TN Bali Barat. Bahkan, penyebaran dari burung ini cukup luas hingga mencapai Gilimanuk. Tidak hanya Jalak Bali saja, namun masih ada jenis lainnya seperti Jalak Suren.

Selain memiliki Jalak Bali, taman nasional ini juga memilik beberapa hewan lain yang tidak kalah menariknya untuk dinikmati keberadaannya. Bahkan di antara hewan-hewan tersebut bisa Anda temui berlarian bebas di alam terbuka.

Hewan darat yang mudah Anda temui, antara lain banteng, kijang, luwak, trenggiling, rusa, landak, dan kancil. Selain itu, juga terdapat hewan laut yang menggemaskan, seperti dugong, hiu, ikan bendera, penyu sisik, penyu hijau, dan juga kima.

3. Memiliki Banyak Tempat Wisata Didalamnya

Selain Taman Nasional Bali Barat itu sendiri, di dalamnya juga masih terdapat berbagai macam destinasi wisata lainnya yang menjadi bagian dari taman nasional. Objek wisata tersebut, antara lain:

  • Candi Taman Sari dan Pura

Pemandangan eksotis bisa Anda dapatkan saat mengunjungi bangunan bersejarah ini. Di kawasan candi ini terdapat sebuah makam Jayaprana dan juga Layon Sari yang ceritanya sangat terkenal bagi masyarakat lokal.

  • Pura Pulaki

Pura yang telah dibangun dari abad ke-16 ini menjadi penghubung Singaraja dengan Gilimanuk. Menurut sejarah, pura ini didirikan untuk menghormati putra pertama dari Sang Hyang Ninartha.

  • Pulau Menjangan

Salah satu tempat favorit para pengunjung karena pemandangan yang sangat luar biasa mempesona. Banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini, mulai dari berenang, menyelam, dan berperahu. Untuk memasuki pulau ini, pengunjung harus mengeluarkan uang sebesar Rp 200.000,00.

Berkunjung ke Pulau Menjangan Bali
Image Credit: Google Maps (Samsul Arifin)
  • Teluk Terima

Salah satu tempat wisata favorit yang ada di TNBB adalah Teluk Terima. Anda bisa melakukan snorkling untuk melihat kecantikan panorama bahari berupa terumbu karang yang begitu melimpah.

  • Sumber Air Panas

Terletak di Banyuwedang, air panas yang ada di sini menjadi salah satu tujuan bagi para pengunjung untuk datang ke TNBB. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari berendam dengan air panas, di antaranya mengembalikan stamina dan juga mempercantik kulit karena kandungan belerangnya.

  • Pantai Karang Sewu

Salah satu pantai yang terdapat di dalam Taman Nasional Bali Barat. Banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan disni, terutama saat menjelang sore hari untuk melihat matahari terbenam yang begitu indah.

  • Penangkaran Jalak Bali
BACA JUGA:  Daya Tarik Wisata Desa Penglipuran Bangli, Bali

Di kawasan Tegal Bunder, terdapat sebuah tempat penangkaran burung khas Bali, yakni Jalak Bali. Dengan adanya penangkaran ini, diharapkan mampu melestarikan hewan yang terancam punah tersebut.

  • Teluk Brumbun

Sebuah teluk yang sangat indah yang masih menjadi bagian dari TN Bali Barat. Teluk ini merupakan salah satu kawasan di mana burung Jalak Bali bisa terbang secara bebas dan kembali ke penangkaran yang letaknya tidak jauh dari Teluk Brumbun. Selain itu, terdapat sabana sebagai tempat berkumpulnya para rusa.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Nasional Bali Barat

Rute Menuju Taman Nasional Bali Barat
Image Credit: Google Maps (Wahyu Putra Gantara)

Apabila Anda ingin ke taman nasional ini, tentunya harus pergi ke bagian barat dari Pulau Bali terlebih dahulu. Dengan luas kurang lebih 77.000 hektar tentunya destinasi wisata ini terletak pada dua kabupaten, yaitu Buleleng dan Jembrana. Untuk mengakses ke tempat wisata ini bisa menggunakan beberapa alternatif sesuai dengan tempat asal Anda.

Bila Anda memulai perjalanan dari Kota Denpasar, waktu yang dibutuhkan cukup lama, yakni kurang lebih 3 jam perjalanan darat dengan jarak 60 kilometer agar sampai di tempat tujuan. Anda dapat menggunakan akses dari Jalan Raya Gilimanuk ke arah Singaraja yang jalurnya berada di bagian utara.

Kebanyakan para turis asing akan menggunakan alat transportasi umum yang bisa ditumpanginya dari Terminal Banyu Asri. Selanjutnya naik bus dengan jurusan Singraja – Gilimanuk dan turun di Taman Nasional Bali Barat. Pada umumnya Anda harus menuju ke Singaraja terlebih dahulu apabila tempat asal berada dari bagian timur Pulau Bali.

Apabila posisi Anda berasal dari Pelabuhan Gilimanuk, naiki bus yang berjalan ke arah Singaraja. Selanjutnya turun di pertigaan dekat dengan TN Bali Barat. Sedangkan bila dari Bandara Internasional Ngurah Rai, langsung saja akses dengan bus yang menuju arah Jalan Cekik dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Nasional Bali Barat

Harga Tiket Taman Nasional Bali Barat
Image Credit: Instagram.com @jeffri_ricardo

Anda bisa ke Taman Nasional Bali Barat setiap hari karena destinasi wisata ini akan buka dari Senin hingga Minggu dari pukul 08.00 – 18.00 WITA. Harga tiket masuk yang cukup murah terutama bagi wisatawan lokal, yakni Rp 2.500,00 sedangkan turis asing Rp 20.000,00. Dengan harga yang sangat bersahabat tersebut, Anda bisa bermain sepuasnya di taman nasional ini.

Selain banyak sekali hiburan yang didapat para pengunjung, tentu dengan harga tiket masuk yang murah tersebut menjadikan tempat ini selalu dipenuhi dengan para pelancong. Sangat disarankan untuk datang lebih pagi agar tidak berdesak-desakan saat membeli tiketnya.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Taman Nasional Bali Barat

Kegiatan di Taman Nasional Bali Barat
Image Credit: Instagram.com @cahyosau

Berbagai macam kegiatan dapat Anda lakukan di dalam taman dengan luas 77.000 hektar tersebut. Tentu saja, tidak sedikit orang yang merasa kebingungan ingin melakukan kegiatan menarik apa saja saat berada di dalam Kawasan taman nasional. Berikut kegiatan yang banyak orang lakukan saat berlibur ke TNBB:

BACA JUGA:  Pantai Seminyak Bali - Daya Tarik, Lokasi & Harga Tiket

1. Trekking

Apabila Anda hanya memiliki waktu yang singkat untuk mengisi liburan di TNBB, sebaiknya ikuti paket wisata trekking yang telah disediakan oleh pihak pengelola taman. Dengan durasi 3 hingga 4 jam, Anda bisa melihat semua satwa yang ada di taman nasional ini. Selain itu, kegiatan ini bisa dijadikan sebagai sarana edukasi mengenai satwa-satwa di sini.

2. Aktivitas Bahari

Taman Nasional Bali Barat merupakan taman yang memiliki banyak sekali pulau kecil dengan daya tarik pada panorama baharinya. Oleh sebab itu, jangan sampai terlewat untuk melakukan aktivitas bahari, seperti berenang, snorkling, diving, naik jetski, dan sebagainya. Anda bisa menyewa peralatan selam di tempat yang tersedia.

3. Berendam Air Panas

Berendam air panas adalah suatu kegiatan yang wajib Anda lakukan saat berada di taman nasional ini. Apalagi setelah seharian menjelajah seluruh kawasan taman nasional, maka Anda harus berendam di kolam air panas yang telah tersedia untuk mengembalikan stamina.

4. Berkemah

Anda bisa juga berkemah di tepat yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Biasanya para pengunjung bisa melakukan kemah di lokasi sekitar pantai Karang Sewu sambil menikmati pemandangan laut yang sangat mempesona.

5. Hunting Foto

Berfoto merupakan kegiatan yang wajib Anda lakukan saat berada di kawasan Taman Nasional Bali Barat. Banyak sekali spot yang dapat Anda temui dengan mudah. Pastikan memperoleh semua gambar satwa yang ada di sini untuk menjadi pelengkap dalam album foto selama liburan di Bali.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Taman Nasional Bali Barat

Fasilitas Wisata Taman Nasional Bali Barat
Image Credit: Instagram.com @ade.tourguide

Meskipun dengan harga tiket yang sangat murah, namun TN Bali Barat memiliki fasilitas pendukung yang begitu lengkap. Bahkan fasilitas-fasilitas tersebut dapat Anda manfaatkan saat sedang dibutuhkan.

Mulai dari pusat informasi, rumah makan, kamar mandi, hingga paket wisata bisa Anda dapatkan. Pastinya ada beberapa fasilitas yang diharuskan untuk mengeluarkan biaya tambahan seperti sewa alat selam ataupun paket wisata. Pastinya harga yang dipatok untuk menggunakan fasilitas berbayar tersebut sangat murah.

Itulah beberapa ulasan mengenai tempat wisata Taman Nasional Bali Barat yang menjadi habitat bagi beberapa hewan dan tumbuhan yang ada di Pulau Bali. Tentunya dengan daya tarik yang dimiliki oleh taman nasional ini wajib Anda kunjungi bersama keluarga. Selain panorama yang begitu memukau, Anda juga akan memperoleh ilmu pengetahuan di tempat ini.