Taman Jinja di Besakih, taman bunga favorit yang memiliki konsep unik ala Negeri Sakura di Pulau Bali. Taman wisata dengan pemandangan alam yang indah, asri dan sejuk di kaki Gunung Agung.

Lokasi: Besakih, Kec. Rendang, Kab. Karangasem.
Map: Cek Lokasi

Jalan-jalan ke Bali, pasti identik dengan pergi ke Pantai atau menonton pertujukan seni tari yang khas, klasik, dan menarik. Namun, tahukah Anda bahwa Bali juga memiliki pesona lain yang hadir dengan kesan cantik dan lembut? Taman bunga contohnya.

Saat ini banyak sekali daftar taman bunga Bali yang populer dan menjadi alternatif wisata, salah satunya yang terpopuler adalah Taman Jinja. Tempatnya berada di perbukitan dekat lereng Gunung Agung. Spot-spot yang dibangun berkonsepkan nuansa Jepang yang kental.

Saat ni menjadi yang terpopuler karena keindahannya yang berkesan. Banyak daya tarik yang mungkin Anda temukan saat berkunjung. Serta hal-hal menarik yang mungkin bisa Anda abadikan dan lakukan bersama saat liburan telah tiba.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Jinja Bali

Daya Tarik Taman Jinja Bali
Image Credit: Instagram.com @trycia_rahman

1. Sunset

Daya tarik utama tempat ini adalah pemandangan sunsetnya. Jika selama ini banyak melihat matahari terbenam dengan pemandangan laut lepas, kali ini diganti dengan hamparan bunga dan lembah lereng gunung Agung yang menawan, berbeda, dan juga berkesan.

2. Pemandangan Gunung Agung

Berada di sekitar lereng Gunung Agung, maka tidak heran jika pemandangan ini menjadi hal yang biasa, namun tidak bisa dilewatkan begitu saja. Kemegahan yang ditawarkan bisa menjadi objek foto ataupun latar belakang yang bagus untuk koleksi. Anda bisa mengabadikannya dalam momen yang berkesan dan cantik.

3. Taman Bunga

Memiliki hamparan bunga yang luas di sekeliling lorong jembatan bambu yang berada di tengah lokasi Taman Jinja. banyak sekali koleksi bunga yang dimiliki dengan warna yang menarik dan jenis yang variatif. Keindahan ini menjadi sasaran spot foto yang banyak dipilih oleh pengunjung.

BACA JUGA:  Taman Edelweis Temukus, Taman Kekinian & Instagrammable di Bali
Daya Tarik Taman Jinja Bali
Google Maps (Tri Budhianto)

4. Rumah Bambu

Rumah bambu dibuat untuk membangun suasana yang lebih natural dan menyatu dengan lama. Keberadaannya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang. Banyak digunakan untuk berfoto.

5. Ayunan

Wahana ayunan ini menjadi objek keindahan Taman Jinja yang menarik perhatian pengunjung. Bagian dari spot alternatif untuk menikmati keindahan taman, serta mengabadikan momen. Tidak menonjol dibandingkan tempat yang lain, namun boleh dicoba sambil bersantai menikmati pemandangan.

6. Lorong Jalan Bambu Ala Jepang

Lorong yang menjulang di atas jalan setapak ini menjadi ikon Taman Jinja. Memiliki gaya ala Jepang dengan kesan yang begitu kental, berhasil menarik banyak pengunjung untuk datang. Spot ini juga menjadi pilihan untuk berfoto dan berjalan menikmati pemandangan alam sekitar.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Taman Jinja Bali

Lokasi & Harga Tiket Taman Jinja Bali
Image Credit: Google Maps (Christian Nugroho)

Lokasinya berada di komplek Pura terbesar dan tercantik di Bali diantaranya adalah Uluwatu, Besakih dan Tanah Lot. Berada sekitar 1,8 kilometer menuju Pura Besakih. Jika dari taman bunga edelweiss sekitar 750 meter. Jarak dengan Daerah Denpasar yaitu 54 kilometer, dengan rute yang berbeda-beda sesuai tempat dimulainya.

Rute terbaik bisa ditempuh dengan posisi terdekat dengan penginapan yang berada di daerah Denpasar ataupun daerah Pura Besakih. Bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi ataupun menyewa travel. Lokasi bisa diakses menggunakan map dengan titik yang akurat.

Jika Anda berniat melakukan perjalanan wisata ke Taman Jinja, maka perlu dipersiapkan sejumlah uang untuk biaya masuknya. Sebelum itu, Anda harus tahu juga jadwal pelayanannya setiap hari yaitu mulai pukul 08.00 pagi hingga 19.00 sore waktu Indonesia tengah. Tidak ada perbedaan jam buka di hari apapun

Harga tiket yang harus dibayarkan sebesar Rp 10.000,- per orang. Jika ingin menyewa properti untuk foto ada biaya tambahan sekitar Rp 30.000,- hingga Rp 50.000,-. Informasi harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, dengan ketentuan yang disepakati oleh pengelola.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Jinja

Kegiatan Menarik di Taman Jinja
Image Credit: Instagram.com @gek.valentine

1. Berfoto

Anda seorang pemburu lokasi untuk mendapatkan latar belakang foto yang bagus, Taman Jinja adalah pilihannya. Tempat ini memiliki banyak sekali spot foto yang bisa Anda abadikan. Mulai dari bangunan lorong dari bambu yang berjejer membentuk jembatan seperti film anime di Jepang. Hingga taman bunga edelweis yang begitu cantik.

BACA JUGA:  Pantai Bias Tugel, Pantai Pasir Putih Dengan Laguna Kecil di Bali

Tidak ada satu sudutpun yang bisa Anda lewatkan dari jangkauan mata lensa kamera. Karena semua layak untuk diabadikan dalam kenangan foto manis di timeline sosial media ataupun koleksi pribadi.

2. Melihat Sunset

Menikmati panorama indah yang ditampilkan oleh langit sore saat matahari terbenam tidak harus pergi ke Pantai. Taman Jinja Bali juga hadir memberikan pesona tersebut. Saat sore menjelang petang tiba, warna kuning keemasan yang teduh terlihat menghiasi langit sekitar taman.

Menjadi lebih Indah, karena pemandangan tersebut berpadu dengan kemegahan Gunung Agung, lembah di sekitar hingga bunga yang mekar merona. Keindahan ini memberikan kesan yang berbeda saat Anda melihatnya di Pantai.

3. Menyewa Kimono

Taman Jinja terkenal dengan konsep ala Jepangnya yang rasa lokal namun menawan. Mulai dari arsitektur, penempatan wahana penunjang hingga penyewaan kimono lengkap untuk melengkapinya.

Bagi Anda yang ingin berfoto dan seolah-olah berada di Jepang, bisa menyewa Kimono sebagai pelengkap. Suasananya akan terbangun dengan baik, melalui angle yang tepat.

4. Menikmati Pemandangan Lembah dan Gunung Agung

Karena berada di sekitar Pura Besakih dan juga dekat dengan lereng Gunung Agung, maka Anda juga bisa menikmati kemegahannya dari Taman Jinja. Terdapat pula lembah-lembah hijau yang berada di sekitar lokasi menambah keindahanya.

Sekian banyak hal menarik yang bisa Anda temui, namun pesona Gunung Agung akan menjadi favorit. Bukan karena bentuknya namun pemandangan yang melengkapinya. Sehingga akan menimbulkan rasa berbeda saat melihat dari arah tempat lain dengan Taman Jinja.

5. Pergi ke Taman Bunga

Di sekitar taman ini ditanami oleh bunga edelweiss yang menawan dan mempesona. Warnanya yang indah serta bentuknya yang mengesankan menambah suasana semakin menakjubkan. Spot foto terbaik yang banyak dijadikan pilihan.

Keindahan seperti ini, adalah bagian dari taman yang berkesan. Tidak heran jika saat ini banyak menjadi perbincangan dan tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Penginapan Murah Dekat Dari Taman Jinja Bali

Penginapan Taman Jinja Bali
Image Credit: Booking.com

1. Lakeview Hotel And Restorant

Pemandangan dan fasilitas yang ditawarkan oleh penginapan lakeview Hotel and Restaurant setara hotel bintang 3. Lokasinya berada di sekitar 14,4 kilometer dari Taman Jinja Bali. Informasi harga untuk menginap per malamnya yaitu Rp 420,751,-. Pelayanannya ramah dengan tempat yang terjaga kebersihannya.

2. Kubu Alas Tunggal Villa

Penginapan ini merupakan salah satu dari daftar yang termurah di dekat lokasi wisata ini. Jaraknya sekitar 9,2 kilometer dari lokasi. Termasuk ke dalam jajaran hotel bintang 2 dengan pelayanan yang lengkap. Harga menginap untuk per malamnya yang harus dibayarkan sekitar Rp 125,001,- saja.

BACA JUGA:  Taman Ujung Sukasada, Istana Air Terindah di Karangasem Bali

3. The Bukit Artha

Penginapan selanjutnya yaitu The Bukit Artha yang berada sekitar 11,3 kilometer dari Taman Jinja Bali. Fasilitasnya bagus, dengan penawaran harga yang cukup terjangkau. Menginap per malamnya seharga Rp 170.000,- saja.

4. Besakih Homestay

Lokasi terdekat dari beberapa penginapan yang ada. Berada sekitar 1,9 kilometer dari lokasi taman. Pelayanannya juga lumayan bagus. Harganya bervariatif sesuai fasilitas yang didapatkan oleh penyewa per malam.

5. Puri Bagus Magis Resort

Hotel bintang 3 dengan kualitas nyaman dan terjaga. Letaknya tidak jauh dari Taman Jinja Bali. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menginap sebesar Rp 643,343,- per malam. Termasuk yang paling mahal, namun pelayanannya bagus.

6. Villa Shantiasa

Referensi penginapan yang menonjolkan pemandangan alam dari luar kamar yang indah, serta pelayanan yang ramah satu ini adalah Villa Shantiasa. Berada sekitar 11,6 kilometer dari area taman. Harga menginap yang harus dibayarkan sebesar Rp 256.500 per malam.

7. Abian Ayu Villa

Penginapan ini berada sekitar 11,6 kilometer dari lokasi Taman Jinja Bali. Masuk ke dalam jajaran hotel bintang 4 yang banyak dikunjungi. Konsepnya menonjolkan pemandangan alam Bali yang eksotis. Harga yang ditawarkan untuk menginap permalamnya sebesar 256.500,-. Cukup murah dengan fasilitas tambahan sarapan dan juga kolam renang.

8. Maha Neka

Penginapan lainnya yang juga termasuk ke dalam jajaran biaya murah adalah Maha Neka. Konsepnya yang diusung berlatar keindahan alam yang mempesona. Berjarak sekitar 11,3 kilometer dari lokasi. Harga menginap per malam Rp 272,869,-.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Jinja Bali

Fasilitas di Taman Jinja Bali
Image Credit: Google Maps (dini pratiwisari)

Fasilitas yang terdapat di Taman Jinja Bali tersedia dengan lengkap. Banyak sekali daya tarik yang ditawarkan. Mulai dari penunjang hingga pelengkap yang memberikan kualitas terbaiknya. Wahana yang menarik, konsep yang indah perpaduan keindahan alam dan suasana Jepang yang menawan.

Fasilitas pendukungnya seperti musholla, toilet, dan juga tempat-tempat utama lainnya juga tersedia untuk pengunjung. Semua tersedia dengan baik serta bersih terawat. Sarana prasarana sudah mapan dan jauh dari kekurangan.

Begitulah gambaran sekilas mengenai Taman Jinja Bali yang begitu populer saat ini. Daya tarik hingga hal menarik bisa dilakukan di sana. Pemenuhan fasilitas pendukung dan penunjang juga terpenuhi. Penginapan-penginapan terdekat yang bisa bisa diakses juga banyak dijumpai dengan harga yang variatif.