Taman Edelweis Temukus merupakan destinasi alam kekinian di Lereng Gunung Agung, Karangasem Bali. Taman cantik yang memiliki koleksi bunga Kasna yang mirip Edelweiss.

Lokasi: Besakih, Kec. Rendang, Kab. Karangasem.
Map: Cek Lokasi

Taman Edelweis Temukus termasuk salah satu taman yang masih tergolong baru dan berhasil memikat banyak wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Meskipun taman ini mengandung nama salah satu jenis bunga, yaitu edelweis, bukan berarti bahwa bunga yang ada di taman tersebut hanyalah bunga tersebut. Melainkan juga ada jenis bunga yang lain.

Bunga edelweis sendiri juga dikenal dengan sebutan bunga kansa. Bunga ini memiliki kaitan yang erat dengan budaya dan adat istiadat yang hidup di Bali. Pada setiap acara keagamaan selalu dijumpai bunga kansa. Bunga tersebut selalu dipanen oleh penduduk sebanyak dua kali dalam setahun, kemudian diperjualbelikan di pasar sebagai sumber penghidupan mereka.

Pada mulanya banyak orang yang ingin menanam bunga kansa, karena mereka beranggapan ketinggian tanahnya sama seperti yang ada di kaki Gunung Agung. Setelah dilakukan beberapa orang, tanaman tersebut justru tidak tumbuh dengan baik dan akhirnya mati. Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat ketinggian tidaklah cukup tanpa didukung kandungan tanah yang sama.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Edelweis Temukus

Daya Tarik Taman Edelweis Temukus
Image Credit: Google Maps (I Putu Agus Wibawa)

1. Pemandangan yang Menawan

Taman Edelweis menawarkan panorama landscape berupa dataran tinggi yang tampak indah. Keindahan tersebut dilengkapi dengan kabut yang turun dari Gunung Agung, sehingga lokasi wisata ini memiliki temperatur yang cukup rendah.

Hamparan bunga yang bermekaran akan menyita perhatian siapapun yang memandangnya. Jika dilihat dari kejauhan, warna bunga yang putih tampak seperti hamparan salju yang begitu indah. Pemandangan ini kerap dijadikan sebagai latar belakang pengambilan foto yang dilakukan oleh wisatawan. Mereka kerap menjadikan foto tersebut sebagai koleksi di beranda media sosial.

2. Suasana yang Sejuk

Di tempat ini Anda dapat merasakan suasana khas pegunungan, yaitu sejuk dan nyaman. Sehingga Anda pasti merasa betah ketika berada di taman edelweis ini. Lokasinya yang berada di daerah pegunungan menjadikan tempat ini cocok untuk mengistirahatkan pikiran dari kesibukan kerja.

BACA JUGA:  Pantai Jasri, Wisata Pantai Cantik di Karangasem Bali
Daya Tarik Taman Edelweis Temukus
Image Credit: Google Maps (Willy Moris)

3. Melihat Proses Perawatan Taman Secara Langsung

Di tempat ini, Anda bisa menyaksikan secara langsung bagaimana bunga-bunga di taman dipupuk dan dipanen. Anda dapat menikmati momen ini ketika pagi ataupun sore hari, karena pada waktu itulah para petani datang untuk merawat tanaman. Akan tetapi, di sini Anda tidak diperkenankan untuk mengganggu aktivitas para petani.

Bagi Anda yang tertarik untuk ikut bergabung dalam aktivitas petani, Anda hanya diperkenankan untuk memupuk dan memangkas beberapa daun yang sudah kering. Sedangkan aktivitas memanen hanya dilakukan oleh petani, sehingga Anda di sini tidak diperkenankan sembarang memetik bunga. Anda juga harus berhati-hati supaya tidak ada bunga yang terinjak.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Taman Edelweis

Lokasi Taman Edelweis
Image Credit: Instagram.com @tamanedelweis_bali

Taman cantik ini berada di wilayah Karangasem, tepatnya ada di daerah kaki Gunung Agung, jaraknya berkisar 6 kilometer dari kawah gunung. Sehingga tempat wisata ini bisa tutup ketika aktivitas gunung sedang aktif. Jika Anda berangkat dari Denpasar, maka akan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Lokasinya cukup mudah ditemukan, karena letaknya berdekatan dengan Pura Besakih. Jaraknya berkisar 2 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 7 menit saja. Sedangkan jika Anda berangkat dari Badung, maka jarak yang harus ditempuh berkisar 66 kilometer.

Untuk sampai di lokasi taman, Anda harus melalui jalan yang cukup sempit dengan medan yang licin, berkelok, dan menanjak. Sehingga Anda harus berhati-hati ketika melalui jalan tersebut. Karena sempitnya jalan ini menyebabkan kendaraan roda empat tidak bisa dengan mudah melewatinya jika harus berpapasan dengan kendaraan yang lain.

Ketika Anda akan menuju ke taman edelweis Anda pasti melewati Banjar Besakih Kangin, kemudian Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah utara yaitu ke Banjar Kiduling Kreteg. Jalan yang dilalui ini juga masih cukup sempit, karena lebarnya hanya 3 meter. Setidaknya membutuhkan pelebaran jalan sekitar 1 meter supaya akses jalan bisa dimanfaatkan dengan lebih maksimal.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Edelweis Temukus

Harga Tiket Taman Edelweis Temukus
Image Credit: Instagram.com @tamanedelweis_bali

Taman Edelweis merupakan destinasi wisata di Bali yang tidak membutuhkan banyak budget. Sehingga sangat sesuai untuk Anda yang tidak memiliki banyak budget untuk berlibur. Dengan keindahan yang ditawarkan, Anda cukup membayar tiket masuk sejumlah Rp 20.000. Tiket masuk tersebut kemudian akan dialokasikan dalam upaya perawatan taman tersebut supaya tetap eksis sebagai wisata alam di Bali.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Karangasem Bali Terbaru & Terhits Buat Liburan

Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya parkir jika Anda menggunakan kendaraan untuk sampai di tempat wisata ini. Untuk kendaraan roda dua dikenai tarif parkir sejumlah Rp 2.000, sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenai tarif parkir sebesar Rp 5.000. Anda bisa berkunjung di taman edelweis mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Edelweis

Kegiatan Menarik di Taman Edelweis
Image Credit: Google Maps (Ketut Adhi Kun)

1. Berfoto

Keindahan di taman edelweis mendorong banyak pengunjung untuk mengambil beberapa foto ketika berada di tempat ini. Selain pemandangan alamnya yang indah dan bunga yang menawan, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai bentuk spot foto menarik. Itulah mengapa aktivitas ini menjadi kegiatan favorit saat berkunjung ke taman ini.

2. Bersantai

Taman memang merupakan tempat yang paling pas jika Anda ingin menikmati wisata dengan suasana yang damai dan santai. Apalagi jika lingkungan di sekitar taman sangat mendukung, maka Anda bisa sembari mengeksplore berbagai tumbuhan dan bunga yang ditanam di taman tersebut.

3. Memupuk Tanaman

Bagi Anda yang gemar dengan aktivitas berkebun, di sini Anda juga bisa menyalurkan minat Anda. Ketika penduduk sedang memupuk dan memanen beberapa bunga, Anda bisa membantu mereka. Walaupun tidak diperkenankan untuk memanen, Anda masih bisa membersihkan beberapa bagian tanaman yang sudah mengering.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Edelweis Temukus

Fasilitas di Taman Edelweis Temukus
Image Credit: Google Maps (Tutik Nur Hayati)

1. Spot Foto

Bagi Anda yang gemar berfoto, tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Sebab di tempat ini tersedia berbagai spot foto menarik. Apalagi ketika sore atau pagi hari, pemandangan di sekitar akan tampak lebih indah. Terutama ketika taman diselimuti oleh kabut yang turun dari Gunung Agung.

Pihak pengelola wisata juga telah menyediakan beberapa spot foto yang sengaja didesain sebagai tempat berfoto untuk para wisatawan. Beberapa diantaranya yaitu jembatan, bentuk hati, menara, kincir angin, gardu pandang, dan ayunan kayu.

2. Pendopo

Di sekitar taman telah disediakan beberapa pendopo yang bisa digunakan sebagai tempat istirahat bagi para pengunjung. Bagi Anda yang membawa perbekalan, Anda bisa menikmatinya, di tempat ini. Di pendopo Anda masih tetap dapat menikmati keindahan taman edelweis dan menghirup kesegaran udara di sekitar lokasi wisata.

BACA JUGA:  Danau Yeh Malet, Danau yang Menawan di Karangasem Bali

3. Warung Makan

Di dekat lokasi wisata terdapat beberapa tempat makan yang bisa Anda pilih ketika Anda merasa lapar. Menu yang disajikan sebagian besar merupakan sajian khas daerah setempat, sehingga Anda bisa mencicipi seperti apa cita rasa masakan Bali khususnya di dekat taman cantik ini. Sehingga Anda tak perlu khawatir jika tak membawa perbekalan, karena di sudah tersedia di sini.

4. Pasar Edelweis

Di sekitar taman juga telah tersedia tempat khusus untuk melakukan transaksi jual beli komoditi yang sangat bervariasi. Komoditi yang diperjualbelikan tidak lain merupakan hasil dari kebun penduduk di sekitar lokasi wisata.

Di pasar tersebut Anda juga bisa membeli oleh-oleh untuk teman ataupun keluarga Anda di rumah. Anda bisa membeli tiga tangkai bunga edelweis yang masih segar hanya dengan mengeluarkan uang sejumlah Rp 5.000.

Bunga tersebut tak mudah membusuk, melainkan hanya mengering dengan aroma yang tidak berubah. Supaya kelopak bunganya tidak rusak, Anda bisa meletakkannya pada wadah khusus yang terpisah dengan barang-barang lain.

5. Lahan Parkir

Wisata taman edelweis juga menyediakan lahan parkir untuk para pengunjung. Hanya saja kapasitasnya cukup terbatas, yaitu hanya dapat menampung sekitar 20 sepeda motor dan 8 mobil. Sehingga bagi pengunjung yang sudah tidak mendapat bagian parkir, terpaksa harus parkir di tempat lain yang sedikit jauh dengan lokasi wisata.

6. Tempat Sampah

Kebersihan di sekitar lokasi wisata merupakan tanggung jawab semua orang yang berkunjung di lokasi wisata, termasuk pengunjung. Sehingga Anda juga harus ikut serta dalam upaya menjaga supaya taman ini tetap tampak indah dan bersih. Maka, jika Anda memiliki sampah perbekalan, Anda bisa membuangnya di tempat yang telah disediakan.

7. Penginapan

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah, Anda bisa menginap di beberapa tempat di sekitar lokasi wisata. Terdapat beberapa tempat yang bisa Anda pilih dengan segala jenis fasilitas dan pelayanan yang diberikan.

Taman Edelweis merupakan pilihan tempat yang sesuai jika Anda sedang mencari wisata alam yang indah dan menawarkan kenyamanan. Di sini Anda bisa menikmati waktu bersantai Anda dengan menikmati keindahan berbagai jenis bunga yang ada di taman. Bahkan, Anda juga bisa membawa pulang beberapa bunga sebagai kenang-kenangan dengan membelinya di beberapa pedagang yang ada.