Pulau Dewata yang mempunyai pesona eksotis untuk memikat wisatawan dalam negeri ataupun luar negeri. Selain Pantai dan Museum, inilah rekomendasi taman bunga keren di Pulau Bali yang cocok untuk Refreshing.

Siapa yang tidak kenal Bali? Pantai yang eksotis, budaya yang klasik, suasana yang romantis dengan perpaduan nuansa mistis namun tetap menawan. Daya pikatnya mampu mengundang banyak wisatawan mancanegara ataupun lokal untuk berkunjung setiap harinya. Seolah tak pernah putus dari kerumunan orang yang mampir untuk berwisata. Pengelolaan wisatanya pun terus dikembangkan seiring waktu.

Banyak potensi-potensi alam lain yang mencoba untuk dikembangkan sejalan dengan perkembangan. Seperti pembukaan beberapa destinasi wisata alam dengan konsep taman bunga yang juga keren dan menarik untuk dikunjungi. Perpaduan nuansa romantis yang eksotis terbangun sangat apik. Cocok bagi Anda yang berniat melakukan foto untuk prewedding ataupun sekedar ingin mengisi timeline Instagram.

Hamparan bunga yang berwarna-warni serta suasana dataran tinggi yang sejuk, akan memberi nuansa baru liburan Anda. Terlebih jika bosan dengan suasana pantai yang semakin hari semakin ramai dan bising dengan lalu lalang pengunjung. Destinasi ini cocok untuk Anda yang mencari suasana tenang dalam menjernihkan fikiran dari beban kerja. Berikut daftar taman bunga favorit di Bali sebagai referensi tujuan bersantai Anda.

1. Padang Bunga Kasna

Padang Bunga Kasna
Image Credit: Ceritakakigatal.com

Nuansa Bali yang eksotis terbangun serasi dengan pemandangan bunga Kasna dengan warna putih yang menyejukkan. Terletak di daerah Karangasem, menjadi tempat hits yang dikunjungi selain Pantai dan Patung Wisnu Kencana. Merupakan padang bunga yang tumbuh liar, tidak perlu membayar untuk menikmatinya.

Terhampar luas di atas lahan dengan dikelilingi background hijau dari daun pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Tips untuk mendapatkan momen terbaik di Padang Kasna yaitu Anda harus datang sebelum perayaan Galungan dan Kuningan Di Bali. Karena akan banyak bunga Kasna yang dipetik untuk dijadikan sesaji oleh umat agama Hindu dalam pagelaran upacara tersebut.

Lokasi: Pempatan, Kec. Rendang, Kab. Karangasem.

2. Bedugul Botanical Garden

Bedugul Botanical Garden
Image Credit: Google Maps (Gracia Luciana)

Anda ingin mengabadikan momen dengan melihat gambaran lanskap penuh dari bunga serta flora lainnya di Bali? Bedugul Botanical Garden rekomendasinya. Terdapat banyak jenis flora yang disajikan dengan apik dan menawan. Terletak di daerah Candikuning, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 11.000 untuk wisatawan lokal, sedangkan Rp 20.000 bagi wisatawan mancanegara.

Luas lahannya sekitar 157 hektar, terbentang luas di kawasan Bedugul dengan suasana sejuk dan asri. Ditambah lagi atmosfer Bali yang kental dan juga Flora unik yang tiada duanya. Cocok untuk diabadikan dalam foto dengan hasil menawan dari gambaran lanskap alam yang utuh dari pemandangan asri bukit-bukit hijau dan bangunan gapura masuk yang khas.

Lokasi: Jl. Kebun Raya, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

3. Lotus Lagoon Candidasa

Lotus Lagoon Candidasa
Image Credit: Instagram.com @the_brendonius

Lotus Lagoon Candidasa memiliki pesona yang berbeda dari kebanyakan taman bunga yang ada di Bali. Pasalnya, hampir semua menyajikan pemandangan yang terhampar luas di atas tanah perbukitan ataupun dataran rendah lainnya. Di sini pesona yang ditawarkan berupa gambaran unik dari bunga lotus yang tumbuh di atas air kolam yang bersih dan Indah. Selain itu, Anda juga tidak dibebani biaya masuk untuk menikmatinya.

Cocok bagi Anda yang gemar berswafoto, sekedar memperbaharuhi koleksi akun sosial media atau mengabadikan momen bersama teman dan keluarga. Di sana terdapat banyak jenis bunga Lotus atau bahkan ribuan jumlahnya. Dominasi warna yang disajikan antara fuchsia dan juga merah muda. Tidak akan ada satu momen yang terlewatkan, ditambah dengan suasana yang tenang.

Lokasi: Jl. Raya Candidasa Desa Adat Bugbug, Sengkidu, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem.

4. Ladang Bunga Calendula (Marigold)

Ladang Bunga Calendula (Marigold)
Image Credit: Google Maps (Anthony Eka cahya)

Saat berwisata di Bali dan sedang menuju daerah Kintamani dari arah Bedugul, tidak ada salahnya untuk mampir di Ladang Bunga Calendula. Letaknya berada di sisi jalan, dengan susunan rapi dan terawat. Bunga ini bernama Calendula atau dikenal dengan nama lain Marigold. Paling penting lagi untuk diketahui bahwa tidak terdapat biaya masuk yang perlu dibayarkan untuk menikmatinya.

Warna kuning keemasan yang indah dipandang tentu akan memanjakan Anda yang gemar untuk berswafoto. Namun, pemandangan ini hanya bisa untuk dinikmati pada bulan-bulan tertentu seperti sekitaran Juni sampai Agustus. Pasalnya, Marigold atau Calendula akan mekar sempurna saat musim panas. Sehingga untuk mengabadikannya dengan indah perlu momen waktu yang pas juga.

Lokasi: Desa Belok, Kec. Petang, Kab. Badung.

5. Taman Sari Bali Resort & Spa

Taman Sari Bali Resort & Spa
Image Credit Google Maps (Taman Sari Bali Resort & Spa)

Berlibur di Bali tetapi suasananya serasa di Perancis? Taman Sari adalah tempatnya. Bertempat di sebelah timur dari Taman Edelwis Temukus yang mudah untuk dijangkau. Pesona yang ditawarkan sangat mengesankan ditambah dengan replika menara Eiffel yang cocok untuk berfoto. Ada biaya masuk yang harus dibayarkan untuk menikmatinya yaitu sebesar Rp 10.000/orang.

Sajian yang ditawarkan berupa pemandangan dari bunga edelweis dan bunga gumintir yang indah dipandang. Selain itu, di sini juga terdapat wahana ekstrim Flying Fox yang bisa Anda coba sembari menikmati hamparan bunga yang menawan. Tidak akan ada momen yang terlewatkan dengan percuma, karena setiap detiknya dipenuhi oleh pesona alam Bali yang luar biasa.

Lokasi: Pemuteran, Kec. Gerokgak, Kab. Buleleng.

6. The Blooms Garden

The Blooms Garden
Image Credit: Instagram.com @aryawiznu

Taman keren yang baru saja dibuka pada bulan Juni 2019 ini, menjadi lokasi favorit wisatawan untuk berfoto atau sekedar bersantai menghabiskan waktu. Dibuat dengan konsep yang unik dan menarik dengan perpaduan gaya kekinian. Ditambahkan dengan wahana untuk membangun suasana seperti kincir angin mirip dengan yang ada di Belanda, serta spot taman Bunga yang tertata rapi dengan warna serasi.

The Blooms Garden Begitulah banyak orang mengenalnya. Informasi untuk biaya masuk yang harus dibayarkan sebesar Rp 10.000 bagi anak-anak dan Rp 20.000 untuk orang dewasa. Selain itu, Anda juga harus menyediakan uang tambahan untuk parkir sebesar Rp 3.000 apabila menggunakan kendaraan pribadi. Hamparan warna-warni bunga tidak mengecewakan Anda.

Lokasi: Batusesa, Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan.

7. Taman Edelweis Temukus

Taman Edelweis Temukus
Image Credit: Google Maps (I Putu Agus Wibawa)

Pernah melihat Hitachi Seaside di Jepang? sekarang Anda bisa merasakan suasana tersebut di Taman Edelweis Temukus. Hamparan bunga Kasna dan Gumitir memberikan sentuhan suasana yang sejuk dan menenangkan. Terlebih berada di daerah dataran tinggi yang terbentang luas dan indah tanpa penghalang. Untuk biaya masuk yang perlu dibayarkan sebesar Rp 10.000/orang.

Pesona yang terjalin apik dengan kombinasi pepohonan rindang di sekeliling taman, akan sulit untuk ditolak. Jika Anda ingin melihat keindahannya dengan leluasa bisa melalui ketinggian rumah pohon yang tersedia. Selain itu agar bisa maksimal usahakan jangan berkunjung saat masa perayaan umat Hindu seperti acara Galungan dan Kuningan, karena akan dipetik untuk sesaji.

Lokasi: Besakih, Kec. Rendang, Kab. Karangasem.

8. Belayu Florist Tabanan

Belayu Florist Tabanan
Image Credit: Google Maps (it’s the time)

Bagi Anda pecinta bunga Matahari, bisa mampir sebentar ke Belayu Florist. Merupakan destinasi wisata kekinian yang instgramable. Taman bunga ini terletak di daerah Singaraja. Dibuka pertama kali pada sekitaran tahun 2018 dan menjadi tempat favorit kaum milenial ataupun pemburu foto prewedding yang berkonsep taman. Biaya masuk tidak ada, hanya perlu menyewa topi Rp 5.000.

Biasanya buka pada sekitaran pukul delapan pagi hingga pukul tujuh malam. Daya tarik utamanya yaitu hamparan bunga warna-warni salah satunya yang paling terkenal yaitu bunga matahari. Pihak pengelola juga terus melakukan penambahan fasilitas seiring membludaknya minat wisatawan. Hal itu dibuktikan dengan adanya penambahan spot untuk foto berupa bangunan pintu gerbang.

Lokasi: Batannyuh, Kec. Marga, Kab. Tabanan.

9. Danau Yeh Malet

Danau Yeh Malet
Image Credit: Gotravelly.com

Danau Yeh Malet, salah satu taman wisata gratis yang patut untuk dikunjungi. Terlebih pada saat musim penghujan tiba. Suasana yang dibangun akan nyaman dan romantis dengan pemandangan air jernih serta penuh dengan hamparan bunga eceng gondok bermekaran. Tentu tidak ada biaya yang perlu dibayarkan, hanya Anda perlu menyewa perahu untuk menikmatinya.

Harga sewa perahu lumayan murah, dengan biaya yang dibayarkan sebesar Rp 15.000/orang. Terdapat tiga bukit yang bisa Anda nikmati pesonanya dari kejauhan yaitu Bukit Tengah, Bukit Ceeng, serta Bukit Catu. Namun, ada satu hal yang perlu diketahui, bahwa Danau ini masih dianggap suci oleh warga sekitar. Sehingga, untuk yang menstruasi dilarang melewatinya.

Lokasi: Antiga Kelod, Kec. Manggis, Kab. Karangasem.

10. Taman Jinja

Taman Jinja
Image Credit: Instagram.com @trycia_rahman

Pernah melihat kebun bunga dengan deretan tiang di serial drama Jepang ataupun Anime? saat ini bisa Anda temukan di Taman Jinja Bali. Terletak di daerah Angsoka, Karang asem yang mudah dijangkau. Konsep yang diusung berupa perpaduan desain tiang-tiang yang dipasang di jalan setapak seperti di Jepang. Untuk biaya yang dibayarkan belum diketahui secara pasti.

Pemandangannya dipenuhi oleh hamparan pepohonan hijau, Bunga Marigold dan juga Kasna yang Indah. Lebih spesial lagi karena Anda akan benar-benar dibawa seperti benar-benar berada di Jepang dengan adanya penyewaan baju kimono untuk berfoto. Tidak akan ada momen yang terlewatkan dengan percuma ataupun penuh penyesalan, karena konsepnya sangatlah rapi.

Lokasi: Besakih, Kec. Rendang, Kab. Karangasem.

Itulah daftar taman bunga keren di Pulau Bali yang cocok untuk refreshing. Jika Anda bosan dengan wisata Pantai, destinasi ini bisa jadi alternatif saat berlibur di Bali. Selain itu juga sangat cocok digunakan dalam pengambilan foto pre-wedding ataupun hanya sekedar untuk isi timeline sosial media Anda. Suasana yang dibangun juga lebih tenang dan sangat nyaman untuk meditasi.